Ikan Mujair: Ciri, Manfaat, dan Bahaya yang Harus Diperhatikan

Posted on

Ikan Mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki daging lezat, sehingga disukai banyak orang untuk diolah menjadi aneka jenis masakan. Selain rasanya yang lezat, mujair juga memiliki kandungan tertentu yang bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, ada juga beberapa pendapat yang mengatakan mengkonsumsi daging ikan ini secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya. Sebenarnya, apa manfaat sekaligus bahaya dari mengkonsumsi daging mujair secara berlebihan?

Jika penasaran dan ingin tahu informasi lebih lengkap, maka baca artikel tentang ikan air tawar yang satu ini! Artikel ini juga akan memberikan informasi lainnya mengenai karakteristik atau ciri fisik, hingga habitat dari mujair!

Sekilas tentang Ciri dan Karakteristik Ikan Mujair

Sekilas tentang Ciri dan Karakteristik Ikan Mujair

Mujair atau dikenal dengan nama ilmiah Oreochromis mossambicus termasuk jenis ikan yang bisa hidup di air tawar. Oleh karena itu, jenis ikan yang satu ini cukup mudah dibudidayakan untuk berbagai keperluan hingga dijual dengan harga terjangkau.

Sekilas, karakteristik atau ciri fisik mujair memang terlihat seperti ikan nila. Namun, perbedaan dan ikan nila dan mujair terletak pada bentuk tubuhnya. Mujair memiliki bentuk tubuh pipih yang lebih pendek dibandingkan dengan ikan nila yang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang.

Jenis ikan yang satu ini termasuk memiliki tubuh berukuran sedang dengan panjang bisa mencapai 40 cm. Warna sisik tubuh mujair adalah hitam, kecoklatan, abu-abu, dan sedikit kekuningan. Sisik mujair termasuk berukuran besar dan warnanya transparan dengan bentuk tidak beraturan.

Siripnya bergerigi pada bagian ujung dan termasuk sirip berjari keras berwarna kemerahan. Ciri lainnya, ikan air tawar ini memiliki sirip yang memanjang dari pangkal kepala hingga bagian anal di tubuh bagian belakang.

Karakteristik mujair lainnya dapat dilihat dari warna mata yang merah dan agak kehitaman atau kecokelatan. Bentuk mata ikan air tawar ini bulat dan berwarna hitam di bagian tengahnya.

Kandungan dan Manfaat Penting Mujair untuk Kesehatan

Ikan Mujair dikenal sebagai salah satu ikan yang sering dikonsumsi karena memiliki kandungan protein tinggi serta beragam mineral. Kandungan di dalam tubuh ikan air tawar ini tentu saja memberikan banyak manfaat untuk kesehatan orang-orang yang mengkonsumsinya.

Memangnya, apa saja manfaat mengkonsumsi mujair? Jika penasaran dan belum tahu, maka berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi mujair bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi daging mujair juga ternyata memberikan efek yang baik bagi kesehatan jantung.  Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 dalam daging mujair yang tinggi bahkan lebih banyak dibandingkan daging sapi maupun ayam.

Berikut ini beberapa manfaat kandungan asam lemak omega-3  yang terdapat dalam daging mujair, yaitu:

  • Menurunakan dan menjaga tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengurangi risiko pembekuan darah
  • Membantu mengurangi aritmia atau detak jantung yang tidak teratur
  • Mengurangi risiko gagal jantung
  • Mengurangi risiko stroke

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain menjaga kesehatan jantung, kandungan yang dimiliki oleh daging mujair ternyata juga bisa membantu meningkatkan kesehatan hingga memperkuat tulang. Kandungan yang dimaksud dalam daging mujair dapat  berupa kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor.

Mujair mengandung fosfor sebanyak 29 mg dengan kalsium kurang lebih 96 mg.

3. Mencegah Penyakit Tertentu

Mencegah Penyakit Tertentu

Manfaat ikan Mujair lainnya ketika dikonsumsi dengan cara yang tepat adalah dapat membantu mencegah atau menurunkan risiko terkena penyakit tertentu. Misalnya, penyakit jantung, penyakit tiroid, penurunan kognitif, hingga kanker.

4. Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan

Protein di dalam daging mujair cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan ideal. Tidak heran jika mujair yang diolah secara tepat juga sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet sehat.

Daging mujair memang sangat lezat dengan karakteristik daging agak padat dan kering. Jika dibandingkan dengan ikan mas, daging mujair memiliki ciri yang lebih kering, sehingga enak dikonsumsi.

5. Manfaat Lainnya

Manfaat Lainnya

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, mujair ternyata masih memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Sumber energi bagi tubuh
  • Meningkatkan massa hingga kekuatan otot tubuh
  • Membantu meningkatkan imunitas tubuh
  • Sumber antioksidan yang baik
  • Menjaga fungsi dan kinerja kelenjar tiroid

Waspadai Bahaya Mengkonsumsi Mujair secara Berlebihan

Waspadai Bahaya Mengkonsumsi Mujair secara Berlebihan

Apakah ikan mujair berbahaya bagi kesehatan? Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa mujair berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya, daging mujair yang diolah dengan tepat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebaliknya, mujair yang diolah secara tidak tepat dan bahkan berlebihan memang bisa menimbulkan efek samping negatif bagi kesehatan tubuh. Efek samping yang bisa ditimbulkan tersebut daoat berupa:

  • Mengandung lemak jahat atau asam lemak omega-6
  • Bisa berpotensi mengandung kotoran dan menyebabkan penyakit
  • Memicu obesitas ketika digoreng dengan minyak berlebihan
  • Bisa berpotensi merusak tubuh karena mengandung obat atau bahan kimia efek budidaya yang mengandalkan obat-oabatan

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam daging mujar memang tinggi, tetapi sebenarnya kandungan asam lemak omega-6 masih lebih tinggi dibanding asam lemak omega-3. Tidak seimbangnya kandungan asam lemak tersebut yang membuat mujair dinilai membahayakan.

Hal ini karena memang asam lemak omega-6 kurang sehat untuk tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-6 dalam porsi besar atau terlalu sering dapat menimbulkan peradangan hingga memicu timbulnya penyakit kronis.

Fakta lainnya menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-6 yang tepat ternyata tetap bisa membawa manfaat. Misalnya, menjadi sumber energi, menjaga kadar gula darah normal, hingga menurunkan kolestrol jahat.

Tips Mengkonsumsi Ikan Mujair agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tips Mengkonsumsi Ikan Mujair agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jadi, sebenarnya apakah mujair tetap baik dikonsumsi dan memberikan manfaat? Atau sebenarnya jenis ikan air tawar ini tidak baik untuk dikonsumsi? Mujair tetap merupakan jenis ikan air tawar yang baik dikonsumsi karena memang manfaatnya lebih besar untuk kesehatan tubuh.

Jika khawatir dengan bahaya yang mungkin sering diperbincangkan tentang mujair, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips untuk menghindarinya. Anda bisa mengkonsumsi mujair dengan cara yang tepat untuk mengurangi bahayanya.

Artinya, lebih baik menghindari mujair yang dimasak dengan cara digoreng. Alangkah lebih baiknya untuk mengkonsumsi mujair yang dipanggang agar rendah minyak. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba olahan daging mujair yang dikukus, bakar, steam, hingga pepes dan masakan berkuah.

Selain itu, sebaiknya mengkonsumsi mujair dengan menambahkan makanan pendamping yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, misalnya chia seed hingga kadang almond. Tujuannya untuk tetap menyeimbangi kandungan asam lemak omega-6.

Tips lainnya yang perlu dilakukan adalah pastikan untuk membersihkan mujair hingga benar-benar bersih sebelum mengolahnya agar terhindar dari kotoran yang berbahaya. Pastikan juga untuk mengkonsumsi mujair secara wajar atau tidak terlalu sering dan berlebihan.

Ikan Mujair memiliki kandungan protein, asam lemak omega-3, hingga berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Mamfaat ikan air tawar tersebut dapat diperoleh dengan mengolahnya secara tepat, sehingga terindar juga dari bahaya kandungan asam lemak omega-6 berlebih.