Jenis Jenis Burung Lovebird Termahal di Indonesia | Nama-Nama Hewan

Jenis Jenis Burung Lovebird Termahal di Indonesia

Burung Lovebird Termahal , majalahhewan.com | Burung lovebird memang telah menjadi primadona diantara para pecinta burung. Hal ini karena jenis burung yang satu ini terkenal dengan keunikan dan kecantikannya. Di samping suaranya yang khas, burung lovebird ini juga memiliki warna bulu yang cantik sehingga mampu memikat hati para pecinta burung di Indonesia. Jenis burung lovebird termahal di Indonesia apa saja ya?

Mengapa Burung Lovebird Mahal?

Gambar Burung Lovebird Termahal di Indonesia
By toko-lovebird.blogspot.com

Kalau Anda seorang penggemar burung, tentu sudah sangat tahu kalau harga burung lovebird termahal bisa mencapai miliaran rupiah. Dengan harga yang fantastis tersebut, masih banyak penggemar burung yang mau membelinya.

Ada dua alasan mengapa burung lovebird ini bisa berharga fantastis di kalangan para penggemar burung, diantaranya adalah burung lovebird yang mahal karena warnanya dan burung lovebird yang mahal karena prestasinya.

Kedua alasan utama itulah yang mempengaruhi harga burung lovebird. Misalnya, walaupun burung lovebird memiliki warna bulu yang biasa saja, tapi setelah menang kontes burung berkali-kali, harga burung love bird ini akan meroket menjadi sangat mahal. Ada juga burung lovebird yang tidak pernah ikut lomba, tapi memiliki warna bulu yang sangat cantik. Harganya tentu juga akan sangat mahal.

Warna Burung Lovebird

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal di Indonesia
kompasiana.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang mempengaruhi harga burung lovebird di Indonesia adalah warna. Jenis warna apa saja yang dikategorikan sebagai warna paling mahal? Pertanyaan ini sering banyak dikemukakan oleh para pecinta burung yang baru saja terjun ke dalam dunia burung lovebird. Banyak diantara mereka yang bertanya-tanya warna burung lovebird apa saja yang berharga mahal.

Jika diamati dari sisi warna, orang awam pun pasti bisa mengetahui dan membedakan mana warna burung lovebird yang biasa-biasa saja dengan warna burung lovebird yang bagus. Jadi, kalau pun burung lovebird itu tidak bisa ngekek panjang, asalkan warnanya cantik maka itu tidak menjadi persoalan yang penting.

Meskipun begitu, tidak semua warna burung lovebird dianggap cantik atau indah. Warna yang cantik dan indah ditentukan dari kelangkaan dan sulit ditemukan. Jadi, pecinta burung bisa tahu kalau warna yang berharga mahal adalah warna yang langka dan banyak dicari.

Salah satu alasan kenapa warna burung lovebird yang langka menjadi mahal adalah burung lovebird yang berwarna langka biasanya susah dikembangbiakkan. Tentu saja alasan ini yang menyebabkan harga burung lovebird termahal di antara burung-burung yang lain.

Warna burung lovebird yang langka diberi harga per ekornya sekitar puluhan juta rupiah. Harga ini hanya dilihat dari warnanya saja, belum termasuk jenis burung lovebird dan juga keturunannya.

Kalau ada burung love bird yang warnanya bagus, berasal dari keturunan jawara atau pemenang perlombaan, dan jenisnya juga langka, maka bisa dipastikan kalau harga burung lovebird ini akan sangat mahal dan menjadi burung lovebird yang sempurna.

Jenis Burung Lovebird Termahal Dilihat dari Warnanya

Berikut ini beberapa jenis burung lovebird yang memiliki harga mahal dilihat dari keindahan dan kecantikan warnanya.

1. Lovebird Biola

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Biola
By tokopedia.com

Burung lovebird termahal adalah lovebird biola, jenis burung lovebird yang satu ini memang telah menjadi satu primadona di kalangan burung lovebird dan juga para pecinta burung. Burung lovebird biola ini selain harganya yang terkenal mahal, juga merupakan salah satu jenis burung yang cukup langka. Kelangkaan ini disebabkan oleh tingkat kesulitan dalam menghasilkan burung anakan dari keturunan lovebird biola.

Jika pecinta burung amati jenis burung lovebird ini, ada ciri khas yang dapat langsung dikenali. Jenis lovebird yang satu ini terkenal dengan warnanya yang elegan dan unik. Warna separuh tubuh bagian atas dan separuh tubuh bagian bawah berbeda. Biasanya perbedaan warna ini dapat dilihat mulai timbul di bagian dada. Bagian dada ke atas akan memiliki warna yang berbeda dengan bagian dada ke bawah.

Kalau diamati dari harga burung lovebird biola di pasaran saat ini, harga lovebird biola yang masih muda bisa sampai dengan 8 jutaan atau 9 jutaan per ekor.

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Biola Anakan
Lovebird Biola Anakan By selarasbusiness.blogspot.com

Sedangkan untuk burung lovebird biola dewasa, harganya tentu saja akan jauh lebih mahal dari harga lovebird biola muda. Konon, harga lovebird biola dewasa bisa mencapai harga 22 jutaan.

Dengan harga yang mencapai puluhan juta ini, burung lovebird biola dapat dikatakan sebagai burung lovebird termahal di Indonesia, bahkan di dunia.

3 Jenis Lovebird Biola

Ada beberapa jenis lovebird biola dilihat dari segi kombinasinya, yaitu jenis lovebird biola euwing, green, dan blue.

1. Lovebird Biola Euwing
Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Biola Euwing
Lovebird Biola Euwing By olx.co.id

Burung lovebird euwing, jenis burung love bird ini adalah hasil dari persilangan antara burung lovebird Euwing dan love birdBiola.

Kedua jenis burung lovebird ini, Biola dan Euwing, merupakan kategori burung lovebird yang harganya sangat mahal. Di pasaran saat ini, harga burung lovebird biola euwing dipatok pada kisaran harga antara 13 juta rupiah sampai dengan 17 juta rupiah.

2. Lovebird Biola Green
Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Biola Green
Lovebird Biola Green By permenlolipop.info

Jenis kombinasi berikutnya dari burung lovebird biola adalah burung lovebird blue dan green. Kalau diamati dari harga pasaran saat ini, harga jual burung lovebird biola blue ternyata lebih mahal dari jenis burung lovebird biola hijau atau biola green. Dari harga saat ini, harga lovebird biola hijau dibandrol di sekitar 10 juta rupiah sampai 15 juta rupiah.

3. Lovebird Biola Blue
Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Biola Blue
Lovebird Biola Blue By burungbabe.com

Sedangkan untuk harga burung lovebird biola blue berada jauh di atas harga lovebird biola green. Bisa dibilang kalau harga burung love bird yang satu ini cukup fantastis karena berada di kisaran harga 40 juta rupiah. Bahkan, ada seorang pecinta burung lovebird yang menjual burung lovebird biola blue miliknya dengan harga 50 juta rupiah.

2. Lovebird Madagaskar

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Madagaskar
Lovebird Madagaskar By duniabinatang.org

Jenis burung lovebird madagaskar juga termasuk salah satu burung lovebird termahal di Indonesia. Lovebird madagaskar merupakan jenis lovebird dimorfik, dimana jenis burung ini dapat dibedakan dengan mudah antara jenis lovebird jantan dan lovebird betina. Selain itu, jenis burung love bird ini juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Hanya saja, jenis lovebird yang satu ini masih tergolong langka ditemui di Indonesia.

Dikarenakan oleh faktor langka ini lah, harga burung lovebird madagaskar menjadi sangat mahal di Indonesia karena tidak banyak pecinta burung yang memilikinya.

Satu ekor lovebird madagaskar bisa dihargai sampai dengan ratusan juta rupiah. Apalagi kalau lovebird ini juga menjadi jawara lomba. Wah, pasti harganya akan sangat mahal dan menjadi burung lovebird termahal di dunia.

Selain itu, warna burung lovebird madagaskar ini sangat cantik. Sayapnya berwarna hijau tua dan buah dadanya memiliki warna hijau muda. Warna bulu di bagian kepala juga berbeda, yaitu berwarna putih. Di samping warnanya yang beragam, ada satu keunikan yang dimiliki burung lovebird madagaskar ini. Jika pecinta burung amati, paruhnya memiliki bentuk dan warna yang unik mirip dengan paruh burung hantu. Bagus sekali bukan?

3. Lovebird Merah

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Merah
Lovebird Merah By hotdanterbaru.com

Jenis burung lovebird yang satu ini juga merupakan jenis lovebird yang masuk dalam kategori harga termahal di Indonesia, bahkan di dunia. Jenis lovebird merah ini bukan jenis lovebird yang memiliki warna merah loh ya. Tapi jenis ini memiliki warna merah di seluruh tubuhnya atau bisa dibilang kalau bulu tubuhnya berwarna merah menyala. Warna jenis ini sangat jarang ditemui di Indonesia. Kalaupun ada yang memiliki jenis lovebird merah ini, pastinya mereka adalah pecinta burung yang berkantong tebal saja.

Kalau diamati dari kisaran harga untuk jenis burung lovebird merah, harga anakannya saja bisa mencapai jutaan rupiah. Harga jual untuk lovebird merah dewasa tentunya akan jauh lebih mahal lagi apalagi kalau sudah menang lomba.

Salah satu keunikan lainnya yang dimiliki oleh burung lovebird ini selain warna tubuhnya yang merah tunggal adalah warna paruhnya. Paruh lovebird merah memiliki kombinasi warna anatara merah dan kuning. Warna ini sangat cocok dengan warna tubuhnya yang merah menyala.

4. Lovebird Batman / Lovebird Topeng Hitam

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Batman
Lovebird Batman By taktiktuk.ga

Jenis buurng lovebird yang satu ini sudah mulai dikenal secara umum dan sudah banyak pecinta burung yang memilikinya. Salah satu spesifikasi khusus dari jenis lovebird ini adalah kepalanya yang seakan-akan sedang memakai topeng.

Ciri khas ini sangatlah mudah untuk dikenali bahkan dari jarak jauh sekalipun. Ya, jenis lovebird ini mempunyai kepala yang berwarna hitam di bagian depannya. Kalau dilihat-lihat dengan seksama, mirip dengan zorro bukan?

Jenis lovebird topeng hitam ini dibagi menjadi dua spesies, yaitu lovebird topeng hitam dan lovebird topeng hitam batman. Untuk jenis love bird topeng hitam, warna bulu atau tubuhnya akan berwarna-warni. Sedangkan untuk jenis love bird topeng hitam batman, warna tubuhnya akan didominasi oleh warma hitam dan putih saja. Jika dilihat dari penampilan fisiknya, maka jenis lovebird yang memiliki warna hitam dan putih saja, itulah yang dikenal dengan lovebird batman.

5. Lovebird ParBlue

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird ParBlue
Lovebird ParBlue By id.pinterest.com

Salah satu jenis burung lovebird termahal di dunia yang bisa para pecinta burung temui di Indonesia adalah jenis burung lovebird parblue. Jenis lovebird yang satu ini juga merupakan salah satu jenis lovebird yang langka di Indonesia. Jenis burung lovebird ini pertama kali ditemukan oleh Felix del Valle yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 2001. Lovebird parblue ini juga sering disebut dengan nama lovebird yellow face yang dikarenakan oleh muka dan lehernya yang memiliki warna kuning keputihan.

Selain cantik secara fisik, lovebird parblue juga memiliki kombinasi warna yang unik. Kalau dilihat secara sepintas, lovebird parblue hampir mirip dengan lovebird biola. Kombinasi warna pada burung lovebird ini dimulai dari leher ke bawah dan leher ke atas.

Secara umum, perpaduan warna dari leher ke bawah adalah warna biru keabu-abuan, tapi ada juga yang berwarna biru keabu-abuan dengan sedikit kombinasi warna kuning krem. Sedangkan kombinasi warna dari leher ke atas adalah krem kekuningan. Jenis lovebird yang memiliki warna kombinasi seperti ini merupakan jenis lovebird parblue yang mahal harganya. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk harganya, lovebird parblue memiliki harga jual sekitar 10 juta rupiah. Kalau pecinta burung mau memiliki jenis lovebird parblue yang harganya lebih mahal, pecinta burung bisa menyilangkan lovebird biola dengan love bird parblue yang nantinya akan menghasilkan jenis lovebird biola parblue yang dibandrol dengan harga 30 juta rupiah.

6. Lovebird Halfsider

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Halfsider
Lovebird Halfsider By youtube.com

Buat para pecinta burung, tentunya sangat terinspirasi untuk dapat mengoleksi jenis lovebird yang satu ini. Ya, karena jenis lovebird halfsider ini, para pecinta burung dapat seolah-olah mempunyai dua jenis burung lovebird sekaligus.

Kalau diamati dari warna bulunya, pecinta burung dapat melihat kalau warna bulu sebelah kanan tubuh akan berbeda dengan warna bulu tubuh sebelah kiri. Walaupun merupakan satu jenis burung, warna tubuhnya berbeda separuh.

Keunikan dari perpaduan warna lovebird halfsider ini juga lumayan cukup aneh karena perbedaan kedua sisi tubuhnya tepat berada di tengah-tengah garis tubuh.

Untuk jenis lovebird halfsider, harga yang ditawarkan tentunya bisa ditebak ya? Dengan keunikan yang dimiliki, harga burung lovebird ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Kalau harga lovebird biasa sekitar 750 ribu rupiah, maka harga lovebird halfsider ini bisa sampai dengan 20 kali lipatnya. Selain harganya yang mencapai puluhan juta, jenis burung lovebird yang satu ini juga termasuk sulit untuk ditemukan. Kelangkaannya sangatlah tinggi apalagi di Indonesia. Hampir tidak ada yang memiliki jenis lovebird yang satu ini di sini.

7. Lovebird Blorok

Gambar Jenis Burung Lovebird Termahal - Lovebird Blorok
Lovebird Blorok By imbgroup.blogspot.com

Jenis lovebird yang satu ini merupakan salah satu jenis burung yang banyak ditemui di Indonesia. Walaupun banyak ditemui di Indonesia, harga jualnya juga tidak bisa dibilang menjadi murah. Justru jenis lovebird blorok inilah yang harganya sangat fantastis di pasaran. Untuk satu ekor burung lovebird blorok, harganya bisa tembus sampai dengan ratusan juta rupiah.

Jenis lovebird blorok ini juga memiliki warna bulu yang tergolong unik. Warna bulunya tidak pernah didominasi oleh warna tertentu saja. Biasanya, warna bulu lovebird blorok terdiri dari semburat warna putih dan beberapa warna lainnya. Dua jenis lovebird blorok yang terkenal adalah lovebird merah blorok dan lovebird parblue blorok. Kedua jenis burung lovebird ini sangat mudah dikenali dari gradasi warna tubuhnya dari atas sampai bawah.

Untuk bisa menghasilkan lovebird blorok, pecinta burung harus menyilangkan beberapa jenis lovebird. Misalnya, jika pecinta burung menyilangkan lovebird dakori dengan lovebird lutino, maka pecinta burung akan mendapatkan jenis lovebird hijau blorok.

Untuk harga anakan dari lovebird blorok ini dibandrol dengan harga kisaran 1 sampai 2 juta rupiah. Untuk harga blorok dewasa tentunya akan jauh lebih mahal lagi.

Tabel Harga Pasaran Burung Lovebird di Indonesia

Selain jenis burung lovebird termahal yang telah disebutkan di atas, ada banyak lagi jenis burung lovebird yang bisa ditemui di Indonesia. Tergantung dari jenis dan warnanya, harga burung lovebird ini bervariasi.

Berikut beberapa kisaran harga yang bisa digunakan sebagai patokan bagi para pecinta burung jika ingin membeli atau menjual burung lovebird.

No.Jenis LovebirdHarga Anakan (Rupiah)Harga Dewasa (Rupiah)
1.Lovebird Albino Mata Hitam500.000 – 600.000750.000 – 850.000
2.Lovebird Albino Mata Merah500.000 – 600.000800.000 – 1.000.000
3.Lovebird Dakocan Hijau/Biru170.000 – 250.000300.000 – 400.000
4.Lovebird Kepala Emas200.000 – 250.000300.000 – 400.000
5.Lovebird Lutino Mata Hitam350.000 – 450.000700.000 – 800.000
6.Lovebird Lutino Mata Merah500.000 – 700.000900.000 – 1.000.000
7.Lovebird Green Series800.000 – 900.0001.000.000 – 1.200.000
8.Lovebird ParBlue2.500.000 – 2.800.0003.500.000 – 4.000.000
9.Lovebird Blorok900.000 – 1.200.0002.000.000 – 3.000.000
10.Lovebird Holland250.000 – 300.000600.000 – 800.000
11.Lovebird Olive350.000 – 450.000600.000 – 700.000
12.Lovebird Biola1.000.000 – 2.000.0005.000.000 – 15.000.000
13.Lovebird Violet500.000 – 700.000800.000 – 1.000.000
14.Lovebird Cobalt300.000 – 400.000700.000 – 900.000

Harga Burung Lovebird Pastel

No.Jenis LovebirdHarga Anakan (Rupiah)Harga Dewasa (Rupiah)
1.Lovebird pastel hijau200.000 – 300.000350.000 – 450.000
2.Lovebird pastel kuning200.000 – 300.000400.000 – 450.000
3.Lovebird pastel biru250.000 – 350.000400.000 – 500.000
4.Lovebird pastel putih250.000 – 350.000400.000 – 500.000
5.Lovebird pastel hitam/batman300.000 – 400.000700.000 – 900.000
6.Love birdpastel mouve250.000 – 350.000400.000 – 500.000

 

Harga Burung Lovebird dari Durasi Ngocehnya

No.Durasi NgocehKisaran Harga (Rupiah)
1.Ngoceh sekitar 10 – 15 detik500.000 – 600.000
2.Ngoceh sekitar 15 – 20 detik700.000 – 800.000
3.Ngoceh sekitar 20 – 30 detik800.000 – 1.200.000
4.Ngoceh sekitar 30 – 40 detik1.300.000 – 1.800.000
5.Ngoceh sekitar 40 – 50 detik2.000.000 – 3.000.000
6.Ngoceh di atas 50 detik3.500.000 – 5.000.000

 

Perbandingan harga di atas dapat berubah tergantung pada harga pasaran dari tiap-tiap daerah di Indonesia. Tapi paling tidak harga burung lovebird yang telah diberikan di atas dapat dijadikan sebagai pedoman kalau para pecinta burung ingin mengoleksi jenis burung lovebird tertentu. Itulah sedikit informasi tentang jenis dan kisaran harga jenis burung lovebird termahal di Indonesia.

loading...

Add a Comment