Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula

Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula, majalahhewan.com | Tarantula atau laba laba tarantula adalah nama yang diberikan untuk salah satu jenis laba-laba dengan ukuran sangat besar yang pada umumnya tubuhnya berbulu. Dan laba-laba tarantula ini masuk pada famili Theraphosidae dimana sekitar 900 spesies telah diidentifikasi.

Berikut ini majalah hewan paparkan sebagian dari jenis tarantula yang populer, silahkan simak ulasan Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

 

1, Baboon Tarantula ( Pelinobius muticus )

gambar dan jenis laba laba tarantula baboon tarantulas pelinobius muticus

Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula yang pertama adalah (Baboon Tarantula ) Raja babon laba-laba nama ilmiahnya adalah ( Pelinobius muticus ). Tarantula jenis ini ditemukan di sebagian besar Afrika Timur, terutama Kenya dan Tanzania. Biasanya hidup di semak belukar atau padang rumput, di mana ia menggali liang. Dan menempatkan sutra di pintu masuk liang untuk mendeteksi getaran.

Laba laba Baboon Tarantula memangsa atau berburu kumbang , kecoak , dan laba-laba lain, meskipun mereka dapat membunuh tikus , kadal , ular , dan burung. Ukuran Tarantula terbesar dari jenis ini adalah 20 cm, diukur beserta kakinya.

Tarantula babon ini sangat populer dikalangan kolektor atau penghobi tarantula, akan tetapi jika Anda ingin memelihara babon tarantula ini sebaiknya hati hati, karena jenis ini tidak disarankan untuk pemula. Selain itu gigitan tarantula babon ini yang masih berukuran 1 cm saja bisa mengakibatkan rasa sakit, dan tepet di area gigitan akan terasa gatal hingga 5 hari.

2, Brazilian Black Tarantulas ( Grammostola pulchra )

gambar dan jenis laba laba tarantula brazilian black tarantulas

Nama ilmiah dari Tarantula Brazilian Black adalah ( Grammostola pulchra ), Tarantula Brazilian Black warna seluruh tubuhnya hitam. Seperti namanya, asal usul tarabtula ini adalah Brazil dan Uruguay. Tarantula ini ukuranya lumayan besar, yakni 18 cm atau 8 in. Biasanya memangsa jangkrik, kecoak, dan serangga kecil lainnya seperti misalnya mealworm ( ulat hongkong ).

Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula yang kedua ini dikalangan hobiis tarantula sangat populer, itu karena sangat mudah jinak. Bahkan juga disarankan untuk hobiis pemula.

3,  Chaco golden knee (Grammostola pulchripes)

gambar dan jenis laba laba tarantula chaco golden knee grammostola pulchripes

Chaco golden knee memiliki nama ilmiah (Grammostola pulchripes), yang mana sebelumnya dikenal dengan Grammostola aureostriata. Chaco tarantula Emas Lutut diketahui menghuni padang rumput dari Argentina dan Paraguay.

Karakter dari tarantula Chaco golden knee ini sangat menarik, bulu bulunya berwarna terang dan dengan warna emas pada kaki kakinya, terutama pada lututnya. Jenis tarantula ini merupakan tarantula yang juga memiliki ukuran sangat besar, panjangnya bisa mencapai 20 hingga 22 cm.

Selain warnanya menarik, tarantula ini juga sangat cocok untuk penghobi tarantula pemula. Itu karena tarantula ini jinak.

4, Kobalt Blue Tarantula (  Cyriopagopus lividum )

gambar dan jenis laba laba tarantula cobalt blue tarantulas cyriopagopus lividum

Kobalt Blue Tarantula, nama ilmiahnya adalah  Haplopelma lividum, merupakan tarantula spesies  dari keluarga Theraphosidae. Kobalt tarantula biru mendiami hutan hujan tropis di Asia tenggara. Tepatnya di Myanmar  dan  perbatasan ke Thailand. Di sana mereka membangun lubang yang dalam, dan umumnya lubang untuk mencari makanan.

Kobalt Blue Tarantula termasuk jenis tarantu yang ukuranya sedang, panjang total dengan rentang kaki hanya sekitar 13 cm (5 in). Gigitan Kobalt Blue Tarantula ini bisa membuat kram pada otot dan peradangan. Meski begitu tarantula ini merupakan tarantula favorit para penghobi.

5, Goliath Bird-Eating Tarantulas ( Theraphosa blondi )

gambar dan jenis laba laba tarantula goliath bird eating tarantulas theraphosa blondi

Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula selanjutnya adalah Goliath Bird-Eating Tarantula nama ilmiahnya ( Theraphosa blondi ), habitat asalnya adalah dataran tinggi hutan hujan wilayah utara Amerika Selatan: Suriname , Guyana , Guyana Prancis , utara Brasil dan selatan Venezuela . dan yang paling umum di hutan hujan Amazon.

Goliath Bird-Eating Tarantula adalah hewan terestrial, yang tinggal di liang yang dalam, dan ditemukan umumnya di rawa atau rawa daerah. Tarantula Ini adalah spesies nokturnal.

Di timur laut Amerika Selatan, tarantula ini juga sering dikonsumsi warga sekitar yang biasanya dibakar untuk menghilangkan bulu bulunya dan dipannggang di daun pisang. Yang mana rasnya seperti udang .

Tarantula Goliath Bird-Eating warnanya coklat tua hingga muda, dan memiliki bulu atau rambut ditubuhnya mulai dari perut dan juga kakinya. Trantula jenis ini adalah yang terbesar, panjang rentang kakinya hingga 28 cm (11 in), panjang tubuh sampai dengan 11,9 cm (4,7 in) dan beratnya bisa mencapai 175 g (6.2 oz).

Dengan ukuranya yang besar ini, tarantula ini mampu memangsa burung. Itu sebabnya dia memiliki nama Goliath Bird-Eating. Akan tetapi sangat jarang ditemukan, pada kenyataanya tarantula ini di alam liar memangsa tikus , katak , kodok , kadal , dan bahkan ular.

Umur tarantula Goliath Bird-Eating ini untuk betina bisa hidup 15 hingga 25 tahun.

6, Haitian Brown Tarantulas (Phormictopus cancerides)

gambar dan jenis laba laba tarantula haitian brown tarantulas phormictopus cancerides

Haitian Brown Tarantulas memiliki nama ilmiah (Phormictopus cancerides), Yang mana habitat aslinya adalah Republik Dominika. Tarantula ini memiliki taring yang panjang, yakni berkisar 2 cm. Taring panjang ini akan menembus tubuh dari korban atau mangsanya, racun disuntikkan yang melumpuhkan dan memecah jaringan tubuh mangsa, menyedot bagian dalam mangsanya. Gigitannya tidak berbahaya bagi manusia tetapi dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Tarantula Haitian Brown juga populer dikalangan hobiis.

7, Mexican Red knee Tarantula ( Brachypelma smithi )

gambar dan jenis laba laba tarantula mexican red knee tarantula brachypelma smithi

Nama ilmiah dari tarantula Mexican Red knee adalah ( Brachypelma smithi ). Tarantula ini adalah terestrial  asli barat Sierra Madre Occidental dan Sierra Madre del Sur pegunungan di Meksiko. Tepatnya di hutan tropis di perbukitan barat daya Meksiko, terutama di Colima dan Guerrero.

Jenis tarantula ini pada tahun  1985, spesies ini terdaftar sebagai terancam punah oleh CITES karena spesimen liar yang tertangkap dikirim untuk pasar Cina. Ukuran yang lebih kecil diduga menjadi konsekuensi dari populasi menurun akibat ekspor yang berlebihan.

Pengekspor bukan satu-satunya ancaman, meskipun beberapa orang lokal telah dilaporkan membuat kebiasaan membunuh laba-laba ini dengan cara yang hampir sistematis dengan menggunakan pestisida, menuangkan bensin ke liang.

Pertumbuhan tarantula Mexican Red knee ini sangat lambat, untuk betina memiliki umur sekitar 30 tahun. Sedangkan untuk jantan hanya kurang lebih 5 tahun. Tarantula ini memiliki tubuh berwarna gelap dengan tambalan oranye pada sendi kakinya. Unsur kedua kaki adalah oranye-merah.

8, Pink-Toed Tarantula ( Avicularia avicularia )

gambar dan jenis laba laba tarantula pink toed tarantula avicularia avicularia

Pinktoe tarantula (avicularia avicularia) adalah spesies tarantula asli dari Kosta Rika ke Brasil dan selatan Karibia . Spesies ini kadang-kadang disebut pinktoe Guyana, pinktoe umum, atau pinktoe Amerika Selatan. Tarantula ini pada saat dewasa memiliki tubuh berwarna gelap dan kaki merah muda

9, Antillen pinktoe tarantula ( Avicularia versicolor )

gambar dan jenis laba laba tarantula pink toed tarantula avicularia versicolor

Antilles pinktoe tarantula (avicularia versicolor), juga dikenal sebagai Martinique laba-laba pohon merah atau pinktoe Martinique, adalah asli Guadeloupe , Dominica dan Martinique di Laut Karibi. Spesies ini jauh lebih berwarna ketimbang Pink-Toed Tarantula, makanya lebih populer di kalangan hobiis.

Antillen pinktoe tarantula adalah arboreal (penghuni pohon). Mereka memintal jaring corong rumit di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Maka dari itu dalam cara merawat tarantula ini kandang yang tinggi lebih disarankan.

10, Rio Grande Gold Tarantula ( Aphonopelma moderatum )

gambar dan jenis laba laba tarantula rio grande gold tarantula

Rio Grande Gold Tarantula ( Aphonopelma moderatum ) adalah spesies dari laba-laba dalam keluarga Theraphosidae , ditemukan di Amerika Serikat (Texas). Tarantula ini tumbuh hingga 12 cm dan aktif pada malam hari.

Bulu bulunya akan menimbulkan rasa gatal ketika terkena kulit, sedangkan gigitan tarantula ini tidak menjadikan luka yang serius. Tarantula jenis ini juga terbilang jinak.

11, Zebra Tarantula ( Aphonopelma seemanni )

gambar dan jenis laba laba tarantula zebra tarantulas aphonopelma seemanni

Zebra Tarantula (Aphonopelma seemanni), adalah spesies tarantula yang menghuni sebagian barat Kosta Rika , serta bagian lain dari Amerika Tengah , seperti Honduras dan Nikaragua , dan Guatemala . Tarantula ini pada umumnya berwarna hitam dengan garis-garis putih di dekat sendi, namun formasi warna coklat juga ada pada tarantula ini.

Di alam liar, tarantula ini akan makan berbagai macam serangga seperti belalang dan kecoak.  Zebra Tarantula tumbuh 10 hingga 13 cm, dan panjang umurnya bisa mencapai 20 tahun untuk betina, sedangkan untuk jantan hanya kurang lebih lima tahun.

Sekian dulu dari Gambar Dan Jenis Laba Laba Tarantula yang telah admin rangkum, jika Anda ingin menceritan pengalaman dalam merawat tarantula, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Baca juga:

Ciri Ciri Laba Laba Itu Beda Dengan  Tarantula

3 Spesies Tarantula Terbesar Di Dunia

Save

loading...
2 Comments

Add a Comment