Klasifikasi Jangkrik Dan Manfaatnya

Klasifikasi Jangkrik Dan Manfaatnya, majalahhewan.com | Jangkrik atau Cengkerik (Gryllidae) adalah salah satu serangga yang berkerabat dengan belalang. Ciri ciri jangkrik pada umumnya memiliki antena yang panjang, jangkrik juga bisa mengeluarkan suara yang dihasilakan dari gesekan sayapnya. Fungsi dari sura yang dihasilkan jangkrik ini adalah untuk menarik jangkrik betina, dan tanda penolakan untuk jangkrik jantan yang lain. Dan suara jangkrik ini akan semakin keras atau kencang dengan naiknya suhu di sekitar.

Gambar, Foto, Klasifikasi Jangkrik Dan Manfaatnya

Jenis jangkrik sendiri di Dunia ini dikenal sekitar 900 spesies, termasuk di dalamnya Gangsir. Jangkrik adalah serangga yang bersifat omnivora. Dan barikut adalah klasifikasi jangkrik dan manfaatnya:

Klasifikasi Jangkrik Dan Manfaatnya

Klasifikasi Ilmiah Jangkrik
Kerajaan      :     Animalia
Filum           :     Arthropoda
Kelas            :     Insecta
Ordo             :     Orthoptera
Upaordo      :     Ensifera
Superfamili :     Grylloidea
Famili           :     Gryllidae

Inilah klasifikasi jangkrik dan selanjutnya mari kita lihat berbagai manfaat jangkrik

Manfaat Jangkrik Untuk Berbagai Jenis Hewan Peliharaan

Di alam bebas jangkrik adalah mangsa bagi bagi hewan lain, seperti misalnya burung. Saat ini ada banyak hewan peliharaan yang membutuhkan pakan alami berupa jangkrik. Untuk itu saat ini budidaya jangkrik sudah banyak yang menekuninya, usaha ini menguntungkan karena permintaan pasar akan jangkrik yang tinggi , terutama jangkrik kalung.

Sebagai pakan alami berbagai hewan peliharaan, jangkrik sendiri memiliki banyak manfaat, itu karena kandungan – kandungan gizi yang ada pada daging jangkrik. Seperti misalnya jangkrik untuk ikan louhan, kandungan gizi yang ada pada daging jangkrik sangat baik untuk pertumbuhan louhan, baik jenong maupun untuk warnanya.

Berbagai jenis ikan hias predator yang populer dipelihara di akuarium juga banyak pula yang membutukan jangkrik sebagai pakan alami yang berdampak baik untuk pertumbuhanya, seperti misalnya ikan arwana.

Bukan hanya hewan peliharaan ikan hias, hewan peliharaanya yang berkicu ( burung ) dari sebagian jenis jenis burung pemakan serangga juga memerlukan jangkrik sebagai pakan alaminya. Seperti misalnya burung kacer, murai dan yang lainya.

Manfaat Jangkrik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selain bermanfaat untuk berbagai hewan peliharaan, ternyata daging jangkrik juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat yang majalah hewan kutip dari http://manfaat.co.id/8-manfaat-daging-jangkrik-bagi-kesehatan-tubuh.

  1. Menambah stamina
  2. Memiliki kandungan protein yang tinggi yang dibutuhkan tubuh
  3. Mencegah penyempitan pembuluh darah
  4.  Meningkatkan vitalitas pria maupun wanita
  5. Baik pertumbuhan dan perkembangan anak
  6. Dapat mencegah penuaan
Manfaat Jangkrik Untuk Bahan Baku Industri, Industri Farmasi Dan Kosmetik

Kandungan nutrisi pada jangkrik juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, industri farmasi, dan juga kosmetik. Akan tetapi manfaat – manfaat ini masih perlu dikaji dengan baik.

Demkianlah pembahasan Klasifikasi Jangkrik Dan Manfaatnya, karena tulisan ini masih jauh dari sempurna

Save

8 Comments

Add a Comment