Jenis Anjing Besar Plus Penjelasan Dan Gambarnya

Jenis Anjing Besar, majalahhewan.com | Bagi sahabat yang ingin memelihara anjing yang bisa dibelai dan di manja di pangkuan itu berarti jenis anjing yang musti kalian beli atau pelihara adalah yang memiliki ukuran kecil, untuk itu sahabat bisa melihat daftarnya di DAFTAR JENIS JENIS ANJING KECIL SESUAI URUTAN ABJAD DILENGKAP GAMBAR DAN PENJELASANYA.

Atau bagi sahabat yang di area rumah, pekarangan hingga kebun ada hewan pengerat yang mengganggu, seperti tikus misalnya, sebaiknya peliharalah anjing yang pandai dalam menangkap hewan pengerat dan bisa kalian lihat di JENIS JENIS ANJING PEMBURU TIKUS YANG JUGA SEBAGAI ANJING PELIHARAAN RUMAH.

Dan sekarang ini majalah hewan paparkan jenis anjing besar, bagi kalian yang ingin memelihara anjing yang memiliki ukuran tinggi lebih dari 50 cm dan tentunya juga besar serta berat.

25 Jenis Anjing Besar Yang Bisa Jadi Peliharaan

Berikut ini 25 daftar jenis anjing besar yang yang majalah hewan susun secara acak, yang dimulai dari urutan ke 25. Langsung simak……!!!!

25. Caucasian shepherd dog

Gambar Jenis Anjing Besar
Source image dogsorb.com

Coba sahabat lihat gambar anjing Caucasian shepherd di atas, tinggi dan besar bukan? Yupps Anjing Caucasian shepherd merupakan jenis anjing besar yang populer di negara Rusia, Armenia, Azerbaijan, Georgia, dan daerah Kaukasia Utara.

Anjing ini memiliki tulang tulang yang kuat, tinggi dari anjing ini untuk yang jantan sekitar 75 cm ( 30 inci ), sedangkan yang betina tingginya 70 an cm ( 28 inci ).

24. English mastiff

Gambar Jenis Anjing Besar English mastiff
Source image lizonamastiffs.com

English mastiff atau Mastiff Inggris merupakan pilihan yang tepat bagi sahabat yang mencari jenis anjing besar yang memiliki kesetiaan dan kekuatan, karena Caesar saja terkesan dengan anjing Mastiff Inggris ini.

Tahukah sahabat kalau Mastiff Inggris ini merupakan salah satu dari beberapa jenis anjing terbesar di dunia ( dalam ukuran berat ), yang pernah tercatat dari berat anjing ini adalah 156 kg atau 343 pound dan menjadi anjing terbesar pada waktu itu. Akan tetapi pada umumnya Mastiff Inggris ini untuk jantan beratnnya berkisar 113 kg atau 250 pound.

23. Newfoundland dog

Gambar Jenis Anjing Besar newfoundland dog
Source image pets4homes.co.uk

Sahabat yang suka dengan anjing warna hitam dan bertubuh besar,Newfoundland adalah pilihan yang tepat, karena pada umumnya Newfoundland ini memiliki warna hitan bulu bulunya, meskipun ada juga Newfoundland yang warna bulunya coklat, putih dan juga abu abu.

Selain itu, Newfoundland sangat pandai berenang, itu karena pada awalnya anjing ini dikembang biakan untuk membantu para nelayan. Untuk ukuran terbesarnya yang pernah tercatat adalah 120 kg atau 260 pound. Akan tetapi, pada umumnya Newfoundland ini untuk yang jantan berat tubuhnya berkisar 90 kg atau 200 pound, bahkan bisa lebih.

22, Komondor

Gambar Jenis Anjing Besar Komondor
Source image pets4homes.co.uk

Siapa yang suka jenis anjing berambut atau berbulu panjang? Mungkin anjing Komondor bisa sahabat masukan dalam daftar anjing peliharaan kalian, hanya saja kalian juga harus menyukai rambut gimbalnya, karena Komondor ini selain bulunya panjang juga gimbal, bahkan dalam bahasa Inggris Komondor juga dikenal dengan nama mop dog ( anjing pel ).

Selain itu, sahabat akan terbantu banget jika punya banyak hewan untuk digembalakan, karena Komondor merupakan jenis anjing yang telah lama dimanfaatkan untuk menggembala hewan dan menjaga properti lainya.

Komondor merupakan ras anjing yang berasal negara Hungaria, bahkan di negara tersebut anjing ini sebagai harta nasional lho. Untuk ukurannya, anjing jantan bisa mencapai tinggi 80 cm atau 31,5 inci dengan berat 60 kg atau 130 pound dan untuk Komondor betina tingginya bisa mencapai 70 cm atau 28 inci dengan berat bisa mencapai 50 kg atau 110 pound.

21. Scottish deerhound

Gambar Jenis Anjing Besar Scottish deerhound
Source image akc.org

Scottish deerhound atau Deerhound Skotlandia lebih dikenal dengan Deerhound. Anjing ini tingginya yang jantan sekitar 80 cm atau 32 inci dengan berat 50 kg atau 110 pound. Sedangkan untuk yang betina, tingginya 70 cm atau 28 inci dan memiliki berat 35 hingga 43 kg atau 75 hingga 95 pound. Dulu anjing Deerhound Skotlandia ini dimanfaatkan untuk berburu rusa merah.

20. Neapolitan mastiff

Gambar Jenis Anjing Besar Neapolitan mastiff
Source image doglib.com

Yang ke 20 dari jenis anjing besar adalah anjing yang sangat protektif terhadap rumah dan juga keluarganya, namanya adalah anjing Neapolitan mastiff. Meskipun anjing ini tak sehebat anjing mastiff Inggris, akan tetapi Neapolitan mastiff juga termasuk anjing yang populer, bahkan anjing yang satu ini terkenal dengan kecerdasanya.

Berat untuk anjing jantan berkisar antara 60 hingga 70 kg atau 130 hingga 155 pound, sedangkan untuk anjing Neapolitan mastiff betina beratnya antara 50 hingga 60 kg atau 110 hingga 130 pound.

19. St. Bernard

Gambar Jenis Anjing Besar St. Bernard
Source image pets4homes.co.uk

St. Bernard merupakan ras anjing raksasa yang populer di negara Italia dan Pegunungan Alpen Swis, selain itu anjing yang satu ini juga tinggi.

Tingginya bisa mencapai 90 cm atau 36 inci dan beratnya bisa mencapai 120 kg atau 265 pound. Bahkan anjing St. Bernard terbesar yang pernah tercatat adalah 166 kg atau 366 pound.

18. The Irish wolfhound

Gambar Jenis Anjing Besar The Irish wolfhound
Source image petpaw.com.au

Yang ke 18 dari jenis anjing besar adalah The Irish wolfhound atau Anjing serigala Irlandia, sebaiknya sahabat jangan langsung jatuh hati pada anjing yang satu ini, karena tak jarang anjing serigala Irlandia ini tidak berperasaan dan agresif dan perlu kalian ketahui kalau anjing ini pada awalnya dimanfaatkan untuk perang.

Ras anjing serigala Irlandia ini termasuk anjing yang super tinggi, untuk anjing jantan saja tingginya bisa mencapai 86 cm atau 34 inci, dengan berat 55 kg atau 120 pound. Sedangkan untuk anjing betina berat tubuhnya bisa mencapai 48 kg atau 105 pound.

17. Russian black terrier

Gambar Jenis Anjing Besar Russian black terrier
Source image elelur.com

Berbeda dengan Anjing serigala Irlandia yang agresif, Russian black terrier atau Terrier hitam Rusia walaupun juga dimanfaatkan untuk berperang, akan tetapi sifatnya tenang, percaya diri dan berani.

Hanya saja Terrier hitam Rusia ini terkadang rentan terhadap penyakit anjing, seperti misalnya displasia pinggul atau siku. Ini dikarenakan anjing Terrier hitam Rusia ini diyakini adalah hasil dari persilangan sekitar 17 keturunan berbeda.

Terrier hitam Rusia yang jantan memiliki tinggi badan atau tubuh berkisar antara 72 hingga 78 cm atau 28 hingga 30 inci. Sedangkan untuk anjing betinanya lebih pendek dan lebih ringan dibanding anjing jantan.

16. Great Dane

Gambar Jenis Anjing Besar Great Dane
Source image pets4homes.co.uk

Great Dane merupakan jenis anjing besar yang ke 16, tingginya bisa mencapai 76 cm atau 30 inci. Salah satu jenis anjing Great Dane ini ada yang tingginya mencapai 112 cm atau 44 inci, hanya saja sudah meninggal pada bulan september tahun 2014 lalu, anjingnya bernama Zeus.

Oh ya…… Great Dane merupakan jenis anjing yang harapan hidupnya hanya 6 sampai 8 tahun saja. Meskipun ada juga yang bisa mencapai 10 tahun.

15. Leonberger

Gambar Jenis Anjing Besar Leonberger
Source image akc.org

Leonberger merupakan ras anjing yang namanya berasal dari nama kota di negara Jerman, Leonberg. Tinggi dari anjing Leonberger jantan pada umumnya 75 cm atau 29,5 inci, dengan berat 64 hingga 68 kg atau 140 hingga 150 pound. Sedangkan untuk betina pada umumnya 70 cm atau 27,5 inci dan beratnya 52 kg atau 115 pound.

Ras anjing Leonberger ini memiliki karakter sangat setia, cerdas, menyenangkan serta baik hati yang menjadikanya hewan peliharaan yang populer, hanya saja Leonberger ini harapan hidupnya hanya sampai 7 tahun saja.

14. Tosa Inu

Gambar Jenis Anjing Besar Tosa Inu
Source image justusdogs.com.au

Jika sahabat kenal dengan anjing Shikoku-Inu, pastinya taulah kalau anjing ini memiliki berat hanya 25 kg. Nah……Tosa Inu ini adalah hasil dari persilangan Shikoku-Inu dengan anjing anjing Eropa, seperti misalnya anjing mastiff, St. Bernard, Great Dane dan terrier banteng untuk tujuan menghasilkan ras anjing yang lebih besar dan juga kuat. Tosa Inu ini beratnya bisa mencapai 60 hingga 100 kg atau 130 hingga 200 pound, dengan tinggi 82 cm atau 32 inci.

13. Bernese mountain dog

Gambar Jenis Anjing Besar Bernese mountain dog
Source image pets4homes.co.uk

Bernese mountain dog atau Anjing pegunungan Bernese, merupakan jenis anjing besar yang majalah hewan susun di urutan ke 13.

Bernese mountain dog merupakan ras anjing penggembala di wilayah Bern, Swis. Anjing yang satu ini mudah dikenali dengan bulu bulunya yang memiliki tiga warna yang khas, yakni hitam dengan dada berwarna putih serta merah kecoklat coklatan.

Anjing yang memiliki tinggi 64 hingga  70 cm atau 25 sampai 27,5 inci dan berat 57 atau 125 pound ini memiliki karakter percaya diri, tenang, jinak, dan juga ramah, baik sama anak anak maupun hewan peliharaan lainya.

12. Boerboel

Gambar Jenis Anjing Besar Boerboel
Source image buzzsouthafrica.com.

Yang ke 12 dari jenis anjing besar adalah Boerboel. Anjing ini merupakan ras anjing penjaga yang berasal dari Afrika Selatan.

Banyak kepribadian baik yang dimiliki anjing Boerboel ini, seperti misalnya setia, patuh, melindungi keluarga dan wilayah, baik sama anak anak dan cerdas dengan naluri teritorial yang kuat.

Boerboel beratnya bisa mencapai 100 kg atau 220 pound dengan tinggi 70 cm atau 27 inci.

11. Anatolian shepherd

Gambar Jenis Anjing Besar Anatolian shepherd
Source image animalsadda.com.

Anatolian shepherd atau anjing Gembala Anatolia merupakan ras anjing yang berasal dari negara Turki ( Anatolia ) dan dikembangkan lebih lanjut di Amerika. Anjing yang satu ini memiliki bulu yang tebal yang menjadikanya terlihat semakin lebih besar, tingginya 80 cm atau 31 inci dengan berat 68 kg atau 150 pound.

10. Tibetan mastiff

Gambar Jenis Anjing Besar Tibetan mastiff
Source image pets4homes.co.uk

Yang ke 10 dari jenis anjing besar adalah Tibetan mastiff atau Mastiff Tibet. Anjing ini merupakan jenis anjing yang dikembangbiakan oleh budaya atau suku nomaden ( berpindah pindah ) di Tibet, Cina, Nepal, dan Asia Tengah. Oleh karena itu anjing yang berotot dan juga memiliki bulu tebal ini mampu menjaga tuanya dari ancaman srigala dan juga macan tutul.

Mastiff Tibet ini memiliki berat antara 45 hingga 72 kg atau 100 hingga 160 pound. Dengan tinggi 83 cm atau 33 inci.

9. Dogo Argentino

Gambar Jenis Anjing Besar Dogo Argentino
Source image ibcdogs.org

Dogo Argentino, sesuai dengan namanya, anjing yang satu ini dikembangkan di negara Argentina dan pada umumnya dimanfaatkan untuk permainan berburu. Tinggi anjing Dogo Argentino ini adalah 76 cm atau 30 inci dengan berat 55 kg atau 120 pound.

8. Greater Swiss mountain

Gambar Jenis Anjing Besar Greater Swiss mountain
Source image prismgsmd.com

Greater Swiss mountain juga salah satu jenis anjing besar yang dikembangkan di Pegunungan Alpen Swiss. Beratnya bisa mencapai 72 kg atau 150 pound dengan tinggi 76 cm atau 30 inci.

7. Bully kutta

Gambar Jenis Anjing Besar Bully kutta
Source image 101dogbreeds.com.com

Yang ke tujuh dari jenis anjing besar adalah anjing Bully Kutta, anjing yang satu ini juga dikenal dengan nama Mastiff Pakistan. Bully Kutta merupakan keturunan dari Alaunt yang telah punah ( sejenis anjing purba yang berasal dari Pakistan ).

Anjing Bully Kutta ini merupakan anjing yang besar, tingginya bisa mencapai 90 cm atau 35 inci dengan berat 95 kg atau 210 pound. Bully Kutta merupakan ras anjing yang mudah untuk dilatih, berkarater jinak dan juga ramah.

6. Dogue de Bordeaux

Gambar Jenis Anjing Besar Dogue de Bordeaux
Source image pets4homes.co.uk

Dogue de Bordeaux merupakan salah satu ras anjing Prancis yang paling kuno. Ukuranya tidak sebesar anjing anjing yang ada dalam daftar ini, akan tetapi kekuatanya tidak diragukan lagi, bahkan anjing Dogue de Bordeaux ini mampu menarik grobak dengan beban yang berat, menjaga ternak, bahkan menjaga istana istana Elite Eropa.

Salah satu ciri ciri Dogue de Bordeaux adalah kepalanya yang besar, bahkan bisa dibilang anjing ini adalah anjing yang memiliki kepala terbesar di dunia. Akan tetapi, anjing yang kuat ini juga rentan terhadap berbagai penyakit anjing, dan harapan hidupnya juga termasuk yang paling pendek diantara jenis jenis anjing lainya, yakni hanya 5 sampai 6 tahun saja.

5. Kangal

Gambar Jenis Anjing Besar Kangal
Source image pets4homes.co.uk

Yang ke lima dari jenis anjing besar adalah Kangal. Kangal ini memiliki tinggi 76 sampai 81 cm atau 30 sampai 32 inci dan berat 66 kg atau 145 pound. Sedangkan untuk Kangal betina tingginya 71 sampai 76 cm atau 28 sampai 30 inci dengan berat 54 kg atau 120 pound.

Akan tetapi, anjing yang satu ini memiliki kecapatan lari hingga 50 km per jam. Anjing yang berasal dari Turki ini memiliki karakter tenang, mandiri, terkontrol, kuat, protektif dan ramah dengan pengunjung, terutama anak anak.

4. Landseer

Gambar Jenis Anjing Besar Landseer
Source image en.wikipedia.org

Jika sahabat lihat pada urutan ke 23 dari jenis anjing besar ini ( anjing Newfoundland ), ya….. anjing Landseer sangat mirip dengannya, bahkan beberapa klub kennel menganggap bahwa Landseer adalah sama dengan Newfoundland hanya varian warna bulunya saja yang berbeda.

Akan tetapi, federasi internasional klub kennel menganggapnya sebagai jenis yang berbeda. Anjing Landseer ini merupakan jenis anjing yang pandai berenang, bahkan dikenal bisa menyelamatkan orang yang tenggelam.

Selain itu, anjing Landseer ini memiliki sifat yang lembut dan juga tenang. Untuk ukuran Landseer ini mirip dengan anjing Newfoundlands.

3. Akbash

Gambar Jenis Anjing Besar Akbash
Source image animalsadda.com

Akbash merupakan jenis anjing penggembala dan penjaga ternak, anjing ini memiliki tubuh yang ramping dengan karakter fokus yang hebat dalam menjaga ternak, selain itu anjing ini juga memiliki daya tahan tubuh kuat.

Untuk harapan hidupnya hanya 10 hingga 11 tahun. Untuk tinggi anjing ini antara 69 hingga 86 cm atau 27 sampai 34 inci dengan berat 34 sampai 64 kg atau 75 hingga 140 pound.

2. Cane Corso

Gambar Jenis Anjing Besar Cane Corso
Source image en.wikipedia.org

Cane Corso merupakan ras anjing yang masih berkaitan erat dengan anjing mastiff Neapolitan, anjing ini berotot akan tetapi sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan anjing mastif lainya.

Tingginya hanya 70 cm atau 28 inci dengan berat 40 hingga 50 kg atau 88 sampai 110 pound. Untuk harapan hidupnya rata rata 10 sampai 12 tahun.

1. Kuvasz

Gambar Jenis Anjing Besar Kuvasz
Source image 2puppies.com

Yang terakhir dari jenis anjing besar yang bisa majalah hewan rangkum adalah Kuvasz. Kuvasz merupakan jenis anjing Hungaria kuno yang pada awalnya dimanfaatkan untuk menggembala ternak.

Nah itulah 25 jenis anjing besar yang bisa sahabat pilih sebagai hewan peliharaan rumah, yang tentunya tidak untuk ditimang timang dan dibelai di pangkuan kalian.

Source : http://list25.com/25-of-the-worlds-largest-dog-breeds-youd-wish-you-own/

Save

Save

Add a Comment