Kolibri Berleher Rubi Dan Semua Infomasi Tentangnya

Kolibri Berleher Rubi, majalahhewan.com | Burung kolibri berleher rubi atau kalau dalam bahasa Inggris disebut dengan Ruby-throated hummingbird adalah salah satu dari sekian banyaknya jenis burung kolibri yang pada umumnya menghabiskan musim dingin di Amerika Tengah , Meksiko , dan Florida, lalu bermigrasi ke Amerika Utara bagian Timur untuk berkembang biak di musim panas.

Gambar Kolibri Berleher Rubi
By robinsonlibrary.com

Pada umumnya burung kolibri ini terlihat di sebelah timur Sungai Mississippi di Amerika Utara .

Seperti apa keindahan warna bulunya, seperti apa bunyi suaranya dan bagaimana car hidupnya, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Deskripsi Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Burung Kolibri Berleher Rubi
By jeffpippen.com

Panjang tubuh burung kecil ini hanya 7-9 cm atau 2,8-3,5 inci. Sedangkan rentang sayapnya 8 hingga 11 cm atau 3,1-4,3 inci.

Untuk kisaran berat tubuh burung mungil ini antara 2 hingga 6 g, yang mana untuk rata-rata burung jantan 3,4 g, sedangkan untuk betina berat rata-ratanya 3,8 g.

Untuk ciri-ciri warna bulu burung kolibri berleher rubi dewasa punggungnya hijau metalik, sedangkan bagian bawah tubuhnya putih keabu-abuan. Sedangkan sayapnya berwarna hampir hitam.

Parunya lurus, sangat ramping dengan panjang 2 cm atau 0,79 inci. Untuk kaki-kakinya burung kolibri berleher rubi ini cukup kecil.

Panjang jari tengah sekitar 0,6 cm atau 0,24 in, sedangkan tarsus ( Tarsus adalah sekelompok tujuh tulang artikulasi di setiap kaki yang terletak di antara ujung bawah tibia dan fibula kaki bawah dan metatarsus ) sekitar 0,4 cm atau 0,16 in.

Burung kolibri berleher rubi adalah spesies dimorfik secara seksual . Burung jantan dewasa memiliki gorget (tempelan tenggorokan) berwarna merah delima yang berbatasan merah tipis dengan beludru hitam di tepi atas dan ekor hitam bercabang dengan kemilau ungu samar.Warna merah sangat terarah dan tampak hitam pekat dari berbagai sudut.

Burung kolibri berleher rubi betina memiliki ekor berlekuk dengan bulu-bulu luar yang dijalin dengan warna hijau, hitam, dan putih dan tenggorokan putih yang mungkin polos atau ringan ditandai dengan garis-garis gelap atau stipples.

Ukuran tubuh burung jantan lebih kecil dari burung betina dan memiliki paruh sedikit lebih pendek.

Burung jantan remaja menyerupai betina dewasa, meskipun biasanya dengan tanda leher yang lebih terlihat. Bulu ini berganti setahun sekali yang dimulai pada akhir musim panas.

Habitat, Jangkauan dan Migrasi Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Habitat Burung Kolibri Berleher Rubi
By pages.vassar.edu

Ketika musim kawin tiba burung kolibri berleher rubi berada di sebagian besar wilayah Amerika Serikat Timur dan selatan-tengah dan tenggara Kanada di hutan gugur dan hutan pinus dan tepi hutan, dan kebun.

Burung betina membangun sarang di lokasi yang dilindungi oleh semak atau pohon. Dari semua kolibri di Amerika Serikat , spesies ini memiliki kisaran kawin terbesar.

Di musim dingin, burung kolibri berleher rubi melakukan migrasi , menghabiskan sebagian besar musim dingin di Florida , Meksiko selatan dan Amerika Tengah , sejauh selatan barat Panama barat, dan West Indies .

Selama migrasi, beberapa burung memulai perjalanan sejauh 900 mil melintasi Teluk Meksiko dan Karibia dari Panama atau Meksiko ke Amerika Serikat bagian timur.

Burung berkembang biak di seluruh Amerika Serikat bagian timur, timur dari meridian ke-100, dan di Kanada bagian selatan, terutama Ontario , di hutan campuran timur dan hutan campuran dan berdaun lebar.

Ketika musim dingin, sebagian besar burung kolibri berleher rubi juga terlihat di Meksiko dan Florida .

Selama migrasi ke selatan di musim gugur di sepanjang pantai utara Teluk Meksiko, burung jantan dan betina yang lebih tua lebih siap untuk penerbangan jarak jauh daripada burung muda.

Perilaku dan Metabolisme Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Jenis Burung Kolibri Berleher Rubi
By hbw.com

Burung kolibri berleher rubi bersifat soliter . Burung dewasa dari spesies ini tidak sosial.

Baik burung jantan dan betina dari segala usia agresif terhadap kolibri lainnya. Mereka mungkin membela wilayah, seperti wilayah makan, menyerang dan mengejar kolibri lain yang masuk.

Sebagai bagian dari migrasi musim semi, sebagian populasi terbang dari semenanjung Yucatan di Meksiko di Teluk Meksiko , tiba pertama di Florida dan Louisiana .

Perjalanan ini sangat mengesankan, karena 800 km atau 500 mil, penerbangan tanpa henti di atas air tampaknya membutuhkan energi kalori yang jauh melebihi berat tubuh burung kolibri dewasa sebesar 3 g.

Namun, para peneliti menemukan burung-burung kecil dapat menggandakan massa lemak mereka dalam persiapan untuk penyeberangan teluk, kemudian menghabiskan seluruh cadangan kalori dari lemak selama penyeberangan 20-jam non-stop ketika makanan dan air tidak tersedia.

Kolibri memiliki salah satu tingkat metabolisme tertinggi pada hewan apa pun, dengan detak jantung hingga 1260 denyut per menit, laju pernapasan sekitar 250 napas per menit bahkan saat istirahat, dan konsumsi oksigen sekitar 4 ml oksigen / g / jam saat istirahat.

Selama terbang, konsumsi oksigen hummingbird per gram jaringan otot kira-kira 10 kali lebih tinggi daripada yang terlihat pada seorang atlet.

Burung ini sering mencari makan saat aktif di siang hari. Ketika suhu turun, terutama pada malam yang dingin, mereka dapat menghemat energi dengan memasuki kemalasan hipotermia.

Cara Terbang Burung Kolibri Berleher Rubi

Jenis Jenis Burung Kolibri Berleher Rubi
By hbw.com

Hummingbirds memiliki banyak adaptasi otot rangka dan penerbangan yang memungkinkan kelincahan luar biasa dalam penerbangan.

Otot membentuk 25-30% dari berat badan mereka, dan mereka memiliki sayap seperti pisau panjang yang tidak seperti sayap burung lainnya, hanya terhubung ke tubuh dari sendi bahu.

Adaptasi ini memungkinkan sayap untuk berputar hampir 180 °, memungkinkan burung untuk terbang tidak hanya maju tetapi mundur, dan melayang di udara, kemampuan terbang yang mirip dengan serangga dan unik di antara jenis burung.

Tulang sayap utama burung kolibri berleher rubi, secara khusus disesuaikan untuk terbang melayang.

Burung kolibri berleher rubi memiliki humerus yang relatif pendek dengan otot deltoid – pasial yang besar secara proporsional memungkinkan supinasi sayap diucapkan selama upstroke ketika melayang.

Kemampuan burung kolibri berleher rubi untuk melayang-layang adalah karena massanya yang kecil, frekuensi wingbeat yang tinggi, dan margin yang relatif besar dari kekuatan spesifik massa yang tersedia untuk terbang.

Burung kolibri berleher rubi mencapai kemampuan untuk mendukung berat badan mereka dan melayang dari ketukan sayap yang menciptakan gaya angkat pada bagian bawah sayap flap dan juga pada upstroke dalam rasio 75%: 25%, masing-masing, sama dengan serangga.

Burung kolibri dan serangga meningkat selama melayang sebagian melalui inversi sayap mereka yang melambai. Selama melayang, sayap burung kolibri berleher rubi kepakan sayapnya hingga 80 kali per detik.

Makanan Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Makanan Kolibri Berleher Rubi
By aspensongwildbirdfood.com

Nektar dari bunga dan pohon berbunga, serta serangga kecil dan laba-laba, adalah makanan utamanya burung kolibri berleher rubi.

Meskipun burung kolibri berleher rubi dikenal pemakan nektar, arthropoda kecil adalah juga sumber protein, mineral, dan vitamin yang penting dalam diet kolibri dewasa.

Burung kolibri berleher rubi menunjukkan sedikit preferensi untuk bunga tubular merah muda, oranye, dan merah muda cerah sebagai sumber nektar, meskipun bunga yang tidak diadaptasi ke koloni burung kolibri berleher rubi (misalnya, willow catkins).

Diet burung kolibri berleher rubi terkadang juga termasuk getah pohon kaya gula yang dihisap dari sumur sapsucker.

Cara burung kolibri berleher rubi menghisap bunga menggunakan lidah panjang yang dapat diperpanjang dan menangkap serangga di sayap atau mengumpulkan mereka dari bunga, daun, kulit kayu, dan jaring laba-laba.

Burung-burung muda diberi makan serangga untuk protein karena nektar adalah sumber protein yang tidak cukup untuk burung yang sedang tumbuh.

Reproduksi Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Telur Kolibri Berleher Rubi
By birdsna.org

Burung kolibri berleher rubi adalah burung poligini . Poliandri dan poligini dapat juga terjadi.

Burung jantan tiba di area perkembangbiakan di musim semi dan membangun wilayah sebelum betina tiba.

Ketika betina kembali, jantan dan betina yang memasuki wilayah mereka dengan menampilkan pacaran.

Mereka melakukan “tampilan selam” naik 2.45–3.1 m di atas dan 1.52–1.82 m ke setiap sisi betina.

Jika betina bertengger, jantan mulai terbang dengan busur horizontal sangat cepat kurang dari 0,5 m di depannya.

Jika betina menerima burung jantan, dia mungkin memberikan panggilan dan menganggap postur penuh perhatian dengan bulu ekornya mengokang dan sayapnya terkulai.

Sarang ini biasanya dibangun di atas dahan pohon yang kecil dan miring ke bawah 3,1 hingga 12,2 m di atas tanah.

Pohon yang disukai biasanya daun , seperti oak , hornbeam , birch , poplar atau hackberry , meskipun pinus juga juga digunakan.

Sarang-sarang juga ditemukan pada simpul rantai, kawat, dan kabel ekstensi.

Sarang ini terdiri dari sisik tunas , dengan lumut pada bagian luar, terikat dengan sutera laba – laba , dan dilapisi dengan serat seperti tanaman ke bawah (sering dandelion atau thistle down) dan bulu hewan.

Kebanyakan sarang disamarkan dengan baik. Sarang lama dapat ditempati selama beberapa musim, tetapi diperbaiki setiap tahun.

Seperti pada semua spesies burung kolibri yang dikenal, betina sendiri membangun sarang dan memelihara telur dan anak-anak.

Betina bertelur dua (dengan kisaran 1 sampai 3) telur putih sekitar 12,9 mm x 8,5 mm dalam ukuran dan menghasilkan satu hingga dua induk setiap musim panas.

Burung kolibri berleher rubi merawat anak-anak selama 12 sampai 14 hari, atau sampai anak-anak berbulu dan homeothermic .

Betina memberi makan bayi burung dari 1 hingga 3 kali setiap jam dengan regurgitasi dan terus melayang.

Ketika anak-anak burung kolibri berusia 18 hingga 22 hari, burung muda tersebut meninggalkan sarang dan melakukan penerbangan pertama mereka.

Masa Hidup Burung Kolibri Berleher Rubi

Gambar Umur Kolibri Berleher Rubi
By mysanantonio.com

Burung kolibri berleher rubi tertua adalah 9 tahun dan 1 bulan. Pada umumnya burung betina berumur lebih panjang daripada jantan.

Rata-rata umur burung kolibri berleher rubi jantan 5 tahun, sedangkan untuk betina 7 tahun.

Ini karena beberapa alasan, seperti misalnya karena kehilangan berat badan selama musim kawin karena tuntutan energik yang tinggi untuk mempertahankan wilayah diikuti dengan migrasi.

Selain itu alasan kematian burung kolibri ini diakibatkan karena predator yang memangsanya.

Predator yang memangsa seperti misalnya burung raptor yang lebih kecil, merlins, American kestrels and Mississippi kites, kucing domestik, loggerhead shrikes dan roadrunners yang lebih besar.

Yang diperkirakan semuanya menyergap burung kolibri ketika bertengger maupaun ketika kolibri sedang tidur, saat berada di sarang hingga ketika kolibri mencari makan.

Kadal predator dan ular pemakan burung juga dapat memangsa burung kolibri berleher rubi, terutama pada musim hujan tropisnya.

Bahkan invertebrata predator yang besar telah memangsa burung kolibri berleher rubi, termasuk belalang sembah (yang telah dianggap menyergap burung kolibri dewasa di sarang lebih dari satu kali), laba-laba penenun , dan Darners hijau.

Blue jay adalah predator umum sarang, seperti beberapa corvids lainnya selain beberapa icterids, kelelawar, tupai, dan chipmunks.

Download Suara Burung Kolibri Berleher Rubi

Vidio Burung Kolibri Berleher Rubi


Semoga bermanfaat

Sumber

loading...

Add a Comment