Anjing Bolognese Atau Anjing Bologna, Jenis Anjing Kecil Yang Serba Oke

Anjing Bolognese, majalahhewan.com | Salah satu dari jenis anjing yang tingginya hanya berkisar antara 25 hingga 30 an ini berasal dari negara Italia, tepatnya di kota Bologna. Itu sebabnya anjing kecil yang bulunya memiliki warna putih ini dinamai dengan Anjing Bolognese.

Gambar Anjing Bolognese
Source image pets4homes.co.uk

Selain disebut dengan Bolognese atau Anjing Bologna, dalam bahasa inggris populer dengan nama Bolognese dog dan Bolognese toy dog atau Anjing Mainan Bologna dalam bahasa Indonesia.

Disebut dengan anjing mainan, karena anjing yang memiliki bulu keriting ini termasuk salah satu dari sekian banyaknya jenis anjing mainan.

Dalam bahsa Inggris juga dikenal dengan nama Bichon Bologna, disebut dengan nama ini, dikarenakan juga anjing yang memiliki harapan hidup 12 hingga 14 tahun ini termasuk dari jenis anjing bicon.

Di Italia sendiri anjing Bolognese yang mungil ini dipanggil dengan nama Cane Bolognese atau bichon bolognese.

Ciri Ciri Anjing Anjing Bolognese Atau Anjing Bologna

Gambar Ciri Ciri Anjing Bolognese
Source image bolognesedogclubuk.co.uk

Layaknya anjing Bichon Frise, anjing Bologna ini juga memiliki bulu keriting yang berwarna putih. Hanya saja, bulu atau mantel anjing Bologna ini tunggal ( tidak ada mantel bawahnya ).

Anjing ini memiliki moncong yang besar dengan warna hitam dan persegi. Untuk bibirnya juga hitam, bibir bagian atas tidak bisa merapat dengan bibir bagian bawah.

Tinggi anjing Bologna ini untuk anjing jantan 27 hingga 30 cm, sedangkan untuk anjing betina 25 hingga 28 cm. Dengan tingginya yang hanya segitu tentunya beratnya juga tidak begitu berat, yups,,,,anjing Bologna ini beratnya hanya 2,5 hingga 4 kg.

Harapan hidup atau masa hidup anjing bolognese ini antara 12 hingga 15 tahun, akan tetapi jika ada masalah genetik, pada umumnya bisa bertahan hidup hanya 10 tahun.

Karakter Anjing Bolognese

Gambar Sifat Dan Karakter Anjing Bolognese
Source image youtube.com

Responsis, cerdas, cepat belajar, serta sangat mudah untuk dilatih dan tentunya setia bahkan anjing ini akan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pemiliknya.

Anjing yang satu ini serba oke pokoknya, mau diajak sering jalan jalan oke, dipangku juga ngikut.

Hanya saja anjing kecil ini mudah bosan dengan aktifitas yang dilakukan berulang ulang.

Kesehatan Anjing Bolognese

Pada umumnya anjing manis dengan warna khas bulunya yang putih ini sehat dan tidaklah retan dengan masalah kesehatan.

Perawatan Anjing Bolognese
Gambar Cara Merawat Anjing Bolognese
Source image 123rf.com

Memerlukan penyisiran setiap hari agar bulu bulunya tidak kusut, perawatan bulanan seperti membersihkan telinga, gigi serta lainya.

Karena anjing yang berasal dari Bologna ini kurang begitu populer di Indonesia, semoga pembahsan akan Anjing Bolognese sedikit memberi arti.

Sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Bolognese_(dog)

Add a Comment