Nama Nama Burung Kecil Yang Masih Banyak Dipelihara Kicau Mania Itu Apa Saja? | Nama-Nama Hewan

Nama Nama Burung Kecil Yang Masih Banyak Dipelihara Kicau Mania Itu Apa Saja?

Nama Burung Kecil, majalahhewan.com | Munculnya berbagai jenis burung lovebird menjadikan banyak kicau mania yang berpidah hati dari dari burung kicau ke burung kekek ini. Banyak yang menjual burung kicau peliharaanya yang ukuranya sedang seperti murai misalnya atau burung yang berukuran mungil seperti burung kacamata misalnya dan ditukar dengan burung lovebird.

Selain perawatan burung lovebird yang relatif mudah, serta harga burung lovebird yang relaif murah ” jenis tertentu ” hal inilah yang mempengaruhi pindahnya hati para penghobi burung kicau ke burung kekek ini.

Akan tetapi, masih banyak para penghobi burung kicau yang masih tetap setia dengan burung peliharaanya, terlebih burung yang memiliki ukuran mungil.

Mau tau apa saja nama burung kecil yang masih manjadi primadona para kicau mania? berikut adalah penjelasan lengkapnya yang juga disertai gambar.

Nama Nama Burung Kecil Yang Masih Banyak Dipelihara Kicau Mania Lengkap Dengan Gambarnya

Meskipun perawatan burung kecil ini relatif lebih sulit ketimbang burung cinta, akan tetapi burung kecil bersuara keras dan rajin bunyi tentu tetap berada di hati para pecintanya.

1. Burung Pleci

Gambar Nama Burung Kecil Pleci
By commons.wikimedia.org

Yang pertama nama burung kecil yang masih melekat di hati para kicau mania adalah burung pleci atau lebih dikenal dengan nama burung kacamata, itu karena burung ini memiliki ciri khas adanya garis putih yang mengelilingi mata.

Burung pleci atau kacamata ini panjang seruluh tubuhnya mulai dari ujung paruh hingga ujung ekor berkisar antara 8–15cm.

Meski mungil tapi kalau sudah gacor dan buka mulut, maka suaranya sangat merdu. Cara merawat burung pleci memang tidaklah mudah, terlebih untuk membuatnya gacor, karena ada beberapa campuran makanan burung pleci yang bagus yang harus diberikan dan diperhatikan dengan baik porsinya.

Selain itu, pleci juga harus dengar suara masteran yang bisa membuatnya untuk ikutan berkicau.

Sulitnya untuk membuat pleci gacor inilah kemungkinan menjadi daya tarik para kiacu mania yang masih tetap memeliharanya.

2. Tledekan

Gambar Nama Burung Kecil Tledekan
By hbw.com

Yang kedua dari nama burung kecil bersuara merdu dan masih banyak pecinta burung yang menggandrunginya adalah burung tledekan. Tak hanya bersuara keras nan merdu, burung yang juga dikenal dengan nama burung sulingan ini juga dianugrahi oleh Yang Maha Kuasa dengan warna bulu nan indah.

Di kalangan pecinta burung dikenal 3 jenis burung tledekan, yang pertama tledekan gunung, kedua tledekan laut dan yang ketiga tledekan bambu.

Ketiganya memiliki banyak  penggemar, akan tetapi yang paling banyak dipelihara para kicau mania adalah tledekan gunung.

Harga burung tledekan sendiri bervariasi, tergantung dari suara burung tledekan itu sendiri, apakah sudah gacor atau masih bakalan. Tentunya harga akan lebih mahal ketika suara burung tledekan sudah nyeklek. Meski begitu, harganya tetap bersahabat dengan kantong para penghobi burung mungil ini.

3. Kolibri

Gambar Nama Burung Kecil Kolibri
By commons.wikimedia.org

Selanjutnya nama burung kecil yang masih banyak dari pecinta burung di Indonesia yang terpikat oleh suara merdunya adalah burung kolibri. Ya, jenis burung kecil ini memang merdu suaranya.

Suara burung kolibri memang salah satu daya tarik mengapa masih tetap di hati para pencintanya, selain itu burung terkecil di dunia ini juga memiliki warna layaknya minyak, karena bulu bulu burung yang berasal dari Amerika ini gemerlapan dan memantul ketika bergerak.

Jenis burung kolibri memang sangat beragam, beberapa diantaranya yang populer dipelihara para pecinta burung seperti misalnya burung kolibri ninja, burung kolibri raja, burung kolibri kelapa dan burung kolibri wulung.

Makanan burung kolibri adalah madu, itu sebabnya dalam merawat burung kolibri ini para pecinta burung menyediakan air gula sebagai penggantinya.

Meskipun kecil baget burung kolibri ini, akan tetapi harga burung kolibri tidaklah murah, terlebih jika sudah gacor.

4. Prenjak

Gambar Nama Burung Kecil Prenjak
By pinterest.com

Nama burung kecil selanjutnya yang masih banyak dipelihara pecinta burung adalah burung prenjak. Kalau sudah mualai bunyi suara burung prenjak memang susah untuk berhenti, inilah yang menjadi daya tarik burung prenjak.

Ada banyak sekali jenis burung prenjak yang masih dipelihara para pecinta burung, seperti misalnya Prenjak Kuning, Prenjak Putih, Prenjak Kalungan, Prenjak Sawah, Prenjak Gunung, Prenjak Padi dan Prenjak Kepala Merah.

Semua jenis burung prenjak memiliki karakteristik sendiri sendiri, harganya juga variatif tergantung jenis dan mutu dari suara burung prenjak itu sendiri.

Selain disebut dengan nama burung prenjak, juga di daerah di Indonesia memiliki nama nama yang berbeda beda, seperti misalnya orang jawa juga menamainya ciblek, sedangkan orang sunda menyebutnya dengan nama cinenen, sedangkan orang betawi menyebutnya dengan nama burung cici atau kecici.

5. Cabe Cabean

Gambar Nama Burung Kecil Cabe cabean
By commons.wikimedia.org

Nama burung kecil ini tentu tak asing bagi para pecinta burung, ya burung cabe cabean atau juga disebut burung kamade ini bisa kita jumpai pada pohon yang ada tumbuhan parsitnya ( kemladean ), terlebih warna bulu pada bagian kepalanya yang merah tentunya membuat kita semakin mudah untuk mengenalinya.

Cabe cabean merupakan jenis burung kecil bersuara keras dan ngerol, selain itu burung cabe cabean ini juga termasuk jenis burung petarung dan terlihat ketika sudah dewasa atau birahi.

Karena ketika di alam bebas burung ini tarmasuk burung yang memakan buah buahan ( buah benalu ) dan juga serangga kecil, maka dalam perawatanya juga tak begitu rumit serumit burung pemakan madu.

Burung yang satu ini juga bisa dikategorikan jenis burung pemakan pisang, dalam sangkar pada umumnya para pecinta burung biasanya memberi satu buah pisang kepok atau pepaya.

6. Kenari

Gambar Nama Burung Kecil Kenari
By pinterest.com

Nama burung kecil yang mulai pudar keberadaanya adalah burung kenari, seperti penjelasan di atas, maraknya gantangan burung lovebird dan mudahnya dalam perawatan serta indahnya bulu-bulu lovebird menjadikan penikmat suara kenari banyak yang berpindah hati.

Meski begitu, bagi para pecinta burung kenari, kenari tetap berada di hati dan nggak mau mendua dengan burung lovebird.

Ya, itu karena si kenari ini burng yang unik dalam hal suara, burung ini adalah peniru suara yang hebat, bahkan si kenari ini mampu memodifikasi suara dari spesiesnya sendiri dengan suara dari jenis burung lain.

Vidio Burung Kenari

Nah itulah sederetan nama nama burung kecil yang masih populer dipelihara oleh pecinta burung.

loading...
2 Comments

Add a Comment