Apa Saja Burung Burung Kecil Suara Keras? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya

Burung Kecil Suara Keras, majalahhewan.com | Siapa yang tak senang jika burung peliharaanya rajin bunyi serta ngerol pula, pasti semua kicaumania mengharapakan jenis burung peliharaanya menjadi gacor. Tak heran jika para penggila burung kicau akan mati-matian dalam berusaha untuk membuat burung kicaunya gacor.

Burung yang rajin bunyi dan memiliki variasi lagu serta bersuara lantang bukan hanya jenis burung yang ukuranya besar, seperti burung cendet misalnya. Akan tetapi banyak juga burung burung kecil suara keras dan memiliki variasi lagu yang merdu. Apa saja jenis jenis burung kecil yang populer memiliki suara mewah itu? di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis Jenis Burung Kecil Suara Keras Yang Paling Populer

1. Burung Kancilan Dan Jenis-Jenisnya

Yang pertama dari burung kecil bersuara keras dan lantang serta merdu adalah burung kancilan, burung kancilan ini banyak sekali jenisnya dan pada umumnya memiliki suara emas.

Dari semua jenis burung kancilan pada umumnya memiliki kepala yang bulat dan besar, ini tercermin dari Klasifikasi Ilmiahnya, yakni dari keluarga Pachycephalidae yang memiliki arti kepala tebal, dari kata yunani kuno pachys : tebal dan kata kephale : kepala.

a. Kancilan Bakau

Gambar Burung Kancilan Bakau
Gambar Burung Kecil Suara Keras Kancilan Bakau By en.wikipedia.org

Kancilan bakau merupakan jenis burung kancilan yang juga tak jarang bisa dijumpai di pasar burung.

Burung ini pada habitat aslinya bisa ditemui di beberapa lokasi, seperti misalnya India tenggara, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Filipina, Sunda Besar, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara.

Panjang total dari paruh hingga ujung ekor kurang lebih 14 cm, dan merupakan burung pemakan serangga.

Ciri khas burung kancilan dalam hal suara terdengar nyaring, keras serta melengking. Tak hanya itu, burung kancilan bakau juga pandai dalam mengingat kicauan burung lain yang menjadikanya banyak digunakan untuk masteran jenis burung kicau lain.

Untuk ciri ciri warna, seperti terlihat pada gambar di atas burung kancilan bakau ini warna punggung, sayap, serta ekornya adalah coklat keabu-abuan. Sedangkan dagu, tenggorokan, serta dada, dan sisi tubuhnya berwarna abu-abu muda. Untuk warna perut keputihan, irisnya coklat, paruhnya abu-abu tua, sedangkan untuk kakinya abu-abu kebiruan.

b. Kancilan Emas Atau Burung Bimoli

Gambar Burung Kecil Suara Keras Kancilan Emas
Gambar Burung Kecil Suara Keras Kancilan Emas By en.wikipedia.org

Yang kedua dari jenis burung kancilan dan populer memiliki suara nyaring adalah burung kancilan emas. Burung ini juga dikenal oleh para kicaumania dengan nama burung bimoli.

Seperti terlihat pada gambar di atas, burung kecil suara keras ini bisa kita kenali dengan warna bulunya yang dominan kuning layaknya minyak goreng bimoli. Selain itu kepela dan sayapnya berwarna hitam, sedangkan bagian bawah paruhnya ada putih, sedangkan punggungnya hijau zaitun.

Selain suaranya yang nyaring juga memiliki keunggulan suara yang bervariasi. Burung kancilan emas merupakan burung pemakan serangga, untuk itu cara merawat burung kancilan ini dalam pemberian pakan juga berupa serangga, seperti ulat hongkong misalnya.

Di alam bebas tak jarang burung kancilan emas ini juga memakan buah buahan, seperti buah berry.

c. Kancilan Flores atau Burung Samyong

Gambar Burung Kecil Suara Keras Kancilan Flores atau Burung Amyong
Gambar Burung Kecil Suara Keras Kancilan Flores atau Burung Samyong By hbw.com

Yang ketiga dari jenis burung kancilan yang memiliki suara nyaring adalah burung kancilan flores atau lebih akrab disebut burung samyong oleh pecinta burung. Burung kecil suara keras ini juga populer dengan sebutan burung 1001 suara, karena keahlianya menirukan kicauan burung gacor jenis lain.

Inilah burung endemik Indonesia, tepatnya menghuni hutan hutan di Nusa Tenggara.

Untuk ciri cirinya bisa terlihat pada gambar burung kancilan flores di atas, yakni ada ciri khas pada tenggorokanya yang berwarna merah. Selain itu jenis burung kicau ini bisa kita kenali dengan mudah dengan kepalanya yang hitam serta tubuh bagian bawah kuning-zaitun.

d. Kancilan Topeng Emas

Gambar Burung Kancilan Topeng Emas
Gambar Burung Kancilan Topeng Emas By pngbirds.myspecies.info

Seperti terlihat gambar di atas, burung asli Papua atau New Guinea ini memiliki ciri warna bulu yang terang. Pada bagian wajah hingga ke bagian bawah tubuhnya berwarna kuning terang, sedangkan pada bagian punggungnya berwarna abu abu yang mana dari kedua warna tersebut dibatasi dengan warna hitam yang tegas.

Itulah 4 jenis burung kancilan yang memiliki suara nyaring lantang dan keras dengan variasi lagu yang beragam.

2. Prenjak Kepala Merah Atau Prenjak Temu

Gambar Burung Kecil Suara Keras Prenjak Kepala Merah
Gambar Burung Kecil Suara Keras Prenjak Kepala Merah By lankanaturesummary.blogspot.com

Burung kecil suara keras selanjutnya adalah burung prenjak kepala merah, banyak sekali jenis burung prenjak ini dan rata rata masih banyak pecinta burung yang memeliharanya.

Jenis prenjak yang memiliki ciri ciri bagian kepalanya berwarna merah ini memiliki suara yang nyaring melengking akan tetapi tetap merdu. Dan suaranya sering menjadi masteran untuk jenis burung kicau lain.

3. Sikatan Londo

Gambar Burung Kecil Suara Keras Sikatan Londo
Gambar Burung Kecil Suara Keras Sikatan Londo By kuwaitbirds.org

Untuk burung kecil suara keras selanjutnya adalah burung sikatan londo. Selain keras ketia paruhnya terbuka lebar saat mengkicau, burung sikatan londo juga memiliki variasi lagu serta kombinasi tembakan tembakan khasnya.

Itulah beberapa jenis burung kecil suara keras yang bisa majalahhewan.com paparkan, jika kicaumania memiliki burung mungil dengan suara lantang selein yang disebutkan di atas bisa juga beri komentar, biar ulasan ini bisa diupdate kembali.

loading...

Add a Comment