Kelabang Masuk Rumah…..Kenapa, Berbahayakah?

Kelabang Masuk Rumah, majalahhewan.com | Kelabang merupakan hewan arthropoda yang terkadang banyak sekali yang menyebutnya sebagai serangga, padahal sebenarnya kelabang tidak masuk dalam kelas serangga. Meskipun mereka menikmati kondisi hidup yang sama seperti serangga.

Kelabang juga sering disebut dengan kaki seribu padahal keduanya sangatlah berbeda, perbedaan keduanya sangatlah menonjol. kaki seribu dan kelabang seperti cacing, keduanya memiliki banyak bagian tubuh dan banyak kaki. Namun, kelabang memiliki tubuh yang lebih rata dan hanya satu pasang kaki per bagian, sementara tubuh kaki seribu ini bulat dengan dua pasang kaki per bagian. Juga, kaki kelabang ini jauh lebih panjang, yang memungkinkan kelabang untuk bergerak lebih cepat.

 

Dalam keadaan terganggu keduanya juga berbeda, kaki seribu cenderung menggulung, tapi kelabang lari dengan cepat ke tempat yang lebih gelap yang paling dekat denganya.

Kedua hewan melata ini kadang kadang telihat oleh kita berada di dalam rumah kita, tahukah Anda kenapa kelabang masuk rumah kita? berikut adalah jawabanya.

Tahukah Anda Kenapa Kelabang Masuk Rumah?

Gambar kelabang masuk rumah

Memang menjengkelkan ketika rumah kita dimasuki hewan melata, terlebih kelabang. Yang kita dengar selama ini kelabang adalah hewan beracun, yang mana gigitan kelabang sangatlah berbahaya. Memang benar kelabang merupakan binatang melata yang memiliki racun dan mentranfernya melalui gigitanya.

Lalu apakah racun kelabang ini berbahaya, dan haruskah kita kuwatir ketika mereka memasuki rumah kita? Meskipun semua kelabang memiliki kelenjar racun yang membuka melalui rahangnya, akan tetapi kelabang yang masuk rumah tidak mampu menembus kulit manusia dengan gigitanya.

Namun, beberapa jenis kelabang dapat memberikan efek yang mirip dengan sengatan lebah atau tawon, dengan gejala yang umumnya menghilang dalam beberapa jam.

Berbeda dengan kelabang yang ukuranya besar dan hidup di alam liar, maka gigtanya pasti sakit dan menimbulkan beberapa efek.

Bagaimana dengan hewan peliharaan, misal kucing atau anjing? Gigitan kelabang juga tidak akan menimbulkan bahaya serius terhadap hewan peliharaan.

Kenapa kelabang masuk rumah? Ini adalah persoalan yang kadang tidak Anda sadari yang mana cenderung hanya membasmi kelabang ketika mereka memasuki rumah Anda. Padahal jika kita mengetahui hewan melata ini dengan baik, misal dimana mereka hidup dan apa makanan kelabang.

Tentunya ketika kita mengetahui sedikit saja tetang perilaku kelabang, maka rumah kita tentunya akan aman dan tidak dimasuki kelabang.

Sekarang lihat disekeliling rumah kita adakah semut, rayap, kecoa, laba laba rumah dan serangga kecil? jika ada maka itulah penyebab atau alasan kenapa kelabang memasuki rumah. Lalu kenapa semut memasuki rumah kita? itu karena semut tertarik dengan sumber makanan manusia yang ada di dalam rumah yang tidak tertutup dengan baik atau rapat. Berbeda dengan rayap, hewan ini cenderung tertarik dengan rumah yang terbuat dari kayu.

Lalu Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kelabang Masuk Rumah

Membasmi kelabang dengan cara membunuhnya adalah langakah terakhir. Akan tetapi mencegahnya untuk tidak datang lagi kerumah adalah langkah yang paling penting. Untuk membuat kelabang tidak masuk rumah kita lagi adalah dengan cara menghentikan atau mengusir sumber makanan yang menjadi daya tariknya.

Seperti keterangan di atas bahwasanya semut, rayap dan juga serangga kecil adalah pemicu datangnya kelabang kerumah kita. Maka langakah yang harus kita lakuakan terlebih dahulu dengan mengusir mereka. Untuk itu segala sesuatu yang menjadi daya darik semut sebaiknya kita singkirkan atau taruh di tempat yang bisa ditutup dengan rapat. Dan tentunya juga menjaga agar rumah dalam keadaan bersih.

Selain serangga yang manjadi daya tarik kelabang untuk memasuki rumah, tempat yang lembab juga menjadi hal yang menarik perhatian kelabang untuk memasuki rumah. Untuk itu sebaiknya tempat tempat lembab seperti misalnya kamar mandi dan yang lainya kita keringkan.

Itulah alasan kenapa kelabang masuk rumah, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Save

loading...
2 Comments

Add a Comment