Jenis Anjing Terpopuler Dan Banyak Disukai Pecinta Anjing Dari Seluruh Dunia Saat Ini | Nama-Nama Hewan

Jenis Anjing Terpopuler Dan Banyak Disukai Pecinta Anjing Dari Seluruh Dunia Saat Ini

Jenis Anjing Terpopuler Saat Ini Lengkap Dengan Gambarnya, majalahhewan.com | Beragam jenis anjing dapat ditemukan di berbagai belahan bumi dengan keunikan fisik dan karakter yang dimilikinya. Anjing juga dikenal sebagai hewan yang sangat setia dengan pemiliknya sehingga menjadi salah satu hewan peliharaan terpopuler saat ini. Lalu, ras anjing apa sajakah yang populer dan banyak disukai oleh para pecinta anjing dari seluruh dunia saat ini? Berikut uraian lengkapnya.

Daftar Isi

Inilah 40 Jenis Anjing Terpopuler Dan Banyak Disukai Pecinta Anjing Dari Seluruh Dunia Saat Ini Lengkap Dengan Gambarnya

1. Jenis Anjing Terpopuler – Affenpinscher

Jenis Anjing Affenpinscher
Affenpinscher by commons.wikimedia.org

Affenpinscher merupakan ras anjing yang berasal dari Jerman dan dikenal sebagai satu dari ras anjing mainan tertua di dunia, tepatnya sejak tahun 1600-an. Meskipun dulu sering digunakan dalam berburu rodensia, Affenpinscher saat ini lebih banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah karena memiliki sifat yang ramah, bersahabat dan tidak agresif.

Dari segi fisiknya, anjing ini memiliki ukuran sedang dan memiliki bulu lebat dan bertekstur kasar pada seluruh tubuhnya.

2. Jenis Anjing Terpopuler – Afghan Hound

Jenis Anjing Afghan Hound
Afghan Hound by commons.wikimedia.org

Afghan Hound merupakan ras anjing yang berasal dari Afghanistan dan dikenal memiliki kemampuan berburu yang baik. Bahkan, ras anjing ini sudah ada sejak 4000 tahun lalu dengan ditemukannya sebuah lukisan dalam gua yang mirip dengan bentuk fisiknya.

Ras anjing ini memiliki penampilan yang sangat unik, yakni memiliki kepala yang panjang dengan bulu rambut yang tumbuh lebat di seluruh tubuhnya. Selain itu, Afghan Hound memiliki karakter yang aktif dan agresif karena memiliki tubuh yang ramping.

3. Jenis Anjing Terpopuler – Akita

Jenis Anjing Akita
Akita by commons.wikimedia.org

Akita merupakan ras anjing asli dari Negara Jepang. Selain memiliki penampilan yang menggemaskan dan sifat ramah serta bersahabat kepada manusia, ras anjing ini juga dikenal cerdas dan sering diikut sertakan dalam berbagai kontes perlombaan dalam bidang kelincahan, pelacakan, dan kecerdasan.

Sayangnya, ras anjing yang memiliki warna bulu cokelat dan putih belang ini sangat sensitif terhadap berbagai jenis obat, seperti insektisida, caksin, maupun obat penenang (anestesi).

4. Jenis Anjing Terpopuler – Alaskan Malamut

Jenis Anjing Alaskan Malamut
Anjing Alaskan Malamut by commons.wikimedia.org

Dari segi penampilan, Alaskan Malamut sangat mirip dengan Siberian Husky, bahkan sulit untuk dibedakan. Perbedaan baru dapat dilihat dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar. Karena itulah, ras anjing yang berasal dari Alaska, Amerika Serikat ini seringkali dimanfaatkan tenaganya sebagai penarik kereta salju.
Alaskan Malamut juga dikenal memiliki karakter yang sangat ramah terhadap manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Meskipun begitu, karena memiliki bulu yang tebal, ras anjing ini cukup sulit untuk hidup di wilayah beriklim tropis.

5. Jenis Anjing Terpopuler – American Alsatian

Jenis Anjing American Alsatian
American Alsatian by commons.wikimedia.org

American Alsatian merupakan ras anjing dengan ukuran tubuh yang besar dan berasal dari Amerika Serikat. Menurut sejarah, ras anjing ini pertama kali dikembangbiakkan oleh Lois Elaine Denny pada tahun 1967.

Ciri-ciri fisik yang mudah dikenali dari American Alsatian adalah bulu halus di sekujur tubuhnya yang memiliki warna hitam dan corak kuning kecokelatan berbentuk oval di sekitar matanya. Selain itu, ras anjing ini juga memiliki kecerdasan di atas anjing rata-rata serta memiliki indera pendengaran yang sangat baik.

6. Jenis Anjing Terpopuler – American Bully

Jenis Anjing American Bully
American Bully by commons.wikimedia.org

American Bully merupakan hasil kawin silang anjing berjenis Pitbull dan merupakan jawaban atas keresahan masyarakat Amerika Serikat dan Eropa mengenai keganasannya. Meskipun memiliki banyak persamaan dengan Pitbull, yakni memiliki tubuh yang gempal dan berotot, ras anjing ini dipercaya lebih bersahabat terhadap manusia. Keunikan lain yang dimilikinya adalah postur kepala yang terlihat besar dan kurang proporsional dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

7. Jenis Anjing Terpopuler – American Pit Bull Terrier

Jenis Anjing American Pit Bull Terrier
American Pit Bull Terrier by commons.wikimedia.org

American Pit Bull Terrier merupakan salah satu ras anjing murni tertua yang pernah ditemukan. Ras anjing yang berasal dari Amerika Serikat ini juga memiliki keunggulan dalam segi daya tahan fisiknya yang sangat baik, memiliki sifat pantang menyerah, serta temperamen yang stabil.Karena keunggulan inilah, ras anjing ini banyak digunakan sebagai anjing petarung pada zaman dahulu.

Namun mengingat pertarungan anjing saat ini merupakan hal yang ilegal, saat ini, ras anjing yang memiliki bulu pendek dan halus ini sering dimanfaatkan sebagai anjing penjaga.

8. Jenis Anjing Terpopuler – Azawakh

Jenis Anjing Azawakh
Azawakh by commons.wikimedia.org

Azawakh merupakan ras anjing kuno yang berasal dari benua Afrika, tepatnya di wilayah Gurun Sahara, Afrika Utara. Ciri khas yang sangat menonjol dari penampilannya adalah memiliki postur tubuh tinggi dan kurus, sehingga anjing ini banyak mengandalkan kecepatan dalam berbagai aktivitasnya. Bahkan, anjing dengan bobot rata-rata 17-25 kg dan tinggi 58-74 cm ini mampu berlari dengan kecepatan mencapai 64 km/jam.

Karakteristik lainnya yang dimiliki oleh Azawakh adalah sangat mandiri namun sensitif terhadap suhu dingin.

9. Jenis Anjing Terpopuler – Barbet

Jenis Anjing Barbet
Barbet by commons.wikimedia.org

Barbet merupakan ras anjing paling tua yang berasal dari Perancis. Ciri fisiknya pun kurang lebih sama dengan kerabat terdekatnya, Poodle, dimana memiliki bulu yang sangat lebat seperti layaknya benang wol. Hal ini diperlukan untuk melindunginya dari suhu yang dingin di wilayah asalnya. Selain itu, ras anjing ini memiliki dua variasi warna, yakni cokelat dan hitam.

Barbet memiliki karakter yang aktif, mudah beradaptasi, dan sangat ramah terhadap manusia. Maka tidak heran jika ras anjing ini banyak dipelihara oleh para pecinta anjing di seluruh dunia.

10. Jenis Anjing Terpopuler – Basenji

Jenis Anjing Basenji
Basenji by commons.wikimedia.org

Basenji berasal dari wilayah Afrika Tengah, tepatnya di Negara Kongo. Ras anjing ini juga dikenal sebagai salah satu dari ras anjing tertua yang masih ada hingga saat ini.
Dari segi fisiknya, Basenji memiliki tubuh yang kecil dengan telinga tegak dan ekor yang pendek. Bahkan penampilannya sering diibaratkan sebagai rusa kecil karena memiliki kecocokan postur dan warna. Selain itu, ras anjing ini tergolong pendiam dan jarang menyalak namun cukup ramah kepada manusia.

11. Jenis Anjing Terpopuler – Basset Hound

Jenis Anjing Basset Hound
Basset Hound by commons.wikimedia.org

Basset Hound memiliki ciri fisik yang unik, yakni kaki yang pendek, telinga yang panjang menjuntai, dan memiliki raut muka yang selalu terlihat sedih. Ras anjing ini berasal dari Perancis dan merupakan kerabat dekat dari ras anjing Saint Hubert Hound.

Warna bulunya sendiri didominasi oleh warna putih dan cokelat. Selain itu, Basset Hound memiliki indera penciuman yang baik dan dikenal memiliki sifat loyal, mandiri, dan sangat bersahabat.

12. Jenis Anjing Terpopuler – Beagle

Jenis Anjing Beagle
Beagle by commons.wikimedia.org

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dan penampilan yang menggemaskan, jangan pernah meragukan insting memburunya. Ras anjing yang berasal dari dataran Inggris ini dikenal memiliki indera penciuman yang sangat baik dan sering dimanfaatkan dalam berburu hewan kecil seperti kelinci.

Memiliki ukuran tubuh yang kecil, yakni dengan tinggi sekitar 25-28 cm dan bobot 7-11 kg, Beagle dikenal dengan sifatnya yang pasif namun patuh terhadap pemiliknya dan sangat bersahabat dengan manusia. Warna bulunya sendiri didominasi oleh tiga warna, yakni hitam, cokelat, dan putih.

13. Jenis Anjing Terpopuler – Bearded Collie

Jenis Anjing Bearded Collie
Bearded Collie by commons.wikimedia.org

Bearded Collie merupakan ras anjing penggembala sekaligus ras anjing peliharaan yang berasal dari Skotlandia. Sesuai dengan namanya, ras anjing ini memiliki bulu halus yang sangat panjang di sekujut tubuhnya. Bahkan, bagian matanya pun menjadi terlihat karena panjang bulunya ini.

Meskipun memiliki raut muka yang sedih, sebenarnya Bearded Collie merupakan ras anjing yang sangat enerjik dan sangat mudah untuk bersosialisasi dengan siapapun. Anjing ini juga cerdas dan mudah dilatih untuk berbagai keperluan.

14. Jenis Anjing Terpopuler – Bedlington Terrier

Jenis Anjing Bedlington Terrier
Bedlington Terrier by commons.wikimedia.org

Namanya diambil dari sebuah desa terpencil di bagian Utara Inggris. Ciri khas fisiknya dapat dilihat dengan bulu tebal keriting yang menyelimuti seluruh rubuhnya dengan berbagai variasi warna, mulai dari putih hingga cokelat. Ukurannya yang sedang juga dirasa pas untuk dipelihara di rumah serta ditunjang dengan sifatnya yang aktif dan sangat bersahabat.

15. Jenis Anjing Terpopuler – Belgian Malinois

Jenis Anjing Belgian Malinois
Belgian Malinois by commons.wikimedia.org

Belgian Malinois merupakan ras anjing yang berasal dari Negara Belgia dan dikenal sebagai salah satu anggota anjing penggembala. Secara sepintas, ras anjing ini sangat mirip dengan German Shepherd. Namun, corak warna bulunya terlihat lebih pucat dengan ukuran yang sedikit lebih kecil.

Ras anjing ini juga dikenal memiliki sifat yang gagah dan setia kepada pemilikinya. Selain itu, anjing ini juga sering dimanfaatkan sebagai hewan berburu karena memiliki indera penciuman yang sangat baik.

16. Jenis Anjing Terpopuler – Bichon Frise

Anjing Belgian Bichon Frise
Bichon Frise by commons.wikimedia.org

Bichon Frise, atau juga dikenal sebagai Bichon Frise, merupakan salah satu dari empat ras anjing Bichon yang berasalh dari Negara Spanyol. Ras anjing ini memiliki tubuh yang kecil dengan bulu berwarna putih dan terkadang memiliki corak krem. Bulunya pun sangat lebat dan halus layaknya benang wol.

Dari segi karakter, Bichon Frise sangat lincah dan patuh terhadap pemiliknya. Selain itu, hal ini juga ditunjang dengan kecerdasan yang dimilikinya sehingga ras anjing ini sering diikutsertakan dalam berbagai ajang kepatuhan.

17. Jenis Anjing Terpopuler – Bichon Havanes

Jenis Anjing Bichon Havanes
Bichon Havanes by commons.wikimedia.org

Seperti halnya dengan kerabat terdekatnya, Bichon Frise, Bichon Havanes, atau juga dikenal sebagai Bichon Habanero ini memiliki penampilan yang menggemaskan. Ras anjing yang berasal dari wilayah Mediterania ini memiliki dominasi bulu berwarna putih dengan corak hitam yang terdapat pada bagian kepalanya.

Bichon Havanes memiliki lapisan bulu ganda dengan tekstur yang ringan sehingga memudahkan ras anjing ini untuk melindunginya dari suhu hangat. Bulunya pun tidak mudah rontok sehingga sangat mudah dalam perawatannya.

18. Jenis Anjing Terpopuler – Border Terrier

Jenis Anjing Border Terrier
Border Terrier by commons.wikimedia.org

Sama seperti Beagle, Border Terrier merupakan ras anjing pemburu dengan ukuran tubuh yang kecil. Ras anjing yang berasal dari perbatasan Inggris dan Skotlandia ini hanya memiliki tinggi rata-rata 25 cm dan bobot 5-8 kg. Bulunya sendiri memiliki lapisan ganda dengan corak warna cokelat kemerahan dan tekstur kasar sehingga membuat ras anjing ini tahan terhadap suhu dingin.

Selain memiliki kemampuan berburu yang baik, Border Terrier juga dikenal memiliki pergerakan yang aktif dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

19. Jenis Anjing Terpopuler – Boston Terrier

Jenis Anjing Boston Terrier
Boston Terrier by commons.wikimedia.org

Sesuai dengan namanya, ras anjing ini berasal dari wilayah Boston, Amerika Serikat. Anjing ini juga memiliki ciri khas tubuh yang gempal dengan bentuk kepala yang bundar dan moncong berbentuk persegi. Warna kulitnya didominasi oleh hitam dan putih belang.

Menurut berbagai informasi, Boston Terrier sangat mudah terserang penyakit jantung. Untuk itu, ras anjing yang memilki karakter pendiam, pasif, dan pemalu ini sangat tidak disarankan untuk berolahraga, khususnya pada siang hari.

20. Jenis Anjing Terpopuler – Bouvier des Flandres

Jenis Anjing Bouvier des Flandres
Bouvier des Flandres by commons.wikimedia.org

Bouvier des Flandres merupakan ras anjing yang berasal dari Belgia dengan ukuran tubuh yang cukup besar, yakni memiliki tinggi 58-68 cm dan bobot berkisar 27-51 kg.

Ciri khas fisik yang dapat dilihat diantaranya adalah bulu lebat dan panjang berwarna hitam di sekujur tubuhnya. Meskipun terlihat menggemaskan, sayangnya ras anjing ini sangat mudah untuk terserang penyakit, seperti gangguan alat reproduksi, displasia panggul, hingga kelainan mata seperti katarak.

21. Jenis Anjing Terpopuler – Boxer

Jenis Anjing boxer
boxer by commons.wikimedia.org

Boxer merupakan ras anjing yang berasal dari Jerman dan memiliki tubuh yang gagah dan besar. Warna kulitnya didominasi oleh warna cokelat dengan corak hitam dan putih pada bagian kepala dan bawah tubuhnya.

Pemilik sangat disarankan untuk merawatnya dengan baik karena Boxer dikenal memiliki daya tahan terhadap penyakit yang cukup buruk. Ras anjing ini sangat mudah untuk terserang berbagai penyakit, seperti epilepsi, hipotiroidisme, kanker, hingga stenosis aorta.

22. Jenis Anjing Terpopuler – Chihuahua

Jenis Anjing Chihuahua
Anjing Chihuahua by commons.wikimedia.org

Chihuahua merupakan salah satu ras anjing terkecil di dunia dengan bobot hanya mencapai 3 kg saja. Meskipun begitu, ras anjing yang berasal dari Meksiko ini sangat galak terhadap orang yang tidak dikenalnya. Penampilan fisiknya pun sangat unik, dimana bulunya sangat pendek dan bahkan cenderung botak di beberapa bagian.
Sayangnya, Chihuahua mudah untuk terserang berbagai penyakit, khususnya epilepsi, yang sering menjadi momok menakutkan bagi pecinta ras anjing ini.

23. Jenis Anjing Terpopuler – Chinese Crested

Jenis Anjing Chinese Crested
Anjing Chinese Crested by commons.wikimedia.org

Chinese Crested memiliki penampilan yang sangat unik, dimana ras anjing ini hadir tanpa bulu selain pada bagian kepala, telinga, dan sedikit di ekornya. Sesuai dengan namanya, ras anjing ini berasal dari dataran Tiongkok dan memiliki banderol cukup tinggi, yakni berkisar antara $1.300-$2.100 setiap ekornya.

Karena memiliki bulu yang sangat jarang dengan tubuh berukuran kecil, anjing ini tergolong sulit dalam hal perawatannya. Pemilik harus memperhatikan kondisi suhu dan cuaca di lingkungannya agar anjing ini tidak mudah terserang penyakit.

24. Jenis Anjing Terpopuler – Dachshund

Jenis Anjing Dachshund
Dachshund by commons.wikimedia.org

Dachshund merupakan salah satu ras anjing pemburu dengan ukuran tubuh yang kecil. Bahkan, postur tubuhnya pun terbilang unik, dimana memiliki kaki yang pendek namun dengan tubuh yang panjang. Ras anjing ini juga hadir dalam berbagai warna, mulai dari cokelat, hitam, hingga krem.

Dari segi kepribadian, Dachshund merupakan ras anjing yang cerdas dan mudah untuk dilatih. Selain itu, ras anjing ini juga sangat aktif dan setia kepada pemiliknya.

25. Jenis Anjing Terpopuler – Doberman Pinscher

Jenis Anjing Doberman Pinscher
Anjing Doberman Pinscher by commons.wikimedia.org

Doberman Pinscher, atau cukup disebut dengan Doberman, merupakan salah satu ras anjing penjaga yang sangat populer di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, Doberman memiliki sifat yang berani, pintar, dan tangkas sehingga mudah untuk melatihnya.

Selain itu, kemampuan ini juga ditunjang dengan postur tubuhnya yang gagah dan atletis. Warna bulu hitam legam di sekujur tubuhnya serta beberapa corak cokelat pada area kepala dan kaki bagian bawahnya menambah kesan gaharnya.

26. Jenis Anjing Terpopuler – English Bulldog

Jenis Anjing English Bulldog
Anjing English Bulldog by commons.wikimedia.org

English Bulldog, atau biasa disebut hanya Bulldog saja, merupakan salah satu ras anjing tertua dengan kemampuan bertarung yang cukup baik. Hal ini ditunjang dengan tubuhnya yang gempal dan berotot serta memiliki sifat yang agresif dan aktif. Meskipun begitu, ras anjing ini dikenal sangat setia terhadap pemilikinya dan bersahabat bagi orang yang dikenalnya.

27. Jenis Anjing Terpopuler – French Bulldog

Jenis Anjing French Bulldog
Anjing French Bulldog by flickr.com

Meskipun memiliki nama French Bulldog, faktanya ras anjing ini pertama kali dikembangbiakkan di wilayah Nottingham, Inggris sekitar abad ke-19. Namun mengingat pada saat itu Inggris sedang mengalami Revolusi Industri, maka pengembangan ras anjing ini kemudian dilanjutkan di Negara Perancis.

French Bulldog merupakan ‘versi mini’ dari ras anjing Bulldog dan memiliki penampilan yang menggemaskan. Ras anjing ini juga sangat mudah dirawat serta cukup cerdas untuk dilatih berbagai trik kepatuhan.

28. Jenis Anjing Terpopuler – German Shepherd

Jenis Anjing German Shepherd
Anjing German Shepherd by commons.wikimedia.org

German Shepherd, atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Herder, merupakan ras anjing yang paling banyak diminati oleh para pecinta anjing di seluruh dunia. Pada awalnya, ras anjing ini sering dimanfaatkan sebagai anjing penggembala. Namun mengingat ras anjing ini memiliki kemampuan pelacakan yang baik, kuat, lincah, serta didukung dengan tubuh yang proporsional, German Shepherd saat ini lebih banyak digunakan sebagai anjing penjaga maupun anjing di kepolisian.

29. Jenis Anjing Terpopuler – Golden Retriever

Jenis Anjing Golden Retriever
Anjing Golden Retriever by commons.wikimedia.org

Siapa yang tidak mengenal dengan Golden Retriever. Penampilannya dan sifatnya yang lucu dan menggemaskan membuat banyak pecinta anjing menyukai ras anjing ini. Pada awalnya, anjing ini sering dimanfaatkan sebagai hewan pemburu, khususnya untuk memburu unggas air. Nama Golden sendiri diambil karena warna keemasan pada bulunya ketika terkena sinar matahari.

Selain itu, Golden Retriever juga dikenal karena kecerdasan yang dimilikinya. Ras anjing ini sangat mudah untuk berbagai keperluan, seperti sebagai anjing penuntun, anjing penyelamat, dan bahkan membantu tugas kepolisian.

30. Jenis Anjing Terpopuler – Hairless Khalla

Jenis Anjing Hairless Khalla
Anjing Hairless Khalla by daftarspesies-anjing.blogspot.co.id

Hairless Khalla merupakan salah satu ras anjing dengan jumlah bulu paling sedikit. Setidaknya, terdapat dua tipe anjing Hairless Khalla, diantaranya adalah Hairless Khalla Grande yang memiliki kaki panjang dan tubuh berotot dan Hairless Khalla Medio yang memiliki kaki lebih pendek dan menggemaskan.

Keunikan lain yang dimiliki oleh ras anjing ini adalah adanya rambut layaknya model Mohawk pada bagian kepalanya. Keunikannya ini mirip dengan rambut yang dimiliki oleh ras Anjing Chinese Crested.

31. Jenis Anjing Terpopuler – Labrador Retriever

Jenis Anjing Labrador Retriever
Anjing Labrador Retriever by commons.wikimedia.org

Memiliki penampilan yang hampir serupa dengan kerabat terdekatnya, Golden Retriever, Labrador Retriever memiliki variasi warna yang lebih beragam, seperti putih, hitam, maupun kuning kecokelatan. Ras anjing yang berasal dari Inggris ini biasanya dimanfaatkan sebagai anjing pemburu, meskipun memiliki sifat yang ramah dan dapat juga dipelihara sebagai teman di rumah.

Sayangnya, Labrador Retriever cukup rentan terhadap serangan penyakit. Sebut saja katarak, dysplasia, hingga masalah pada siku, pinggul, dan lutut.

32. Jenis Anjing Terpopuler – Maltese

Jenis Anjing Maltese
Anjing Maltese by commons.wikimedia.org

Maltese merupakan ras anjing dengan ukuran kecil dan sangat menggemaskan. Tubuhnya pun hanya memiliki bobot maksimal 6 kg. Ras anjing ini hadir dengan bulu lebat dan lembut yang indah berwarna putih dan cokelat di sekujur tubuhnya. Selain itu, ras anjing yang berasal dari Negara Malta ini dikenal memiliki karakter yang pintar, ramah, dan tidak agresif.

Sayangnya, Maltese tergolong sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti flu maupun alergi.

33. Jenis Anjing Terpopuler – Pekingese

Jenis Anjing Pekingese
Anjing Pekingese by commons.wikimedia.org

Pekingese adalah ras anjing terpopuler yang berasal dari dataran Tiongkok. Ras anjing ini dikenal memiliki ukuran tubuh yang mini namun cenderung berotot dan cukup kuat. Ciri khas lainnya yang mudah dilihat adalah penampakan bulu halus yang panjang di sekujur tubuhnya. Selain itu, ras anjing ini dikenal pula dengan sifatnya yang cerdas tetapi sedikit keras kepala.

Sayangnya, Pekingese sangat membutuhkan perawatan yang ekstra untuk menghindarinya dari berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular hingga neurologis.

34. Jenis Anjing Terpopuler – Pomeranian

Jenis Anjing Pomeranian
Anjing Pomeranian by commons.wikimedia.org

Pomeranian merupakan salah satu ras anjing Spitz, dimana memiliki ukuran tubuh yang kecil. Karena memiliki nulu yang halus dan tebal di seluruh tubuhnya, ras anjing yang berasal dari Jerman dan Polandia ini sering disebut sebagai anjing Pom-Pom.

Pomeranian dikenal memiliki sifat yang aktif dan mudah bersahabat dengan manusia. Namun, seperti jenis Chihuahua, ras anjing ini juga memiliki temperamen yang cukup tinggi, khususnya bagi orang yang tidak dikenal.

35. Jenis Anjing Terpopuler – Poodle

Jenis Anjing Poodle
Anjing Poodle by commons.wikimedia.org

Meskipun memiliki penampilan yang menggemaskan dengan ciri bulu keritingnya, Poodle merupakan ras anjing yang sangat loyal terhadap pemiliknya. Bahkan, ras anjing ini tidak segan-segan untuk melindungi pemiliknya dari berbagai ancaman yang datang. Poodle sendiri berasal dari Perancis dan sering dimanfaatkan sebagai hewan pemburu di masa lampau.

36. Jenis Anjing Terpopuler – Rottweiler

Jenis Anjing Rottweiler
Anjing Rottweiler

Rottweiler merupakan salah satu ras anjing terbaik di dunia karena memiliki sifat yang kuat, pemberani, dan sangat tangguh. Bahkan, ras anjing yang berasal dari Jerman ini memiliki gigitan terkuat di antara ras-ras anjing lainnya. Maka tidak heran, anjing ini sering dimanfaatkan sebagai anjing kepolisian.

Rottweiler memiliki bulu halus berwarna hitam legam di sekitar tubuhnya dengan corak cokelat pada bagian atas mata, dada, dan kaki bagian bawah.

37. Jenis Anjing Terpopuler – Shiba Inu

Jenis Anjing Shiba Inu
Anjing Shiba Inu by commons.wikimedia.org

Dari segi penampilan, sepintas ras anjing ini memiliki kemiripan dengan kerabatnya, Akita. Namun, Shiba Inu sebenarnya adalah salah satu ras anjing Spitz yang pertama kali dikembangbiakkan di Jepang. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, ras anjing ini sering kali digunakan dalam membantu perburuan kelinci maupun burung karena memiliki sifat yang aktif serta indera penciuman yang baik.
Shiba Inu juga dikenal memiliki sifat yang ramah dan sangat bersahabat, bahkan untuk kucing sekalipun. Maka tidak heran, ras anjing ini banyak dipelihara dan populer di tempat asalnya.

38. Jenis Anjing Terpopuler – Shih-Tzu

Jenis Anjing Shih-Tzu
Anjing Shih-Tzu by commons.wikimedia.org

Shih-Tzu merupakan salah satu ras anjing tertua yang pertama kali ditemukan di Tiongkok. Anjing ini memiliki tampilan yang menggemaskan dengan bulu panjang yang menutupi seluruh tubuhnya. Bulunya sendiri memiliki corak warna yang beragam dengan pola yang unik untuk setiap ekornya.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, yakni dengan bobot berkisar 4-8 kg, penampilannya terlihat kokoh dan dikenal sangat lincah dan agresif. Selain itu, Shih-Tzu merupakan ras anjing yang pintar dan memiliki emosi yang baik sehingga mudah untuk melatihnya.

39. Jenis Anjing Terpopuler – Siberian Husky

Jenis Anjing Siberian Husky
Anjing Siberian Husky by commons.wikimedia.org

Siberian Husky merupakan ras anjing yang memiliki ukuran sedang dengan bulu yang lebat. Anjing ini sendiri merupakan salah satu hasil persilangan alam dengan serigala yang membuat penampilannya secara sepintas mirip dengan hewan karnivora ini. Meskipun begitu, anjing ini memiliki sifat yang ramah, bahkan untuk orang asing sekalipun.

Secara umum, penampilannya didominasi oleh warna putih pada bagian wajah dan bawah tubuhnya. Sedangkan untuk bagian kepala atas hingga ekornya memiliki warna hitam atau cokelat.

40. Jenis Anjing Terpopuler – Terrier Airedale

Jenis Anjing Terrier Airedale
Anjing Terrier Airedale by commons.wikimedia.org

Dibandingkan dengan ras anjing Terrier lainnya, Terrier Airedale memiliki tubuh yang paling tinggi. Menurut sejarah, ras anjing yang berasal dari Negara Inggris ini sering dilatih untuk berburu rubah, luwak, hingga berang-berang. Bahkan, usia hidupnya pun cukup lama, yakni dapat mencapai usia 14 tahun.

Ciri fisik yang sangat menonjol dari Terrier Airedale adalah bulu keriting berwarna hitam di bagian punggung serta cokelat muda pada bagian bawah, ekor, dan kepalanya. Selain itu, ras anjing ini juga dikenal dengan sifatnya yang gesit dan pemberani.

Itulah beberapa ras anjing terpopuler di dunia saat ini. Masing-masing jenisnya memiliki penampilan fisik dan sifat yang khas dan membedakan satu dengan lainnya. Sebelum mengadopsi salah satu jenis anjing di atas, ada baiknya untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya agar dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

loading...
2 Comments

Add a Comment