Yuk Lihat Jenis Jenis Musang Peliharaan Dan Juga Jenis Musang Yang Dilindungi

Jenis musang peliharaan, majalahhewan.com | Musang adalah hewan mamalia yang dalam klasifikasinya dari famili/suku Viverridae. Di alam liar sebagian besar makanan musang adalah daging, itu karena musang adalah sekelompok mamalia predator atau pemangsa ( karnivora ). Dikatakan sekelompok, itu karena hewan yang keluar pada malam hari ini ( noktural ) memiliki banyak jenis. Jenis musang yang paling tidak asing bagi kita adalah musang pandan atau musang luwak. Ada banyak jenis musang di dunia ini, yang mustinya sahabat harus mengetahui ciri ciri musang, harga musang, serta apakah termasuk musang jinak atau tidak,  jika tertarik untuk memelihara hewan karnivora ini. Misalnya saja mengetahui seluk beluk yang pasti tentang musang bulan, musang rase, musang akar, musang binturong dan yang lainya.

Berikut ini majalah hewan paparkan untuk sahabat semua yang lagi mencari hewan peliharaan yang pastinya jarang dimiliki tetangga kalian. Karena pada umumnya mereka memelihara burung, anjing, kucing, kelinci atau yang hewan peliharaan lainya.

Tak hanya jenis musang yang populer dipelihara saja yang akan majalah hewan sebutkan, agar pengetahuan sahabat lebih lengkap, kami juga menyuguhkan ulasan jenis jenis  musang yang ada di dunia ini, mulai dari jenis musang yang dilindungi, jenis musang di Indonesia serta perilaku sang musang.

Tulisan tentang  Jenis Musang Peliharaan Dan Juga jenis Musang Yang Dilindungi ini hingga 4000 kata lebih, jika ingin langsung melihat pada satu jenis musang, maka sahabat bisa langsung klik daftar isi. Dan ulasan jenis musang ini di bagi dalam dua halaman, untuk melihatnya secara lengkap maka tinggal klik Next ya.

Daftar Isi

Jenis Jenis Musang Peliharaan Dan Ciri Ciri Serta Harganya

1. Musang Pandan atau Musang Luwak ( Paradoxurus hermaphroditus )

Jenis Musang Peliharaan - Musang Luwak ( Paradoxurus hermaphroditus )
Gambar Musang Pandan atau Luwak ( Paradoxurus hermaphroditus ) Sumber Gambar Dari nzmc.org

Yang pertama dari jenis musang peliharaan adalah musang luwak, Sahabat pasti kenal banget dengan musang yang satu ini, karena selain sering kita jumpai, musang ini adalah musang penghasil biji kopi luwak yang sangat melegenda rasanya. Dan tahukah sahabat jika biji kopi yang hihasilkan dari kotoran luwak ini sangat mahal lho, bahkan hingga  mencapai USD100 per 450 gram.

Nah lumayan kan jika sahabat memelihara jenis musang luwak ini, lalu kasih aja makan biji kopi dan panen deh biji kopi luwak dan akhirnya sahabat kaya….he he he, becanda. Eh beneran lho banyak yang memeliharanya.

Musang luwak atau kalau orang jawa umumnya hanya menyebut luak atau luwak, berbeda dengan penduduk sunda yang menyebutnya careuh bulan, sedangkan kalau orang betawi menyebutnya musang saja.

Untuk nama ilmiah musang luwak ini adalah Paradoxurus hermaphroditus, sedangkan bahasa inggris musang luwak ini adalah common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat.

Ketika musang luwak ini masih di alam liar, pada umumnya bisa dijumpai di atas pohon aren atau pohon kawung, di atas pohon kelapa dan rerumpunan bambu. Hewan ini juga tak jarang kita temui di berada perkotaan, itu karena habitat asalnya telah rusak.

Seperti penjelasan sebelumnya, musang adalah hewan karnivora dan di alam liar musang luwak ini pada umumnya memangsa serangga, moluska, cacing tanah, kadal dan juga tikus. Akan tetapi, musang luwak ini juga memakan buah, seperti misalnya buah pepaya, buah pisang dan juga buah dari pohon kayu afrika.

Ciri Ciri Musang Pandan Atau Musang Luwak

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Luwak ( common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat )
Musang Luwak ( common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat ) Sumber Gambar Dari zizigallery.com

Ciri ciri musang luwak ini bisa kita kenali yang pertama dengan melihat ukuran tubuhnya, pada umumnya musang luwak memiliki panjang tubuh sekitar 90 cm, yang di ukur mulai kepala hingga ekor.

Warna musang luwak sangat khas, yakni abu abu kecoklatan dengan variasi warna coklat merah tua hingga kehijauan untuk sisi bagian atas tubuhnya. Jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus, atau membentuk deretan bintik-bintik besar. Sisi samping dan bagian perut lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sebelah tubuhnya.

Untuk wajah musang luwak ini berwarna coklat gelap hingga hitam, bagian dahi dan sisi samping wajahnya berwarna keputih putihan yang mana warna ini sampai ke bawah telinga. Dan ada garis hitam yang samar samar lewat di tengah dahinya yang dimulai dari hidung hingga atas kepalanya. Untuk kaki dan juga ekor musang luwak ini berwarna coklat sampai hitam.

Sedangkan untuk membedakan antara musang luwak jantan dan musang luwak betina, ciri cirinya adalah letak alat kelaminya, jika betina dekat anus dan ada 3 buah puting susu sedangkan jantan dekat dengan pusar.

Oh ya, selain dengan nama nama yang disebutkan di atas, musang luwak ini juga populer dengan sebutan musang pandan, itu karena musang luwak yang jantan bisa mengeluarkan bau yang samar samar seperti bau daun pandan, akan tetapi bisa menjadi pekat dan membuat mual.

Harga Musang Pandan Atau Musang Luwak Dan Cara Menjinakan Musang Pandan Yang Liar

Gambar Jenis Musang Peliharaan Dan Cara Menjinakan Musang Pandan
Musang Pandan Juga Disebut Musang Luwak Sumber Gambar Dari keywordsuggestions.com

Itulah ciri ciri musang luwak atau musang pandan, sedangkan harga musang pandan sebenarnya tergantung dari musangnya sendiri, masih baby atau sudah dewasa, masih liar atau agak liar atau sudah jinak. Jadi tidak ada informasi yang pasti berapa harga musang pandan atau musang luwak ini.

Akan tetapi, kisaranya untuk harga musang pandan baby pada umumnya di jual dengan harga 200 san ribu hingga 400 san ribu, sedangkan untuk musang pandan yang sudah dewasa dan sudah jinak, kisaranya 400 san ribu hingga 800 san ribu.

Bila sahabat membeli jenis musang pandan ini dan sifatnya masih liar, salah satu cara untuk menjinakan musang pandan liar adalah dengan cara menyentuhnya dengan lembut terlebih dahulu dengan sebatang kayu ketika memberinya makan, itu karena pada umumnya musang liar itu belum kenal atau jarang sekali berinteraksi dengan manusia.

Jenis Jenis Musang Pandan / Luawak Yang Termasuk Jenis Musang Peliharaan Yang Populer

Setelah sahabat melihat musang pandan atau musang luwak, mari kita lihat jenis jenisnya yang juga tersebar di Indonesia

  • a. Musang Bali
Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Luwak ( common palm civet ) atau Musang Pandan Bali
Musang Luwak ( common palm civet ) atau Musang Pandan Bali Sumber Gambar Dari flickr.com

Musang bali, sesuai dengan namanya jenis musang peliharaan ini adalah salah satu jenis musang luwak atau musang pandan yang habitatnya  tersebar di pulau bali.

Musang bali ini juga tak jauh beda dengan musang pandan lainya, hanya saja lebih menggemaskan jika kalian memilikinya, karena pada umumya musang bali ini warnanya putih agak kusam. Sedangkan harga musang bali di pasaran sekitar 500 ribuan hingga 1,5 jutaan, tergantung kualitasnya ( jinak atau tidak, baby atau dewasa )

  • b. Musang Lombok ( Paradoxurus hemaprhoditus rinjanicus )
Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Lombok ( Paradoxurus Hemaprhoditus Rinjanicus )
Musang Lombok ( Paradoxurus Hemaprhoditus Rinjanicus ) Sumber Gambar Dari rampetgarut.blogspot.com

Musang lombok adalah musang dari jenis musang luwak atau musang pandan yang peyebaranya di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ciri ciri  musang Lombok ini memiliki warna hitam mulai dari kepala hingga ekornya.

Musang Lombok ini memiliki nama latin Paradoxurus hermaphroditus rinjanicus, yang menjadikanya lebih dikenal dengan nama musang rinjani.

Sedangkan harga musang lombok di pasaran berkisar 900 ribu lebih

  • c. Musang Metawai ( Paradoxurus lignicolor )
Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Metawai ( Paradoxurus lignicolor )
Musang Metawai ( Paradoxurus lignicolor ) Sumber Gambar Dari resarchgate.net

Musang mentawai adalah jenis musang yang menyebar di kepulauan Mentawai, Sumatra. Musang yang satu ini juga termasuk jenis dari musang pandan atau musang luwak. Dan juga terdaftar di IUCN yang statusnya adalah bimbang.

Nama latin musang mentawai ini adalah Paradoxurus lignicolor, sedangkan musang mentawai dalam baha inggris disebut dengan Common Palm Civet atau Mentawai Palm Civet.

  • d. Musang Pandan Albino / Leucistic
Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Pandan Albino atau Leucistic
Musang Pandan Albino atau Leucistic Sumber Gambar Dari archive.kaskus.co.id

Musang albino adalah jenis musang yang langka, itu karena warna pada bulu bulunya tidak seperti jenis musang pandan pada umumnya, seperti namanya yakni berwarna albino atau putih. Harga musang albino ini birkisar di 25 jutaan. Dan mungkin saja musang albino ini adalah jenis musang paling mahal.

2. Musang Bulan (Paguma larvata

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Bulan (Paguma larvata)
Musang Bulan (Paguma larvata) Sumber Gambar Dari ourtrails.com.tw

Yang kedua dari jenis musang peliharaan adalah musang bulan, musang ini pada umumnya dipelihara sebagai hewan peliharaan, terkadang juga digunakan untuk berburu tikus ( Ratters ), itu karena musang bulan merupakan jenis musang yang cekatan dalam mengejar dan membunuh  hewan pengerat tersebut.

Musang bulan adalah musang yang penyebaranya sangat luas, mulai dari Pakistan Utara, Indonesia ( Lampung dan Medan Serta Kalimantan ), Cina, Taiwan, Hainan, hingga kepulauan Nikobar.

Ciri Ciri Musang Bulan

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Bulan ( masked palm civet atau gem-faced civet )
Musang Bulan ( masked palm civet atau gem-faced civet ) Sumber Gambar Dari flickr.com

Panjang tubuh musang bulan sendiri antara 50 hingga 76 cm, sedangkan ekornya 50 sampai 64 cm. Untuk beratnya tergantung jenis kelamin dan usia, akan tetapi, pada umumnya saat dewasa 3,6 hingga 5 kg.

Warna bulu musang bulan berbeda beda tergantung dari mana asalnya, seperti misalnya musang bulan Lampung yang memiliki warna orange bercampur dengan coklat. Atau musang bulan yang dari Medan, warna bulu pada tubuhnya hitam.

Ciri khusus musang bulan adalah adanya warna putih yang ada di kepalanya, yang sekilas nampak seperti topeng, untuk itulah musang bulan juga dikenal dengan nama musang bertopeng. Topeng ini terdiri dari garis warna putih yang membentang dari hidung sampai ke keningnya.

Garis putih tersebut kadang tebal, akan tetapi warnanya memudar atau berkurang, dan garis ini membagi dua topeng hitam yang memanjang lateral ke bagian yang jauh dari pipi dan dahi, melewati telinga, dan bawah bagian belakang leher sebelum berhenti tepat di bawah tulang belikat.

Untuk daerah sekitar mata, pada umumnya dikelilingi bulu berwana putih mulai dari pudar hingga putus putus ataupun bercak dengan bentuk yang sempurna. Sedangkan bagian bibir, dagu dan tenggorokan, musang bulan ini berwarna putih.

Cambang ( rambut atau bulu yang tumbuh di pipi ) berupa garis garis putih, itu karena bentuk dan juga tempat tumbuhnya berupa kurva yang naik dari tenggorokan. Dan kurva ini selain memiliki ketebalan yang bervariasi juga sebagai batas dari bercak bercak kecil di pangkal telinga atau  bercak besar yang mengelilingi dasar kedua telinga yang berbulu gelap.

Harga Musang Bulan

Bagi sahabat yang menginginkan musang bulan ini sebagai hewan peliharaan, maka siapkan kocek yang sedikit tebal ya, karena harga musang bulan ini pada umumnya di atas 1 jutaan. Ini sebanding dengan apa yang sahabat keluarkan, karena selain memiliki hewan peliharaan yang berbeda dengan yang lainya, sahabat akan banyak menghabiskan waktu bersama musang bulan ini, itu karena musang bulan ini bisa hidup hingga 22 tahun lho.

Makanan Musang Bulan Dan Ternyata Musang Bulan Masuk Dalam Daftar IUCN ( International Union for Conservation of Nature and Natural Resources )

Musang bulan yang dalam bahasa inggris disebut dengan Masked Palm Civet, Himalayan Palm Civet atau Gem-faced Civet adalah salah satu hewan yang masuk dalam daftar IUCN, walaupun kategorinya masih bimbang. Untuk itu, rawatalah jenis musang bulan ini dengan baik, selain makanan yang pada umumnya diberikan pada musang, sebaiknya juga dikasih madu, itu karena musang bulan ini sangat suka madu. Dan alangkah lebih baiknya dalam cara merawat musang bulan ini juga sepasang.

3. Musang Rase ( Viverricula indica )

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Rase ( small Indian civet )
Musang Rase ( small Indian civet ) Sumber Gambar Dari flickr.com

Jenis musang peliharaan yang ke tiga yang bisa kalian pelihara adalah musang rase. Sebaiknya kamu perjelas dulu musang rase ini sebelum mulai membeli dan merawatnya dengan membaca ulasan berikut ini.

Bahasa inggrisnya musang rase adalah small Indian civet, jenis musang satu ini adalah satu satunya anggota dari marga Viverricula, yang mana termasuk hewan predator kecil yang masuk dalam suku Viverridae.

Ciri Ciri Musang Rase

Musang rase ini mudah sekali untuk kalian kenali, hanya dengan melihat ekornya yang mempunyai cincin cincin warna putih dan hitam ( belang ) yang pada umumnya berjumlah 6 hingga 9 dan ujung ekor di akhiri dengan warna putih. Dan panjang ekornya 300 hingga 430 mm ( 30 – 43 cm )

Sedangkan pada umumnya musang rase ini memiliki warna kelabu kecoklatan sampai coklat pucat kekuningan pada bagian atas tubuhnya. Selain itu, kalian juga bisa mengenalinya dengan melihat coraknya, yakni adanya beberapa garis memanjang berwarna hitam pada punggung dan bagian bawahnya. leher musang rase ini juga memiliki 2 garis melintang berwarna hitam.

Pada umumnya, musang rase ini memiliki bobot mulai dari 2 hingga 4 kg, sedangkan panjangnya 540 mm – 630 mm ( 54 – 63 cm ). Sealin itu, kalian juga bisa mengetahuinya dengan melihat panjang kakinya yang hanya 85 – 100 mm ( 8,5 – 10 cm ).

Makanan Musang Rase

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Rase (Viverricula indica)
Musang Rase ( Viverricula indica ) Sumber Gambar Dari twitter.com

Jika kalian sudah asyik dengan hewan yang berkaki mungil ini, maka perhatikan dahulu makanan musang rase di alam bebas, agar kalian tak kerepotan memberinya makan ketika merawatnya.

Seperti penjelasan di atas, hewan yang memiliki warna bulu layaknya leopard ini adalah karnivora ( pemakan daging ) yang pada umumnya memangsa tikus, ular, burung, serangga. Bahan terkadang musang rase memakan bangkai dan juga akar akaran. Selain itu semua, musang rase juga doyan sama yang namanya buah.

Dengan melihat makanan musang rase di alam liar, dalam cara merawat musang rase ini sebaiknya makanan juga disesuikan.

Harga Musang Rase

Untuk mendapatkan hewan cantik ini sebagai peliharaan kalian dirumah, di pasaran harganya terbilang murah jika dibandingkan jenis musang peliharaan lainya. Yakni cukup 200 ribu saja kalian bisa berteman denganya hingga 8 sampai 9 tahun, karena memang batas umurnya memang segitu.

Jenis Musang Rase

Dari sekian banyaknya musang rase yang menyebar dari Asia Selatan Hingga Asia Tenggara, ada beberapa jenis musang rase yang asli Indonesia lho, seperti misalnya musang

V.m. atchinensis Sody, 1931 (habitatnya di : Peureula, Aceh Timur)
V.m. muriavensis Sody, 1931 (habitatnya di utara G. Muria, Jawa Tengah)
V.m. baliensis Sody, 1931 (habitatnya di Bali)

4. Musang Akar (Arctogalidia trivirgata)

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Akar (Arctogalidia trivirgata)
Musang Akar (Arctogalidia trivirgata) Sumber Gambar Dari suggestkeywords.com

Jenis musang peliharaan yang bisa kamu pilih untuk menemani hari hari kamu selanjutnya adalah musang akar. Musang akar adalah jenis musang yang habitatnya di hutan lebat Asia Tenggara, mulai dari India ke Indochina dan semenanjung Melayu, Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bangka serta pulau pulau kecil di dekat Indonesia.

Nama latin musang akar adalah  (Arctogalidia trivirgata) sedangkan musang akar dalam bahasa inggris disebut  small-toothed palm civet atau  three-striped palm civet. Musang akar masuk dalam daftar IUCN yang statusnya masih bimbang ( Least Concern )

Ciri ciri Musang Akar

Supaya kalian tidak salah beli, untuk memiliki musang akar ini bisa dilihat dari warna pada bulu pendeknya. Coklat adalah warna bulu sekujur tubuhnya, sedangkan kepalanya abu abu coklat gelap.

Moncong musang akar warnanya coklat dengan garis putih yang memanjang dari hidung ke dahi.

Yang paling mudah untuk mengenali musang akar ini adalah adanya tiga garis warna hitam pada punggungnya, itu sebabnya nama latinya trivirgata yang memiliki arti tiga garis.

Untuk panjang tubuh musang akar ini sekitar 53 cm dengan panjang ekornya 58 cm. Sedangkan berat musang akar pada umumnya 2,4 kg.

Makanan Musang Akar

Di alam liar, musang akar berburu dan makan serangga, mamalia yang ukuranya kecil, burung, katak dan juga kadal. Karena musang akar adalah hewan omnivora, dia juga memakan buah buahan.

Harga Musang Akar

Bisa dibilang musang akar ini lumayan mahal, karena untuk memilikinya kalian harus mengeluakan budget labih dari satu juta.

5. Musang Binturong / Binturung ( Arctictis binturong )

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Binturong atau Binturung ( Arctictis binturong )
Musang Binturong atau Binturung ( Arctictis binturong ) Sumber Gambar Dari profauna.net

Yang kelima jenis musang peliharaan yang bisa kamu pelihara adalah Musang Binturung. Hanya saja, musang ini adalah salah satu jenis musang yang dilindungi oleh undang undang dan masuk dalam daftar IUCN yang statusnya adalah rentan.

Itu dikarenakan musang binturong ini diburu untuk diambil bulunya yang tebal dan bagian bagian tubuhnya digunakan sebagai obat tradisional. Selain itu, pembalakan liar juga menambah turunya populasi musang binturong ini.

Musang binturong menyebar mulai dari Tiongkok Selatan, , Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Palawan ( Filipina ) serta dataran tinggi Sikkim.

Nama latin musang binturung adalah Arctictis binturong, sedangkan musang binturung dalam bahasa inggris disebut Binturong, Malay Civet Cat, Asian Bearcat, dan Palawan Bearcat ( Filipna ). Tubuhnya yang besar layaknya beruang serta memiliki kumis seperti kucing ditambah warna bulunya yang hitam menjadikan musang binturung lebih akrab dengan sebutan Bearcat.

Lain halnya dengan bahasa melayu yang menyebut musang binturung dengan nama menturung atau menturun serta binturong, yang menjadikanya musang besar ini lebih populer dengan nama musang binturong.

Ciri Ciri Musang Binturung / Binturong

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Binturong atau Binturung ( Arctictis binturong )
Ciri Ciri Musang Binturong atau Binturung ( Arctictis binturong ) Sumber Gambar Dari inkart.net

Musang binturong adalah musang yang paling besar diantara jenis jenis musang. Beratnya bisa mencapai 6 – 14 kg, sedangkan panjangnya mulai dari kepala adalah 60 – 90 cm. Tampak lebih besar dan panjang dengan ekornya yang mencapai sekitar 50 – 90 cm.

Musang binturong adalah musang yang memiliki bulu lebat, panjang dan juga kasar yang pada umumnya berwarna hitam atau kecoklatan. Selain itu, kamu juga bisa mengenali musang binturong ini dengan mudah, yakni dengan melihat taburan warna putih atau kemerahan pada bulu bulunya yang seperti uban.

Ekor panjang musang binturong ini diselimuti bulu bulu panjang, terlebih ketika pada pankal ekornya yang menjadikanya terkesan tambun banget. Yang menjadikan musang binturong ini menarik adalah ekornya, layaknya hewan kukang, ekor ini bisa di pergunakan untuk berpegangan pada dahan.

Kamu juga harus hati hati ketika memelihara musang binturong ini, karena kaki kakinya memiliki kuku atau cakar yang cukup tajam dan melengkung, yang mana di alam liar digunakan untuk mencengkeram cabang pohon dengan kuat.

Musang binturong ini juga salah satu jenis musang peliharaan yang unik, karena kaki bagian belakang bisa diputar ke belakang untuk mamagang batang pohon.

Makanan Musang Binturung / Binturong

Musang binturong adalah hewan mamalia karnivora yang mana di habitatnya memakan burung dan hewan pengerat misalnya tikus. Akan tetapi, musang  binturong ini juga memakan buah buahan yang sudah masak seperti misalnya buah ara. Tak hanya hewan dan buah, musang binturong juga memakan pucuk pucuk daun.

Harga Musang Binturung / Binturong

Bisa dibilang musang binturong ini adalah jenis musang peliharaan yang harganya paling mahal kedua setelah musang albino, karena bekisar di 5 jutaan lebih.

Jenis Musang Yang Dilindungi Dan Bukan Termasuk Jenis Musang Peliharaan Yang Mudah Untuk Di Dapat

6.  Musang Air ( Cynogale bennettii )

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Air ( Cynogale bennettii )
Musang Air ( Cynogale bennettii ) Sumber Gambar Dari leszoodanslemonde.com

Musang air adalah musang berang berang yang artinya musang yang sebagian hidupnya di air dan sebagian hidupnya tinggal di darat atau istilahnya semi – aquatic.

Musang air juga termasuk jenis musang peliharaan yang juga diperjual belikan. Musang ini adalah musang asli Indonesia, Thailand, Malaysia dan Brunai.

Musang air merupakan jenis musang yang keberadaanya hampir punah, dan terdaftar di IUCN yang statusnya terancam punah. Itu karena selama lebih dari 15 tahun terakhir ini penurunanya hingga 50 %.

Penurunan populasi musang air bukan dikarenakan diburu ataupun polutan seperti jenis musang lainya, akan tatapi dikarenakan konversi hutan rawa gambut untuk perkebunan kelapa sawit.

Nama atin musang air adalah (Cynogale bennettii) sedangkan namanya dalam bahasa inggris adalah Otter Civet, Sunda Otter Civet, dan Otter-civet, untuk bahasa Prancis nama musang air adalah Civette-loutre De Sumatra dan dalam bahasa Spanyol adalah Cibeta Nutria.

Ciri Ciri Musang Air

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Air ( Cynogale bennettii )
Ciri Ciri Musang Air ( Cynogale bennettii ) Sumber Gambar Dari fr.academic.ru

Musang air ini bisa kalian kenali dengan melihat ciri ciri moncongnya yang panjang dan ada kumisnya yang panjang juga, selain itu mulut musang air ini lebar serta kaki kainya memiliki selaput namun alas kakinya telanjang. Kaki kaki musang air juga memiliki kuku kuku  yang panjang pula.

Sangat sulit untuk menemukan musang air ini, karena selain termasuk hewan langka, hewan ini temasuk hewan yang beraktifitas pada malam hari.

Makanan Musang Air

Seperti kita liahat penjelasan di atas, bahwasanya musang air adalah musang semi-aquatic, yang artinya musang ini mencari makan di air dan juga di darat. Ketika berada di air, musang air akan memakan ikan, kepiting, moluska air tawar dan jika ia berada di darat maka makananya adalah burung dan juga buah buahan.

Harga Musang Air

Memelihara musang air itu berarti kamu melanggar undang undang, karena musang air dilindungi oleh undang undang. Dan untuk itu kamu siap menanggung resikonya.

Karena kelangkaanya, tentunya jula beli musang air ini diatur sedemikian rapinya, untuk itu majalah hewan tidak bisa menyebutkanya dengan spesifik.

7.  Musang Belang Owston ( Chrotogale owstoni )

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Belang Owston ( Chrotogale owstoni )
Musang Belang Owston ( Chrotogale owstoni ) Sumber Gambar Dari savevietnamswildlife.org

Musang Belang Owston ini adalah jenis musang yang  populasinya menurun dan terancam punah yang dikarenakan eksploitasi yang berlebihan, perusakan habitat dan degradasi, hal ini dibuktikan dengan terdaftarnya musang Musang Belang Owston ini  di IUCN yang statusnya terancam punah. Musang Belang Owston ini adalah musang asli dari negara Vietnam, Laos dan Cina bagian Selatan.

Nama latin Musang Belang Owston ini adalah Chrotogale owstoni, sedangkan nama dalam bahasa inggrisnya adalah Owston’s Civet, Owston’s Banded Civet, Owston’s Banded Palm Civet, dan Owston’s Palm Civet

Ciri Ciri Musang Belang Owston

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Belang Owston ( Chrotogale owstoni )
Ciri Ciri Musang Belang Owston ( Chrotogale owstoni ) Sumber Gambar Dari bioLib.cz

Musang Belang Owston termasuk jenis musang yang ukuranya tidaklah besar dan juga tidak terlalu kecil. panjangnya hanya 57 cm dan panjang ekornya 43 cm.

Warna Musang Belang Owston adalah abu abu kecoklatan dengan ditandai warna hitam yang sangat kontras di punggung dan juga ekornya. Hanya saja, pada bagian 2 per 3 ekor warnanya semuanya hitam.

Musang Belang Owston ini hampir mirip dengan jenis musang belang (Hemigalus derbyanus) hanya saja, pada musang Musang Belang Owston ini pada bagian kakinya memiliki bintik bintik hitam. Selain itu, Musang Belang Owston ini mirip dengan hewan insectivore seperti misalnya trenggiling dan tikus, karena bentuk wajahnya yang runcing.

Makanan Musang musang kelapa Owston

Di alam liar Musang Belang Owston ini memakan cacing tanah dan juga ivertebrata.

Harga Musang musang kelapa Owston

Maaf kami tidak menemukan daftar harga Musang musang kelapa Owston ini.

8. Musang Sulawesi ( Macrogalidia musschenbroekii )

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Sulawesi ( Macrogalidia musschenbroekii )
Musang Sulawesi ( Macrogalidia musschenbroekii ) Sumber Gambar Dari yuotube.com

Musang Sulawesi adalah salah satu Jenis musang yang dilindungi dan terdaftar di IUCN serta merupakan jenis musang di Indonesia yang habitatnya di hutan montana ( hutan pegunungan ). Musang sulawesi dalam 3 generasi terakhir ini mengalami penurunan hingga 30 % yang diakibatkan oleh rusaknya habitat dan degredasi lingkungan.

Nama latin Musang Sulawesi adalah (Macrogalidia musschenbroekii), sedangkan namanya dalam bahasa inggris Sulawesi Civet, Brown Palm Civet, dan Sulawesi Palm Civet.

Ciri Ciri Musang Sulawesi

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Sulawesi ( Macrogalidia musschenbroekii )
Ciri Ciri Musang Sulawesi ( Macrogalidia musschenbroekii ) Sumber Gambar Dari commons.wikimedia.org

Musang sulawesi ini memiliki panjang sekitar 89 cm dengan tambahan ekor 64 cm, yang jadinya panjang keseluruhan adalah 153 cm. Musang Sulawesi mirip dengan musang luwak ( Paradoxurus hermaphroditus ).

Untuk warnanya coklat muda, sedangkan warna bagian bawah mulai dari kuning kemerahan hingga putih. Untuk bagian dadanya berwarna sedikit kemerahan.

Pada punggungnya ada garis yang tak jelas membujur, sedangkan cambangnya ( bulu yang tumbuh di pipi ) perpaduan antara coklat dan putih. Untuk warna ekor musang sulawesi ini adalah belang coklat muda dan hitam.

Makanan Musang Sulawesi

Karena musang ini terkadang juga terlihat di daerah pertanian, maka juga memakan hewan pertanian, selain itu musang sulawesi ini juga memangsa mamalia kecil, burung, bahkan buah dan juga rumput.

Harga Musang Sulawesi


9. Musang Afrika (Civettictis Civetta)

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Afrika (Civettictis Civetta)
Musang Afrika (Civettictis Civetta) Sumber Gambar Dari zoochat.com

Musang Afrika adalah mamalia soliter yang memiliki warna bulu sangat unik, selain itu musang afrika ini adalah jenis musang terbesar dari genus Viverridae. Dari semua jenis musang yang menadingi ukuranya adalah musang Musang binturong.

Nama latin musang afrika adalah (Civettictis Civetta) sedangkan bahasa inggris musang afrika ini adalah African civet dan musang afrika ini dalam bahasa prancis disebut dengan Civette africaine, Civette d’Afrique. Musang afrika juga masuk dalam daftar IUCN yang statusnya bimbang.

Ciri CiriMusang Afrika

Musang afrika memiliki berat antara 7 hingga 20 kg, akan tetapi rata ratanya adalah 12,5 kg. Untuk panjngnya mulai dari kepala dan tubuhnya antara 67 hingga 84 cm sedangkan untuk ekornya berkisar antara 34 hingga 47 cm.

Bulu bulu musang afrika ini sangant kasar dan lurus, sedangkan warna bulu dorsalnya bervariasi mulai dari putih krim hingga kemerahan. Garis garis dan bercak dan juga bitik bintik yang ada pada tubuhnya berwarna coklat tua sampai hitam.

Pada kaki belakang musang afrika ini ada sebuah garis horisontal yang sangat menonjol. Sedangkan ekor musang afrika warnanya hitam dengan sedikit pita warna putih serta kuku kukunya berwarna hitam.

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Afrika (Civettictis Civetta)
Ciri Ciri Musang Afrika (Civettictis Civetta) Sumber Gambar Dari leszoosdanslemonde.com

Makanan Musang Afrika

Musang afrika termasuk hewan omnivora yang biasanya memangsa tikus, burung. reptil, serangga, katak, ikan, kepiting, telur dan juga bangkai. Selain itu musang afrika juga memakan buah.

Harga Musang Afrika

10. Musang Belang (Hemigalus derbyanus)

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Belang (Hemigalus derbyanus)
Musang Belang (Hemigalus derbyanus) Sumber Gambar Dari tierdoku.de

Jenis musang peliharaan yang mungkin susah untuk didapatkanya adalah musang belang. Musang ini merupakan jenis musang yang dilindungi dan bahkan terdaftar di IUCN yang statusnya hampir terancam punah.

Musang belang adalah jenis musang yang persebaranya meliputi wilayah Sunda dan terjadi di Semenanjung Myanmar, Semenanjung Malaysia, Semenanjung Thailand dan di Indonesia. Di indonesia sendiri musang belang ini ditemukan di pulau Sipura , Sumatera dan Kalimantan.

Nama latin musang belang ini adalah (Hemigalus derbyanus) sedangkan namanya dalam bahasa inggris Banded Civet dan Banded Palm Civet

Ciri Ciri Musang Belang

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Ciri Ciri Musang Belang (Hemigalus derbyanus)
Ciri Ciri Musang Belang (Hemigalus derbyanus) Sumber Gambar Dari flickr.com

Musang belang ini adalah musang yang seukuran dengan kucing, beratnya hanya 1 hingga 3 kg sedangkan panjangnya 41 hingga 51 cm.

Seperti penjelasan di atas mengenai jenis musang peliharaan yakni Musang Belang Owston, musang belang ini mirip denganya. Musang belang ini memiliki wajah yang manjung atau lancip layaknya hewan pemangsa serangga alias trenggiling.

Musang belang juga mirip dengan musang asli endemik kalimantan, yakni musang selang (Diplogale hosei).

Harga Musang Belang

11. Musang Jordani (Paradoxurus jerdoni)

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Jordani (Paradoxurus jerdoni)
Musang Jordani (Paradoxurus jerdoni) Sumber Gambar Dari iamlark.wordpress.com

Jenis Musang peliharaan selanjutnya adalah musang jordani. Musang jordani ini adalah jenis musang endemik pegunungan yang membentang paralel ke pantai barat India semenanjung (  Western Ghats India ).

Seperti jenis musang peliharaan lainya, musang jordani juga aktif di malam hari. Musang jordani ini musang yang pintar sekali dalam menghilang, bahkan ia pernah dianggap punah oleh penduduk setempat karena sudah tidak terlihat lagi, akan tetapi sebenarnya ia pergi dan tanpa diketahui

Nama latin musang jordani adalah (Paradoxurus jerdoni), sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan  brown palm civet atau Jerdon’s palm civet.

Ciri Ciri Musang Jordani

Bulu bulu yang ada pada tubuh musang jordani ini warnanya coklat, dan terkadang bulu bulu tersebut sedikit beruban, sedangkan pada sekitar bagian kepala, leher, bahu, kaki, dan ekor agak sedikit gelap.

Untuk ekornya yang berwarna gelap, pada ujungnya terkadang berwarna putih atau pucat – kuning.

Bulu yang tumbuh di tengkuk pada musang jordani ini mirip dengan yang ada pada musang dari Sri Langka ( P. zeylonensis ).

Berat daripada musang jordani ini untuk yang jantan berkisar antara 3,6 kg hingga 4,3 kg, sedangkan panjangnya 43 cm hingga 62 cm dan panjang ekornya 38 cm – 53 cm.

Harga Musang Jordani

Musang jordani ini terdaftar di IUCN yang statusnya bimbang, untuk harga pasaranya majalah hewan tidak bisa menemukan, itu mungkin musang jordani ini tidak termasuk jenis musang peliharaan yang populer di Indonesia.

12. Musang Emas ( Paradoxurus zeylonensis )

Musang Emas adalah jenis musang asli dari Sri Langka yang mana masuk dalam daftar IUCN yang statusnya adalah bimbang.

Nama latin musang emas adalah Paradoxurus zeylonensis, sedangkan musang emas ini dalam bahasa inggris disebut golden palm civet.

Ciri Ciri Musang Emas

Pada sisi bagian atas musang emas ini berwarna coklat atau juga coklat keemasan. Ujung rambutnya berkilau akan tetapi terkadang keabu abuan.

Harga Musang Emas

Untuk di Indonesia sendiri majalah hewan kurang tau pasti apakah ada yang memeliharanya.

Sedangkan Musang emas ini ada tiga jenis

  • Paradoxurus aureus
Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Emas Paradoxurus aureus
Musang Emas ( Paradoxurus aureus ) Sumber Gambar Dari bioLib.cz
  • Paradoxurus Montanus

  • Paradoxurus stenocephalus

Jenis Musang Peliharaan Yang Sulit Di Peroleh Dan Termasuk Asli Jenis Musang Di Indonesia

13. Musang Gunung (Diplogale hosei)

Gambar Jenis Musang Peliharaan-Musang Gunung (Diplogale hosei)
Musang Gunung (Diplogale hosei) Sumber Gambar Dari zeit.de

Musang gunung adalah salah satu jenis musang di Indonesia, tepatnya di pulau Borneo Kalimantan. Musang gunung juga termasuk jenis musang peliharaan yang mungkin jarang sekali yang memilikinya, terlebih musang ini adalah musang yang telah tercatat di IUCN  yang statusnya adalah rentan. Bahkan penurunan populasi musang gunung ini dalam 15 tahun terakhir ini mencapai 30 %.

Nama latin musang gunung adalah (Diplogale hosei), sedangkan musang gunung ini dalam bahasa inggris disebut Hose’s palm civet.

Ciri Ciri Musang Gunung

Untuk panjang musang gunung ini yang diukur mulai dari kepala dan juga badanya sekitar 47,2 cm hingga 54 cm, sedangkan ekornya memiliki panjang 29,8 hingga 34,6 cm. Untuk kaki yang bagian belakang panjangnya 74 hingga 81 cm, sedangkan telinganya 3,6 hingga 3,9 cm.

Untuk berat musang gunung ini berkisar antara 1,4 kg hingga 1,5 kg, ciri ciri yang lain adalah adanya 40 gigi pada musang gunung ini.

Warna pada musang gunung ini yang di mulai dari hidung, kaki bagian luar, punggung hingga ke ekor adalah coklat tua hingga coklat kehitaman. Sedangkan tubuh bagian bawah yang dimulai dari dagu dan kaki bagian dalam perut hingga ke ekor bagian bawah berwarna putih atau sedikit putih kecoklatan.

Musang gunung ini memeliki kumis yang berfungsi sebagai sensorik.

Makanan Musang Gunung

Inilah satu satunya musang yang ketika berada di penangkaran hanya memakan ikan dan juga daging. Berbeda dengan musang kalimantan pada umumnya, yang memakan buah.

Sedangkan di alam liar musang gunung ini memaan ikan kecil, kepiting, udang, katak dan serangga.

Harga Musang Gunung

Itulah beberapa jenis musang peliharaan dan juga jenis musang yang dilindungi serta jenis musang yang ada di Indonesia dan di berbagai wilayah di dunia. Semoga menambah wawasan kalian semua akan hewan musang ini.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

loading...
11 Comments

Add a Comment