Hewan Kelabang Dan Segala Sesuatu Tetangnya

Hewan Kelabang, majalahhewan.com | Kelabang atau lipan adalah  arthropoda milik kelas Chilopoda dari subphylum Myriapoda . Tubuh kelabang memanjang metameric makhluk dengan satu sepasang kaki per segmen tubuh.

Kelabang atau lipan ini dalam bahasa Inggris disebut centipede, sedangkan centipede dari bahas Latin yang berawalan centi- , “hundred / seratus”, dan pes, pedis , “foot / kaki “meski demikian kelabang atau lipan ini tidak persis memiliki kaki seratus. Jumlah kaki lipan ada yang 30 hingga 354 dan kelabang selalu memiliki ganjil pasang kaki.

Ciri ciri khusus kelabang ini adalah sepasang cakar racun atau forcipules terbentuk dari pertama dimodifikasi embel ( adalah bagian eksternal tubuh, atau perpanjangan alami, yang menonjol dari organisme ).

Gambar hewan kelabang
Sumber Gambar Dari Pattaya Unlimited

Ukuran tubuh kelabang mulai dari beberapa milimeter di lithobiomorphs kecil dan geophilomorphs sekitar 30 cm (12 in) di scolopendromorphs terbesar.

Kelabang bisa dijumpai di berbagai lingkungan. Kelabang pada umumnya memiliki warna menjemukan yakni menggabungkan nuansa coklat dan merah.

Di dunia ini diperkirakan ada kurang lebih sekitar 8.000 spesies kelabang, yang mana 3.000 telah teridentifikasi. Kelabang memiliki jangkauan geografis yang luas, di mana mereka bahkan mencapai di luar Lingkaran Arktik .

Kelabang bisa ditemukan di berbagai habitat darat dari hutan hujan tropis untuk gurun, yang mana dalam habitat ini kelabang memerlukan mikrohabitat lembab karena mereka tidak memiliki lilin kutikula seperti serangga dan arakhnida , sehingga menyebabkan mereka untuk cepat kehilangan air. Maka dari itu kelabang sering dijumpai di dalam tanah dan di bawah daun , di bawah batu dan kayu mati.

Hewan kelabang adalah salah satu terestrial terbesar predator invertebrata , dan sering memberikan kontribusi signifikan terhadap biomassa predator invertebrata di ekosistem darat. Hanya satu spesies kelabang yakni, cataracta Scolopendra , yang dikenal amfibi dan diyakini berburu invertebrata air atau  amfibi.

Klasifikasi Hewan Kelabang

Klasifikasi ilmiah dari wikipedia
Kerajaan:  Animalia
Filum:        Arthropoda
Upafilum: Myriapoda
Kelas:         Chilopoda
Ordo:         Scolopendromorpha
Famili:       Scolopendridae
Genus:       Scolopendra

Morfologi Hewan Kelabang

Gambar kepala hewan kelabang
Sumber Gambar Dari DeviantArt

Kepala kelabang bulat atau pipih, bantalan sepasang antena di margin depan. Kelabang juga memiliki sepasang memanjang rahang , dan dua pasang maksila. Pasangan pertama anggota badan peregangan maju dari tubuh untuk menutupi sisa mulut. Anggota badan ini, atau maxillipeds , akhir di cakar tajam dan termasuk kelenjar racun yang membantu hewan untuk membunuh atau melumpuhkan mangsanya.

Mata kelabang tidak berfungsi dengan baik, hanya bisa membedakan terang dan gelap. Pada beberapa spesies, pasangan pertama dari kaki pada akhir kepala kelabang bertindak sebagai indera mirip dengan antena, tapi tidak seperti antena dari kebanyakan hewan lainnya. Indra biasa ditemukan di beberapa kelompok adalah organ Tömösváry . Ini terletak di dasar antena, dan terdiri dari struktur seperti cakram dengan pori tengah yang dikelilingi oleh sel-sel sensorik. Mereka mungkin digunakan untuk getaran penginderaan, dan bahkan dapat memberikan rasa pendengaran.

Keunikan hewan kelabang adalah memiliki Forcipules, Forcipules ini tidak dimiliki arthropoda lainnya. Sedangkan Forcipules adalah modifikasi dari pasangan pertama kaki , membentuk menjepit -seperti embel selalu menemukan tepat di belakang kepala.

Gambar capit hewan kelabang
Suber Gambar Dari A Crosstimber Naturalist – WordPress.com

Forcipules bukanlah mulut , walaupun Forcipules digunakan untuk menangkap mangsa, menyuntikan  racun dan untuk memegang mangsa ketika tertangkap. Dan kelenjar racun dijalankan melalui tabung hampir ke ujung setiap forcipule.

Pada belakang kepala hewan kelabang adalah tubuhnya, sedangakan tubuh kelabang terdiri dari 15 atau lebih segmen. Sebagian besar segmen memiliki satu pasang kaki, dengan maxillipeds memproyeksikan ke depan dari segmen tubuh yang pertama, dan di akhir dua segmen yang kecil dan juga berkaki.

Setiap sepasang kaki  kelabang sedikit lebih panjang dari pasangan kaki di depannya, yang mana untuk memastikan bahwa kaki kaki kelabang tidak tumpang tindih, sehingga mengurangi kemungkinan bahwa kaki kaki kelabang akan saling bertabrakan saat bergerak cepat. Dalam kasus ekstrim, pasangan terakhir dari kaki mungkin dua kali panjang dari pasangan pertama. Segmen terakhir beruang telson dan termasuk bukaan organ reproduksi.

Sebagai hewan predator, kelabang terutama menggunakan antena mereka untuk mencari mangsa. Saluran pencernaan kelabang membentuk tabung sederhana, dengan kelenjar pencernaan melekat pada mulut.

Layaknya seperti serangga, kelabang juga bernapas melalui sistem trakea , biasanya dengan pembukaan tunggal, atau ventilator pada setiap segmen tubuh.  Dan kelabang  mengeluarkan limbah melalui satu pasang tubulus Malphigi .

Salah satu jenis kelabang terbesar di dunia adalah Scolopendra gigantea , yang juga dikenal sebagai kelabang raksasa Amazon, dan ukuran panjangnya mencapai lebih dari 30 cm (12 in). Dengan ukuran sebesar itu kelabang raksasa Amazon bisa memangsa kadal , katak , burung , tikus , bahkan kelelawar dan laba-laba tarantula.

Siklus Hidup Hewan Kelabang

Reproduksi kelabang tidak melibatkan kopulasi. Jantan mengeluarkan spermatophore untuk diambil kelabang betina. Spermatophore ini disimpan di jeringan, dan kelabang jantan melakukan sebuah pacaran tari untuk mendorong betina untuk menelan spermanya. Akan tetapi dalam kasus lain sperma ditinggalkan disuatu tempat agar betina menemukanya.

Di daerah beriklim sedang, peletakan telur kelabang terjadi di musim semi dan musim panas, tetapi di subtropis dan daerah tropis, peletakan telur tidak seperti di daerah beriklim sedang.

Jenis kelabang Lithobiomorpha dan Scutigeromorpha meletakkan telur mereka di lubang di tanah, dan betina yang mengisi lubang dengan tanah dan meninggalkan mereka. Jumlah telur yang diletakkan berkisar dari sekitar 10 sampai 50. Waktu pengembangan embrio untuk penetasan sangat bervariasi dan dapat berlangsung dari satu sampai beberapa bulan.

Untuk mencapai dewasa dan bisa bereproduksi setiap kelabang bervariasi, sebagai contoh, bisa mencapai 3 tahun dari jenis kelabang S. coleoptrata untuk mencapai usia dewasa, sedangkan di bawah kondisi yang tepat, spesies lithiobiomorph dapat mencapai masa reproduksi dalam 1 tahun.

Selain itu, kelabang  relatif hidup lebih lama jika dibandingkan dengan serangga. Misalnya: Eropa Lithobius forficatus dapat hidup selama 5 atau 6 tahun.

Gambar hewan kelabang betina menjaga telurnya
Sumber Gambar Dari Pinterest

Betina dari jenis kelabang Geophilomorpha dan Scolopendromorpha menunjukkan jauh lebih baik ketika mengasuh. Telurnya 15 sampai 60 jumlahnya, diletakkan di sarang di dalam tanah atau kayu busuk. Betina ini tetap bersama telurnya, menjaga dan menjilati mereka untuk melindungi mereka dari jamur .

Betina pada beberapa spesies tetap dengan kelabang kecil setelah mereka menetas, menjaga mereka sampai mereka siap untuk meninggalkan. Jika terganggu, betina akan meninggalkan telur atau memakan mereka, sedangkan telur yang ditinggalkan cenderung menjadi cepat dimangsa jamur. Beberapa spesies Scolopendromorpha yang matriphagic, anak anaknya memakan ibu mereka.

Manfaat Hewan Kelabang
Gambar sete hewan kelabang
Sumber Gambar Dari upcScavenger

Di Cina, hewan kelabang sering terlihat di kios-kios pedagang kaki lima di kota-kota besar, termasuk Donghuamen dan Wangfujing pasar di Beijing. Kelabang ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau di panggang. Sealin itu baik di Cina,  di Laos , Thailand , dan Kamboja kelabang besar disimpan dalam minuman keras untuk jangka waktu tertentu. Kebiasaan ini diduga bagian dari pengobatan tradisional Cina . Dikatakan memiliki sifat obat dan untuk menghidupkan kembali. Minuman keras dengan kelabang terendam itu dikonsumsi sebagai minuman khusus.

Selain itu manfaat hewan kelabang ini juga sebagai pakan untuk berbagai jenis hewan peliharaan, saeperti misalnya burung cendet, burung murai, burung kacer, cucak ijo. Kelabang juga biasa diberikan oleh penggemar ikan hias predator, seperti misalnya ikan arwana, louhan dan yang lainya.

Bahaya Hewan Kelabang Bagi Manusia

Ketika kelabang masuk rumah sebaiknya kita membasmi atau mengusirnya, itu karena, beberapa jenis kelabang bisa berbahaya untuk manusia karena gigitan mereka. Meskipun gigitan kelabang untuk manusia dewasa biasanya sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan pembengkakan parah, menggigil, demam , dan kelemahan, tidak mungkin berakibat fatal.

Gambar gigitan hewan kelabang
Sumber Gambar Dari Arachnoboards
Gambar gigitan hewan kelabang beracun
Sumber Gambar Dari James’ Empty Blog

Gigitan bisa berbahaya untuk anak-anak kecil dan orang-orang dengan alergi terhadap sengatan lebah. Gigitan berbisa lipan yang lebih besar dapat menyebabkan syok anafilaksis pada orang tersebut. kelabang kecil umumnya tidak mampu menusuk kulit manusia.

Bahkan lipan nonvenomous dianggap menakutkan oleh manusia karena kaki mereka yang berjumlah puluhan bergerak pada saat yang sama dan kecenderungan mereka untuk melesat cepat keluar dari kegelapan menuju kaki seseorang.

Itulah sedikit pengetahuan tentang hewan kelabang, semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua.

Save

loading...
17 Comments

Add a Comment