Lihatlah Jenis Jenis Burung Kecil Di Dunia Yang Warnanya Juga Unik Berikut Ini



Jenis Burung Kecil, majalahhewan.com | Burung merupakan hewan peliharaan yang paling populer di Indonesia saat ini, baik itu burung kicau maupun burung yang memiliki warna bulu indah, seperti jenis burung lovebird misalnya. Ada banyak sekali jenis burung kicau yang dipelihara oleh kicau mania, mulai jenis burung yang mulai langka keberadaanya di alam hingga burung yang masih banyak terbang bebas di alam.

Jenis burung kicau yang dipelihara kicau mania juga tak jarang yang memiliki ukuran besar, sedang hingga yang ukuranya kecil, seperti pleci dan prenjak misalnya.

Banyak juga jenis burung kecil bersuara merdu hingga burung kecil suara keras menjadi incaran kicau mania, terlebih jenis burung yang rajin bunyi, baik burung pemakan serangga maupun jenis burung kecil pemakan pisang.

Berbagai nama nama burung di Indonesia mungkin banyak yang sudah kita kenal. Keindahan warna bulu jenis burung kecil di berbagai negara berikut ini, saya yakin akan membuat kicau mania takjub akan keindahan ciptaan Yang Maha Esa, terlebih ukuranya yang mugil yang hanya beberapa cm saja.



9 Jenis Burung Kecil Di Dunia Yang Warnanya Indah Dan Ukuranya Hanya Beberapa cm Saja

1. Jenis Burung Kecil Dari Afrika ( Red-cheeked cordon-bleu )

Gambar Jenis Burung Kecil Burung Red-cheeked cordon-bleu
By pinterest.com

Cantik bukan jenis burung kecil yang pertama ini? lihat saja ada warna merah di pipinya layaknya wanita yang pipinya merah merona, akan tetapi jangan salah ya, yang punya corak merah di pipinya ini bukan burung betina lho, melainkan burung jantan.

Red-cheeked cordon-bleu merupakan burung yang memiliki ukuran panjang total hanya 12,5–13 cm dengan berat maksimal ketika dewasa hanya 9,9 g atau 0,35 ons. Red-cheeked cordon-bleu adalah jenis burung yang berasal dari Afrika.

2. Jenis Burung Kecil Dari Amerika Serikat Dan Meksiko ( Verdin )

Gambar Jenis Burung Kecil Verdin
By audubon.org

Jenis burung mugil selanjutnya adalah burung verdin, warna si mungil verdin ini unik ya, pada bagian kepalanya berwarna kuning. Oh ya, si verdin adalah burung yang berasal dari Amerika serikat dan Meksiko lho dan juga termasuk jenis burung pemakan serangga dan terkadang juga memakan madu seperti burung kolibri. Untuk panjang keseluruhan saat dewasa hanya 11 cm.

3. Jenis Burung Kecil Dari Amerika Utara ( Lesser goldfinch )

Gambar Jenis Burung Kecil Lesser goldfinch
By hbw.com

Dari Afrika lalu ke Amerika Serikat dan Meksiko kita beranjak ke Amerika utara. Ya, burung kecil lesser goldfinch berasal dari Amerika utara.

Panjangnya kesuluruhan saat sudah dewasa sekitar 9 hingga 12 cm dan beratnya 8 hingga 11,5 g atau 0,28 hingga 0,41 ons.

4. Jenis Burung Terkecil Di Eropa ( Goldcrest )

Gambar Jenis Burung Kecil Goldcrest
By plugon.us

Yang nomer 4 dari jenis burung mungil di dunia adalah burung goldcrest. Coba perhatikan warna pada bagian atas kepalanya, unik bukan kayak mahkota raja. Mungkin corak warna itulah penyebab burung kecil bersuara keras ini nama ilmiahnya disebut Regulus regulus yang artinya adalah pangeran kecil.





Burung goldcrest adalah burung terkecil di Eropa, panjangnya 8,5–9,5 cm sedangkan beratnya 4,5–7,0 g atau 0,16-0,25 ons. Meski ukuranya mini, akan tetapi burung ini mampu mengerami hingga 10 butir telur lho.

5. Jenis Burung Terkecil Di Dunia Bersal Dari Kuba ( Bee Hummingbird )

Gambar Jenis Burung Kecil di dunia Bee Hummingbird
By wired.com

Jika burung goldcrest merupakan jenis burung terkecil di Eropa, maka burung bee hummingbird adalah jenis burung terkecil di Dunia.

Ya, karena panjangnya hanya 5 – 6 cm saat dewasa dengan berat 1,6 – 2 g atau 0,056–0,071 ons saja.

Bee Hummingbird merupakan burung yang bersal dari Kuba dan statusnya di alam hampir terancam.

6. Jenis Burung Kecil Dari Eropa Sub-Arktik Dan Asia Utara ( Willow tit )

Gambar Jenis Burung Kecil Willow tit
By en.wikipedia.org

Burung willow tit merupakan jenis burung mungil yang berasal dari Eropa sub-Arktik dan Asia utara. Meskipin mungil burung ini menyukai cuaca dingin. Panjangnya 11,5 cm dengan berat 11 g.

Burung willow tit termasuk burung yang masuk dalam daftar IUCN dengan status menurun.



7. Jenis Burung Kecil Dari Australia ( Spotted pardalote )

Gambar Jenis Burung Kecil Spotted pardalote
By en.wikipedia.org

Diamondbird adalah nama lain dari burung mungil asal bagian timur dan selatan Australia ini, itu karena warna bulunya binti bintik putih layaknya mutiara.

Burung mungil ini memiliki panjang 8 sampai 10 cm dan merupakan burung terkecil ke dua di pulau tersebut. Burung yang memiliki corak mutiara ini mengalami penurunan hingga terdaftar di IUCN.

8. Jenis Burung Terkecil Di Australia ( Weebill )

Gambar Jenis Burung Kecil Burung Weebill
By geoffpark.wordpress.com

Jika Diamondbird merupakan burung terkecil ke 2 di Australia, Weebill adalah burung terkecil pertama di Negara tersebut dengan panjang total saat sudah dewasa antara 8 hingga 9 cm.

9. Jenis Burung Terkecil Di Dunia Ke 2 Berasal Dari Amerika Utara ( Costa’s hummingbird )

Gambar Jenis Burung Kecil Burung Costa's hummingbird
By youtube.com

Yang terakhir jenis burung kecil di berbagai belahan dunia adalah burung costa’s hummingbird. Costa’s hummingbird termasuk spesies burung kolibri yang mendiami barat daya Amerika Utara.

Panjang tubuhnya 7,6–8,9 cm dengan berat rata rata saat dewasa 3 g. Ciri ciri burung kolibri ini adalah adanya warna ungu di bagian kepalanya yang sangat terang dan mencolok.



Nah lengkap sudah jenis jenis burung terkecil di dunia, semoga menambah wawasan kicau mania semua.


loading...

One Comment

Add a Comment