Ciri Ciri Laba Laba Itu Beda Dengan Tarantula

Ciri Ciri Laba Laba Itu Beda Dengan  Tarantula, majalahhewan.com – Sebelum kita lihat ciri – ciri laba – laba, ada baiknya kita lihat sepintas sedikit tentang laba-laba.

Ciri Ciri Laba Laba

Yang kita tahu laba – laba adalah hewan yang membuat sarang dirumah – rumah kita, yang pada akhirnya kita kesal karena harus membersihkan setiap kali ada rumah / sarang laba-laba.

Padahal sebagian dari jenis laba – laba merupakan peliharaan eksotis, seperti misalnya laba – laba tarantula. Untuk itu majalah hewan berusaha menulis ciri  ciri laba  laba ini agar kita tau perbedaan antara laba – laba rumah, atau yang hidup di alam liar dengan tarantula yang menjadi peliharaan eksotis.

Sekilas Tentang Ciri  Ciri Laba  Laba

Ciri Ciri Laba Laba Dan Tarantula

Laba laba atau yang juga disebut dengan labah labah merupakan sejenis hewan berbuku – buku ( arthropoda ) yang mana memiliki dua segmen tubuh, empat pasang kaki,, tidak memiliki sayap dan juga tidak memiliki mulut pengunyah.


Laba – laba bisa dijumpai diseluruh belahan bumi, kecuali di Antartika.

Laba – laba adalah hewan pemangsa atau karnivora, terkadang hewan pembuat jaring ini juga kanibal dan mangsa utamanya adalah serangga.

Laba – laba bukanlah serangga, pada postingan yang akan datang majalah hewan akan membahas perbedaan antara laba – laba dengan serangga, akan tetapi ada satu bahasan menarik dari salah satu jenis serangga yang bagus juga untuk disimak, ya’ni ciri – ciri kupu kupu.

Ciri – ciri laba – laba yang paling umum adalah membuat jaring untuk menangkap mangsanya.


Dan semua jenis laba – laba mampu mengahasilkan benang sutra atau  ( jaring laba – laba ) akan tetapi jaring yang buatnya tidak semata – mata digunakan untuk menangkap mangsa.

Jaring laba – laba ini juga berguna untuk pergerakanya, mulai dari berayun dari satu tempat ke tempat yang lain, membuat kantung telur, serta melindungi lubang sarang dan masih banyak lagi manfaat jaring laba-laba ini.

Jaring laba – laba / benang sutra adalah helaian serat protein yang tipis akan tetapi sangat kuat yang dihasilkan dari kelenjar ( spinneret ) yang mana terletak di bagisn belakang tubuhnya.


Dari semua jenis laba – laba ada ada di dunia, hanya sekitar 200 spesies yang gigitanya membahayakan manusia.

Sekilas Tentang Ciri – Ciri Terantula

Ciri Ciri Laba Laba Itu Beda Dengan Tarantula

Nama tarantula berasal dari satu kota di Italia yaitu Taranto. Tarantula adalah salah satu jenis laba – laba, akan tetapi ukuranya jauh lebih besar ketimbang laba – laba, selain itu tarantula biasanya berbulu.

Laba – laba tarantula masuk pada famili Theraphosidae. Dan semua tarantula yang telah teridentifikasi ada sekitar 800 spesies.

Sebagian  besar dari spesies tarantula tidak berbahaya bagi manusia dan sebagian dari spesiesnya menjadi terkenal. Itu karena diperdagangkan dan dijadikan sebagai hewan peliharaan eksotis.


Layaknya ciri ciri laba  laba tarantula pada umumnya memiliki tering dan dapat menggigit dengan tering tersebut. Akan tetapi racun dalam gigitannya lebih lemah daripada racun yang terdapat pada lebah madu pada umumnya dan gigitan tarantula terkenal menyakitkan untuk manusia karena diketahui lebih sakit dari pada sengatan tawaon.

Ciri Ciri Laba Laba Dan Perbedaanya Dengan Tarantula

Ciri Khusus Laba – Laba

Ciri Ciri Laba Laba Dengan Tarantula

Laba-laba merupakan Aracnida (bukan serangga) dengan ciri ciri laba laba khusus sebagai berikut:

~> Ciri ciri laba laba tubuhnya terdiri dari dua bagian, kepala dan dada yang menyatu (cephalothorax), serta perut.

~> Ciri ciri laba laba pada bagian kepala dan dada memiliki delapan mata, delapan kaki, dua taring bisa dan dua peraba.

~>Ciri ciri laba laba pada ujung perut yang lembut dan elastik terdapat cerat pemintal dan lubang-lubang untuk sistem pernafasan. Cephalothorax dan perut dihubungkan oleh batang kecil yang disebut “pedicel”

Perbedaan Tarantula Dan Laba Laba

Ciri Ciri Laba Laba dan perbedaanya Dengan Tarantula

~> Semua tarantula merupakan sepesies laba-laba sedangkan laba – laba tidak semua spesiesnya tarantula.


~> Laba – laba memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibanding dengan laba – laba tarantula.

~> Beberapa spesies laba-laba ditumbuhi bulu-bulu halus di tubuhnya, sedangkan seluruh spesies tarantula diselimuti bulu-bulu halus di sekujur badannya.

~> Tidak semua spesies laba – laba adalah karenivora ( laba-laba pelompat Neotropical ” herbivora” ) akan tetapi semua spesies tarantula pasti bersifat karnivora.

~> Beberapa spesies laba-laba yang mempunyai organ pemintal hingga sebanyak 6 buah, Sedangkan  Organ pemintal benang yang dimiliki oleh tarantula berjumlah 2-4 buah.

 ~> Pada umumnya laba – laba menangkap mangsa dengan jaringnya, sedangkan tarantula jaringnya digunakan

sebagai tempat beristirahat dan berlindung.

~>  Pada umumnya rata-rata umur laba-laba adalah 2 tahun sedangkan tarantula bisa bertahan hidup sampai usianya lebih dari 5 tahun.

~>  Laba – laba rumah merupakan hewan yang dibenci, karena jaringnya membuat rumah terlihat kumuh dan kotor. Sedangkan

beberapa orang yang tertarik dengan tarantula dan menjadikanyan hewan peliharaan rumah. Itulah perbedaan laba laba dengan tarantula.

Karena tarantula adalah bagian dari spesies laba – laba, maka dari keduanya juga ada persamaan.

Persamaan tersebut adalah adanya organ pemintal benang tipis yang ada di bagian belakang tubuhnya, inilah persamaan ciri ciri laba laba dengan dengan tarantula.

loading...
8 Comments

Add a Comment