Yuk Lihat Sifat Sifat Bichon Frise Sebelum Memeliharanya

Sifat Bichon Frise, majalahhewan.com | Warna jenis anjing kecil yang satu ini adalah putih layaknya kapas, karena warna ini banyak pecinta anjing yang masih baru terkadang keliru dengan anjing pudel putih. Selain itu, ukuran tubuhya yang kecil banyak juga yang mengira kalau Bichon Frise termasuk anjing mainan, padalah American Kennel Club ( AKC ) tidak memasukanya ke jenis anjing mainan ( Dog Toys ).

Banyak juga yang mengira kalau bulu bulu dari anjing Bichon Frise ini tidak menyebabkan alergi ( hypoallergenic ) dan aman dipelihara bagi orang yang menderita alergi bulu anjing, benarkah demikian?

Memahami segala sesuatu terlebih dahulu apa yang kita inginkan itu jauh lebih baik ketimbang langsung kita miliki karena tertarik tanpa mengetahuinya sama sekali, terlebih ketika kita ingin memelihara anjing, sebaiknya kita pahami dulu baik fisik maupun temperamenya.

Nah jika sahabat ingin memelihara anjing Bichon Frise, berikut ini adalah beberapa sifat Bichon Frise yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebelum membeli dan memeliharanya.

Sifat Sifat Bichon Frise Dan Segala Sesuatu Tentangnya Yang Musti Diketahui Sebelum Merawatnya

Sebelum kita melihat temperamen anjing yang satu ini, sebaiknya kita lihat lebih dalam akan ciri ciri fisiknya, kenapa? Karena banyak juga yang masih keliru atau sedikit bingung membedakan anjing Bichon Frise dengan anjing Poodle putih.

Ciri Ciri Fisik Anjing Bichon Frise

Gambar Anjing Bichon Frise

Gambar Sifat Bichon Frise
Source image pets4homes.co.uk

Gambar Anjing Poodles Putih

Gambar Sifat Bichon Frise dan white Poodles
Source image

Dari kedua gambar di atas sepintas keduanya mirip bukan? wajar saja jika banyak pemula yang terkadang salah menyebut Anjing Bichon Frise dengan Poodles Putih, terlebih jenis anjing Poodles Putih mainan ( toys ).

Tinggi anjing Bichon Frise 9 inci sampai 11 inci dari bawah hingga bahu atau 22,86 – 27,94 cm. Berat anjing Bichon Frise ini berkisar antara 3 hingga 5 kg.

Untuk bulunya, anjing Bichon Frise nampak mengembang dan tebal, itu karena anijng ini memiliki dua lapisan bulu, bulu yang dalam padat dan lembut, sedangkan bulunya yang luar keriting dan kasar.

Semua anjing Bichon Frise berwarna putih, kecualai bagian wajah dan juga bagian kaki kakinya yang dekat dengan telapaknya.

Ekor anjing Bichon Frise ini melengkung ke punggungnya, sangat anggun. Hidungnya hitam matanya juga berwarna hitam bersinar.

Nah itulah sedikit gambaran akan ciri ciri fisik anjing Bichon Frise, dan mari kita lihat sifat sifat Bichon Frise ini.

Sifat Sifat Bichon Frise

Ceria dan suka bermain merupakan ciri khas anjing ini, Bichon Frise juga senang dicintai, bahkan ia sangat menikmati ketika ia menjadi pusat perhatian.

Selain itu, jenis anjing kecil ini juga pandai memikat seluruh anggota keluarga, tetangga, groomer, bahkan dokter hewan dengan kepribadianya itu.

Bichon Frise bisa mengunyah dan merobek apapun yang ada. Itu terjadi jika anjing mungil yang berwarna putih ini ditinggal terlalu lama.

Untuk itu, sebaiknya sahabat pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memeliharanya, apakah sahabat adalah orang yang sering keluar rumah dengan waktu lama? jika iya, maka memelihara anjing Bichon Frise sangat tidak dianjurkan.

Cerdas juga salah satu kepribadian yang menonjol dari anjing Bichon Frise ini, untuk itu manfaatkan kecerdasanya dan latihlah manjadi anjing yang sesuai sahabat harapkan.

Ramah, sensitif dan setia juga sifat sifat yang dimiliki Bichon Frise ini.

Sifat Sifat Bichon Frise Sangat Penting Penting Untuk Diketahui

Gambar Sifat Bichon Frise - Bichon Frise housebreak
Source image barkingtales.com ( Bichon Frise Housebreaking Tips )
  • Anjing Bichon Frise sangat sulit atau susah untuk housebreak, untuk itu pelatihan dengan ekstra sabar sangat diperlukan agar bisa housebreak.
  • Anjing Bichon Frise tidak suka dibiarkan sendiri terlalu lama.
  • Anjing Bichon Frise yang masih kecil ( puppy ), ukuranya sangat kecil, butuh pengawasan orang dewasa atau orang yang berpengalaman jika mereka ditangani oleh anak anak.
  • Anjing Bichon Frise sangat cerdas dan terampil, untuk menjadikan pendamping yang baik, maka pelatihan sangat dibutuhkan.
  • Anjing Bichon Frise sangat membutuhkan grooming, untuk itu sahabat harus bersiap dengan perawatan anjing yang tidak murah. Karena¬†grooming ini tidak bisa dengan mudah kalian lakukan di rumah.
  • Anjing Bichon Frise juga rentan terhadap alergi dan masalah kulit.
  • Anjing Bichon Frise memang lucu, bahkan bisa menyihir kalian untuk selalu memandangnya, akan tetapi memandangnya dengan berlebih sebenarnya akan membuat Anjing Bichon Frise ini menjadi penakut, manja, bahkan pemalu.
  • Yang terpeting dari semuanya adalah kesehatan sang anjing, untuk itu pilih atau belilah anjing dari peternak yang memiliki reputasi bagus dan bertanggung jawab yang bisa memastikan anjing yang dijualnya terbebas dari penyakit genetik.
  • Yang tak kalah penting adalah temperamen sang anjing, untuk memastikan temperamenya baik maka sebaiknya selain membeli di peternak anjing yang bertanggung jawab dan memiliki reputasi bagus, pilihlah anjing yang tidak mengganggu teman temanya, pilihlah anjing yang tidak diam disudut dan pilihlah anjing yang berada di tengah teman temanya dengan bermain ceria bersama mereka.

Masalah Kesehatan Anjing Bichon Frise

Pada umumnya Anjing Bichon Frise adalah anjing yang sehat dan jarang terserang penyakit, akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anjing Bichon Frise juga terkena beberapa masalah kesehatan, seperti misalnya: Masalah kandung kemih, Alergi, Patellar Luxation, Sensitivitas Vaksinasi, Dysplasia Hip, Juvenile Katarak.

Oh ya, sedikit menyinggung kutipan di atas -> Banyak juga yang mengira kalau bulu bulu dari anjing Bichon Frise ini tidak menyebabkan alergi ( hypoallergenic ) dan aman dipelihara bagi orang yang menderita alergi bulu anjing, benarkah demikian?

Ini adalah kutipan dari http://www.vetstreet.com/dogs/bichon-frise,,,mengatakan bahwasanya yang menyebabkan alergi adalah ketombe, bukanya bulu atau rambut anjing. Dan anjing Bichon Frise tetap saja bisa berketombe dan itu juga bisa menyebabkan alergi pada sang pemelihara yang menderita penyakit alergi.

Makanan Anjing Bichon Frise

Gambar Sifat Bichon Frise - Makanan Anjing Bichon Frise
Source image dogfoodinsider.com

Makanan harian yang disarankan untuk Anjing Bichon Frise adalah 1/2 mangkuk makanan anjing dua kali sehari.

Tidak semuanya harus seperti itu, karena pemberian makanan anjing juga tergantung dengan ukuran, umur, serta tingkat aktifitasnya. Untuk itu, bacalah lebel aturan pakai makanan yang akan diberikan.

Semoga sedikit gambaran akan Sifst Sifat Bichon Frise ini memberi arti untuk pembaca semua. Untuk sejarah anjing Bichon Frise ini bisa dilihat di halaman lain di website majalah hewan dot com ini.

Add a Comment