Cara Membasmi Kelabang Yang Masuk Rumah

Cara Membasmi Kelabang, majalahhewan.com | Siapa yang tak kenal dengan hewan melata yang satu ini, hewan yang berjalan dengan cepat, berbisa dan akan terasa sakit saat menggigit, itu karena kelabang beracun. Sakitnya tuh di sini…. saat si kelabang menggigit kita.

Emang sih tidak akan berakibat fatal saat tergigit oleh si kelabang, akan tetapi rasa sakit, gatal dan kadang membengkak bisa ditimbulkan akibat gigitanya. Masalahnya sih bukan Anda yang digigit akan tetapi bagaimana jika buah hati kita yang menjadi korban gigitan Arthropoda yang suka masuk rumah dikala diluar sana tidak membuatnya nyaman.

Gambar cara membasmi kelabang dan mengusir dari rumah
Sumber Gambar Dari Springer Pest Solutions

Pastinya kita pun akan merasa sakit sebagai orang tua, walaupun toh kita tidak digigit, jika si kelabang ini tau tau menyerang akibat terganggu dan menggigit anak anak tentu efeknya jauh lebih parah ketimbang menggigit orang dewasa.

Selain anak anak gigitan kelabang ini juga berbahaya bagi orang-orang dengan alergi terhadap sengatan lebah. Gigitan berbisa lipan yang lebih besar dapat menyebabkan syok anafilaksis pada orang tersebut.

Akan tetapi gigitan lipan atau kelabang ini tidak akan berbahaya bagi siapapun ketika yang menggigit adalah lipan yang berukuran kecil, karena kelabang yang masih kecil ini pada umumnya tidak mampu menusuk kulit manusia.

Nah itu adalah akibat dari terkena gigitan kelabang yang masuk rumah kita, sedangkan cara yang paling efektif sebelum terlanjur menggigit adalah dengan cara membasmi kelabang yang masuk rumah. Akan tetapi pencegahan masuknya kelabang ke rumah sebaiknya dilakuakan terlebih dahulu. Dan berikut adalah tipsnya.

Tips Mencegah Ini Dilakuakan Sebelum Cara Membasmi Kelabang Yang Terlanjur Masuk Rumah

Ada yang tau kenapa kelabang atau lipan ini bisa masuk rumah Anda sekalian? Penjelasanya begini  lipan memerlukan mikrohabitat lembab karena mereka tidak memiliki lilin kutikula dari serangga dan arakhnida , sehingga menyebabkan mereka untuk cepat kehilangan air.

Oleh karena itu, kelabang atau lipan ini kita jumpai di dalam tanah dan di bawah daun , di bawah batu dan kayu mati. Nah jika cuaca terlalu basah atau terlalu kering, mereka mencari tempat lain untuk datang berlindung di dalam rumah.

Itulah alasan kenapa kelabang mencari celah untuk masuk ke rumah Anda sekalian. Selain itu banyaknya hewan yang menjadi makanan kelabang ini di rumah Anda sepert misalnya serangga, semut, laba-laba, rayap, kutu dan kecoa juga salah satu faktor masuknya kelabang ke rumah. Untuk itu langkah penyegahan agar kelabang tidak masuk rumah adalah tetap selalu menjaga kebersihan rumah.

Selain menjaga kebersihan rumah agar tidak menyerupai habitat kelabang dan banyaknya hewan buruan kelabang, sebaiknya Anda juga mencari celah celah yang bisa dilalui kelabang untuk masuk rumah dan berikan insectisida ke cela tersebut dan sebisa mungkin tutup rapat rapat calah agar kelabang tidak bisa masuk rumah.

Seandainya si kelabang ini tetap saja bisa masuk lewat cela yang sudah Anda beri insectisida,  ia akan segera mati karena terkena insectisida atau sudah hampir mati saat Anda menemukannya.

Nah itulah tips cara agar kelabang  tidak masuk rumah kita, lalu bagaimana jika kelabang udah kadung bersarang dan merasa nyaman di rumah kita, tentunya langkah yang kita ambil adalah dengan cara membasmi kelabang tersebut atau dengan cara mengusirnya pergi dari rumah kita selamanya. husss pergi jauh jauh sana.

Langkah Langkah Cara Mengusir Kelabang Dari Rumah Anda

Ketika Anda mendapati rumah Anda ada kelabangnya segera lakukan pengusiran sebelum mencederai Anda dengan menggigit.

Langkah pertama untuk mengusir kelabang dari rumah adalah dengan menaburkan garam dapur yang kasar ( Garam Grosok ) ke tempat dimana Anda melihat sang kelabang, garam ini manjur untuk mengusir hewan melata termasuk kalabang.

Gambar cara membasmi kelabang dengan garam dapur
Sumber Gambar Dari IndoTrading

Langkah kedua untuk mengusir kelabang dari rumah dengan meletakan kapur anti serangga di tempat Anda pernah melihat kelabang.

Gambar cara membasmi kelabang dengankapur pembasmi seranga
Sumber Gambar Dari waras farm – WordPress.com

Langkah terakhir dengan menaburkan serbuk cabe juga di tempat dimana Anda melihat kelabang

Gambar cara membasmi kelabang dengan cabe bubuk
Sumber Gambar Dari Jualo.com

Jika kelabang masih saja bendel kagak mau pergi juga maka lakah yang paling ampu adalah dengan cara membasmi kelabang tersebut.

Cara Membasmi Kelabang Yang Masuk Rumah

Membasmi berarti membunuh, itu berarti Anda akan melakukan kontak dengan kelabang tersebut. Untuk membunuh kelabang jika Anda memiliki keberanian untuk lebih dekat maka langsung saja pukul kelabang tersebut dengan benda di sekitar Anda yang bisa di jangaku saat itu juga. Karena jika kelamaan Anda mencari alat untuk memukul kelabang nanti keburu sang kelabangnya menghilang.

Selain dengan cara memukul Anda juga bisa menyemprot kelabang tersebut dengan insectisida. Akan tetapi jika Anda juga tidak berani dengan mendekati kelabang trswebut, sebaiknya Anda menjebaknya dengan lem tikus, dan setelah terperangkap ke lem baru Anda memukulnya.

Nah itulah beberapa cara membasmi kelabang yang masuk rumah, semoga berhasil dan Anda serta keluarga tidak terkena bahaya gigitan dari kelabang.

Save

Save

loading...

Add a Comment