18 Gambar Ikan Di Lautan Dalam Yang Paling Menakutkan

Gambar Ikan Di Lautan Dalam, majalahhewan.com | Binatang atau hewan yang hidup di laut memang luar biasa banyak, bahkan macam macam hewan yang hidup di darat masih kalah banyak jumlah spesiesnya.

Contoh kecilnya ikan yang hidup di laut, spesiesnya lebih beragam dari pada ikan yang hidup di air tawar, baik jenis ikan konsumsi maupaun ikan yang dimanfaatkan untuk ikan hias.

Selain itu, kehidupan bawah laut menyimpan banyak keindahan dan juga hal hal yang menakutkan.

Berikut ini majalah hewan paparkan untuk pembaca semua beberapa gambar ikan di lautan dalam yang paling menakutkan.

Baca juga : Nama Nama Ikan Laut Dan Gambarnya Terlengkap

18 Gambar Ikan Di Lautan Dalam Yang Paling Menakutkan

Di sini majalah hewan hanya menyebutkan gambar ikan saja agar sesuai dengan judul, meskipun banyak juga hewan laut dalam yang memiliki tampang menyeramkan, seperti misalnya Giant Isopod yang dalam klasifikasinya masuk dalam Subfilum Crustacea.

Atau misalnya juga Giant Squid ( Cumi-cumi raksasa ) yang dalam klasifikasinya masuk dalam Filum moluska.

Dan berikut adalah 18 gambar ikan di lautan dalam yang paling menakutkan dan menyeramkan atau bahkan menurut pembaca malah lucu?!

1, Deep-sea dragonfish – Ikan Naga Laut dalam

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Deep-sea dragonfish
Gambar Ikan Naga Laut dalam ( Deep-sea dragonfish ) by roaring.earth

Yang pertama dari gambar ikan di lautan dalam yang paling menakutkan adalah Deep-sea dragonfish, atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ikan naga laut dalam.

Deep-sea dragonfish, sebelum menghuni laut dengan kedalaman 2 km awalnya hidup di laut bagian atas, itu karena telur telur Deep-sea dragonfish berada di permukaan laut.

Deep-sea dragonfish ini menangkap mangsanya dengan cahaya yang bisa ia keluarkan dari barbel ( organ untuk meraba yang melekat pada rahang bawahnya ) dengan metode yang dikenal dengan bioluminescence.

2, Deep-sea Frilled Shark – Ikan Hiu berjumbai

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Frilled Shark
Gambar Ikan Hiu berjumbai (Frilled Shark) by sharkopedia.discovery.com

Frilled Shark ini juga termasuk jenis ikan luat dalam yang wajahnya menyeramkan. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Ikan Hiu berjumbai.

Ikan Hiu berjumbai ini mendiami laut dalam Atlantik dan Pasifik. Para ilmuan berspekulasi bahwasanya hiu ini memangsa dengan menelan hidup hidup mangsanya.

3, Deep-sea Blobfish – Ikan Bob

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Blobfish
Gambar Ikan Bob atau Blobfish by sickchirpse.com

Yang ketiga dari gambar ikan di lautan dalam yang paling menakutkan dan jarang sekali terlihat oleh mansia adalah Blobfish atau Ikan Bob.

Blobfish ini menghuni perairan dalam lepas pantai daratan Australia dan Tasmania / Selandia Baru yang kedalamanya 1200 meter.

4, Deep-sea Coffinfish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Coffinfish
Gambar Ikan Coffinfish

Coffinfish menghuni perairan barat daya Pasifik , lepas pantai timur Australia. Coffinfish ini ketika terancam oleh predator akan mengembangkan tubuhnya.

5, Deep-sea Chimaera

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Chimaera
Gambar Ikan Chimaera

Selanjutnya ikan laut dalam yang menyeramkan adalah Ikan Chimaera, ikan ini juga dikenal dengan ghost sharks ( hiu hantu ).

Menurut catatan fosil chimaeras adalah kerabat terdekat ikan hiu, hanya saja secara evolusi terpisah dari hiu hampir 400 juta tahun yang lalu.

6, Deep-sea Pacific Blackdragon

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Pacific Blackdragon
Gambar Ikan Pacific Blackdragon by emgn.com

Pacific Blackdragon adalah ikan predator laut. Selain memiliki tampang yang menyeramkan juga termasuk ikan yang unik, karena tubuhnya berwarna hitam, bahkan perutnya dilapisi dengan jaringan hitam yang berfungsi sebagai penghalang cahaya yang dihasilakan oleh hewan bioluminescent (penghasil cahaya).

Baca juga : Jenis – Jenis Ikan Predator Air Tawar

7, Deep-sea Stargazer

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Stargazer
Gambar Ikan Stargazer

Stargazer merupakan ikan laut dalam yang menyeramkan selanjutnya, itu karena mulut serta matanya berada di atas kepala. Terlebih ikan ini menguburkan diri di pasir yang dengan mengejutkan mangsanya langsung menerkam.

Sebenarnya ikan yang menguburkan diri di pasir ini tidak hanya dijumapai di lautan dalam saja, akan tetapi juga ditemukan di perairan dangkal di seluruh dunia.

8, Deep-sea Anglerfish-Ikan sungut ganda

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Anglerfish
Gambar Ikan Ikan sungut ganda atau Anglerfish by montereybayaquarium.org

Anglerfish selain menakutkan juga ikan yang cerdik, ikan ini menangkap mangsanya dengan menggunakan umpan antena yang digerak gerakan di atas kepalnya.

Mulutnya menghadap ke atas dengan mulutnya juga penuh gigi, selain menghuni lautan dalam Anglerfish ini juga naik ke permukaan laut untuk menangkap burung laut.

9, Deep-sea Gulper Eel – Belut pelikan

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Gulper Eel
Gambar Gulper Eel

Belut pelikan atau Gulper Eel. Akan tetapi sebenarnya Gulper Eel ini bukanlah dari golongan ikan belut, melainkan ordo dari ikan pari bersirip, yang mirip dengan belut.

Lihat Juga : 36 Gambar Ikan Pari Lengkap Dengan Nama Ilmiah Dan Inggrisnya

10, Deep-sea Snaggletooth fish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Snaggletooth fish
Gambar Ikan Snaggletooth fish by ppcorn.com

Selanjutnya ikan di lautan dalam yang memiliki tampang menakutkan adalah Snaggletooth fish. Seperti kebanyakan ikan yang menghuni laut dalam, ikan Snaggletoothfish ini menangkap mangsanya dengan cahaya yang memancar dari tubuhnya sebagai daya tarik yang disebut dengan ( bioluminescent )

11, Deep-sea Hatchetfish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Hatchetfish
Gambar Ikan Hatchetfish by realmonstrosities.com

Yang selanjutnya adalah Hatchetfish. Ikan ini menghuni perairan tropis , subtropis dan beriklim dari Samudera Atlantik , Pasifik dan Hindia dengan kedalaman 50 hingga 1500 meter.

Uniknya ikan Hatchetfish ini memiliki mata yang menghadap ke atas, yang memungkinkan bisa menangkap mangsanya yang berada di atas.

12, Deep-sea Barreleye Fish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Barreleye Fish
Gambar Ikan Barreleye Fish by ppcorn.com

Ikan Barreleye Fish adalah ikan yang unik, tentunya bagi pembaca yang takut melihat bagian tubuh transparan mengatakan seram.

Yups…Ikan Barreleye Fish ini memiliki ciri ciri kepalanya transparan. Selain itu ikan ini juga memiliki mata tabung yang menghadap ke atas.

13, Deep-sea Grenadier fish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Grenadier fish
Gambar Ikan Grenadier fish by sputniknews.com

Ikan Grenadier fish atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama ikan ekor tikus. Ikan ini menghuni kedalaman laut yang luar biasa dari Arktik sampai Antartika.

14, Deep-sea Megamouth Shark

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Megamouth Shark
Gambar Ikan Megamouth Shark by mirror.co.uk

Megamouth Shark atau Ikan Hiu bermulut besar juga termasuk ikan laut dalam yang menakutkan. Ikan hiu ini merupakan salah satu jenis hiu yang langka.

15, Deep-sea Viperfish

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Viperfish
Gambar Ikan Viperfish by bbc.co.uk

Ikan Viperfish menghuni laut dengan kedalaman 80-1,520 m. Ciri ciri ikan Ikan Viperfish ini memiliki gigi gigi yang panjang serta ranghang yang berengsel.

16, Deep-sea Black Swallower

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Black Swallower
Gambar Ikan Black Swallower by Discovery

Ikan Black Swallower mendiami laut dengan kedalaman 700-2,745 m. Selain tampangnya yang menyeramkan, Ikan Black Swallower ini juga ikan yang mampu menelan mangsanya yang ukuranya melebihi tubuhnya sendiri.

17, Deep-sea Fangtooth

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Fangtooth
Gambar Ikan Fangtooth by newscientist.com

Gambar ikan di lautan dalam yang menyeramkan yang selanjutnya adalah Fangtooth.

18, Deep-sea Goblin Shark

Gambar Ikan Di Lautan Dalam Goblin Shark
Gambar Ikan Goblin Shark by ThingLink.com

Yang terakhir dari gambar ikan di lautan dalam adalah Ikan Goblin Shark atau Hiu Goblin.

Ikan Goblin Shark juga termasuk hiu langka dan tak banyak yang bisa diketahui tentangnya. Akan tetapi melihat dari gambarnya saja, hiu ini benar benar menakutkan seperti namanya yang berarti hiu hantu.

( Sumber )

Save

Save

loading...

Add a Comment