Sudah Tau Belum Apa Makanan Kadal Rumput?

Apa Makanan Kadal Rumput, majalahhewan.com | Memelihara hewan atau binatang yang berbeda dengan kebanyakan orang mungkin adalah hobi sahabat, seperti kadal misalnya. Tapi bukan kadal yang besar seperti biawak komodo ya….bisa bisa sahabat malah dimakan nantinya.

Saat saya menulis ini, teringat masa sekolah dulu ketika berolah raga di lapangan sepak bola. Sering melihat kadal yang memiliki ekor panjang sedang asik berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Gambar Kadal Rumput Dan Apa Makanan Kadal Rumput
Source image pinterest.com

Sahabat juga tau dong pastinya jenis kadal ini dan mungkin malah mencoba ingin memeliharanya, akan tetapi belum tau cara merawat kadal yang memiliki ekor panjang ini?

Kadal ekor panjang ini juga kerap dipanggil dengan kadal rumput. Bahkan orang Sunda menyebutnya dengan nama orong-orong.

Untuk sahabat yang ingin mameliharanya atau yang hanya ingin tau apa makan kadal rumput dan tidak memiliki keinginan untuk memeliharanya? berikut adalah jawabanya.

Sebelum Melihat Jawaban Apa Makan Kadal Rumput, Ada Baiknya Juga Kita Lihat Seperti Apa Sih Kadal Rumput Atau Kadal Ekor Panjang Ini

Nah kalau orang luar negri ini memanggil jenis kadal yang habitanya di rerumputan ataupun sawah yang mengering ini dengan nama Asian grass lizard atau six-striped long-tailed lizard atau pula long-tailed grass lizard.

Nah jika ditanya sama temen temen kan enak jawabnya….pelihara apa?….pilih saja salah satu dari nama bahasa Inggris kadal rumput tersebut…….. hi hi hi ……kan jadi keren.

Kalau nama latin atau nama ilmiah kadal rumput ini adalah Takydromus sexlineatus.

Kadal rumput atau kadal ekor panjang ini kalau di pedesaan seringkali malah dibuat mainan oleh anak anak yang bermain di lapangan. Kalau di Kota malah menjadi hewan peliharaan.

Gambar Berapa Panjang Tubuh Dan Apa Makanan Kadal Rumput Itu
Source image calphotos.berkeley.edu

Ciri ciri kadal rumput ini panjang tubuhnya hanya 6 hingga 8 cm, dan panjang ekornya sekitar 20 an cm, jadi total keseluruhan panjangnya dari kepala hingga ekornya kurang lebih 29 cm. Nah itu sebabnya kenapa jenis kadal ini disebut dengan kadal ekor panjang.

Kadal rumput ini memiliki moncong yang meruncing dengan leher yang panajang.

Untuk ciri ciri warna tubuhnya yang bagian punggung adalah coklat zaitun sedangkan untuk bagian tubuhnya yang bawah adalah kuning kehijauan terang. Warna warna tersebut kilaunya suram layaknya kilaunya tembaga.

Diantara warna coklat zaitun dan kuning kehijauan terang ini ada batas garis hitam tipis yang memanjang yang berjalan kebelakang ( semakin ke belakang akan putus putus ) mulai dari pipi lewat mata serta bagian atas telinga hingga ke pinggulnya.

Apa Makanan Kadal Rumput Itu
Source image fr.wikip├ędia.org

Sedangkan ekornya yang bagian bawah berwarna merah jambu.

Nah jika sahabat tertarik untuk memeliharanya cari saja di lapangan sepak bola atau tanah yang berumput, jika menemukan kadal seperti ciri ciri di atas, maka itulah kadal rumput atau kadal ekor panjang.

Berikut Jawaban Apa Makanan Kadal Rumput Atau Kadal Ekor Panjang Dan Cara Merawatnya

Kadal rumput atau kadal ekor panjang ini bisa hidup hingga 5 tahun lho, tentunya dengan perawatan yang baik.

Cara merawat kadal rumput ini yang pertama adalah bersikap lembut ( hati hati ketika memegangnya ).

Gambar Apa Makanan Kadal Rumput Dan Cara Merawatnya
Source image youtube.com

Yang kedua siapkan wadah, sebaiknya aquarium…kenapa?

Karena kadal ini juga termasuk pemanjat yang baik, ia tidak bisa memanjat pada permukaan yang licin seperti halnya aquarium.

Sebaiknya aquarium untuk setiap satu kadal ekor panjang yang berkapasaitas air 50 an liter, jika memelihara sepasang kadal ekor panjang maka sebaiknya aquarium yang mampu menampung air sebanyak 75 liter.

Gambar Bagaimana Cara Merawat Dan Apa Makanan Kadal Rumput
Source image youtube.com

Berikan substrat tanah yang bisa ia gali, tebalnya sekitar 7 cm karena kadal ekor panjang ini suka menggali. Gua gua untuk tempat sembunyi dan batang batangan kayu untuk merambat.

Apa makanan kadal rumput di alam bebas atau alam liar? Pada umumnya mereka berburu jenis jenis serangga kecil kayak lalat, ngenget dan juga belalang.

Sedangkan untuk pemeliharaan kadal ekor panjang atau kadal rumput ini bisa diberi ulat hongkong ( mealworms ), waxworms ( kalau di daerah saya disebut ulat sampah / gendon ), dan butter worms serta jangkrik.

Gambar ulat hongkong untuk makanan kadal rumput atau kadal ekor panjang

Gambar Apa Makanan Kadal Rumput Ulat Hongkong
Source image fivepointscricketfarm.com

Gambar waxworms untuk makanan kadal rumput atau kadal ekor panjang

Gambar Apa Makanan Kadal Rumput waxworms
Source image fivepointscricketfarm.com

Gambar butter worms untuk makanan kadal rumput atau kadal ekor panjang serta jenis kadal lainya

Gambar Apa Makanan Kadal Rumput butterworms
Source image youtube.com

Untuk lalat dan jangkrik tentunya sahabat tau seperti apa hewan tersebut, jadi tak perlu ada gambarnya ya…..semoga tulisan Sudah Tau Belum Apa Makanan Kadal Rumput? bisa bermanfaat bagi sahabat yang ingin memelihara kadal rumput atau kadal ekor panjang ini.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kadal_rumput

Save

Save

Save

loading...

Add a Comment