Harga Sapi Limosin Dan Cara Penggemukan Sapi Limosin Yang Benar

Harga Sapi Limosin, majalahhewan.com | Sapi limosin adalah jenis sapi daging yang dianggap terbaik bagi masyarakat Indonesia. Berbagai keunggulan ditawarkan oleh sapi jenis limosin. Banyak peternak Indonesia yang merasakan keuntungan dengan beternak sapi limosin. Kalau ingin beternak sapi ini, ada beberapa informasi penting yang harus diketahui, seperti harga sapi limosin dan hal-hal penting yang harus diperhatikan. Berikut ini ada ulasan beberapa informasi sapi limosin yang sebaiknya tidak dilewatkan.

Karakteristik Sapi Limosin

Gambar Harga Sapi Limosin Dewasa
By agricolasangiobbe.it

Dibandingkan sapi lokal Indonesia, sapi Limosin memiliki tubuh dan otot yang lebih baik. Sebagai informasi, sapi Limosin dan Simmental hampir merajai pasaran daging sapi di Indonesia. Namun, jika kita membandingkan keduanya, daging sapi limosin memiliki karakteristik yang lebih baik dan masyarakat indonesia senang mengonsumsi daging sapi limosin. Beternak sapi limosin di indonesia tidak akan merugi.

Tubuh yang panjang dan besar merupakan kesan pertama yang terlintas di pikiran saat melihat sapi ini untuk pertama kalinya. Selain itu, warna bulu coklat yang lebat merupakan salah satu ciri yang sangat nampak dari sapi limosin. Masyarakat awam akan dengan sangat mudah membedakan sapi jantan atau betina dari tanduk yang sedikit melengkung di sekitar kepala.

Keistimewaan Sapi Limosin

Gambar Keistimewaan Dan Harga Sapi Limosin
By nurvitafarm.com

Sapi yang pertama kali dikembangkan di salah satu negara di Eropa yaitu Perancis ini memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya yaitu bobot daging yang lebih banyak daripada jenis sapi lain. Berat sapi limosin betina dewasa dapat mencapai hampir 580 kilogram, sedangkan sapi jantan dewasa berbobot 1270 kilogram atau 1,2 ton.

Hal inilah yang menyebabkan banyak peternak Indonesia yang mulai menekuni sapi limosin. Tidak hanya dari segi kuantitas daging, kualitas daging sapi limosin juga termasuk baik. Banyak chef atau koki di Indonesia yang menggunakan daging sapi limosin untuk masakan mereka.

Apakah keuntungan hanya dari sisi daging? Tidak hanya itu. Dari sisi pertumbuhan, sapi limosin memiliki waktu pertumbuhan yang termasuk cepat. Hal ini lah yang dicari oleh peternak di Indonesia. Semakin cepat pertumbuhan sapi, semakin sedikit pula sapi tersebut terpapar berbagai macam penyakit yang mematikan apalagi belum semua daerah di Indonesia terbebas dari penyakit antraks.

Selain itu, waktu yang cepat dan mudahnya proses penggemukan sapi limosin merupakan hal positif lainnya. Sebagai informasi, berat sapi limosin saat lahir adalah 25 kilogram atau hampir mirip dengan sapi lokal saat berusia remaja. Cukup dengan selalu memberikan makanan secara reguler, peternak akan mendapatkan sapi limosin yang gemuk. Jika peternak memberikan stimulan makanan, sapi akan lebih cepat untuk mengalami penggemukan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beternak Sapi Limosin

Seperti dengan sapi pada umumnya, peternak harus memeriksa atau memperhatikan berbagai hal saat serius beternak sapi limosin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikn agar sapi tidak stress dan menghasilkan daging yang bagus:

  • Jenis kandang

Gambar Kandang Sapi Limosin Dan Harga Sapi Limosin
By youtube.com

Kandang sangat mempengaruhi tumbuh dan kembang dari sapi limosin. Dengan tubuh yang lebih besar dari ukuran sapi lainnya, pada dasarnya peternak Indonesia harus menyediakan kandang yang lebih besar dibandingkan sapi pada umumnya.

Selain itu, peternak juga harus memperhatikan lingkungan tempat budi daya sapi limosin. Jika calon kandang berada di lingkungan dengan dataran rendah, dimana angin tidak terlalu kencang, peternak bisa membangun kandang terbuka ataupun setengah terbuka.

Namun, peternak harus membangun kandang yang tertutup saat melakukan budidaya di daerah dengan tiupan angin yang kencang. Dengan begitu, sapi limosin tidak merasa terganggu dengan intensitas angin yang masuk ke kandang.

  • Perawatan Sapi

Gambar Perawatan Sapi Limosin Dan Harga Sapi Limosin
By nelindojaya.com

Jika ingin sukses beternak sapi limosin, peternak harus rajin melakukan perawatan terhadap sapi. Salah satu contohnya adalah kebersihan kandang. Jangan hanya mengira bahwa kebersihan kandang hanya untuk sapi perah. Sapi pedaging pun harus selalu terjaga kebersihan kandangnya. Sangat dianjurkan agar peternak membersihkan kandang setiap hari. Tidak hanya membersihkan kotoran sapi saja, peternak juga harus memperhatikan tempat pakan dan minum sapi.

Selain perawaan kandang, peternak harus memperhatikan perawatan sapi. Ada baiknya jika sapi dimandikan setiap dua kali sehari. Namun jika tidak memungkinkan, cukup sekali sebelum sapi diberi makan. Peternak juga harus memperhatikan perawatan kesehatan sapi agar terbebas dari penyakit yang merugikan. Peternak tidak boleh malas untuk memberikan vaksin, obat cacing, dan antibiotik. Dengan rutin memberikan vaksin, tubuh sapi limosin akan lebih sehat dan tidak mudah sakit.

  • Pakan Sapi

Gambar Pakan Sapi Limosin Dan Harga Sapi Limosin
By tyanizy.blogspot.com

Makanan sapi juga harus diperhatikan agar mendapatkan sapi limosin yang sehat. Kami menyarankan agar peternak atau calon peternak memberikan pakan rumput hijau dan menambahkan vitamin serta konsentrat. Umbi-umbian dan biji-bijian merupakan konsentrat yang memberikan dampak positif kepada sapi limosin.

Kisaran Harga Sapi Limosin, Berdasarkan Jenisnya

Jenis sapi limosin sebenarnya cukup beragam. Setiap jenisnya juga memiliki kisaran harga yang berbeda-beda. Harga sapi jelas penting terutama bagi para peternak. Berikut ini adalah kisaran harga sapi limosin di pasaran saat ini. Harga pastinya bisa bervariasi bergantung pada setiap daerah dan kondisi sapi itu sendiri.

[su_table responsive=”yes”]

Gambar Sapi LimosinJenis Sapi LimosinHarga Sapi Limosin
Anak Sapi Limosin Jantan Rp. 8.500.000 - Rp. 12.500.000 per ekor
Anak Sapi Limosin Betina Rp. 3.750.000 - Rp. 5.500.000 per ekor
Sapi Limosin Bakalan Rp. 14.500.000 - Rp. 18.750.000 per ekor
Sapi Limosin Dewasa Siap Potong Rp. 20.500.000 - Rp. 27.500.000 per ekor (berdasar ukuran besar atau kecil sapi)
[/su_table]

Sapi limosin akan selalu memberikan keuntungan yang besar terutama di wilayah Indonesia. Semoga artikel di atas memberikan gambaran yang lebih luas dan informasi terbaru bagi pembaca ataupun calon peternak sapi limosin.

Pastikan para calon peternak sapi limosin sudah mengkalkulasi berbagai uang yang dibutuhkan baik dari harga sapi limosin, pakan, pembuatan kandang dan komponen pendukung lainnya.

loading...

Add a Comment