8 Hewan Peliharaan Unik dan Lucu, Bisa Menghilangkan Stres!

Posted on

Memelihara hewan di rumah bisa menghilangkan rasa stres saat banyak masalah yang harus dihadapi. Bagi sebagian orang, memiliki sesuatu yang tidak biasa dapat menjadi kebanggaan, termasuk hewan peliharaan. Hewan peliharaan unik bukan saja antimainstream tapi juga lucu.

Adanya hewan peliharaan di rumah juga bisa menjadi teman bermain bagi anak-anak. Ada banyak pilihan jenis hewan peliharaan yang unik dan lucu, yang dapat dibawa ke rumah. Namun, tentu saja pemilihan jenis hewan yang akan dipelihara juga harus mempertimbangkan beberapa hal.

Boleh saja memelihara hewan yang tidak biasa, tapi pastikan dulu bahwa tidak ada undang-undang yang melarang. Selain itu, pastikan hewan-hewan unik tersebut bisa terpenuhi kebutuhannya sehingga bisa hidup dengan sehat.

Hewan Peliharaan Unik dan Menggemaskan

Ada orang yang ingin menjadi tidak biasa kemudian memelihara binatang yang dilindungi alias tidak boleh dipelihara. Jika hal seperti itu terjadi, maka konsekuensi hukum menghadang di depan mata. Nah, kalau ingin memelihara hewan unik dan lucu, inilah beberapa referensi untuk dipertimbangkan.

1. Kambing Kerdil (Pygmy Goat)

Kambing Kerdil (Pygmy Goat)

Meskipun merupakan keluarga kambing, tapi yang satu ini lebih sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dibandingkan ternak. Kambing kerdil atau kambing mini bisa ditemui di beberapa kebun binatang dan bentuknya sangat lucu.

Kambing berukuran mini tersebut panjangnya tidak lebihh dari 58 cm dan beratnya hanya 23-40 kg saja. Warna bulu kambing kerdil juga lebih variatif, ada yang karamel, perak, abu-abu hingga hitam. Dengan ukuran yang relatif kecil, kambing ini dapat digendong-gendong kemana saja.

2. Chinchilla

Chinchilla

Memelihara hamster mungkin sudah menjadi hal yang biasa saja, karena banyak orang yang melakukannya. Bagaimana kalau memelihara chinchilla saja. Apa itu chinchilla? Chinchilla adalah hewan pengerat yang mirip tikus dan hamster, berasal dari Amerika Serikat.

Chinchilla termasuk jenis hewan nokturnal yang aktif pada malam hari, sehingga bagi yang suka begadang, hewan ini cocok dijadikan teman. Ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya antara 22-38 cm saja, membuatnya cukup mudah diletakkan di telapak tangan.

Ekornya panjang dan tebal, membuatnya terlihat lebih lucu dibandingkan hamster. Begitu juga dengan bentuk telinganya yang lebar, menjadikan chichilla terlihat menggemaskan. Chichilla memiliki warna bulu yang bervariasi, seperti putih, hitam, abu-abu, cokelat dan krem.

Chichilla sangat pas dipelihara oleh mereka yang tempat tinggalnya tidak terlalu luas, seperti apartemen. Jika dipelihara dengan baik, hewan pengerat seperti tikus ini dapat mencapai umur yang panjang, yaitu sekitar 10 tahun bahkan bisa dua kali lipatnya.

3. Sugar Glider

Sugar Glider

Mencari hewan peliharaan yang sedang tren dan disukai banyak orang? Sugar glider jawabannya. Tidak hanya merupakan hewan peliharaan unik saja, sugar glider juga sangat lucu dan menggemaskan. Bentuknya mirip dengan tupai namun memiliki corak khas pada bulunya.

Sugar glider mempunyai garis memanjang dari kepala hingga ekor pada bagian punggung tubuhnya. Ciri khas sugar glider lainnya yaitu corak di kepala, yang membedakannya dengan tupai. Kalau ingin memelihara sugar glider sebaiknya sepasang, karena hewan ini mudah stres kalau sendirian.

Sugar Glider adalah jenis binatang yang bersifat sosial, sehingga ajak mereka lebih sering bermain dan berinteraksi. Hewan yang mirip tupai tersebut juga tidak segan-segan untuk menempel pada pemiliknya sebagai bentuk kedekatan emosional.

4. Landak Mini

Landak Mini

Suka dengan karakter Sonic pada game maupun film, sehingga ingin memiliki teman seperti mereka? Bisa saja, karena Sonic yang merupakan hewan landak itu memang bisa dipelihara di rumah. Hewan berduri ini juga layak dijadikan sebagai binatang peliharaan di rumah.

Tapi tentu saja jenisnya berbeda dengan landak yang biasa kita lihat. Landak mini bukan hanya lebih lucu dari landak biasa, tetapi juga lebih jinak.Meskipun sama-sama memiliki duri, tetapi duri pada landak mini tidak tajam dan muidah untuk dirawat.

Ukuran tubuh landak mini hanya 12 cm saja dan mereka yang membutuhkan kandang berukuran 40 cm sebagai tempat tinggal. Hewan ini suka menggelinding seperti bola, terutama ketika sedang merasa takut dan terancam.

Landak mini menyukai tempat yang gelap, sehingga tempatkan kandang pada lokasi yang tidak terkena cahaya. Kalau memakai akuarium sebagai kandangnya, tutupi dengan kain, kertas ataupun lembaran koran di seluruh sisinya. Berikan juga serbuk kayu di dalam kandang sebagai alas.

5. Ferrets

Ferrets

 

Hewan peliharaan unik lainnya yaitu Ferrets, yang bentuknya mirip dengan musang dan warnanya hitam putih seperti panda. Ferrets yang disebut juga dengan nama cerpelai biasanya hidup di pepohonan dan merupakan binatang karnivora yang makan serangga.

Hewan ini tidak saja unik dan lucu, tapi juga relatif mudah dalam perawatan. Memelihara ferrets tidak jauh berbeda dengan memelihara kucing maupun anjing, tidak merepotkan. Sama halnya kucing dan anjing, ferrets juga memeliki ikatan emosional yang erat dengan pemiliknya.

6. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Pada masa pandemi Covid-19 yang lalu, salah satu jenis hewan peliharaan yang populer yaitu ikan cupang. Ikan berukuran kecil tersebut tiba-tiba banyak dicari orang, sehingga membuat harganya menjadi mahal.

Cupang adalah spesies ikan tawar asli Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain Indonesia, cupang juga mudah ditemukan di Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura dan Brunai. Warna-warna cupang yang cerah dan bermacam-macam menjadi daya tarik ikan tersebut.

Kelebihan ikan cupang yaitu kemampuannya untuk bertahan yang bagus, sekalipun berada di wadah yang airnya tinggal sedikit saja. Cupang juga bisa tetap hidup meskipun sirkulasi udara di akuarium kurang bagus. Inilah yang membuat ikan cupang disukai karena mudah dipelihara.

7. Burung Kenari

Burung Kenari

Tidak hanya ikan cupang saja yang naik daun selama masa pandemi yang lalu, tetapi juga beberapa jenis burung. Salah satunya adalah burung kenari, yang suara kicauannya dikenal sangat bagus dan bulunya yang cantik.

Burung kenari berwarna kuning dan mudah dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusus. Hewan yang satu ini hanya membutuhkan kandang yang bersih dan disediakan air untuk mandi. Karakter burung kenari ini mandiri, sehingga tidak masalah kalau ditinggal di rumah sendiri beberapa hari.

Yang penting, sediakan makanan yang cukup untuk burung kenari dan juga air untuk mandi. Tapi jangan lupa, begitu pulang ke rumah, singkirkan wadah air mandi supaya tidak kenari tidak tenggelam ketika jatuh akibat gerakannya di dalam kandang.

8. Leopard Gecko

Leopard Gecko

Meskipun namanya leopard tapi hewan ini bukan termasuk keluarga kucing besar. Leopard gecko adalah sebutan bagi kadal pasir, yang biasa hidup di sabana maupun padang pasir di wilayah India, Nepal, Afganistan dan Iran.

Binatang reptil yang ukurannya kecil ini bisa menjadi teman yang menggemaskan dan tentu saja antimainstream. Kalau ingin memeliharanya di rumah, ciptakan habitat seperti tempat aslinya, yaitu dengan menyediakan kandang berpasir.

Hewan reptil kecil ini mempunyai warna kulit dengan motif yang lucu dan unik. Makanannya juga mudah dicari, yaitu serangga maupun ulat-ulat kecil. Namun ingat, meskipun ukurannya kecil tetap harus berhati-hati kalau ingin memegangnya agar tidak digigit.

Bukan saja tidak biasa, memiliki hewan peliharaan unik di rumah bisa mendatangkan rasa bangga dan kepuasan batin. Ada banyak sekali manfaat memelihara hewan di rumah, diantaranya sebagai obat stres, mendatangkan rasa senang, menjadi teman bermain dan lain sebagainya.