Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru Yang Ingin Kamu Ketahui | Nama-Nama Hewan

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru Yang Ingin Kamu Ketahui

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru, majalahhewan.com | Siapa yang tak menyukai hewan peliharaan yang satu ini? Burung lovebird populer di kalangan para pecinta hewan karena warnanya yang unik dan kicauannya yang merdu. Selain itu, tingkah laku burung ini lucu dan cukup menyenangkan. Tak heran, permintaan pasar untuk burung lovebird tak pernah menurun, meskipun harganya bervariasi berdasarkan jenis dan usianya. Dan berikut adalah jenis burung lovebird dan harga terbarunya.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Muka Salem

Gambar Lovebird Muka Salem Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru

Nama latin untuk lovebird tipe ini adalah Agpornis roseicollis. Konon burung cantik ini berasal dari benua Afrika, tepatnya di gurun Namib yang berlokasi di bagian barat daya. Mengapa diberi nama muka salem? Karena pada bagian wajah terdapat warna pink salem. Sedangkan di tubuh bagian bawah, bulunya berwarna hijau kekuningan.

Untuk bagian dahi dan belakang mata, bulu burung lovebird ini berwarna merah, sedikit lebih gelap dari bulu di bagian wajah. Pipi, kerongkongan dan dada burung lovebird salem pun memiliki gradasi merah muda yang unik. Bagi para pecinta lovebird yang ingin memilikinya, burung ini dibandrol dengan kisaran harga 800.000 per ekor.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Lutino

Gambar Lovebird Lutino Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by budidayaperawatan.blogspot.co.id

Diantara jenis burung lainnya, tipe ini adalah jenis burung lovebird termahal di Indonesia. Faktor yang membuat para pecinta burung mencintai lovebird lutino adalah warnanya yang mencolok. Coba saja lihat warna kuning di bagian punggung, sayap, perut dan ekor. Hal eksotis lain yang membuat banyak orang jatuh cinta adalah warna merah menyala yang terdapat pada bagian kepala.

Jika dilihat dengan seksama, warna merah ini terlihat seperti mahkota. Bahkan pada beberapa burung, warna merah ini menyebar dari bagian kepala sampai ke leher dan dada. Paruhnya pun berwarna merah pekat, sedangkan di bagian ujung sayap terdapat hiasan putih. Tertarik membeli? Harga burung cantik ini berkisar antara 1.500.000 sampai dengan 3.000.000 per ekor.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Albino

Gambar Lovebird Albino Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by pictame.com

Meskipun bukan merupakan jenis burung lovebird termahal, namun jenis harga yang dibandrol untuk tipe ini cukup merogoh kocek si pemiliknya. Per ekor burung langka ini rata rata dihargai sejumlah 1.500.000. Mengapa disebut burung langka? Karena burung lovebird tipe ini sebenarnya adalah unggas yang mengalami kelainan genetik.

Akibatnya, seluruh bulu burung berwarna putih. Tidak ada warna lain, yang seharusnya menjadi ciri khas burung lovebird. Namun karena keganjilan gen ini lah, tipe burung yang satu ini banyak dicari oleh para penggemarnya. Tak hanya itu, bola mata lovebird albino berwarna merah. Ada beberapa lovebird yang berbulu putih dan bermata hitam. Meskipun kurang tepat, golongan ini tetap disebut sebagai albino.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Biru Mangsi

Gambar Lovebird Biru Mangsi Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by lovebirdludfibares.blogspot.com

Satu lagi jenis burung lovebird yang bagus untuk dipelihara. Sebutannya adalah lovebird biru mangsi. Kata mangsi sendiri berarti tinta. Konon, nama ini diberikan karena warna biru pada bagian sayap bulu burung ini menyerupai warna tinta bolpoin. Bagian dada berwarna putih, sedangkan kepalanya ditutupi oleh bulu hitam pekat atau hitam gradasi.

Untuk yang memiliki warna bulu kepada hitam pekat, para penjual sering menyebutnya mangsi personata. Sedangkan burung dengan warna bulu kepala hitam gradasi disebut dengan mangsi standar atau mangsi fischeri. Bagian paruh burung lovebird mangsi sendiri berwarna putih. Di pasaran, burung lovebird menawan ini dijual dengan kisaran harga 500.000 sampai dengan 800.000 per ekor.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru- Lovebird Mocca Mauve

Gambar Lovebird Mocca Mauve Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by rumahkicauku.com

Jika pada umumnnya lovebird memiliki warna mencolok di bagian tubuh berbeda, maka lovebird mauve ini menjadi tipe yang cukup unik karena kombinasi warnanya.Bukannya membagi warna pada kepala, dada dan leher, lovebird mauve memiliki warna campuran yang berlaku di seluruh bagian tubuh. Karena jumlah anakannya yang masih cukup terbatas, harga per ekornya di pasaran bisa mencapai 1.000.000.

Seperti namanya, si pemilik akan menemukan perpaduan warna coklat lembut dan putih. Banyak yang menyebutkan bahwa mocca mauve memiliki kesamaan dengan lovebird batman. Lihat saja warna gradasi yang tampil; kepala coklat muda, leher coklat keputihan, dan sayap berwarna coklat lembut. Bagian paruhnya berwarna jingga lembut atau jingga tua.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Red Suffusion

Gambar Lovebird Red Suffusion Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by jihanlovebirdfarm.blogspot.co.id

Kebanyakan variasi tipe lovebird berasal dari perkawinan silang. Namun untuk jenis lovebird red suffosion, ada sedikit pengecualian. Warna merah jingga pada bulu burung ini merupakan salah satu kelainan genetik. Umumnya, hal ini terjadi pada burung tua yang sudah melewati masa produktifnya. Dengan kata lain, burung tersebut tidak lagi bisa berkembang biak.

Uniknya, tak sedikit penggemar burung yang ingin memilikinya. Bahkan dengan kisaran harga 3.000.000 per ekor, ada banyak peminat yang menginginkannya. Harga jual tersebut bisa saja berbeda, ketika burung lovebird yang ditawarkan memiliki kualitas lebih rendah dari spesies unggulan. Sebut saja, warna merah yang agak pudar atau bahkan cacat fisik pada lovebird yang dijual.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Topeng

Gambar Lovebird Topeng ( mascotarios ) Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by Pinterest

Apakah burung lovebird ini memakai topeng? Tentu saja tidak. Hanya saja, pada bagian wajah ditutupi bulu berwarna gelap yang serupa dengan topeng, ditambah lagi dengan warna putih di area kelopak mata. Dari sinilah nama julukan tersebut berasal. Bagian leher dan dada burung ini dipenuhi bulu berwarna kuning, sedangkan bagian sayap dan tubuh bagian bawah ditumbuhi bulu berwarna hijau.

Kelemahan burung lovebird topeng ini adalah sulitnya membedakan si jantan dan si betina. Mengapa demikian? Karena keduanya serupa dan hampir tak dapat dibedakan. Jenis lovebird yang pertama dibiakkan di Kenya ini lebih dikenal dengan sebutan lovebird dakocan di Indonesia.

Untuk dapat memiliki burung lucu ini, si pemilik harus menyediakan uang sejumlah 400.000 – 800.000 per ekor.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Biola

Gambar Lovebird Biola Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by steemkr.com

Ada satu lagi jenis lovebird yang menduduki peringkat teratas sebagai lovebird termahal. Jenis spesies ini bernama lovebird biola. Seperti varietas yang lain, burung lovebird ini sulit dibiakkan, padahal ada barisan pembeli yang menunggu. Hal inilah yang membuat harga lovebird biola melambung tinggi. Ciri khas dari lovebird biola adalah warna kepala, leher dan wajahnya: jingga terang.

Di tambah lagi, warna hijau gradasi pada bagian tubuh serta sayap. Selain itu, ada sentuhan warna jingga di bagian ekornya. Uniknya, warna paruh lovebird biola senada dengan warna bulu pada lehernya. Bisnis lovebird biola tak main-main.

Untuk seekor burung standar saja, harga termurah yang diberikan berada dalam kisaran 6.000.000 per ekor. Semakin unik perpaduan warnanya, semakin tinggi harganya.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Euwing

Gambar Lovebird Euwing Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by petanisukses.com

Varian lovebird ini pertama kali dibiakkan oleh seorang penggemar burung asal Belanda di tahun 2004. Lovebird Euwing sendiri merupakan hasil perkawinan silang antara lutino fischeri dan lovebird hijau standar.

Euwing sendiri merupakan singkatan dari Eumelamin dan wing. Seperti yang disebutkan pada namanya, keunikan burung cantik ini terdapat pada corak warna sayapnya.

Burung yang menawan ini memiliki dominasi warna hitam dan kuning. Meskipun merupakan hasil persilangan dua indukan dengan warna bulu lebih gelap, euwing cenderung memiliki warna cerah yang merupakan kombinasi kuning dan putih. Uniknya, graduasi warna membuat pola V pada bagian punggung.

Lovebird Euwing dipasarkan dengan kisaran harga 1.500.000 sampai dengan 2.000.000 per ekor.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Violet

Gambar Lovebird Violet Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by YouTube

Sekilas, hewan berkicau satu ini terlihat memiliki warna biru pada bagian tubuh dan sayapnya. Namun setelah diperhatikan dengan seksama, warna birunya bercampur dengan ungu, sehingga memunculkan perpaduan warna violet. Di bagian dada, bulu lovebird berwarna putih, sedangkan dari kepala dan wajah dipenuhi gradasi warna hitam. Bagian kelopak mata berwarna putih terang.

Bagian paruh berwarna pink pastel dan oranye. Ada juga varian lain yang dinamakan pastel violet. Mengapa demikian? Karena kombinasi warna dominan untuk bagian dada dan sayap adalah pastel dan violet.

Untuk satu ekor lovebird violet dewasa, harga berkisar antara 500.000 sampai 800.000. Tentu saja, anakannya dapat dibeli dengan harga lebih murah.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Halfsider

Gambar Lovebird Halfsider Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by oxibird.blogspot.co.id

Jenis ini bisa dikatakan adalah varian terlangka. Kombinasi warnanya memang tidak bisa disamakan dengan lovebird pada umumnya. Separuh badan burung ini berwarna putih, sedangkan sisi lainnya berwarna kuning. Apabila diperhatikan dari sisi kandang yang berbeda, seolah olah terdapat dua ekor burung di dalamnya. Uniknya, perpisahan kedua warna ini dimulai di bagian tengah tubuh lovebird halfsider.

Warna kepalanya pun bisa dibilang eksotis: jingga keabu-abuan atau kombinasi warna bulu yang ada pada tubuhnya. Belum ada yang mengetahui indukan pasti yang bisa menghasilkan anakan seperti ini. Tak heran, harganya jauh dibandingkan dengan harga lovebird termahal sekalipun. Kira kira, harganya bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasa.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Olive

Gambar Lovebird Olive Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by tokopedia.com

Warna burung lovebird yang paling sering dijumpai di pasaran adalah warna hijau. Lovebird olive pun tak jauh berbeda dari jenis tersebut. Tak heran, harganya tak semahal jenis langka lainnya, yakni berada dalam kisaran 400.000 – 800.000 per ekor. Sebenarnya, lovebird ini termasuk ke dalam golongan warna hijau.

Warna burung lovebird yang paling sering dijumpai di pasaran adalah warna hijau. Lovebird olive pun tak jauh berbeda dari jenis tersebut. Tak heran, harganya tak semahal jenis langka lainnya, yakni berada dalam kisaran 400.000 – 800.000 per ekor. Sebenarnya, lovebird ini termasuk ke dalam golongan warna hijau.

Hanya saja, ada beberapa varian warna hijau: hijau standar atau wild color, dark green dan dark dark green atau olive. Warna olive ini sendiri tidak menyelimuti seluruh bagian tubuh lovebird namun dominan di bagian dada, ujung ekor dan sayap. Untuk bagian leher dan kepala, bulu lovebird ini berwarna jingga, kuning atau merah muda.

Jenis Burung Lovebird Dan Harga Terbaru – Lovebird Blorok

Gambar Lovebird Blorok Dan jenis burung lovebird dan harga terbaru
by Imbgroup.blogspot.co.id

Bosan dengan jenis lovebird yang hanya memiliki varian warna saja? Mungkin lovebird blorok bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik. Selain kombinasi warna merah, kuning, hijau, putih, hitam dan sedikit keunguan, ada juga gradasi warna di tempat tempat tertentu.

Karena hal inilah si burung unik ini mendapat julukan “blorok” dari para penggemar burung.Biasanya, bagian kepala dihiasi mahkota bulu merah yang senada dengan warna paruhnya.Meski terlihat tidak begitu menarik bagi para pemula, ada banyak penggemar yang ingin memiliki hewan peliharaan ini di rumah mereka.

Tak jarang, mereka berani mengeluarkan uang lebih untuk membeli seekor lovebird blorok. Harga terendahnya dalah 1.300.000 untuk burung dewasa. Untuk harga tertinggi, bisa mencapai 1.500.000 atau lebih.

Harga dari burung lovebird ditentukan oleh jenis dan usia burung. Tak heran, beberapa jenis burung tertentu dihargai dengan angka yang cukup fantastis. Semakin eksotis warnanya, semakin tinggi harganya. Ada pula jenis tertentu yang dibanrol cukup mahal karena kesulitan pembiakannya. Tentu saja, hal ini tidak menyurutkan niat para pemelihara unggas untuk mendapatkannya.

loading...
3 Comments

Add a Comment