Jenis Jenis Ikan Koki Dan Cara Merawatnya

Jenis Ikan Koki, Harga Dan Cara Merawatnya, majalahhewan.com – Tahukah anda kenapa ikan koki sering disebut dengan ikan mas koki? Terkadang diantara kita menyebut sesuatu akan tetapi secara tidak sadar sebenarnya kita tidak tahu kenapa kita menyebutnya demikian.

 

 Jenis Ikan Koki

 


Sebelum kita ulas jenis ikan koki, terlebih dahulu mari kita lihat lebih dekat si ikan lucu ini. Ikan koki adalah salah satu dari jenis ikan mas hias (Carassius auratus auratus) yang termasuk kategori ikan air tawar dari family Cyprinidae dan ordo Cypriniformes.


Ikan ini adalah salah satu ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi, dipelihara, dan dibudidayakan manusia. Kini ikan mas hias atau kadang disebut secara singkat sebagai ikan mas, adalah salah satu ikan hias akuarium yang paling populer.


Varietas Carassius auratus auratus yang telah didomestikasi dan menampilkan mutasi tubuh bersirip ekor ganda dan berbentuk memampat bulat disebut ikan maskoki.


Itu sebabnya kenapa ikan koki disebut dengan ikan mas koki, nah setelah kita tahu alasanya mari kita lihat Jenis Ikan Koki beserta gambar, harga dan cara merawatnya.

Jenis – Jenis Ikan Koki Beserta Gambar Dan Hargaya Di Pasaran


1, Jenis Ikan Koki Oranda


Gambar Ikan Koki Oranda

Jenis Ikan Koki Oranda

 

Ikan koki oranda dicirikan dengan tudung kepala yang menonjol berbentuk seperti frambosen (juga disebut sebagai wen kepala tumbuh) yang memenuhi seluruh bagian kepalanya, kecuali bagian mata dan mulut.


Ikan koki oranda adalah jenis ikan koki paling polpuler dikalangan hobiis ikan hias baik di Indo sendiri maupun di luar negri. Oranda adalah jenis ikan koki yang mahal bahkan bisa dibilang jenis ikan koki termahal.


Pengalaman admin sendiri ketika bertanya sama temen di daerah Semarang, Jawa Tengah yang kebetulan jual ikan koki oranda dan hanya menekuni jenis ikan mas koki saja, mengatakan bahwa harga ikan mas koki oranda yang ia jual paling murah Rp 500.000 dan yang termahal yang ada di tokonya adalah 5 juta.


2, Jenis Ikan Koki Rancu


Gambar Ikan Koki Rancu

Jenis Ikan Koki Rancu

 

Yang kedua dari jenis ikan koki atau mas koki adalah Rancu. Di Jepang, ikan koki rancu disebut sebagai raja ikan mas karena tampilanya yang tidak memiliki sirip punggung tidak lazim seperti jenis koki lainya.


Ikan koki rancu merupakan hasil dari kawin silang koki lionhead dari cina, jika anda berminat untuk memelihara koki rancu ada banyak pilihan warnanya seperti orange, merah, putih, merah putih, biru, hitam, hitam putih, hitam merah, kuning pucat dan kepala merah yang sangat jarang dan langka dan inilah yang paling dicari para kolektor ataupun pencinta jenis ikan hias koki.


3, Jenis Ikan Koki Bubble Eye


Gambar Ikan Koki Bubble Eye

Jenis Ikan Koki Bubble Eye

 

Ikan koki Bubble Eye atau lebih dikenal dengan Mata Gelembung atau Mata Balon adalah jenis ikan koki yang memiliki mata mengarah ke atas dan yang di bawahnya terdapat dua kantung mata berisi cairan.


Ikan Koki Bubble Eye berasal dari Cina dan merupakan jenis ikan koki yang paling unik karena matanya, disamping itu bubble eye juga tidak memiliki sirip punggung. Dengan cara merawat ikan koki bubble eye yang baik akan membuatnya mampu tumbuh hingga 6 – 8 inchi. Dan perlu diperhatikan dalam cara merawat ikan mas koki jenis Bubble Eye ini agar supaya hati – hati, karena dikawatirkan gelembung pada matanya ini bisa saja pecah.


4, Jenis Ikan Koki Ryukin


Gambar Ikan Koki Ryukin

Jenis Ikan Koki Ryukin

Ciri ciri ikan koki ryukin tubuhnya pendek dan bungkuk, moncongnya lancip, memiliki sirip punggung yang bentuknya tegak,  dua buah sirip dada dan ditambah dua sirip anus dan memiliki ekor kembar menyerupai bunga yang sedang mekar dan panjang, bahkan panjangnya bisa melebihi panjang tubunya.


Di Negara Jepang ikan koki ryukin menduduki urutan kedua sebagai koki tersohor setelah lionhead (kepala singa). Selain ryukin jenis ikan koki ini juga dikenal dengan nama Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail atau Veiltail. Dengan penerapan cara merawat ikan koki yang benar ryukin bisa tumbuh hingga 21 cm.


Banyak pilihan warna dari ikan koki ryukin yang bisa anda pilih seperti misalnya merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu


5, Jenis Ikan Koki Komet


Gambar Ikan Koki komet

Jenis Ikan Koki Komet

 

Ikan komet adalah jenis ikan koki yang paling umum terlihat dan diperjualbelikan di pasar atau toko-toko ikan hias. Selain harga ikan mas koki komet ini murah, mudahnya dalam budidaya ikan koki komet adalah pemicu tersebar luasnya jenis ikan hias hias ini.


jenis ikan koki komet juga merupakan varietas yang paling umum di Negri Paman Sam, Ikan Komet mirip ikan mas biasa, dengan pengecualian ukurannya yang lebih kecil, langsing, dan mudah dibedakan dengan ekornya yang panjang dan bercabang.


6, Jenis Ikan Koki Black Moor


Gambar Ikan Koki Black Moor

Jenis Jenis Ikan Koki Black Moor

 

Di Jepang ikan koki black moor ini juga disebut sebagai popeye, teleskop, kuro demekin sedangakan di Tiongkok di sebut dengan mata naga.


Ciri ciri jenis ikan koki black moor adalah matanya yang besar dan menonjol keluar dan warnanya yang hitam dengan sedikit sentuhan kuning keemasan.


7, Jenis Ikan Koki Calcio


Gambar Ikan Koki Calico

Jenis Ikan Koki Calico

 

Ikan Koki Calcio atau disebut juga dengan Nacreous, warna sisiknya yang transparan dengan campuran warna metalik terkesan seperti mutiara.


Ikan koki calcio semakin cantik dengan corak warna bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru yang menempel pada tubuhnya. Dengan perawatan yang maksimal ikan koki calcio bisa tumbuh hingga 12 inci.


8, Jenis Ikan Koki Butterfly Tail


Gambar Ikan Koki Butterfly Tail

 Jenis Ikan Koki Butterfly Tail

 

Koki Butterfly Tail merupkan ikan koki yang langka, nama umumnya Jikin dan diyakini berasal dari Jepang. Dinamakan ikan koki butterfly tail karena keindahan ekornya yang mirip dengan Butterfly / kupu -kupu. Warna merah pada bibir, sirip dan juga insang menambah keceriaan dan keindahan tersendiri.


Selain disebut dengan ikan koki butterfly tail juga akrab dengan nama Rokuri dan ikan koki ekor merak. Dengan perawatan yang baik di akuarium Koki Butterfly Tail bisa tumbuh hingga 9 inci.


Harga Koki Butterfly Tail di pasaran biasanya Rp 5000 / ekor, tergantung kota dan kualitas si ikan sendiri, akan tetapi kemungkinan jika menginginkan Koki Butterfly Tail  jadi hewan peliharaan akuarium anda, kemungkinan ada kesulitan untuk mencari jenis ikan koki ini, karena Koki Butterfly Tail tergolong jenis dari ikan mas koki yang langka.


9, Jenis Ikan Koki Choten Gan


Gambar Ikan Koki Choten Gan

Jenis Ikan Koki Dan Choten Gan

 

Di urutan yang ke sembilan dari jenis ikan koki adalah Choten Gan atau sering disebut dengan nama Celestial Eye atau Mata Langit. Dari beberapa jenis ikan mas koki, mungkin Choten Gan adalah yang paling aneh, karena mata ikan koki Choten Gan tidak menghadap kedepan atau kesamping dan kebawah melainkan menghadap ke atas.

Choten Gan adalah ikan koki yang berasal dari negara Cina dan juga Korea. Selain matanya yang selalu memandang ke atas, ciri ciri lainya dari Choten Gan tubuhnya berbentuk seperti layaknya erpedo dan Choten Gan tidak memiliki sirip punggung.


10, Jenis Ikan Koki Mutiara


Gambar Ikan Koki Mutiara

Jenis Ikan Koki Mutiara

 

Di urutan ke sepuluh dari jenis ikan koki adalah ikan mas koki mutiara, dalam bahasa Jepang di sebut dengan nama chinshurin.


Ciri khusus dari ikan ikan koki mutiara  bertubuh bulat seperti bola yang ditutupi sisisk – sisik kecil yang timbul bagaikan mutiara selain itu, ikan koki mutiara memiliki sirip yang mirip dengan ikan koki varietas ikan koki ekor kipas.


11, Jenis Ikan Koki Fantail


Gambar Ikan Koki Fantail

Jenis Ikan Koki Fantail

 

Ikan koki Fantail adalah jenis ikan mas koki yang berubuh seperti telur, sirip punggunya tegak tinggi dengan ekor yang panjang empat kali lipat kebawah dan tidak ada bonggol bahu. Tahukah anda ikan koki Fantail merupakan salah satu jenis ikan koki yang digemari di Jepang.


12, Jenis Ikan Koki Lionhead


Gambar Ikan Koki Lionhead

Jenis Ikan Koki Lionhead

 

Lionhead merupakan salah satu jenis ikan mas koki yang terkenal di Jepang, ciri khusus Lionhead adalah adanya benjolan diseluruh bagian kepalanya layaknya rambut singa, bentuk tubuhnya pandek, bagian punggung tidak memiliki sirip.


Bila anda perhatikan punggung ikan koki lionhead tampak sedikit cembung dan ekornya melengkung. Sirip sirip dada dan sirip perutnya kecil-kecil, sedangkan ekornya pendek dan mekar seperti telapak tangan yang dibalikan.


13, Jenis Ikan Koki Hanafusa


Gambar Ikan Koki Hanafusa

Jenis Ikan Koki Hanafusa

 

Ikan Koki Hanafusa atau nama lainya ikan mas koki Pompom atau pompon adalah jenis ikan koki yang memiliki sekumpulan daging tumbuh di antara lubang hidungnya, masing-masing satu pada kedua sisi kepala. Terkadang daging tumbuh itu tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.


14. Jenis Ikan Koki Telescope Eye


Gambar Ikan Koki Telescope Eye

Jenis Ikan Koki Telescope Eye

 

Ikan mas hias Mata Teleskop ( Telescope Eye ) atau Demekin dan juga sering disebut dengan Mata Globe atau Mata Naga goldfish.


Ciri khusus ikan koki Telescope Eye adalah matanya yang besar dan menonjol keluar, mata teleskop ini belum begitu terlihat pada anakan yang berumur 3 bulan.


Bila anda ingin memeliharanya di akuarium anda, Ikan Koki Telescope Eye punya banyak varian warnanya seperti warna merah, merah-putih,belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru dan warna hitam. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik.


Akan tetapi dalam cara merawat ikan koki Telescope Eye yang perlu diperhatikan ketika mencampur dengan ikan hias lain. Ikan koki Telescope Eye adalah ikan yang pengelihatanya terganggu, maka usahakan dicampur dengan ikan hias yang juga tidak lincah.


15, Jenis Ikan Koki Panda Moor


Gambar Ikan Koki Panda Moor

Jenis Ikan Koki Panda Moor

 

Ikan Koki Panda Moor adalah jenis ikan koki yang perawakanya mirip dengan jenis ikan koki black moor, hanya saja yang membedakan adalah pola warnanya. Ikan koki Panda Moor memiliki perpaduan warna hitam dan putih layaknya hewan panda, itu sebabnya jenis ini dinamakan Ikan Koki Panda Moor.


16, Jenis Ikan Koki Shubunkin

 

Gambar Ikan Koki Shubunkin

Jenis Ikan Koki Shubukin

 

Ikan mas koki Shubunkin merupakan ikan koki yang bentuk tubuhnya mirip dengan ikan koki komet, akan tetapi ekor dan segi corak warna berbeda. Ikan mas koki Shubunkin memiliki ekor tunggal dan sisik berkilau seperti mutiara serta pola warna tubuh yang disebut kaliko.


17, Jenis Ikan Koki Tosakin


Gambar Ikan Koki Tosakin

Jenis Ikan Koki Tosakin

 

Ikan koki Tosakin atau sering disebut dengan Ikan Mas Koki Ekor Kipas Keriting. Jenis ikan koki ini adalah varietas ikan mas koki khusus dengan sirip ekor mengembang secara horisontal (seperti kipas) di bagian belakang ikan. Sebenarnya adalah dua ekor terpisah, dua ekor terpisah ini menyatu di pangkalnya membentuk sirip ekor tunggal.


18, Jenis Ikan Koki Sakura


Gambar ikan koki Sakura

 Jenis Ikan Koki Sakura

 

Ikan Koki Sakura merupakan ikan koki yang tergolong mewah, itu karena Ikan Koki Sakura tidak memiliki sisik kasar layaknya jenis ikan koki pada umunya.


19, Jenis Ikan Koki Watonoi


Gambar Ikan Koki Watonoi

Jenis Ikan Koki Watoni

 

Watoni merupakan ikan koki yang memiliki ketahanan tubuh lebih baik dibanding dengan ikan koki yang lainya.


20, Jenis Ikan Koki Wakin


Gambar Ikan Koki Wakin

Jenis Ikan Koki Wakin

 

Ikan Koki Wakin merupakan nenek moyang dari si koki, disebut dengan wakin karena bentuk tubuhnya tidak banyak berubah.

 

Setelah kita lihat semua dari jenis jenis ikan koki, pastinya ada yang ingin memelihara ikan hias yang lucu nan cantik ini. Memelihara ikan hias terutama ikan koki sebenarnya mudah, baik dipelihara di akuarium maupun di kolam ikan hias anda.

Karena dari sekian banyaknya jenis ikan koki ini ada yang pergeraknaya cepat ada juga yang pergerakanya lambat, ada ikan koki yang kuat dalam ketahanan tubuhnya ada juga yang kurang kuat, ada yang penglihatanya kurang baik juga.

 

Maka dari setiap jenis ikan mas koki cara merawatnyapun berbeda beda, akan tetapi pada dasarnya dalam memelihara ikan koki ada cara dasar. Nah berikut ini adalah  tips – tips dasar merawat ikan koki.

 

Tips – Tips Dasar Cara Merawat Ikan Koki

 

Jenis Ikan Koki Dan Cara Merawat ikan koki

 

Tempat / Wadah Untuk Ikan Koki

 

Setelah anda menentukan jenis ikan koki yang anda pilih, hal pertama setelah itu adalah menyiapkan tempat untuk merawatnya, bisa akuarium juga bisa kolam.

Air Untuk Merawat Ikan Koki

Akan sangat lebih baik jika air yang digunakan untuk merawat ikan koki diendapkan terlebih dahulu sebelum ikan koki dimasukan agar supaya kandungan karporitnya hilang.

 

Ikan koki yang sudah dibeli dan masih di dalam kantong plastik, sebaiknya ikan jangan langsung dimasukan ke akuarium ataupun kolam, akan tetapi taruh sekalian kantong plastiknya di permukaan air agar supaya menyesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi airnya.

Pastikan suhu air untuk merawat ikan koki 24 sampai 28 derajad celcius dan pH di sekitar 7 sampai 7,5.

Perlengkapan Lain Untu Merawat Ikan Koki

Siapkan juga aerator, filter dan juga selang penyedot kotoran, ketiga alat ini sangat penting untuk sirkulasi udara di akuarium serta mencegah kotoran.

Pemberian Pakan Dalam Merawat Ikan Koki
Beri pakan secukupnya saja, jangan terlalu sering beri makan ikan mas koki karena ikan koki ini merupakan ikan yang rakus, slalu memakan makanan yang ada dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.

 

Menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya.

 

Pakan alami yang bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko.

 

Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.

 

Nah inilah Jenis Jenis Ikan Koki Dan Cara Merawatnya yang bisa admin suguhkan semoga bermanfaat.

Save

loading...
6 Comments

Add a Comment