Makanan Ikan Louhan Biar Jenong, Mau Tau?

Makanan Ikan Louhan Biar Jenong, majalahhewan.com | Ikan louhan merupakan jenis ikan hias yang awal mulanya atau berasal dari jenis ikan cicild. Dikatakan bersal dari jenis ikan cichlid, karena ikan louhan adalah hasil dari buah tangan manusia yang mengkawin silangkan ikan cichlid. Jadi untuk nama ilmiah / nama binominal / nama latin dari ikan louhan ini tidak ada atau tidak memiliki nama ilmiah. Akan tetapi banyak dari penggemar ikan hias yang kadang menyebunya dengan nama ilmiah Cichlasoma trimaculatum.

Gambar makanan ikan louhan biar jenong

Padahal Cichlasoma trimaculatum adalah nama ilmiah dari ikan Trimac cichlid yang mana juga dari spesies cichlid. Ikan ini jarang sekali diperjual belikan untuk ikan hias akan tetapi mirip sekali dengan ikan louhan. Jadi untuk saat ini setelah pembaca yang budiman membaca ulasan ini jangan salah ya menyebut nama binominal ikan louhan dengan ikan trimac cichild.

Gambar makanan ikan louhan biar jenong ikan cichlasoma trimaculatum mirip louhan
Ikan Cichlasoma trimaculatum – suber gambar http://www.fishtanksandponds.co.uk

Kembali ke ikan louhan, flowerhorn atau ikan louhan merupakan jenis ikan hias air tawar yang populer karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki ikan hias lain. Keunikan ikan louhan ini adalah pada bagian kepalanya yang pada umumnya para hobiis ikan hias menyebutnya dengan jenong atau nong nong.

Untuk itu siapapun pembaca yang memiliki ikan louhan pasti menginginkan louhan pembaca memiliki jenong yang besar dan elastis,bahkan banyak dari hobiis ikan lohan yang mencari informasi kesana kemari untuk membuat louhan kesayanganya bisa jenong.

Padahal sebenarnya louhan sendiri ada 2 jenis, yang pertama louhan yang bisa jenong ( waterhead ) dan yang kedua louhan yang tidak bisa jenong ( bonehead ). Untuk itu, sebelum pembaca mencari informasi mengenai cara cara yang bisa membuat ikan louhan jenong, ada baiknya pembaca mencari informasiĀ  dulu dan memastikan apakah ikan louhan pembaca termasuk ikan louhan yang bisa jenong atau tidak.

Karena sekeras dan segigih apapun yang pembaca lakukan dalam perawatan ikan louhan untuk menjadikanya jenong,,,, ya akan tidak jenong kalau jenis louhan pembaca tidak ternmasuk louhan yang kepalanya bisa jenong ( waterhead ).

Selain itu warna ikan louhan juga sangat menarik sekali. Dan pada umumnya dalam cara memelihara ikan louhan agar cepat memiliki jenong para hobiis ikan louhan juga merawat dengan berbagai cara agar warna ikan louhan tampil cantik.

Jadi walaupun judul dari ulasan ini adalah Makanan Ikan Louhan Biar Jenong, akan tetapi majalah hewan juga akan berbagi pada pembaca semua makanan ikan louhan biar merah. Untuk melengkapi tulisan ini juga akan disebutkan juga makanan ikan louhan agar cepat besar dalam pertumbuhanya. Mangga di simak….

Makanan Ikan Louhan Biar Jenong

Gambar makanan ikan louhan biar jenong yang alami

Selain cara merawat ikan louhan yang baik, untuk mebuat ikan louhan cepat memiliki jenong atau nong nong yang besar, makanan merupakan salah satu yang paling harus diperhatikan.

Dalam perawatan ikan louhan agar cepat nong nong, mengajaknya berinteraksi atau menbuat louhan menjadi agresif merupakan pokok penting yang musti pembaca lakukan. Akan tetapai bagaimana cara mengajak berinteraksi dengan louhan atau membuatnya marah dan menjadi agresif,,,,kadang kadang menjadi masalah sendiri bagi pembaca.

Banyak cara yang biasa dilakukan pecinta louhan untuk mengajaknya berinteraksi dengan louhan mereka agar menjadi agresif. Pada umumya dengan memberi cermin, ada pula yang dengan makanan yang digerak gerakan di luar akuarium. Ada juga yang hanya memberi makanan ikan louhan dengan porsi yang sangat sedikit, bahakan ada juga yang memberikan louhan betina di akurium sebelahnya.

Banyak hal yang bisa pembaca lakukan untuk memancing amarah ikan louhan, pembaca bisa berinovasi sendiri mana yang terbaik dan cocok untuk louhan pembaca. Akan tetapi yang majalah hewan sarankan pada pembaca belilah ikan louhan yang sudah terbiasa dengan manusia dan pilihlah louhan yang memiliki badan pendek dan juga kekar, karena dengan memilih yang demikian cenderung agresif.

Mengajak bermain dengan louhan atau berinteraksi agar agresif dan juga marah ini sangat efektif untuk membuat louhan pembeca jenong selain dengan pemberian makanan yang merangsang pertumbuhan jenongnya.

Makanan ikan louhan biar jenong merupakan langkah kedua dan musti pembaca berikan secara tepat agar merangsang pertumbuhan nong nongnya. Lalu jenis makanan apa saja yang bisa merangsang pertumbuhan jenong louhan pembaca?

Pada dasarnya makanan ikan hias ada tiga yakni makanan alami, makanan buatan dan makanan siap saji dari pabrik. Ketiga makanan ini bisa pembaca kombinasikan dan berikan secara tepat pada louhan pembaca. Yang terpenting adalah komposisinya.

Kandungan lemak dan protein ini harus ada dalam diet atau makanan louhan untuk merangsang pertubuhan jenongnya. Sumber terbaik untuk mendapatkan kandungan lemak dan protein tinggi adalah makanan dari kombinasi jantung hati sapi, cacing beku, cacing tanah, bayam, dan wortel. Semua bahan yang disebutkan tadi dicampur menjadi satu, lantas dibuat seperti pelet dengan bahan agar-agar sebagai perekat.

Makanan buatan tersebut bisa pembaca berikan berselang-seling dengan pakan pabrik dan juga pakan alami. Pemberian pakannya bisa 3-4 kali sehari.

Itu adalah pakan buatan yang memiliki kombinasi tepat untuk memacu pertumbuhan jenong ikan louhan. Sedangkan pakan komersial atau pakan siap saji yang dari pabrik pada umumnya berupa pelet. Pelet yang diberikan pada ikan louhan pada umumnya juga kombinasi bahan bahan yang dibuatnya sudah lengkap. Jadi pembaca juga hanya tinggal membaca lebelnya adakah untuk manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan jenong dan juga baca cara pemberianya.

Sedangkan makanan ikan louhan biar jenong berupa pakan alami yang terpenting jenis hewan yang mengandung banyak lemak dan juga protein, sperti misalnya cacing tanah. Hanya saja pemberian pakan alami ini harus benar benar hati hati, karena tidak menutup kemungkinan pakan alami membawa bibit penyakit, yang akhirnya menjadikan louhan pembaca menjadi sakit.

Selain Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berikut Adalah Makanan Ikan Louhan Biar Merah

Sama seperti jenong, ikan louhan dalam segi warna juga tergantung juga dari jenisnya. Jadi jika louhan yang warnanya kurang cerah atau gelap maka bagaimanapun pembaca berusaha untuk membuatnya merah dan cerah ya tidak akan merah dan cerah. Untuk itu sebelumnya tips untuk pembaca sekalian dari majalah hewan adalah belilah ikan louhan dengan warna sisik yang contras (cerah) dan bukan gelap kehitaman.

Nah jika louhan pembaca memang louhanya sudah louhan yang berwarna akan tetapi warna merah cerhnya kurang keluar maka selain pemeliharaan yang baik pembaca juga memberi makanan yang bisa memnculkan warnanya. Lalu pakan apa yang diberikan biar louhan merah.

Pakan yang paling pas untuk memunculkan warna ikan louhan adalah pakan yang mengandung beta-Carotene. Makanan yang mengandung beta-Carotene ini mampu memunculkan warna ikan louhan semakin cerah. Untuk mendapatkan pakan ikan luhan yang memiliki kandungan beta-Carotene ini bisa dari pakan buatan pabrik ataupun pakan alami.

Untuk pakan pabrik pembaca semua harus melihat komposisinya terlebih dahulu, adakah mengandung beta-Carotene atau tidak dan adakah tulisan bagus untuk warnya atau tidak, selain itu baca juga aturan pakainya atau pola pemberianya.

Sedangkan pakan alami yang banyak mengandung beta-Carotene adalah udang. Akan tetapi dalam pemberian pakan untuk louhan ini sebaiknya dikombinasi dengan pakan lain agar louhan terpenuhi nutrisinya dan tumbuh dengan sehat, jangan hanya memberi udang melulu.

Ada juga sebagian hobiis ikan louhan yang memberi makan louhan mereka dengan kelabang untuk memunculkan warna merah pada louhan mereka. Kelabang ini dipercaya juga mengandung Carotene pada cangkangnya. Bahkan kelabang juga diberikan pada ikan arwana.

Baca juga: Manfaat Kelabang Untuk Ikan Arwana Super Red

Informasi Makanan Ikan Louhan Supaya Cepat Besar Selain Makanan Ikan Louhan Biar Jenong

Gambar makanan ikan louhan biar jenong dan pertumbuhan
http://wirausahablogger.blogspot.co.id

Ketika pembaca memerlukan informasi mengenai makanan ikan louhan untuk mempercepat pertumbuhan, itu berarti louhan pembaca masih anak atau kecil. Makanan ikan louhan ini memang berbeda beda ketika usia louhan pembaca kecil dan remaja ( ukuran 2 – lebih ) pemberian pakanya berbeda dengan ikan lohan yang sudah dewasa ( 10 – 15 lebih ).

Yang terpenting dalam memilih jenis makanan ikan louhan supaya cepat besar ini haruslah memiliki kadar protein 45-60 %, 5-7 % lemak, serta mengandung vitamin dan mineral. Karena louhan dalam fase ini memerlukan gizi yang tinggi untuk pertumbuhanya.

Nah untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan anakan atau louhan kecil bisa berupa pakan buatan pabrik atau pelet dan pakan alami. Berilah pakan pelet yang memang dibuat untuk louhan anak. Jangan lupa untuk selalu membaca lebelnya.

Sedangkan pakan alami yang dipercaya mampu membuat ikan louhan tumbuh super cepat adalah cacing sutra. Cacing sutra ini ini bentuknya lembut dan juga kecil, selain itu cacing ini juga dikenal dengan cacing rambut, jadi pembaca jangan bingung ya. Aternatif lain selain cacing sutra cacing beku juga bisa pembaca berikan untuk louhan kecil atau anakan.

Nah itulah informasi makanan ikan louhan biar jenong, Cepat tumbuh besar dan juga biar merah cerah dari majalah hewan yang dirangkum dari berbagai sumber seperti: http://fishonn.blogspot.co.id/2014/08/cara-merawat-ikan-louhan.html, http://journeyofflowerhorn.blogspot.co.id/2016_02_01_archive.html, https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100213215936AATDBoH, http://louhanflowerhorn.blogspot.com/2013/10/pakan-anakan-louhan-usia-1-bulan.html, http://www.majalahikan.com/2015/12/10-tips-cara-merawat-dan-mempercepat.html, Semoga bermanfaat dan louhan pembaca sehat seperti yang pembaca harapkan.

Baca juga: Manfaat Jangkrik Untuk Ikan Louhan

loading...
2 Comments

Add a Comment