10 Jenis-Jenis Anjing Berbahaya Yang Harus Diwaspadai | Nama-Nama Hewan




10 Jenis-Jenis Anjing Berbahaya Yang Harus Diwaspadai



Jenis-Jenis Anjing Berbahaya, majalahhewan.com | Meskipun dikenal memiliki sifat bersahabat dan setia kepada pemiliknya, anjing pun memiliki sifat agresif yang dapat digolongkan sebagai jenis-jenis anjing berbahaya. Beberapa faktor seperti cara perawatan dan pelatihan hingga ukuran tubuh sangat mempengaruhi hal ini. Lalu, jenis anjing apa sajakah yang dapat digolongkan sebagai anjing berbahaya dan perlu penanganan khusus dalam memeliharanya? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa jenis-jenis anjing berbahaya Yang Harus Diwaspadai

1. Pit Bull

Pit Bull - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Pit Bull Adalah Yang Pertama Dari Jenis-Jenis Anjing Berbahaya – by en.wikipedia.org

Pitbull merupakan jenis anjing paling berbahaya yang banyak tersebar di seluruh dunia. Kasus serangan anjing ini bahkan mencapai 67% dari total serangan yang melibatkan anjing. Karena memiliki sifat agresif dan tidak bersahabat terhadap orang asing, beberapa negara di dunia melarang pemeliharaan jenis anjing ini dan bahkan melarang diadakannya kompetisi adu anjing.

Selain sifat agresifnya, Pit Bull dikenal memiliki sifat tidak kenal takut dan rasa kompetitif yang sangat tinggi. Untuk itulah, jenis anjing ini perlu dilatih secara intensif agar dapat lebih mudah dikendalikan serta memiliki sifat ramah dan rasa sosial yang lebih baik.

2. Rottweiler

Rottweiler - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Rottweiler by flickr.com

Rottweiler merupakan jenis anjing ras asal Jerman yang dikenal memiliki temperamen yang sangat buruk dan tidak cocok dipelihara sebagai hewan peliharaan keluarga. Apalagi, jenis anjing ini memiliki kekuatan gigitan terbaik di antara jenis anjing lainnya sehingga Rottweiler banyak digunakan sebagai anjing pemburu maupun penjaga.



Meskipun begitu, Rottweiler sangat mudah untuk dilatih karena memiliki kecerdasan di atas rata-rata jenis anjing lainnya. Selama pemilik memberikan perhatian dan perawatan yang baik, temperamennya akan lebih mudah untuk dikendalikan.

3. Doberman Pinscher

Doberman Pinscher - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Doberman Pinscher by en.wikipedia.org

Sebagian besar pecinta anjing pastinya sudah memperkirakan bahwa Dobermen Pinscher akan masuk dalam daftar anjing paling berbahaya. Hal ini dapat dilihat dari perawakannya yang besar, gagah, dan tampak menyeramkan dengan bulu yang didominasi warna hitam legam. Selain itu, jenis anjing ini memiliki sifat agresif dan cukup mudah untuk dilatih karena kecerdasannya.

Dengan perawakan dan sifat yang dimilikinya itulah, Doberman Pinscher banyak digunakan sebagai anjing penjaga. Pemiliknya pun perlu menaruh perhatian lebih kepada jenis anjing ini karena banyaknya kasus serangan anjing yang melibatkan spesies ini.

4. German Shepherd

German Shepherd - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
German Shepherd – Jenis-Jenis Anjing Berbahaya

German Shepherd, atau juga dikenal di Indonesia sebagai Herder, merupakan salah satu jenis anjing terpopuler di dunia karena memiliki kecepatan lari yang baik dan mampu memahami situasi yang membahayakan, baik untuk dirinya maupun pemiliknya. Karena memiliki sifat agresif dan mudah dilatih, jenis anjing ini banyak digunakan sebagai anjing kepolisian dalam mengungkap aksi kejahatan.

Meskipun German Shepherd tergolong lebih ramah dibandingkan dengan jenis anjing pemburu lainnya seperti Doberman Pinscher, Rottweiler, maupun Pit Bull, jenis anjing ini tetap membutuhkan perhatian lebih karena serangannya dapat menimbulkan kerusakan yang sangat fatal.

5. Siberian Husky

Siberian Husky - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Siberian Husky by en.wikipedia.org

Siapa yang menyangka bahwa Siberian Husky masuk dalam daftar anjing paling berbahaya di dunia. Penampilannya yang menggemaskan tidak serta-merta membuat jenis anjing ini aman untuk dipelihara. Menurut data yang didapat dari sebuah penelitian di Amerika Serikat, spesies ini terlibat langsung dalam 6% dari total kasus serangan anjing di seluruh dunia.



Hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat Siberian Husky merupakan hewan pekerja yang digunakan dalam menarik kereta luncur di wilayah asalnya. Sifat liar serta agresif yang dimilikinya seringkali merepotkan pemilik untuk melatihnya menjadi anjing yang lebih ramah dan bersahabat.



6. Alaskan Malamute

Alaskan Malamute - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Alaskan Malamute by en.wikipedia.org

Dari segi penampilan, Alaskan Malamute sangat sulit dibedakan dengan Siberian Husky. Namun, jenis anjing ini memiliki perawakan yang lebih besar dengan ekor melingkar ke atas. Ukuran tubuhnya yang besar inilah yang sering membuat banyak orang bergidik ngeri melihat spesies anjing ini. Apalagi, jenis anjing ini pada dasarnya merupakan jenis anjing pekerja, khususnya dalam menarik kereta luncur.

Meskipun begitu, Alaskan Malamute dianggap memiliki sifat yang lebih ramah dan bersahabat dibandingkan dengan saudaranya, Siberian Husky. Namun tetap saja, ukuran tubuhnya yang besar dan sifat aktif yang dimilikinya membuat banyak orang perlu berhati-hati ketika berhadapan langsung dengan spesies ini.

7. Great Dane

Great Dane - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Great Dane by en.wikipedia.org

Great Dane, atau dikenal pula sebagai German Mastiff, merupakan salah satu jenis anjing populer di dunia yang dikenal memiliki perawakan yang besar. Bahkan rekor dunia pernah mencatat anjing terbesar di dunia berjenis Great Dane dengan ukuran tinggi lebih dari 2 meter dan bobot mencapai 100 kg. Maka tidak heran, jenis anjing ini sangat ditakuti karena ukuran tubuhnya yang melebihi jenis-jenis anjing lainnya.

Meskipun begitu, Great Dane merupakan jenis anjing yang ramah dan bersahabat. Sangat jarang kasus serangan anjing yang melibatkan jenis anjing ini. Untuk itulah, sangat penting untuk melatih spesies anjing ini secara tepat agar tidak membahayakan bagi lingkungan sekitar.

8. Boxer

Boxer - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Boxer by en.wikipedia.org

Secara penampilan, Boxer sangat mirip dengan Bulldog. Perbedaan dapat terlihat pada postur tubuhnya yang lebih tinggi dengan ukuran kaki yang panjang. Jenis anjing ini pada awalnya digunakan sebagai teman berburu maupun ditugaskan sebagai anjing penjaga. Maka tidak heran, spesies ini memiliki sifat alamiah yang protektif dan sangat agresif, khususnya bagi orang yang tidak dikenal.



Selain itu, Boxer memiliki kekuatan gigitan dan serangan yang kuat serta memiliki sifat yang pantang menyerah. Untuk melatihnya sebenarnya tidak terlalu sulit karena jenis anjing ini tergolong cerdas.

9. Dalmatian

Dalmatian - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Dalmatian by flickr.com

Dari segi penampilan, jenis anjing ini tidak terlihat menyeramkan, bahkan cenderung menggemaskan dengan dominasi bulu berwarna putih dan totol-totol hitam. Bahkan jenis anjing ini pernah dibuatkan sebuah film animasi keluarga yang menampilkan tingkah lucunya. Akan tetapi, Dalmatian ternyata memiliki sifat yang sangat agresif dan mudah terprovokasi. Ditambah lagi, jenis anjing ini memiliki kecenderungan aktif dalam melindungi area kekuasaannya.

Meskipun begitu, Dalmatian merupakan jenis anjing yang pintar, mandiri, dan memiliki insting bertahan hidup yang baik. Jika dilatih secara tepat, jenis anjing ini dapat menjadi anjing penjaga maupun menemani pemiliknya dalam berburu.

10. Chow-Chow

Chow-Chow - Jenis-Jenis Anjing Berbahaya
Chow-Chow

Dengan bulunya yang lebat di sekujur tubuhnya dengan penampilan yang menggemaskan, siapa yang mengira bahwa Chow-Chow merupakan jenis anjing yang agresif dan butuh perhatian khusus jika dipelihara dalam rumah. Jenis anjing ini dikenal sangat setia kepada pemiliknya, namun akan sangat agresif bagi orang yang tidak dikenalnya.

Selain itu, Chow-Chow juga dikenal memiliki temperamen yang sangat tinggi dan mudah kaget. Hal ini disebabkan oleh penglihatannya yang terbatas karena tertutup oleh bulu lebatnya. Karena itulah, jenis anjing ini cukup agresif dan tidak mudah diprediksi.

Chow-Chow sendiri merupakan jenis anjing yang berukuran mungil dari semua jenis-jenis anjing berbahaya yang disebutkan di atas.



Itulah beberapa jenis anjing yang dapat digolongkan cukup berbahaya jika tidak dipelihara dengan baik. Hal ini lebih disebabkan oleh sifat agresif yang dimilikinya serta ukuran tubuhnya yang besar sehingga perlu untuk diwaspadai. Dengan pelatihan yang tepat, jenis-jenis anjing berbahaya ini dapat dipelihara serta membantu berbagai aktivitas pemiliknya.


loading...

Add a Comment