7 Hewan Huruf P dari Bahasa Indonesia & Fakta Uniknya

Posted on

Mengajarkan huruf kepada buah hati tersayang, bisa dilakukan salah satunya dengen memperkenalkan nama binatang. Jika sudah mengajarkan hingga huruf O, bisa dilanjutkan dengan hewan huruf P yang jumlahnya juga sangat banyak.

Selain kenal hewan tersebut dari segi bentuk, Anda juga bisa mencari tahu apa fakta menarik dari setiap binatang tersebut. Siapa tahu, suatu hari nanti melihat hewan tersebut sehingga jadi lebih paham bagaimana cara menghadapi dan berinteraksi dengannya.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang hewan yang namanya diawali huruf P, lengkap dengan informasi menarik di balik eksistensi fauna tersebut.

7 Hewan Huruf P

Delapan hewan berikut ini, cukup sering dijumpai meskipun beberapa diantaranya merupakan hewan huruf P yang bukan berasal dari Indonesia. Mau tahu?

Paus

Paus

Yang pertama adalah Paus, yaitu sejenis ikan jenis mamalia alias menyusui. Ikan ini ada di daerah laut dalam dan bernafas dengan memakai paru-paru.Ada dua kelompok paus yang ada saat ini, ada yang kelompok Mysticeti atau paus yang tidak memiliki gigi. Kemudian paus Odontoceti yaitu paus yang memiliki gigi.

Paus dominan hidup di kawasan samudera, mulai dari Arktik sampai antartika dan kawasan dengan suhu yang hangat. Di Indonesia, ada habitat alami paus yang bisa dilihat secara dekat salah satunya di Pantai Botunarani Gorontalo. Apa fakta menarik dari fauna ini?

  • Paus merupakan hewan terbesar di dunia yang pernah ada saat ini, panjangnya bisa mencapai 3 meter. Sedangkan beratnya ada yang mencapai 181 ton.
  • Kecepatan renang rata-rata seekor paus adalah 8km/jam dengan jarak tempuh terjauh setiap hari bisa mencpai 120km/jam
  • Paus termasuk hewan yang suka melakukan migrasi, bahkan yang terjauh mencapai 22.530 km. yaitu tercatat migrasi dari Rusia ke Meksiko.
  • Paus membantu menyerap karbon paling banyak dibandingkan hewan lain di dunia. Berdasarkan kalkulasi ilmiah dia bisa menyerap 33 ton karbon selama hidupnya. Angka ini bahkan mengalahkan satu batang pohon, yang bisa menyerap 48 pon karbon dalam jangka waktu 1 tahun

Panda

Panda

Binatang dengan warna monokrom hitam putih ini, berasal dari China, dan merupakan bagian dari family beruang. Bedanya, panda mengkonsumsi bambu sementara beruang lebih banyak berburu daging. Beberapa fakta unik dari hewan ini adalah:

  • Saat lahir warna dari bayi panda adalah merah muda, kemudian ketika beranjak usia 1-2 bulan perubahan warnanya menjadi hitam dan putih
  • Dalam satu hari, panda yang sudah dewasa bisa memakan 20 kg bambu
  • Dalam satu hari, panda dewasa bisa BAB hingga 50 kali dengan total mencapai maksimal 20 kg. kotoran tersebut tidak menjadi limbah, melainkan dapat diolah menjadi kertas.

Pipit

Pipit

Ini adalah salah satu jenis burung yang sering ditemukan di alam Indonesia. Ukuran maksimalnya adalah 10 cm dan berat 5 gram saja. Beberapa fakta tentang spesies burung pipit, juga tak kalah menarik dibanding hewan lainnya.

  • Usia maksimal hanya mencapai 5 tahun saja
  • Beberapa jenis burung pipit merupakan kelompok hewan omnivora yang bisa mengkonsumsi hewn sejenis serangga kecil
  • Burung pipit merupakan hewan berkelompok, dimana satu kelompoknya bisa mencapai jumlah sampai ribuan ekor.

Penguin

Penguin hewan huruf p

Fauna jenis burung yang masuk daftar hewan huruf P dengan nama lain Spheniscidae, memiliki tinggi rata-rata mencapai 35 cm dan berat berkisar 1 kg. warna dominannya adalah hitam di punggung dan putih dibagian dada. Ada juga yang punya warna paruh merah, namun hanya sedikit jenisnya.

  • Hewan yang setia hanya dengan satu pasangan seumur hidup, wajar jika sering dijadikan lambang cinta sejati
  • Penguin tidak bisa terbang sebab bulu yang dimilikinya lebih mirip sirip ketimbang sayap. Namun soal berenang, mereka sangat jago apalagi menyelam untuk mencari makanan. Bahkan kecepatan berenangnya bisa mencapai 40km/jam.
  • Suara dari penguin berbeda dengan burung pada umumnya, sehingga mudah diidentifikasi. Mereka akan mengeluarkan suara untuk berkomuniksi dan memastikan mana pasangan dan anak mereka.

Piranha

Piranha

Ikan piranha adalah salah satu ikan mematikan di muka bumi, senjata paling ditakuti dari spesies ini adalah giginya super runcing dan bisa langsung menghancurkan mangsa dalam hitungan detik. Ada spesiesnya yang memang merupakan pemakan daging, tapi beberapa masuk kategori pemakan tumbuhan.

Di Indonesia, budidaya Piranha dilarang bahkan ada aturan dari Menteri Kelautan dan Perikanan pada tahun 2014 nomor 14 menyatakan hal tersebut. Salah satu alasannya adalah karena ikan ini merupakan jenis predator. Apa saja fakta unik seputar piranha?

  • Gigitan ikan piranha mempunyai kekuatan maksimal hingga 72 pon atau mencapai tiga kali dari berat ikan itu sendiri
  • Ikan ini hanya memakan bangkai manusia, dimana butuh sekitar 500 piranha untuk bisa memakan daging manusia sampai tinggal tulang belulang saja
  • Serangan mematikan dari piranha pada mangsanya adalah dengan menggigit bagian mata atau ekor mangsanya

Penyu

Penyu hewan huruf p

Satu lagi hewan huruf P yang juga banyak ditemukan adalah penyu. Untuk melestarikannya, di Indonesia dikembangkan berbagai lokasi penangkaran penyu.

Hewan dengan cangkang di bagian punggung ini, merupakan kelas reptilia dan memiliki siklus bertelur maksimal delapan tahun sekali tergantung jenisnya. Dalam sekali masa bertelur, dia bisa menghasilkan ratusan telur yang akan disimpan di dalam lubang khusus dan dilindungi oleh induk betina.

  • Ada tujuh spesies penyu yang ada di dunia, dinaya jenis penyu belimbing adalah yang paling besar. ukuran maksimalnya bisa antara 1,8 meter sampai 2,2 meter dan beratnya hingga 900 kg.
  • Jenis kelamin dari anak penyu sangat dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya. Pada suhu hangat, akan dilahirkan mayoritas penyu betina. Sedangkan pada suhu dingin mayoritas anak penyu adalah jantan
  • Penyu sudah ada sejak 120 juta tahun silam, bahkan sempat bertemu langsung dengan dinosaurus. Oleh karena itu, penyu termasuk hewan langka dan paling lama pernah hidup di bumi.
  • Pada sekitar tahun 100 masehi sampai 700 masehi, disebut-sebut bahwa kaum Moche kala itu menyembah penyu. Salah satu alasannya adalah karena penyu memakan ubur-ubur. Dimana saat itu, ubur-ubur sangat berbahaya karena memiliki sengatan mematikan.

Pelanduk

Pelanduk hewan huruf p

Jika Anda melihat hewan huruf P satu ini, mungkin agak sedikit bingung karena posturnya mirip rusa namun wajahnya mirip dengan tikus. Dalam pelajaran bahasa Inggris, binatang mamalia ini diberi nama mouse deer.

Di cerita dongeng, salah satu spesies pelanduk menjadi sosok yang sangat terkenal yaitu kancil. Mau tahu fakta uniknya?

  • Punya taring pada gigi bagian atas, biasanya dipakai untuk bertarung dengan hewan sejenis atau hewan lain.
  • Terdapat spesies pelanduk dimana betinanya bisa langsung kawin lagi, padahal baru saja melahirkan beberapa jam sebelumnya
  • Kakinya agresif mengetuk tanah hingga tujuh kali dalam satu detik. Fungsi ketukan itu adalah untuk mengusir para predator atau memberikan pesan waspada pada kelompoknya., tentang ancaman bahaya akan datang

Masih banyak lagi hewan huruf P yang ditemukan di berbagai belahan dunia. Tentunya dengan fakta unik masing-masing, membedakannya dengan fauna lain.