Berapa Harga Jerboa Di Indonesia?

Harga Jerboa, majalahhewan.com | Sahabat mungkin pernah melihat binatang peliharaan yang seukuran tikus akan tetapi dari segi bentuk tubuhnya dan perilakunya mirip dengan kanguru. Lucu dan menggemaskan, terlebih cara jalanya, akan tetapi belum tau nama binatang tersebut.

Gambar Harga Jerboa
Source image adlayasanimals.wordpress.com

Nama binatang peliharaan yang mungil dan menggemaskan tersebut adalah Jerboa.

 

Jerboa ini sudah admin sedikit singgung pada pembahasan nama hewan yang huruf awalnya adalah J, silahkan lihat semua nama binatang yang berawalan J di tulisan : Daftar Nama Nama Hewan Dari Huruf J Lengkap Dengan Gambarnya

Banyak yang pelihara ndak di Indonesia?

Belinya di mana?

Dan berapa harga jerboa tersebut?

Sebelum pertanyaan pertanyaan tersebut terjawab, ada baiknya sahabat melihat dahulu seperti apa bentuk serta perilakunya, agar jika sahabat bener bener bisa memilikinya bisa merawatnya dengan baik.

Harga Jerboa Nanti Ya, Kita Lihat Dulu Segala Sesuatu Tentangnya

Ciri Ciri dan Harga Jerboa Atau Tkus Kangguru
Source image amazingadaptations.weebly.com

Jerboa merupakan hewan mamalia, binatang ini sebagian besar dari keluarga Dipodidae.

Jerboa mendiami padang pasir yang ada di Afrika Utara dan Asia timur ke utara China dan Manchuria.

Hewan ini bisa berlari dengan kecepatan 24 km / jam, dan merupakan hewan yang aktif pada malam hari ( noktural ), selain itu beberapa jenis jerboa memiliki pendengaran yang sangat baik untuk melarikan diri dari predatornya.

Bentuk fisik jerboa ini hampir sama dengan kangguru, bahkan di Indonesia juga dikenal dengan tikus kangguru.

Kesamaan tersebut terlihat pada kaki belakangnya yang panjang, ekornya panjang dan kaki depanya yang sangat pendek. Bahkan cara berjalanya juga sama dengan kangguru, yakni melompat.

Panjang ekor jerboa ini lebih panjang dari ukuran kepala dan tubuhnya yang mana pada ujungnya ada beberapa rambut berwarna putih. Ekor panjangnya ini merupakan alat penyeimbang saat dia berjalan, serta sebagai penyangga saat ia duduk.

Jerboa memiliki bulu halus yang berwarna seperti padang pasir, dan itu sangat menguntungkanya dalam penyamaran.

Beberapa jenis jerboa memiliki telinga yang panjang layaknya telinga kelinci, ada juga yang pendek seperti telinga tikus.

Perilaku Jerboa Di Alam Liar

Gambar Perilaku dan Harga Jerboa Atau Tkus Kangguru
Source image mnn.com

Seperti kita ketahui kalau padang pasir ketika siang hari panas dan kalau malam hari dingin.

Nah, ketika siang hari maka jerboa ini akan berlindung di sarangnya ( lubang / liang ) dan ketika malam tiba maka ia akan keluar untuk mencari makan dan karena suhu di lubang terlalu dingin.

Pada umumnya sarang mereka dekat dengan tanaman. Nah, ketika hujan maka jerboa akan menempati gundukan untuk mengurangi resiko banjir.

Dan ketika musim panas maka jerboa akan menutup pintu masuk untuk menahan udara panas atau ancaman predator.

Pada umumnya setiap jerboa ( hewan soliter / hidup sendiri ) memiliki 4 lubang atau sarang, 2 sarang untuk sementara dan yang duanya lagi adalah sarang permanen.

Gambar Sarang dan Harga Jerboa Atau Tkus Kangguru
Source image animalslook.com

Lubang sementara pertama digunakan untuk mencarai makan atau berburu di siang hari dan lubang sementara yang kedua digunakan untuk berburu di malam hari.

Sedangkan kedua sarang yang permanen ini digunakan saat musim dingin dan musim panas.

Anak anak jerboa dibesarkan di lubang yang permanan untuk musim panas. Dan lubang permanan untuk musim dingin ditempati ketika hibernasi saat musim dingin.

Meskipun jerboa hewan soliter akan tetapi sesekali terkadang terbentuk koloni yang berkumpul dalam satu lubang ketika di luar lubang suhu dingin sangat tinggi.

Makanan Jerboa

Gambar Makanan dan Harga Jerboa Atau Tkus Kangguru
Source image twitter.com

Secara umum jerboa makan tanaman ( tumbuh tumbuhan ), ada juga jenis jerboa yang memangsa serangga dan juga kumbang yang mereka temukan. Hewan ini tidak memakan makanan yang keras dan juga tidak menyimpan makanan dalam sarangnya.

Jerboa juga tidak memakan biji yang bagi dia keras, akan tetapi ketika sudah menjadi hewan peliharaan pada umumnya juga diberi makanan roti.

Komunikasi Jerboa

Gambar Komunikasi dan Harga Jerboa Atau Tkus Kangguru
Source image pinterest.com

Seperti penjelasan di atas bahwasanya pendengaran jerboa ini sangat tajam yang memungkinkan mereka berkomunikasi lewat suara ataupun getaran. Selain itu jerboa juga mandi pasir atau debu yang menunjukan hubungan kimia.

Jerboa merupakan hewan poligami, dan betina merawat anak anak hingga disapih.

Harga Jerboa Di Indonesia

Saya sendiri sebagai penulis belum pernah melihat hewan ini yang memeliharanya di Indonesia , akan tetapi ada sedikit gambaran untuk sahabat yang ingin memilihara dan mencari tau harga jerboa ini bisa melihatnya di link kaksus ini https://archive.kaskus.co.id/thread/15740470/1, link tersebut adalah thread di tahun 2012 yang menjual 2 pasang tikus kangguru atau jerboa, akan tetapi di sana ada no hp nya yang mungkin sahabat bisa menanyakan pada pemiliki no hp tersebut.

Save

Save

loading...

Add a Comment