Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar

Ikan Predator – Jika anda ingin memelihara ikan hias yang sifatnya pemangsa, akan tetapi bingung memilih jenis ikan predator yang mana, berarti sangat tepat bila berada di artikel ini. Karena disini disebutkan berbagai jenis ikan predator air tawar yang bisa membantu anda untuk menentukan pilaihan.

 

Mulai dari ikan predator terganas, bergigi tajam, bahkan ada juga yang lucu lho. Bukan hanya itu saja, info mengenai harga ikan predator juga disebutkan. Jadi anda akan terbantu banget jika melihatnya secara keseluruhan hanya di majalahhewan.com

Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar Sungai Amazon

 

1.  Piranha

 

 

 

Piranha jenis ikan predator air tawar

Ikan piranha merupakan ikan predator sungai amazon, biasanya dikisahkan pada film ikan piranha makan manusia dengan sangat ganas dan seperti kelaparan, yang dalam hitungan detik saja tinggal tulang-tulangnya saja.

 

Sebenarnya ikan piranha tidak seseram yang ada di film-film ataupun vidio-vidio ikan piranha, atau seperti yang dikatakan Teddy Roosevelt, presiden Amerika Serikat yang ke 26. Pada kenyataanya yang sebenarnya ikan piranha adalah omnivora.

 

2.  Araipama

 

Araipama jenis ikan predator air tawar

 

Araipama (Arapaima gigas) merupakan jenis ikan air tawar terbesar, Ikan ini dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan beratnya bisa mencapai 200 kg.

 

Ikan ini hidup di perairan tropis di Amerika selatan. Ada yang jual ikan Araipama ini dengan harga Rp705.000,-/Ekor  dengan ukuran 25 cm. Bisa dilihat selengkapnya di https://www.facebook.com/media/set/?set=a.470813492963881.107769.140146649363902&type=3

 

3.  Peacock Bass

 

 Peacock Bass jenis ikan predator air tawar

 

Ikan predator Peacock Bass adalah ikan air tawar yang sebagian besar penyebaranya di  Amerika Selatan, yang termasuk dari keluarga Cichlidae.

 

Dari sekian banyak jenis ikan Peacock Bass, yang menjadi ikan predator terbesar adalah yang spesies Cichla Temensis.

Memelihara Peacock Bass di akuarium, harus menyediakan pakan yang ekstra. Karena mulut Peacock Bass sangat besar dan lebar yang mampu menelan ikan besar makanya Peacock Bass termasuk ikan predator yang rakus, di habitat liar Peacock Bass biasanya memangsa ikan, udang dan katak.

Harga Peacock Bass dipasar tradisional ataupun online sangat bervariasi, dari Peacock Bass murah hingga yang mahal.

 

Jika anda berniat untuk memburu ikan predator rakus ini, baik yang jenis ikan Peacock Bass monoculus ataupaun yang lainya bisa dilihat variasi harganya di http://olx.co.id/hobi-olahraga/hewan-peliharaan/ikan/q-peacock-bass/.

 

4. Payara

 

Payara jenis ikan predator air tawar

 

Payara armataus (hidrolycus armatus) adalah ikan predator air tawar yang berasal dari Amerika selatan. Keunikan dari ikan aini adalah taring atau gigi yang menyerupai gigi sang vampir, makanya payara sering disebut dengan ikan vampir. Harga ikan payara armatus tergolong mahal, per ekor bisa Rp 400.000, itu saja yang jenis scoberoides.

 

 

5. Oscar

 

Oscar jenis ikan predator air tawar

 

Ikan oscar juga salah satu jenis ikan predator  air tawar yang populer di pelihara di akuarium. Perawatan ikan oscar dalam segi pakan mudah, bisa diberikan ikan-ikan yang berukuran kecil.

 

 

 

 

 

 

 

6. Cachorro ( barracuda)

 

ikan cachorro jenis ikan predator air tawar

 

Ikan barracuda adalah ikan yang mendiami sungai-sungai di Guyana, Suriname, serta Guyana Prancis dan di sungai Amazon serta basin sungai Orinoco.

 

Ukuran tubuh ikan cachorro  sekitar 27 cm, dan sering dijumpai hidup berkelompok. Ikan ini bersifat karnivora piscivora atau pemakan ikan. Untuk memelihara cachorro di akuarium juga harus disediakan ikan kecil.

 

Untuk membeli ikan barracuda anda harus menyiapkan sejumlah uang yang tidak sedikit, pasalnya per ekor dengan ukuran 5-6 cm barracuda bisa dihargai Rp 300. 000.

 

 

Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar Asli Indonesia

 

7.  Fahaka Puffer

 

jenis ikan predator fahaka puffer fish

Ada sedikitnya 121 species yang terdiri dari 20 genus ikan (Tetraodontidae).  Ada juga ikan butal beracun, yang kalau mau mengkonsumsinya dibutuhkan koki yang tau bagaimana cara memasak ikan buntal.

 

Kalau Ikan buntal air tawar asli Indonesia biasanya bisa ditemukan di Kab. Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan, dan Sungai Sambas di Kalimantan Barat.

 

Ukuranya yang mungil yang kurang lebih 4-5 cm, menjadikan ikan buntal diketegorikan sebagai ikan kecil. Biarpun begitu ikan buntal termasuk jenis ikan predator air tawar. Ciri khusus ikan buntal adalah adanya 4 Gigi besar, yang mana dengan gigi-giginya itu mampu mengoyak dan menghancurkan cangkang krustacea dan juga moluska.

 

Fahaka Puffer atau ikan buntal ini adalah ikan hias yang lucu karena bentuk badanya bulat serta lonjong dan juga unik. Warnanya sangat cantik, pada ekornya berwarna merah, tubuh bagian atas ada warna belang hijau dan coklat kehijuan. Sedangkan pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih.

 

buntal jenis ikan predator air tawar

Harga ikan buntal air tawar bervariasi dan juga tergantung domisili, untuk mengetahuinya mungkin bisa anda coba lihat di kaskus. Cara memelihara ikan buntal air tawar ini juga tergolong mudah, karena ikan buntal termasuk ikan predator maka ia menyukai pakan hidup seperti seperti cacing darah, siput, kerang ataupun pakan beku.

 

 

 

 

8. Belida

 

Belida jenis ikan predator air tawar

Ikan yang punggungnya mirip pisau ini juga termasuk jenis ikan predator air tawar. Makanan ikan belida di habitatnya,  ya’ ni Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya, memangsa ikan kecil dan krustasea.

 

Budidaya ikan belida pertama kali dilakukan karena melihat ikan ini berpotensi ekonomi dan terancam punah. Manfaat ikan belida bagi masyarakat setempat adalah sebagai bahan baku dalam pembuatan kemplang.

 

 

Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar Manca Negara

 

9.  Wolf fish

 

Wolf fish jenis ikan predator air tawar

 

Wolf fish / ikan srigala (hoplias) merupakan jenis ikan predator air tawar yang berasal dari Suriname. Ikan srigala aktif dimalam hari, dan juga memangsa ikan piranha. Jenis Ikan wolf fish yang paling besar dan terganas adalah hoplias aimara yang panjangnya bisa mencapai 120 cm.

 

Hoplias Malabaricus jenis ikan predator air tawar

 

Sedangkan untuk jenis ikan hoplias malabaricus bisa tumbuh sekitar 60 cm, akan tetapi jenis ini yang paling banyak dipelihara di aquarium. Dan yang jual ikan wolf fish jenis lumayan banyak.

 

Hoplias Curupira jenis ikan predator air tawar

 

Yang terkecil dari jenis ikan wolf fish adalah Hoplias Curupira, ukuran maksimumnya cuma 50 cm. Akan tetapi ikan Hoplias Curupira adalah yang paling cantik.

 

10.  Australian lungfish

 

Australian lungfish jenis ikan predator air tawar

 

Australian Lungfish (Neoceratodus forsteri) atau lebih dikenal dengan sebutan Queensland Lungfish merupakan jenis ikan predator air tawar purba dari family Ceratodontidae sub class Sarcopterygii atau ikan bersirip tebal.

 

Ikan predator ini berasal dari australia, ketika dewasa panjang ikan Australian Lungfish  bisa mencapai 1,5 meter dengan berat 40 kg. Australian lungfish bersifat nocturnal dan karnivora, mangsanya adalah katak, cacing tanah, ikan kecil.

 

Dinamakan lungfish karena ikan ini punya kemampuan bernafas udara langsung menggunakan organnya yaitu “lung atau paru-paru”.

 

 11. African Lungfish

 

African Lungfish jenis ikan predator air tawar

 

African Lungfish adalah ikan predator yang sangat menyeramkan, Ikan ini juga sangat agresif menyerang apapun yang masuk ke dalam teritorinya, termasuk juga manusia.

 

Sejak jaman dinosaurus  african Lungfish sudah ada dan tidak banyak mengalami perubahan sejak itu, menunjukkan bahwasanya hasil evolusinya sudah cukup efisien.

 

 

12. Ikan Predator Tigerfish

 

Ikan Predator Tigerfish

 

Ikan hias predator Tigerfish memiliki mulut yang lebar, cara memangsa buruanya sangat unik ya’ni menghisap dengan mulutnya yang besar dan lebar itu. Warna ikan  Tigerfish sangatlah cantik, yakni bermotif layaknya harimau,  Tigerfish lebih dikenal dengan sebutan Datnoid.

 

Harga ikan Datnoid / Tigerfish yang paling mahal adalah jenis Datnioides Pulcher. Sedangkan untuk cara merawat ikan datz lumayan agak sulit, karena membutuhkan kualitas air yang harus sama dengan dimana dia tinggal, seperti ph. Kalau kondisi air tidak dibuat sama dengan alamnya maka Datnoid akan stres.

 

13. African Pike Characin

 

African Pike Characin jenis ikan predator air tawar

 

African Pike Characin, adalah ikan predator dari Africa. Untuk memelihara ikan predator ini memerlukan akuarium yang cukup besar,  karena  African Pike Characin dapat tumbuh hingga panjangnya 70 cm. Pakan yang diberikan bisa ikan kecil, udang, dan cacing darah.

 

Harga ikan predator asal africa ini cukup mahal, biasanya per ekor dibandrol dengan harga Rp 350.000.

 

 

14. Ikan Predator  Tiger Catfish

 

ikan predator tiger catfish

 

Tiger Catfish hampir serupa dengan ikan lele, akan tetapi bentuk mulutnya agak lebar dan pipih. Ikan yang jadi mangsa Tiger Catfish biasanya yang ukuranya bisa masuk kedalam mulutnya.

 

Ikan catfish hias sangat menarik sekali warnanya, yakni silver dan dihiasi belang-belang hitam layaknya harimau, makanya Tiger Catfish juga sering disebut ikan lele tiger.

 

Semua jenis-jenis ikan Catfish adalah predator atau pemangsa yang brutal. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 60-70 cm.

 

Selain Ikan catfish hias, dari jenis ikan catfish juga ada yang yang populer dikalangan hobiis ikan hias seperti ikan leopard catfish.

Baca Juga : Jenis Ikan Catfish Hias Dan Konsumsi

15.  Palmas

 

palmas jenis ikan predator air tawar

 

Ikan palmas adalah ikan yang termasuk dalam family polypteridae (bichir) yang berarti ikan yang bersirip banyak. Penyebaran ikan palmas di Afrika barat.

 

Untuk memeliharanya akuarium,  dianjurkan akuarium ditutup agar palmas tidak melompat keluar, pemberian pakan biasanya adalah ikan yang berukuran kecil dan juga cacing sutra.

 

Ikan palmas terbesar atau ukuran maksimal ikan palmas adalah 97 cm (3,18 kaki). Sedangakn untuk budidaya ikan palmas bisa dilakukan dengan cara berpasangan atau secara masal.

 

16. Giant snakehead

 

giant snakehead jenis ikan predator air tawar

 

Giant snakehead adalah ikan predator air tawar yang ganas, disebut snakehead karena bentuk tubuh ikan ini memanjang, kepalanya mirip dengan kepala ular serta giginya yang tajam menakutkan. Giant snakehead adalah salah satu jenis dari berbagai spesies ikan snakehead, seperti ikan gabus dan ikan toman.

 

 

 

17. Aligator

 

Aligator Spatula jenis ikan predator air tawar

 

Ikan aligator atau sering disebut dengan ikan buaya.  Ikan predator ini hidup di benua Amerika di perairan Sungai Mississippi hingga Rio Grande Del Norte yang bermuara ke Teluk Meksiko.

 

Jenis ikan aligator ada 7 spesies dari dua genus (Atractosteus dan Lepisosteus). Akan tetapi yang paling populer dikalangan hobiis ikan predator cuma ada 4, ya’ni  Aligator Gar (Lepisosteus Tristoechus), Longnose Gar (Lepisosteus Osseus), Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus), Spotnose Gar (Lepisosteus Platostomus).

 

Ikan aligator terbesar dari semua jenisnya adalah ikan aligator gar atau spatula. Harga ikan aligator dengan ukuran tertentu 45.000 rb/ekor.

 

Inilah Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar yang bisa kami sajikan untuk anda pembaca setia majalahhewan, semoga bermanfaat.

Save

Save

Save

Save

loading...
7 Comments

Add a Comment