Kucing Merah Kalimantan, Salah Satu Kucing Paling Langka Dan Paling Dipelajari Di Dunia

Kucing Merah Kalimantan, majalahhewan.com | Kucing merupakan hewan peliharaan yang populer banyak dipelihara oleh manusia, berbagai jenis kucing bisa diperjualbelikan, mulai dari harga kucing yang murah hingga yang mahal, jenis kucing berbulu panjang hingga pendek dan dengan warna apa saja. Akan tetapi, jenis kucing yang satu ini jangan harap sahabat bisa memilikinya, karena kucing ini adalah kucing liar yang habitatnya di hutan.

Gambar Kucing Merah Kalimantan
source image-redorbit.com

Kucing merah kalimanatan, ya inilah jenis kucing yang tak akan pernah sahabat bisa beli walau dengan harga berapapun. Untuk mengabadikan atau mengambil gambar kucing merah ini pun, kayaknya hanya tinggal mimpi deh.

Itu karena kucing merah kalimantan ini sangat sulit untuk dijumpai, bahkan para peneliti kucing asal kalimantan ini geleng geleng kepala untuk memastikan perilaku keseharian dihabitat asalnya, Banyak para peneliti yang berkolaborasi untuk membuka rahasia perilaku kucing yang memiliki nama latin Pardofelis badia ini.

Seperti apa sih kucing merah kalimantan ini, yuk lihat sedikit banyak informasi tentangnya.

Habitat dan Persebaran Kucing Merah Kalimantan

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau The Bay Cat
sci-News.com

Namanya saja sudah menggambarkan kalau jenis kucing ini berasal dari pulau Kalimantan atau nama lainya pulau Borneo. Itu benar adanya, akan tetapi pulau Kalimantan sendiri terdiri dari tiga negara, yakni Brunei Darussalam, Malaysia dan juga Indonesia.

Untuk itu, jangan langsung mengakui kalau kucing merah Kalimantan adalah satwa atau hewan Indonesia dulu ya, dan sebaiknya kita lihat dulu sejauh mana persebaran dan habitat kucing hutan ini.

Ada 15 ekor kucing merah Kalimantan yang tercatat pada tahun 2003 hingga 2005 terlihat di Kalimantan, negara bagian Malaysia ( Sarawak dan Sabah ), akan tetapai tidak dijumpai kucing merah ini ada di Brunei.

Untuk melihat peta persebaran kucing merah kalimantan silahkan klik di sini

Kucing merah ini memang sangatlah sulit untuk dipahami, itu karena kucing hutan yang satu ini jarang sekali terlihat ketika di teliti, butuh waktu berbulan bulan untuk mendapatkan foto atau gambar dari kucing merah ini.

Bahkan dari bulan juli tahun 2015 hingga Januari tahun 2009 hanya menghasilkan 1 foto kucing merah Kalimantan di Sabah di ketinggian 112 km2 (43 sq mi).

Klasifikasi Kucing Merah Kalimantan

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau BORNEAN BAY CAT
source image-thepetitionsite.com

John Edward Gray adalah orang pertama yang menjelaskan kucing merah kalimantan ini berdasarkan binominal badia Feilis yang mana ini terjadi pada tahun 1874. Penjelasan ini berdasarkan kulit dan juga tengkorak yang dikumpulkan di Sarawak pada tahun 1856.

Pada awalnya kucing merah ini dianggap sebagai anak dari kucing emas Asia. Akan tetapi, sebenarnya mereka masih berkerabat, ini berdasarkan sampel yang dianalisa dari jaringan dan juga darah dari kucing betina yang diperoleh pada tahun 1992.

Karena kedua ini masih kerabat, maka dalam klasifikasinya kedua jenis kucing hutan ini di masukan atau dikelompokan dalam genus Pardofelis. Dan berikut klasifikasinya :

Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mammalia
Ordo:Carnivora
Famili:Felidae
Genus:Pardofelis
Spesies:P.badia

Ciri Ciri Kucing Merah Kalimantan

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Pardofelis Badia
weeethologist.wordpress.com

Seperti apa ciri ciri kucing merah Kalimantan, juga tidak mudah untuk mendapatkan gambaran secara pasti akan kucing hutan yang langka ini. Apalagi mengamati perilaku hingga masalah perkawinan atau perkembang biakanya ( reproduksi ) hingga makananya.

Akan tetapai seorang kolektor yang berhasil menjebak dua ekor kucing merah ini di daerah Sarawak mengaku bahwa kedua kucing merah Kalimantan tersebut masuk kejebakan yang berisi burung, dan kucing tersebut menyerang burung yang ada di kandang tersebut.

Akan tetapi, gambaranya menurut data pengukuran yang dilakukan pada tahun 1874 hingga 2004 dari 12 ekor kucing menemukan gambaran bahwasanya kucing merah ini memiliki panjang tubuh 49,5 sampai 67 cm dengan panjang ekor antara 30 sampai 40,3 cm.

Sedangkan kira kira berat dari kucing merah kalimantan ini 3 hingga 4 kg. Ini adalah sebuah perkiraan dari sedikitnya contoh hidup yang dapat diukur.

Pada umumnya kucing merah ini ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dibanding kerabatnya, yakni kucing emas Asia.

Untuk warna bulunya, kucing merah kalimantan ini memiliki warna bulu coklat terang dengan sedikit lebih pucat pada bagian tubuhnya yang bawah. Serta bulu pada kaki kakinya dan ekornya merah dan agak pucat.

Ekor kucing merah ini memanjang dan meruncing pada ujungnya, selain itu ada garis putih pada ekor bagian bawahnya dan semakin ke ujung semakin putih, akan tetapi ada bercak hitam pada ujung ekor tersebut.

Ciri ciri telinga kucing merah kalimantan ini bentuknya membulat, dengan warna bulu bagian luar telinga coklat kehitaman dan pada telinga bagian dalam terang.

Dilihat dari bentuk kepalanya, kucing merah kalimantan ini pendek dan bulat dengan warna coklat gelap keabu abuan, ada tanda dua garis gelap yang berasal dari setiap sudut matanya, selain itu, pada bagian belakang kepala juga ditandai dengan adanya garis yang membentuk huruf ‘M’.

Warna pada bagian belakang telinga keabu abuan yang gelap, juga adanya bintik bintik putih tengah seperti ditemukan pada jenis kucing lainya.Untuk bagian dagu yang bawah berwarna putih dan ada dua garis coklat samar di bagian pipi.

Status Kucing Merah Kalimantan
Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Catopuma badia
source image-iucnredlist.org

Kucing merah ini terdaftar di CITES Appendix II sebagai Catopuma badia. Dan kucing hutan yang langka ini sepenuhnya dilindungi oleh perundang-undangan nasional di sebagian besar jangkauannya. Baik Perburuan dan juga perdagangan adalah dilarang di Kalimantan, Sabah dan juga Sarawak.

Selain itu, kucing merah kalimantan ini juga terdaftar di IUCN dengan status Endangered C1 ( langka )

Nama Lain Kucing Merah Kalimantan
Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Borneo bay cat
source image-arkive.org

Selain disebut dengan kucing merah kalimantan, kucing ini juga dikenal dengan kucing Kalimantan atau kucing batu Kalimantan

Untuk bahasa inggris menyebutnya dengan Borneo Bay Cat, Bay Cat, Bornean Bay Cat

Sedangkan dalam bahasa French / Prancis disebut dengan Chat bai

Dan untuk bahasa Spanish atau Spanyol disebut dengan Gato Rojo de Borneo

Nah itulah pengenalan kita akan kucing langka yang berasal dari pulau Borneo atau Kalimantan, yuk kita jaga kucing hutan ini dengan melestarikan hutan tetap dalam keadaanya, agar mereka bisa hidup dengan layak dan agar anak cucu kita tau jenis kucing merah kalimantan ini.

Gambar Gambar Kucing merah kalimantan
Foto Dan Gambar Kucing Merah Kalimantan
source image-ecocrap.wordpress.com

 

Foto Dan Gambar Kucing Merah Kalimantan atau BORNEAN BAY CAT
source image-arkive.com

 

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Borneo Bay Cat (Pardofelis badia)
source image-pinterest.com

 

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau The bay cat (Pardofelis badia)
source image-pinterest.com

 

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Pardofelis, Catopuma
source image-pinterest.com

 

Gambar Kucing Merah Kalimantan atau Bay Cat - Pardofelis badia
source image-wild cats.net
loading...
2 Comments

Add a Comment