Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Jenis Makananya

Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Jenis Makananya, majalahhewan.com ~ Setiap orang pastinya menyukai kupu-kupu karena keindahan dan kecantikan warna pada sayapnya.  Kehidupan kita juga tak bisa lepas dari kupu-kupu, karena kupu-kupu adalah serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga menjadi buah.

 

Ciri Ciri Kupu Kupu

 

Kupu-kupu terbang dengan bebas, indah dan juga bermanfaat untuk manusia, utuk itu Banyak dari puitis yang menciptakan sebuah puisi kupu-kupu. Seperti misalnya Andai Aku Kupu Kupu, Karya: Rayhandi.

 

Bukan hanya itu, metamorfosis kupu-kupu adalah yang paling sempurna, untuk menjadi cantik ia harus melewati beberapa fase mulai dari telur, ulat lalu kemudian kempompong dan akhirnya keluar dengan sempurna dan cantik.

 

Bahakan banyak dari kita hidup dengan memandang filosofi kupu-kupu ini untuk sukses dalam hidup harus mengalami fase-fase hidup dengan sabar.

 

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau ‘serangga bersayap sisik’ (lepis, sisik dan pteron, sayap).

 

Ciri Ciri Kupu Kupu yang paling umum adalah sayap-sayapnya yang indah, sebenarnya sealian cantik corak pada sayap kupu kupu juga berfungsi untuk mengelabuhi predator .

 

Spesies dari kupu-kupu sendiri sangat banyak, di dunia tercatat kurang lebih ada 20. 000 spesies. Spesies terbanyak ada di negara Berzil karena memiliki hutan tropis Amazon. Di Indonesia sendiri spesies kupu-kupu ada 2.500 jenis, sedangkan di pulau Jawa dan Bali tercatat ada 600 spesies.

 

Berikut ini adalah klasifikasi kupu kupu:

 

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Rhopalocera
Filum:  Arthropoda
Kelas:   Insecta
Ordo:   Lepidoptera

 

Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Perbedaannya Dengan Ngengat

 

Banyak dari kita terkadang terkecoh dan bingung untuk membedakan antara kupu-kupu dengan ngengat, apalagi bagi kita yang hidup di daerah perkotaan. Tak jarang ngengat yang memang notabenya mirip dengan kupu-kupu dinggap sebagai kupu-kupu.

 

Memang antara kupu-kupu dengan ngengat sama-sama tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau ‘serangga bersayap sisik’ (lepis, sisik dan pteron, sayap). Akan tetapi sebenarnya kedua serangga ini sebenarnya memiliki perbedaan yang mencolok, yang mana bisa dilihat dari waktu aktif dan ciri ciri fisiknya, berikut adalah penjelasanya.

 

Kupu-kupu

 

Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Ngengat

 

  • Aktif pada siang hari atau sering disebut (diurnal)
  • Beristirahat atau hinggap dengan menegakan sayap
  • Sayapnya terlihat cantik dan indah dengan warna yang cemerlang

 

Ngengat

 

Ciri Ciri Kupu Kupu, ngengat

 

  • Aktif di malam hari atau sering di sebut (nocturnal), inilah kupu-kupu malam
  • Beristirahat atau hinggap dengan membentangkan sayap
  • Warana sayapnya cenderung kusam, gelap atau kelabu

 

Perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. (van Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).

 

Perbedaan lainnya adalah antena kupu-kupu yang tajam dengan tonjolan seperti tongkat golf, sementara antena ngengat seperti kawat lampu yang ditempel di kepalanya.

 

Itulah ciri ciri kupu kupu dan beberapa perbedaanya ngengat. Berikutnya akan admin sebutkan ciri-ciri khusus kupu-kupu serta makanan kupu-kupu.

 

Ciri Ciri Khusus Dan Makanan Kupu Kupu

 

Ciri Ciri Khusus Kupu Kupu

 

Ciri Ciri Khusus Kupu Kupu

 

1. Kakinya ada 3 pasang, telapak kaki kupu kupu halus sehingga bunga yang dihinggapinya tidak rusak
2. Punya abdomen (perut)
3. Kulitnya dari kitin
4. Nafasnya pake trakea
5. Matanya majemuk (memiliki 12.000 mata yang berbentuk seperti belahan bola, yang membengkak pada bagian atas kepala)
6. Sayapnya besar, satu pasang sayap atas dan satu pasang sayap bawah. Sayap ini lentur untuk memudahkanya terbang
7. Dimulutnya ada probosis (belalai/terompet) untuk menghisap nektar bunga dan penyerbukan.

 

Makanan Kupu Kupu

 

Banyak juga diantara kita yang tahunya kupu kupu hinggap di bunga dan makan madu bunga tersebut, ternyata ada banyak macam makanan kupu kupu, berikut adalah penjelasanya

 

1. Buah – buahan yang sudah busuk

 

Ciri Ciri Kupu Kupu makan buah busuk

 

Semua jenis kupu – kupu menyukai buah – buahan yang sudah busuk, kupu kupu menghisap sari-sari madu yang terkandung di dalam buah busuk tersebut dengan belalai dimulutnya yang disebut dengan istilah proboscis, terlebih buah busuk tersebut masih menggantung di pohonnya.

 

2. Kotoran hewan dan juga kotoran burung

 

Ciri Ciri Kupu Kupu makan kotoran hewan

 

Kotoran hewan dan juga kotoran burung yang masih baru dan lembab merupakan jenis makanan kesukaan kupu kupu. Kotoran hewan atau kotoran burung kaya akan kandungan zat – zat mineral yang penting untuk kelangsungan hidup hewan kupu – kupu

 

3. Serbuk sari dan nektar

 

Ciri Ciri Kupu Kupu Makan sebuk sari

 

Kedua jenis makanan ini merupakan jenis yang paling umum dan sering kita lihat. Serbuk sari dan nektar sangat digemari oleh kupu – kupu,  kupu – kupu tertarik dengan bunga – bunga berwarna cerah dan penuh warna – warni. Sedangkan nektar menjadi makanan mereka karena kaya akan kandungan nutrisi serta gula yang memberikan bantuan energi instan terhadap tubuh mereka.

 

4. Getah – getah pohon

 

Ciri Ciri Kupu Kupu Makan getah pohon

 

Semua getah – getah pohon yang tidak beracun disukai oleh kupu kupu. Ada juga spesies lain yang hanya memakan getah dari pohon tertentu. Getah pohon disukai kupu kupu karena banyak mengandung berbagai nutrisi

 

5. Garam dan keringat

 

Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Makan zat natrium

 

Anda pernah dihinggapi oleh kupu kupu, tahukah anda kenapa mereka menghinggapi anda? Itu karena kupu kupu sedang menghisap sejumlah zat natrium yang melekat di kulit tubuh anda yang sedang berkeringat.

 

Selesai sudah pembahasan mengenai Ciri Ciri Kupu Kupu Dan Jenis Makananya, semoga bermanfaat.

loading...
4 Comments

Add a Comment