5 Cara Menjinakan Kucing Liar Paling Ampuh Berdasarkan Pengalaman | Nama-Nama Hewan

5 Cara Menjinakan Kucing Liar Paling Ampuh Berdasarkan Pengalaman

Cara Menjinakan Kucing Liar, majalahhewan.com| Oke, sebelum kita melihat lebih jauh keampuhan cara yang majalah hewan dot com paparkan untuk membawa kucing liar ke rumah Anda dan menjadi peliharaan kesayangan keluarga, ada baiknya lihat beberapa alasan kenapa sampai kita memilih kucing liar untuk kita adopsi ketimbang membeli jenis kucing yang sudah populer jadi peliharaan, seperti kucing anggora maupun kucing persia dan yang lainya.

Alasan pertama adalah iba karena kucing liar tersebut terlantar ( tertabrak, terluka dan lain lain ).

Kedua karena kucing tersebut memiliki motif bulu yang indah yang menjadikan Anda tertarik untuk mengadopsinya.

Ketiga karena kita ingin memelihara kucing sedangkan budget tak cukup untuk membeli jenis kucing peliharaan yang tentunya harganya cukup mahal bagi sebagian orang.

Gambar Cara Menjinakan Kucing Liar
By yoursayyankalilla.com.au

Siapapun Anda dan apapun alasan Anda untuk mengadopsi kucing liar tersebut, yang perlu Anda garis bawahi adalah cara menjinakan kucing liar tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Butuh kesabaran yang luar biasa serta waktu yang tidak sebentar untuk bisa menundukkan kucing domestik tersebut, meski begitu dengan tips tips di bawah ini semoga Anda bisa berhasil menjinakanya.

Cara Menjinakan Kucing Liar Paling Ampuh

Gambar 5 Cara Menjinakan Kucing Liar
By mnn.com

1. Bawa Pulang ke Rumah Si Kucing Liar ” Apapun Resikonya

Gambar Luka Kena Cakar Kucing Liar
By youtube.com

Ketika niat Anda sudah bulat, dimanapun Anda menjumpai si kucing liar maka langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah membawanya pulang ” APAPUN RESIKONYA “.

Yang paling mudah untuk membawa kucing liar ini adalah karena kita merasa iba ( misal si kucing terluka ). Karena tidak adanya perlawanan ketika ia kita bawa.

Dikatakan ” APAPUN RESIKONYA ” itu jika Anda berada pada posisi alasan ke 2 dan ke 3 ( alasan motif bagus dan budget kurang ).

Kenapa, karena akan ada kejar kejaran antara Anda dan si kucing liar, bahkan Anda bisa saja terluka oleh cakarnya.

Memang tak mudah, akan tetapi ini adalah langkah awal yang musti Anda tempuh untuk memilikinya.

Meski begitu, ada cara aman agar si manis yang liar ini bisa sampai dengan aman di rumah Anda.

Seperti kita ketahui, kucing adalah hewan yang sangat aktif dan suka bermain. Untuk itu, Anda hanya perlu mengajaknya bermain ( jika dekat dengan rumah ), Anda hanya cukup mengambil satu lidi/setik yang ujungnya dikasih bulu bulu  atau plastik kresek yang di sobek sobek.

Gambar Cara Menjinakan Kucing Liar Dengan Mengajaknya Bermain Dengan Bulu
By pawsunion.com

Arahkan ke depan si kucing liar hingga dia mengejar dan Anda cukup menggiringnya sampai ke rumah.

Bagaimana jika si kucing liar yang manis ini kita jumpai jauh dari rumah?

Gambar menggendong kucing liar
By ilmuveteriner.com

Tetap sama caranya ( menggunakan stik untuk mengajaknya bermain), jika sudah dekat, maka dengan cepat tangkaplah ia pada bagian atas leher dengan kuat ( seperti induk kucing menggendong anaknya ) dan bawalah pulang, meskipun si kucing liar tersebut meronta-ronta. Atau bisa langsung masukan ke kadang jika Anda sudah menyiapkanya.

Langkah pertama harus bisa Anda selesaikan, bagaimanapun caranya.

2. Tempatkan Si Manis yang Masih Liar di Ruangan Tertutup

Gambar Tempatkan Si Manis yang Masih Liar di Ruangan Tertutup
By petnyaku.com

Langkah kedua cara menjinakan kucing liar ini adalah dengan menempatkanya di ruangan tertutup. Pastikan ruangan bener bener tidak ada celah untuk si manis meloloskan diri.

Di tempat ini sediakan ruang untuk bersembunyi ( kardus misalnya ), mangkuk untuk makanan dan minuman serta pasir tempat untuk dia buang kotoran dan usahakan lampu ruangan tersebut tidak begitu terang.

Pada dasarnya kucing liar enggan untuk berinteraksi dengan manusia, untuk itu di ruangan tersebut usahakan juga tinggalkan pakaian usang Anda, agar si kucing liar terbiasa dengan aroma Anda.

3. Beri Makan Kucing Liar Seperti Ketika Ia Mencari Makan

Gambar Kucing Liar Memangsa Burung
By wingsbirdpro.com

Pada umumnya kucing domestik atau kucing liar mencari makan sekenanya, misalnya burung, tikus, serangga dan lain lain. Akan tetapi pada dasarnya kucing adalah hewan karnivora dan menyukai makanan yang berbau amis.

Maka, sebaiknya langkah yang harus Anda berikan untuk makanan si kucing liar adalah ikan.

Jangan memaksakan diri untuk berinteraksi ketika memberinya pakan, akan tetapi letakan saja pada tempatnya dan panggil dengan panggilan yang lembut ( misal : pus pus pus ).

Dan bersihkan sisa sisa pakan serta kotoranya, ingat jangan memaksakan diri untuk mendekatinya terlebih dahulu, biarkan ia terbiasa dengan perhatian yang Anda berikan.

4. Mulailah Mengajaknya Bermain

Setalah langkah langkah cara menjinakan kucing liar di atas Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah dengan mengajaknya bermain. Akan tetapi jangan terlalu memaksa.

Gambar Mulailah Mengajak Kucing Liar Bermain
By thesprucepets.com

Belilah mainan kucing dan dekatilah serta panggil dengan lembut dan mulailah mengajaknya bermain, akan tetapi yang perlu Anda ingat jangan buru buru untuk menyentuhnya ketika Anda bermain denganya.

Lakukan secara rutin setiap harinya hingga si kucing mulai lebih dekat dengan Anda. Setelah Anda merasa yakin si kucing liar bisa Anda sentuh, maka sentuhlah dengan lembut bagian atas kepalanya.

5. Mulailah Memandikanya Dan Periksakan Kesehatanya

Gambar Memandikan Kucing Liar
By healthypets.mercola.com

Langkah ke lima cara menjinakan kucing liar ini tentunya adalah langkah yang Anda lakukan karena si kucing sudah luluh dan mau nurut dengan Anda.

Karena dengan melakukan langkah langkah 1,2,3,4 saya yakin si kucing liar sudah jinak dengan Anda. ( berdasarkan pengalaman )

Lalu mulailah membuatnya terlihat bersih dengan memandikanya dan periksakan kesehatanya pada dokter hewan di kota Anda.

Semoga 5 cara menjinakan kucing liar bisa Anda praktekan, Anda selamat dari cakaran dan gigitan si kucing liar hingga akhirnya ia menjadi hewan peliharaan yang manja dan setia di keluarga Anda.

loading...

Add a Comment