Jenis Ikan Catfish Hias Dan Konsumsi

Jenis Ikan Catfish, majalahhewan.com | Apa yang sahabat pikir tentang ikan catfish, apa pun itu untuk lebih mudahnya ikan catfish adalah ikan yang memiliki sensor berupa kumis yang terletak di dekat mulutnya untuk mendeteksi makanan atau mangsa, itu sebabnya jenis ikan yang memiliki kumis ini disebut dengan ikan catfish, karena serupa dengan kumis kucing.

Jenis ikan catfish sendiri sangat beragam, selain sebagai ikan konsumsi, ikan catfish juga banyak yang dijadikan ikan hias. Dan berikut ini majalah hewan susunkan buat temen temen semua jenis ikan catfish baik yang untuk ikan hias maupun ikan konsumsi.

Jenis Jenis Ikan Catfish Hias Yang Banyak Beredar Di Indonesia

1, Red Tail Catfish

Gambar Red Tail Catfish - jenis ikan catfish
Sumber Gambar aquariumlife.com.au

Yang pertama dari jenis ikan catfish yang populer di perdagangan ikan hias air tawar adalah Red Tail Catfish lebih populer dengan sebutan ( RTC ). Ciri ciri ikan catfish ini memiliki ekor merah atau oranye dan memiliki kumis pada rahang atas satu pasang dan rahang bawah 2 pasang.

Red Tail Catfish ini termasuk ikan predator dan mampu tumbuh besar, dan ukuran terbesar  Red Tail Catfish adalah 1,8 m dengan kira kira berat sekitar 80 kg. Untuk itu, cara memelihara ikan Red Tail Catfish ini sebaiknya akuarium harus benar benar dipersiapkan dengan baik, karena Red Tail Catfish ini cepat sekali tumbuh besar.

Harga anakan Red Tail Catfish untuk ukuran 7 cm di forum kaskus ada yang menawarkan 23 rb, sedangkan harga Red Tail Catfish yang ukuran 22 cm ditawarkan 75 rb.

Red Tail Catfish merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon, Orinoco , dan Essequibo di Amerika Selatan, di Kolombia , Venezuela , Guyana , Ekuador , Peru , Bolivia dan Brasil. Di habitat asalnya ikan ini termasuk jenis ikan yang digemari para pemancing karena terikanya kuat.

2, Leopard catfish

Gambar Leopard catfish - jenis ikan catfish
Sumber Gambar theonlinezoo.com

Yang kedua dari jenis ikan catfish adalah Leopard catfish, yang kedua ini juga termsuk jenis ikan predator. Leopard catfish ini berasal dari Kolombia dan Venezuela dan pada cekungan Danau Maracaibo.

Leopard catfish merupakan satu satunya spesies ikan catfish dari ordo Siluriformes dari genus monotonik Perrunichthys dan dari keluarga Pimelodidae.

Di habitat asalnya, panjang Leopard catfish bisa mencapai 60 cm, untuk itu cara merawat ikan leopard catfish ini sebaiknya sediakan akuarium yang besar.

Harga ikan Leopard catfish di forum kaskus pada tahun 2014 ukuran 25 cm dijual atau ditawarkan 80 ribu. Kemungkinan di tahun 2017 ini juga selisihnya tidak jauh jauh amat.

3, Tiger catfish

Gambar Tiger catfish - jenis ikan catfish
tropical-fish-keeping.com

Tiger catfish merupakan jenis ikan catfish yang juga sering dijumpai di Indonesia sebagai ikan hias predator. Nama latin ikan Tiger catfish atau Tiger Shovelnose Catfish adalah Pseudoplatystoma fasciatum. Ikan ini berasal dari anak anak sungai di Amerika.

Ciri ciri Tiger Shovelnose Catfish ini tubuhnya ramping dan juga panjang, warna tubunya perak dengan taburan garis garis atau belang hitam dan bitik bintik hitam, itu sebabnya ikan ini dinamakan Tiger Catfish atau Tiger Shovelnose Catfish. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3 kaki atau kalau dalam ukuran cm adalah sekitar 91,44 cm.

Dalam merawat ikan Tiger Shovelnose Catfish ini, selain ukuran akuarium yang juga besar, sahabat juga sebaiknya menutup bagian atas akuarium, karena dikawatirkan ikan ini melompat keluar. Selain itu, jika sahabat ingin mencampurnya dengan ikan hias lain, ya cari yang ukuranya sebanding denganya.

Harga Tiger Catfish di forum kaskus untuk ukuran 7 cm hanya 7 rb. Sahabat juga sebaiknya cari informasi dari toko ikan hias yang satu dengan yang lainya ketika berniat untuk membeli dan memelihara ikan Tiger Catfish ini.

4, Sorubim lima

Gambar Sorubim lima - jenis ikan catfish
Sumber Gambar casc.it

Yang keempat dari jenis ikan catfish yang juga bisa ditemukan dalam perdagangan ikan hias di Indonesia adalah Sorubim lima. Ikan ini Juga dikenal dengan nama Duckbill Catfish ( Ikan Lele bebek)

Panjang maksimum ikan Sorubim lima adalah 400 hingga 501 mm atau kalau dalam ukuran cm adalah 40 hingga 51 cm. Meskipun ukuranya lebih kecil dari ikan catfish yang disebutkan di atas, akan tetapi Sorubim lima juga termasuk ikan predator.

5, Bumblebee catfish

Gambar Bumblebee catfish - jenis ikan catfish
Sumber Gambar ratemyfishtank.com

Bumblebee catfish merupakan jenis ikan catfish yang memiliki ukuran mungil, panjangnya hanya berkisar 8 cm dengan harapan hidup 3 hingga 5 tahun. Dinamakan Bumble bee catfish karena corak pada tubuhnya layaknya warna pada lebah ( Bumblebee ).

Meskipun ukuranya yang kecil, catfish ini juga termasuk ikan predator, yang mana di habitat asalnya ikan ini memangsa serangga dan larva.

6, Platydoras catfish

Gambar platydoras - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar commons.wikimedia.org

Jenis ikan catfish yang populer juga di kalangan ikan hias adalah platydoras catfish. Harga ikan platydoras kisaranya 20 ribuan.

7, Peruno catfish

Gambar Peruno - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar fjb.kaskus.co.id

Yang nomer 7 dari jenis ikan catfish yang bisa majalah hewan sebutkan adalah peruno catfish. Harga ikan peruno catfish untuk ukuran 20 cm bisa mencapai 55 rb

8, Electric catfish

Gambar Electric catfish - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar yaminokoneko.deviantart.com

Yang nomer 8 dari jenis ikan catfish adalah Electric catfish, dinamakan Electric catfish karena ikan ini mampu mengasilkan listrik, bahkan untuk ikan dewasa bisa menghasilkan listrik hingga 300 sampai 400 volt.

Ukuran terbesar ikan Electric catfish ini bisa mencapai 1,2 m, akan tetapi pada umumnya ikan Electric catfish ini, baik dari genera , Malapterurus dan Paradoxoglanis besarnya hanya 30 cm.

Ikan Electric catfish ini berasal dari Afrika dan sungai Nil. Selain ikan predator, Electric catfish juga ikan yang aktif di malam hari.

Ikan Electric catfish ini terdaftar di IUCN dengan status Least Concern ver 3.1.

9, Pangasius albino

Gambar Pangasius albino - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar flickr.com

Pangasius albino sebenarnya adalah ikan patin yang biasa kita konsumsi, akan tetapi karena warnanya yang cantik ( albino )maka banyak yang menjadikanya ikan hias.

10, Genghis khan fish

Gambar genghis khan fish - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar archive.kaskus.co.id

Jenis ikan catfish yang juga populer sebagai ikan hias selanjutnya adalah Genghis khan fish, juga dikenal dengan ikan hiu air tawar, itu karena ciri fisiknya hampir sama dengan ikan hiu. Ikan Genghis khan ini juga hampir serupa dengan ikan patin, akan tetapi perbedaan ikan Genghis khan dengan ikan patin bisa dilihat dari siripnya.

Harga ikan Genghis khan ini juga bervariasi, pada ukuran ikan ini 10 cm ada yang menjual dengan harga 75 rb dan ada juga yang menjual ikan Genghis khan ini ketika ukuranya 30 cm dengan harga 250 rb.

Cara merawat ikan Genghis khan fish ini juga tidak jauh beda dengan jenis ikan catfish lainya.

11, Mekong giant catfish

Gambar Mekong giant catfish - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar youtube.com

Jenis ikan catfish yang selanjutnya adalah Mekong giant catfish, ikan ini berasal dari Sungai Mekong di Asia Tenggara dan terdaftar di IUCN dengan status Critically Endangered A4abcd ver 3.1 ( terancam punah )

12, Marble catfish

Gambar Marble catfish - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar pets4homes.co.uk

Yang terakhir yang bisa majalah hewan sebutkan dari jenis ikan catfish yang bersifat predator dan populer dijadikan hias akuarium dan masih bisa kita jumpai di Indonesia adalah Marble catfish.

Jenis Ikan Catfish Air Tawar Yang Biasa Kita Konsumsi

13. Lele
Gambar Ikan Lele - Jenis Ikan Catfish
Sumber Gambar triplesda.blogspot.co.id

Lele atau ikan lele juga termasuk jenis ikan catfish, itu karena ciri cirinya yang memiliki kumis atau sensor pendeteksi makanan.

Ikan lele di berbagai daerah di Indonesia memiliki banyak nama, seperti misalnya warga Sumatra Barat menyebut ikan lele dengan sebutan ikan kalang, sedangkan untuk warga Gayo menamainya dengan nama ikan maut, untuk warga Aceh menyebut ikan lele dengan nama ikan seungko, warga Karo ( Sumatra Barat ) menamai ikan lele dengan nama ikan sikabut. Daerah Kalimantan Selatan menyebutnya ikan pintet, untuk Makassar ikan keling, Sulawesi Barat memanggilnya dengan nama ikan cepi, sedangkan untuk Jawa Tengah ikan lele atau lindi

14, Patin
Gambar Patin - jenis ikan catfish
Sumber Gambar bibitikan.net

Yang ke 14 dari jenis ikan catfish konsumsi adalah ikan patin.

Nah itulah jenis ikan catfish hias dan konsumsi yang paling umum beredar di Indonesia, sebenarnya masih banyak sekali jenis ikan berkumis ini, seperti misalnya ikan corydoras, ikan pembersih akuarium, ikan sapu sapu dan yang lainya.

Save

loading...
One Comment

Add a Comment