Jenis Kambing Etawa Super dan Perbedaan Ciri-Cirinya | Nama-Nama Hewan




Jenis Kambing Etawa Super dan Perbedaan Ciri-Cirinya



Kambing Etawa Super, majalahhewan.com | Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Dari banyakya jenis kambing etawa, jenis yang sangat populer di Indonesia adalah jenis Kambing Etawa Super. Tertarik beternak kambing jenis ini? Kenali dulu jenis-jenis dan karakteristiknya!

Permasalahan yang Sering Timbul dalam Beternak Kambing Etawa Super

Ada banyak sekali artikel yang beredar di internet mengenai kambing etawa super. Dalam artikel-artikel itu seakan dijelaskan jenis-jenis kambing etawa yang ada di Indonesia beserta perbedaan-perbedaannya.

Akan tetapi, kebanyakan artikel-artikel yang ada di internet tersebut lebih condong kepada jenis kambing etawa jenis kontes yang memberikan persepsi yang salah kepada pembaca mengenai ciri-ciri dari kambing etawa jenis super yang sebenarya.

Walaupun demikian, hal ini sebenarnya wajar mengingat bagaimana kambing etawa menjadi bahan pembicaraan banyak orang sejak jenis kambing ini diikutsertakan dalam kontes-kontes kambing.



Walaupun masih bisa dibilang wajar, keberadaan artikel-artikel di internet tersebut bisa menjadi petaka bagi peternak kambing terutama yang baru-baru saja menekuni hal ini.

Kesalahan memahami informasi bisa berujung pada kehilangan dana yang cukup besar karena pengalokasiannya yang salah. Para peternak yang terjebak pada aritkel yang salah bisa jadi membeli jenis kambing etawa super yang tidak pas dengan tujuan awal ia beternak.

Maka dari itu, para peternak harus bisa benar-benar memahami jenis kambing etawa apa yang mereka butuhkan dan yang sesuai dengan tujuan beternak mereka. Kesalahan memilih tentu akan berakibat besar seperti cara pemeliharaan yang tidak sesuai dengan jenis kambing etawanya dan keuntungan beternak yang tidak sesuai harapan.

Jenis-Jenis Kambing Etawa Super Secara Singkat

Setidaknya, ada tiga jenis kambing etawa super yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Jenis-jenis kambing etawa super ini adalah kambing etawa senduro super, kambing etawa kaligesing super, dan kambing etawa kurban super.

Jenis-jenis kambing etawa super ini berasal dari daerah-daerah yang berbeda di Indonesia dan mulai dikenal oleh masyarakat di tahun yang berbeda pula.

Kambing etawa senduro super merupakan kalangan kambing etawa endemik. Jenis kambing etawa satu ini berasal dari daerah Senduru di Jawa Timur. Awal mula jenis kambing Senduro ini dikenal di masyarakat adalah sejak peternakan kambing ini di Lumajang mulai memperkenalkan jenis kambing ini via online.



Dengan begitu cepatnya informasi menyebar lewat dunia internet, kambing etawa senduro super ini pun mulai dikenal luas dan mulai perlahan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Enam tahun setelah kambing ini mulai populer atau di tahun 2016, pemerintah melalui Kementrian Pertanian Republik Indonesia menetapkan bahwa kambing etawa senduro super ini menjadi jenis kambing lokal yang harus dilestarikan dan dilindungi. Ketetapan ini pun telah dicantumkan dalam Sk no 1055/Kpts/SR.120/10/2014.

Jenis kambing etawa super selanjutnya adalah kambing etawa kaligesing super. Jenis kambing etawa super satu ini berasal dari daerah Purwerojo di Jawa Tengah.

Populasi kambing etawa super jenis ini terbilang jauh lebih banyak dari kambing etawa super jenis senduro, karena memang kambing etawa jenis ini lebih dahulu dikenal di masyarakat.

Awal mula masyarakat mulai mengenal kambing etawa kaligesing super adalah melalui kontes kambing etawa yang sering diadakan di daerah Jawa Tengah dan juga sekitarnya. Kambing etawa jenis ini dinilai memiliki nilai estetika sendiri yang memikat perhatian banyak peternak.

Jenis kambing etawa super yang terakhir adalah kambing etawa kurban super. Kambing etawa super jenis ini baru diperkenalkan tahun 2017 seiring dengan peningkatan permintaan dari masyarakat akan kambing kurban dengan kelas premium.



Ini tentu bisa dipahami karena mengingat daya beli masyarakat kita yang kian naik yang kemudian membuat masyarakat ingin memberikan kurban yang semakin baik. Memilih jenis kambing yang terbaik pun kian menjadi trend di masyarakat. Alhasil, permintaan akan kambing etawa super jenis kurban ini makin tinggi.

Perbedaan Postur Tubuh dari Masing-masing Jenis Kambing Etawa Senduro Super, Kambing Etawa kaligesing Super dan Kambing Etawa Kurban Super

Selain memiliki cerita dan sejarahnya sendiri-sendiri, jenis-jenis kambing etawa super juga memiliki perbedaan postur tubuh. Supaya tidak salah memilih dalam menginventasikan uang dalam membeli kambing etawa super, cermati perbedaan ciri-ciri postur tubuh dari setiap jenis kambing etawa super di atas.

Ciri-Ciri Postur Tubuh Kambing Etawa Senduro Super

Gambar Kambing Etawa Super Senduro
By budidayaperawatan.blogspot.com

Kambing etawa senduro super memiliki postur tubuh yang besar. Besarnya postur tubuh kambing etawa super jenis ini berarti posturnya yang tinggi dan juga lingkar dadanya yang tebal. Kedua ciri ini merupakan ciri utama dari kambing etawa super jenis senduro .

Besarnya postur kambing etawa jenis ini dipengaruhi oleh besarnya tulang kambing ini yang bisa diamati langsung dari besarnya diameter tulang kaki kambing etawa senduro super. Dengan diameter kaki yang besar, kambing etawa senduro super yang jantan dapat mencapai tinggi maksimal 100 cm ketika memasuki usia 1,5 tahun.

Ciri-Ciri Postur Tubuh Kambing Etawa Kaligesing Super

Gambar Kambing Etawa Super Kaligesing
By kambingkaligesing.com

Berbeda dengan kambing etawa senduro super, kambing etawa kaligesing super memiliki ciri utama postur yang memanjang dan tinggi. Salah satu faktor penyebab dari postur tubuh yang tinggi dan memanjang adalah tulang besar yang ada di bagian kaki kambing etawa kaligesing super ini.

Perbedaan lain antara kambing etawa super jenis ini dengan kambing etawa senduro super adalah bobot tubuh yang tidak menjadi kriteria spesifik dari postur tubuh kambing etawa kaligesing super. Maka, ketika kambing etawa jenis ini dibawa ke suatu kontes, penimbangan bobot tubuh kambing tidak diperlukan.

Ciri-Ciri Postur Tubuh Kambing Etawa Kurban Super

Gambar Kambing Etawa Kurban Super
By wajibbaca.com

Sementara itu, kambing etawa kurban super ini memiliki tinggi tubuh minimal 80 – 85 cm. Bobot dari kambing etawa super jenis ini sangat bervariasi yang dikarenakan standar penjualan kambing yang diberlakukan adalah tinggi badan.

Ketika ada pembeli yang memberikan kriteria berat badan saat transaksi jual beli kambing, maka penjual bisa menimbang berat kambing etawa super kurban ini dengan timbangan digital.



Perbedaan Warna Masing-masing Jenis Kambing Etawa Senduro Super, Kambing Etawa Kaligesing Super dan Kambing Etawa Kurban Super

Hal lain yang membedakan ketiga jenis kambing etawa super adalah warna bulunya. Seperti halnya postur tubuh kambing, warna bulu juga bisa menjadi pembeda antara jenis kambing etawa super yang satu dengan yang lainnya. Bahkan, warna bulu bisa menjadi nilai tambah bagi si kambing.

Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Senduro Super

Gambar Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Senduro Super
By wallpaperkeren.co

Mari kita lihat terlebih dahulu warna bulu dari kambing etawa super jenis senduro . Warna bulu yang menjadi ciri utama jenis kambing etawa super ini adalah warna putih yang menyeluruh. Warna bulu putih yang menyeluruh ini bisa menjadi nilai plus dari kambing etawa super jenis ini.

Walaupun demikian, warna putih bukanlah satu-satunya warna bulu dari kambing etawa super jenis senduro  ini. Walaupun warna putih masih terbilang menjadi warna bulu yang dominan, kambing etawa senduro super juga bisa memiliki warna bulu yang berwarna coklat kemerahan. Warna bulu selain putih ini bahkan bisa berupa bercak saja ataupun secara total.

Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Kaligesing Super

Gambar Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Kaligesing Super
By ivanildosantos.blogspot.com

Sementara itu, kambing etawa kaligesing super berwarna hitam dari bagian kepala sampai ke bagian dada. Warna bulu hitam ini merupakan kriteria warna utama dari kambing etawa Kaligesing super.

Sebenarnya, kambing etawa kaligesing super umumnya memiliki warna bulu coklat atau merah atau hitam yang bervariatif. Namun, kambing etawa kaligesing super berwarna hitamlah yang mendominasi kontes-kontes kambing etawa super.

Walaupun begitu, tetap saja ada beberapa kejadian dimana kambing etawa kaligesing super berkepela merah menjuarai suatu kontes. Selain warna kepala sampai bagian dada yang berwarna hitam, kaki kambing etawa kaligesing super pun juga berwarna yang sama.

Posisi warna hitam di tubuh kambing etawa kaligesing super ini seakan-akan memberikan kesan kambing ini memakai sepatu atau kaos kaki. Kambing etawa kaligesing super yang memiliki warna seperti ini biasanya memiliki nilai plus ketika diperjualbelikan.

Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Kurban Super

Gambar Ciri Ciri Warna Kambing Etawa Kurban Super
By BeritaSatu.com

Berbeda dari kedua jenis kambing etawa yang disebutkan di atas, kambing etawa  kurban super sepertinya tidak begitu memiliki ciri khas dalam hal warna bulu. Kambing etawa yang sering dijadikan kurban nampak memiliki warna bulu yang bermacam-macam dan bervariasi bahkan seperti tidak memiliki ciri utama.

Hal ini mungkin dikarenakan pemilihan jenis kambing etawa satu ini tidak bisa didasarkan pada warna bulu semata. Tentu sangat masuk akal karena pemilihan kambing untuk berkurban tentulah lebih mengutamakan faktor lain seperti kesehatan, kondisi anggota tubuhnya yang tidak cacat, kebersihan, dan faktor-faktor lainnya.

Perbedaan Tanduk Kambing Etawa Senduro Super, Kambing Etawa Kaligesing Super dan Kambing Etawa Kurban Super

Ciri lain yang membedakan jenis kambing etawa super satu dengan yang lainnya adalah kepemilikian dan kondisi tanduk. Tanduk mempunyai nilai kepentingan yang berbeda-beda pula dari setiap jenis kambing etawa super. Berikut detail informasinya.

Ciri Ciri Tanduk Kambing Etawa Senduro Super

Kambing etawa senduro super merupakan jenis kambing etawa super yang tidak bertanduk atau bisa disebut juga gundul. Ketidakadaan tanduk pada jenis kambing etawa super satu ini justru menjadi nilai plus ketika kambing ini dibawa ke sebuah kontes.

Walaupun begitu, tidak semua kambing etawa senduro super gundul atau tidak bertanduk. Namun mungkin karena ketidakadaan tanduk hanya dapat ditemukan di jenis kambing etawa senduro super, ketidakadaan tanduk lantas menjadi ciri khas dan juga menjadi nilai plus dari kambing etawa super jenis senduro.

Ciri Ciri Tanduk Kambing Etawa Kaligesing Super

Gambar Ciri Ciri Tanduk Kambing Etawa Kaligesing Super
By twitter.com

Lalu bagaimana dengan kambing etawa kaligesing super? Kebalikan dari kambing etawa super jenis senduro , kambing etawa kaligesing super merupakan jenis kambing etawa super yang bertanduk.

Bahkan bisa dibilang semua kambing etawa super jenis ini bertanduk dan tidak ada yang gundul. Bentuk tanduk kambing etawa kaligesing super yang paling banyak diminati adalah bentuk tanduk memanjang ke belakang. Selain bentuk tanduk itu, masih ada pula beberapa bentuk tanduk dari kambing etawa kaligesing super.

Ciri Ciri Tanduk Kambing Etawa Kurban Super

Gambar Ciri Ciri Tanduk Kambing Etawa Kurban Super
By anisawidiyarti.wordpress.com

Terakhir, ada kambing etawa super kurban. Berbeda dari dua jenis kambing etawa sebelumnya, keberadaan tanduk pada kambing etawa jenis ini sangatlah relatif pengaruhnya.

Beberapa pembeli ada yang lebih  memilih untuk membeli kambing etawa kurban super tanpa tanduk namun ada juga yang keberatan membeli kambing etawa yang gundul.

Sebenarnya, kambing etawa yang bertanduk lebih susah dipelihara dan dikirim ke tempat lain mengingat sepanjang perjalanan pengiriman tanduk kambing bisa jadi patah karena adanya benturan fisik antara kambing satu dengan yang lainnya maupun kejadian lain yang tidak disengaja.



Melihat jenis-jenis kambing etawa super di atas beserta banyaknya perbedaan ciri-cirinya, para peternak kambing etawa harus benar-benar memahami dan teliti dalam membedakan satu jenis kambing etawa dengan yang lain. Jangan sampai salah beli agar uang tidak terbuang percuma. Semoga bermanfaat


loading...

Add a Comment