Panda: Asal Muasal, Jenis, Sejarah, dan Fakta Uniknya

Posted on

Siapa yang tidak kenal panda, hewan yang identik dengan warna monochrome alias hitam dan putih ini sangat ikonik di dunia. Bukan saja karena polahnya menggemaskan, tapi juga karena penyayang dan memiliki segudang fakta menarik.

Sosok hewan pemakan bambu ini, juga punya sejarah eksistensi yang menarik diketahui. Apalagi saat ini upaya memperkenalkannya sangat gencar, mulai dari dijadikan logo hingga bagian dari berbagai animasi dan film dunia.

Buat yang ingin lebih dekat dengan hewan ini? Yuk simak informasi pentingnya disini, sebagai ilmu baru dan pengetahuan penting untuk diri sendiri dan siapa saja.

Sejarah Eksistensi Panda

Sejarah Eksistensi Panda

Jika dilihat kapan hewan yang satu keluarga dengan beruang ini eksis, ternyata sudah sejak tahun 1826 oleh seorang misionaris asal Perancis bernama Armand David. Setelah itu, keberadaannya semakin dikenal dan membuat penasaran untuk dikaji lebih dalam.

Habitat aslinya adalah di kawasan Tiongkok Tengah, tepatnya di kawasan pegunungan Tibet dan Sichuan. Karakternya yang menyenangkan, menjadikan panda sebagai ikon Tiongkok. Bahkan di tahun 1970 an dijadikan hewan diplomasi antara Tiongkok dan kawasan barat terutama Amerika Serikat.

Sebagai salah satu hewan yang rentan mengalami kepunahan karena kehilangan habitat, konservasi dilakukan oleh berbagai lembaga terutama ahli di China yang mengklaim berhasil menambah jumlahnya. Jika dikalkulasikan, yang masih hidup di habitat alaminya mencapai sekitar 2.000 ekor.

Jenis Panda yang Populer

Ada dua jenis panda yang dikenal saat ini, yaitu Ailuropoda melanoleuca dengan corak warna hitam putih dan panda qinling. Meskipun merupakan satu subspesies. Tapi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok.

Panda Raksasa Hitam Putih

Panda Raksasa Hitam Putih

Ini adalah jenis yang paling banyak dijumpai, asli Tiongkok dan memiliki tinggi maksimal 160 cm dan panjang kaki dan tangannya sekitar 90 cm.

Berat dari versi dewasanya bisa mencapai 150 kg untuk jantan, sedangkan yang betina memiliki bobot lebih berat dari jantan.

Bulunya merupakan perpaduan hitam dan putih, dimana ciri khasnya warna hitam di bagian kepala hingga bahu, sedangkan bagian utama badannya berwarna putih.

Meskipun memiliki gigi taring yang cukup besar, namun gunanya bukan untuk memangsa hewan lain tapi untuk menghancurkan bambu sebagai makanan utamanya.

Hewan jenis ini, tidak memiliki sarang khusus, dia lebih suka tidur di pepohonan atau gua. Oleh karena itulah dia masuk dalam kategori hewan terestrial. Kecepatan berlarinya bisa mencapai 20 km/jam, bisa berenang ketika sedang terancam bahaya.

Panda Qinling Coklat

Panda Qinling Coklat

Kalau dibandingkan dengan jenis sebelumnya, qinling eksistensinya masih terbilang baru. Menurut informasi, hewan bernama latin Ailuropoda melanoleuca qinlingensis ini ditemukan pertama kali pada tahun 1960 an. Kemudian baru diakui sebagai salah satu subspesies panda di tahun 2005.

Karakteristiknya hampir sama dengan jenis biasa, hanya saja perpaduan warna bulunya adalah coklat muda dan coklat tua.

Habitat asli dari fauna ini ada di Pegunungan  Qinling yang memiliki ketinggian maksimal 3.000 meter dari permukaan laut.

Jika melihat postur tubuhnya, memang lebih kecil dibandingkan jenis yang familiar ada sampai sekarang. Namun untuk jumlahnya memang sangat terbatas, diprediksi saat ini hanya tersisa sekitar 400 ekor saja di habitat aslinya.

Informasi terbaru, satu ekor subspesies qinling terlihat turun gunung pada Juli 2023 lalu. Meskipun tidak meresahkan, namun penampakannya yang sangat jarang itu menjadi salah satu informasi yang ramai diperbincangkan.

Panda Merah apakah Jenis Ketiga?

Panda Merah apakah Jenis Ketiga

Ada satu lagi spesies hewan yang dikenal dengan nama panda merah. Ukurannya lebih kecil dari jenis biasa, dengan warna bulu kemerahan di sekujur tubuhnya.

Namun ternyata ini adalah sejenis rakun, yang hidup di alam liar dengan karakteristik makanan mirip dengan hewan monochrome di atas. Yaitu pecinta bambu , buah, hingga biji-bijian. Dia juga dikenal sebagai hewan yang pandai bersembunyi dan memiliki habitat asli di Nepal, Myanmar, hingga Tiongkok.

Bahkan baru-baru ini, untuk memperkenalkannya sebagai salah satu hewan jenis rakun muncul film panda merah yang fenomenal di kalangan anak-anak.

Fakta Unik Panda

Fakta Unik Panda

Bukan sekedar menggemaskan, ada banyak fakta unik tentang hewan yang bisa dilihat langsung di Taman Safari Cisarua Bogor ini. Apa saja fakta menariknya?

1. Betina Pelindung Bayi

Panda betina yang baru melahirkan, akan menemani bayinya secara full hingga usia bayi mencapai satu bulan. Selama waktu tersebut, bayi akan sangat bergantung pada induknya tersebut karena di usia tersebut bayi belum bisa merangkak, mendengar, maupun melihat.

Jadi perlindungan utama si bayi adalah induknya selama satu bulan pertama tersebut, setelah itu bayi akan mulai dibiarkan mandiri.

2. Makan 16 Jam Sehari

Jika dikalkulasikan, seekor beruang hitam putih ini akan menghabiskan waktu makan dan bersama bambu kurang lebih 16 jam dalam satu hari. total mambu yang bisa dikonsumsinya mencapai 20 kg.

Kandungan selulosa yang sedikit pada bambu, membuat hewan ini butuh banyak asupan makanan supaya tetap berenergi.

Terkadang ada juga sebagian kecil yang mengkonsumsi selain tebu seperti hewan yang ukurannya lebih kecil, labu, gandum, hingga kacang merah. Tapi tetap saja, makanan utama yang wajib dikonsumsinya adalah bambu.

3. Makan 25 Jenis Bambu

Diketahui pada pegunungan di Tiongkok, banyak tumbuh bambu dengan berbagai jenis. 25 diantaranya sangat disukai oleh panda, karena mereka hidup di habitat alami dengan tumbuhan utamanya adalah bambu.

Kenapa hewan yang berwarna merah muda saat baru lahir ini bisa mengkonsumsi banyak jenis bambu? Alasan utamanya karena masa tumbuh setiap jenis tebu itu berbeda, ketika satu jenis belum cukup umur untuk dikonsumsi maka dia akan mencari jenis lain untuk dimakan.

4. Hewan yang Pintar Kamuflase

Warna hitam dan putih pada bulunya, ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah melindungi diri dari santapan predator. Jika di musim salju, tubuh putihnya akan terlihat seperti salju sehingga saat bersembunyi lebih aman.

Jika di dalam hutan dan dikejar hewan liar lainnya maka bulu hitam di kepala, tangan, dan kakinya bisa dimanfaatkan menutupi tubuh di lokasi gelap supaya tidak terlihat.

5. Bisa Handstand Tanpa Dilatih

Kalau Anda pernah menonton film dengan judul kungfu panda, mungkin sempat melihat atraksinya berdiri dengan dua tangan alias handstand. Posisi tersebut ternyata secara alami memang bisa dilakukannya, bahkan tanpa dilatih.

Biasanya gerakan itu dilakukannya untuk memastikan aroma tubuh tertinggal, di lokasi yang mereka mau. Mempermudah untuk datang lagi tanpa tersesat.

6. Matanya Mirip Mata Kucing

Beda dengan mata beruang jenis lain pada umumnya, hewan yang jadi simbol di duit emas Tiongkok ini punya mata mirip dengan mata kucing. Pada pupilnya terdapat celah vertikal yang membantu mengatur jumlah cahaya yang masuk dan membantu ketajaman penglihatan.

Jika masih penasaran dengan bentuk karakteristik panda, Anda bisa langsung searching di Google atau lihat langsung ke habitat aslinya di Tiongkok dan pusat konservasinya. Biar rasa penasaran terbayar lunas, dengan berinteraksi bersama hewan lucu dan imut ini.