Kelabang Terbesar Dari Semua Jenis Jenisnya

Kelabang Terbesar, majalahhewan.com | Kelabang atau Lipan dalam bahasa inggris disebut centipede yang mana dari bahasa Latin “hundred” yang berarti centi dan “pes, pedis”, yang memiliki arti kaki. Binatang kelabang ini adalah hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Lipan atau kelabang adalah hewan metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Selain itu kelabang memiliki racun atau hewan berbisa, kelabang juga hewan noktural ( aktif di malam hari ).

Gambar Dan Foto kelabang terbesar kelabang amazon

Di seluruh dunia, diperkirakan ada 8.000 spesies kelabang atau lipan. Ukuran kelabang dapat berkisar dari beberapa milimeter hingga yang terbesar sekitar 30 cm (12 in). Dan pada kesempatan kali ini majalah hewan ingin berbagi informasi kelabang terbesar dari semua jenis jenisnya. Langsung saja mari kita simak.

Kelabang Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Kelabang Atau Lipan Yang Ada Di Dunia

Kelabang raksasa ini nama latinya adalah Scolopendra gigantea serta dikenal dengan kelabang Amazon dan berikut ini adalah klasifikasinya:

Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Subphylum: Myriapoda
Kelas: Chilopoda
Order: Scolopendromorpha
Keluarga: Scolopendridae
Genus: Scolopendra
Spesies: Scolopendra gigantea
Status konservasi: Tidak Terancam

Kelabang ini merupakan kelabang terbesar dari semua jenis jenis kelabang, ukuran maksimalnya adalah 30 cm (12 in), akan tetapi pada umumnya hanya berkisar  26 cm (10 in).

Seperti kelabang lain dari genus Scolopendra, tubuh kelabang Amazon memiliki 21 sampai 23 bagian, setiap bagian dengan sepasang kaki. Kaki kaki tersebut disesuaikan untuk pergerakanya yang cepat selama berburu atau mundur.

Kepala kelabang raksasa ini ditutupi oleh perisai datar dan juga memiliki sepasang antena, sedangkan mata kelabang ini pengelihatanya kurang baik, yang mana hanya mampu melihat bayangan dan cahaya. Untuk itu kelabang sangat bergantung dengan sentuhan dan kemoreseptor nya.

Kelabang Amazon ini memiliki sepasang kaki yang pada ujungnya runcing yang disebut forcipules yang mana merupakan senjata utama kelabang Amzon ini untuk membunuh mangsanya dan juga membela diri.

Forcipules ini digunakan untuk menembus tubuh korban atau mangsanya dan menyuntikan racun untuk melumpuhan mangsa. Racun dari kelabang Amazon ini sangat ampuh, yang mana mengandung acetylcholine, histamin dan serotonin (mediator nyeri), protease dan faktor cardiodepressant. Campuran ini berakibat fatal bagi kebanyakan hewan kecil.

Gigitan kelabang atau lipan Amazon ini pada manusia bisa mengakibatkan pembengkakan, menggigil dan juga demam.

Pada umumnya kelabang Amazon ini tinggal dilingkungan yang lembab dan biasanya ditemukan di dalam tanah, sampah daun, atau kayu busuk. Itu karena kelabang tidak memiliki penutup lilin pada kutikula mereka.

Kelabang merupakan hewan predator atau karnivora, di alam liar biasanya memangsa invertebrata seperti serangga misalnya jangkrik, cacing dan siput dan bahkan tarantula. Selain invertebrata kelabang juga memangsa vertebrata seperti kadal, katak (panjang hingga 9,5 cm), ular (panjang hingga 25 cm), burung kecil, tikus, bahkan kelelawar.

Gambar Dan Foto kelabang terbesar memangsa tarantula
Sumber Media Dari Anole Annals

Binatang ini sangat agresif dan gugup. Selama perkelahian, kelabang Amazon akan menggunakan seluruh tubuh untuk kumparan mangsanya (atau musuh) dengan semua kakinya melekat erat pada tubuh lawan.

Di alam liar kelabang ini saat musim kawin kelabang betina melepaskan feromon untuk tujuan menarik kelabang jantan. (Perbedaan kelabang jantan dan betina sulit untuk dibedakan)  kemudian kelabang jantan membuat pad sutra dan melepaskan spermanya ke atasnya. Ini disebut spermatophore.

Selanjutnya kelabang betina mengambil spermatophore dan meletakkan telur untuk dibuahi (biasanya 15-60) ke dalam lubang kecil di tanah. Dan kemudian ditimbun dengan tanah sehingga pada saatnya telur matang. Betina melindungi telur dan membersihkan mereka dari waktu ke waktu untuk mencegah infeksi dari jamur.

Di Amerika kelabang Amazon juga populer sebagai hewan peliharaan, bahkan harganya cukup mahal yakni 300 $.

Kelabang Amazon yang merupakan kelabang terbesar dari semua jenis jenis lipan atau kelabang ini semoga menambah wawasan Anda sekalian.

loading...
16 Comments

Add a Comment