Nama Nama Hewan Dari Huruf D Disertai Gambar Dan Sekilas Penjelasanya

Posted on

Nama Nama Hewan Dari Huruf D, majalahhewan.com | Melanjutkan dari tulisan sebelumnya yakni nama hewan dari huruf A, nama hewan dari huruf B, nama hewan dari huruf C, nah sekarang mari kita kenali nama nama hewan dari hurf D.

Ada banyak sekali hewan yang dimulai dari huruf D ini, baik itu hewan air, hewan darat maupun yang terbang, hewan peliharaan hingga hewan liar.

Dalam pengenalan kita pada hewan kali ini akan lebih komplit. Karena, selain nama nama hewan yang ada di Indonesia yang tentunya juga dengan bahasa indonesia dan hewan ayang ada di dunia yang tentunya menggunakan bahasa inggris.

Tidak lupa pula dengan gambar dan sedikit penjelasan setiap hewanya, agar kita lebih mengenal Nama Hewan Dari Huruf D ini.

Nama Nama Hewan Dari Huruf D Yang Ada Di Dunia Dalam Bahasa Inggris

1, Dachshund

Nama Hewan Dari Huruf D-Dachshund ( Anjing )
Sumber Gambar-dogtime.com

Dachshund merupakan jenis anjing peliharaan yang berukuran kecil dan memiliki kaki pendek, Selain anjing peliharaan yang populer, Dachshund juga salah satu anjing yang pandai berburu tikus.

2, Dalmatian

 Nama Hewan Dari Huruf D-Dalmatian ( Anjing )
Sumber Gambar-pets4homes.co.uk

Dalmatian merupakan ras anjing yang warna dasar kulitnya adalah putih dan terdapat noda noda warna hitam dan terkadang ada variasi warna coklatnya. Umur anjing Dalmatian ini berkisar antara 10 hingga 13 tahun.

3, Darwin’s Frog

Nama Hewan Dari Huruf D-Darwin's Frog ( Katak )
Sumber Gambar-ilknowledge.com

Darwin’s Frog memiliki nama latin atau nama ilmiah Rhinoderma darwinii. Habitat katak ini adalah aliran sungai Argentina dan aliran sungai negara Chili.

4, Deer

 Nama Hewan Dari Huruf D-Deer ( Rusa )
Sumber Gambar-wikipedia.org

Deer dalam bahasa Indonesia adalah Rusa, Sambar atau juga disebut Menjangan. Hewan ini memiliki kecepatan lari hingga 60 – 80 km/jam ( Rusa kutup ). Nama latin atau ilmiah rusa adalah Cervidae.

5, Desert Tortoise

 Nama Hewan Dari Huruf D-Desert Tortoise ( Kura Kura )
Sumber Gambar-wikipedia.org

Desert Tortoise adalah jenis kura kura gurun yang memiliki nama latin atau nama ilmiah Gopherus agassizii. Kura kura ini termasuk jenis kura kura yang masuk dalam daftar IUCN yang berstatus Vulnerable A1acde+2cde, E ver 2.3 atau Rentan A1acde + 2cde, E ver 2.3.

6, Deutsche Bracke

Nama Hewan Dari Huruf D-Deutsche Bracke ( Anjing )
Sumber Gambar-dogbreedstandards.com

Deutsche Bracke merupakan jenis anjing pemburu yang memiliki karakter sombong, anjing ini berasal dari Westphalia wilayah Jerman.

7, Dhole

Nama Hewan Dari Huruf D-Dhole
Sumber Gambar-deviantart.com

Dhole atau biasa kita kenal dengan Ajak atau ajag adalah anjing hutan yang tidaklah sama dengan srigala, pada umumnya ajak ini mendiami wilayah Asia, khususnya wilayah selatan dan timur.

Dhole atau ajak ini adalah anjing asli Indonesia atau Nusantara yang bisa ditemukan di pulau Sumatra dan juga Jawa.

Nama latin Dhole atau ajak ini adalah Cuon alpinus dan terdaftar di IUCN yang masuk dalam daftar terancam punah atau bisa dikatan hewan langka.

8, Dingo

Nama Hewan Dari Huruf D-Dingo
Sumber Gambar-reptilepark.com

Dingo merupakan anjing liar yang yang asal sebenarnya bukanlah dari Australia, meski begitu anjing ini dideskripsikan sebagai anjing liar Australia. Nama latin atau ilmiah dari anjing liar Dingo ini adalah Canis lupus dingo.

9, Discus

Nama Hewan Dari Huruf D-Discus ( Ikan Hias Air Tawar )
Sumber Gambar-wattleydiscus.com

Discus atau dalam keseharian kita dikenal dengan nama diskus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari lembah sungai Amazon di Amerika Selatan.

Karena warnanya yang cerah dan menarik, maka discus populer sebagai ikan hias akuarium. Nama latin dari ikan discus ini adalah Diskrit simfisodon.

10, Doberman Pinscher

Nama Hewan Dari Huruf D-Doberman Pinscher ( Anjing )
Sumber Gambar-dogbreedgallery.com

Doberman Pinscher merupakan jenis anjing menengah serta anjing penjaga, memiliki moncong panjang yang menjadikan gigitanya sangat kuat.

Setiap anjing ini memiliki karakter atau kepribadian yang bervariasi, akan tetapi jika pelatihan yang diberikanya baik, maka anjing ini akan cenderung menjadi teman yang baik dan penuh kasih.

11, Dodo

Nama Hewan Dari Huruf D-Dodo
Sumber Gambar-wikipedia.org

Dodo merupakan burung yang tak bisa terbang dan sudah punah pada akhir abad ke -17. Burung ini mendiami Pulau Mauritius dan memiliki tinggi 1 meter. Nama latin atau ilmiah burung Dodo adalah R. cucullatus

12, Dog

Nama Hewan Dari Huruf D-Dog ( Anjing )
Sumber Gambar-pexels.com

13, Dogo Argentino

Nama Hewan Dari Huruf D-Dogo Argentino ( Anjing )
Sumber Gambar-jjdogokennel.com

Dogo Argentino adalah ras anjing yang berasal dari Argentina. Ciri ciri anjing Dogo Argentino ini memiliki warna putih dan memiliki otot yang kuat. Itu sebabnya dikembangkan pada umumnya untuk berburu, seperti babi hutan misalnya.

14, Dogue De Bordeaux

Nama Hewan Dari Huruf D-Dogue De Bordeaux ( Anjing )
Sumber Gambar-pets4homes.co.uk

Dogue De Bordeaux adalah ras anjing yang berasal dari negara Perancis yang memiliki tubuh besar dan salah satu jenis anjing paling kuno di Perancis.

15, Dolphin

Nama Hewan Dari Huruf D-Dolphin ( Lumba Lumba)
Sumber Gambar-pebble.tv

Dolphin atau lumba lumba adalah hewan laut dan bukan ikan, akan tetapi mamalia.

Dolphin ini merupakan hewan yang cerdas dan memiliki sistem alamiah yang kompleks, yang mana menjadikanya inspirasai para ilmuan teknologi.

16, Donkey

Nama Hewan Dari Huruf D-Donkey
Sumber Gambar-dreamicus.com

Donkey atau lebih kita kenal dengan nama Keledai, merupakan hewan mamalia dan jinak yang biasanya dimanfaatkan sebagai alat tranportasi, seperti menarik kereta atau terkadang juga dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Nama latin atau nama ilmiah Donkey atau keledai ini adalah Equus africanus asinus yang termasuk dari keluarga Equidae.

17, Dormouse

Nama Hewan Dari Huruf D-Dormouse
Sumber Gambar-Planning & pbctoday.co.uk

Dormouse merupakan hewan pengerat yang banyak ditemukan di Eropa, walaupun ada juga Dormouse yang ditemukan atau mendiami Afrika dan juga Asia.

Hewan ini termasuk dari keluarga Gliridae yang memiliki karateristik lama dalam berhibernasi. Bahkan membutuhkan waktu 6 bulan dalam setiap tahunya.

18, Dragonfly

Nama Hewan Dari Huruf D-Dragonfly ( Capung )
Sumber Gambar-wikipedia.org

Dragonfly atau lebih dikenal dengan nama Capung, merupakan serangga yang hampir disemua benua bisa ditemukan, kecuali Antartika.

19, Drever

Nama Hewan Dari Huruf D-Drever ( Anjing )
Sumber Gambar-wikipedia.org

Drever merupakan jenis anjing yang berasal dari Swedia, ciri cirinya yang paling umum adalah memiliki tubuh panjang dan berkaki pendek.

Anjing ini memiliki stamina yang istimewa dan banyak digunakan untuk berburu, seperti misalnya berburu kelinci, rusa jantan, rubah dan rusa merah.

20, Duck

Nama Hewan Dari Huruf D-Duck ( Itik )
Sumber Gambar-pets4homes.co.uk

Duck atau dalam bahasa Indonesia disebut bebek, bebek ini adalah spesies burung dalam famili Anatidae. Pada umumnya yang namanya bebek itu adalah burung akuatik yang ukuranya lebih kecil dari kerabatnya yakni angsa dan juga angsa leher pendek. Pada umumnya bebek bisa dijumpai diperairan air tawar maupun air laut.

21, Dugong

Nama Hewan Dari Huruf D-Dugong ( Hewan Laut )
Sumber Gambar-australiangeographic.com.au

Dugong atau duyung merupakan hewan mamalia laut dan bukan ikan. Dugong ini memiliki berat 300 kg saat sudah dewasa dan masih kerabat evolusi dari gajah. Nama latin atau nama ilmiahnya adalah Dugong dugon

22, Dunker

Nama Hewan Dari Huruf D-Dunker ( Anjing )
Sumber Gambar-doglip.com

Dunker adalah ras anjing yang berasal dari negara Norwegia. Anjing ini memiliki karakter bersahabat, energik, dan juga tenang.

23, Dusky Dolphin

Nama Hewan Dari Huruf D-Dusky Dolphin ( Hewan Laut )
Sumber Gambar-whaleopedia.com

Dusky Dolphin adalah jenis lumba lumba yang dapat dijumpai di belahan bumi bagian selatan. Dusky Dolphin ini memiliki nama ilmiah  Lagenorhynchus obscurus dan masuk dalam daftar IUCN dengan statusnya adalah Data Deficient ver 3.1.

24, Dwarf Crocodile

Nama Hewan Dari Huruf D-Dwarf Crocodile ( Buaya )
Sumber Gambar-wikipedia.org

Dwarf Crocodile atau dalam bahasa Indonesia disebut buaya kerdil. Dwarf Crocodile ini juga umum dengan panggilan African dwarf crocodile ( buaya kerdil Afrika ), broad-snouted crocodile ( buaya berkepang lebar ), atau bony crocodile (  buaya kurus ).

Nama latin atau nama ilmiah dari Dwarf Crocodile adalah Osteolaemus tetraspis dan merupakan jenis buaya terkecil di Afrika.

Nah itulah Nama Nama Hewan Dari Huruf D yang ada di dunia ini yang mungkin saja dari kita ini jarang yang tau, karena berbahasa Inggris. Dan berukutnya mari kita kenali Nama Hewan Dari Huruf D yang sering kita dengar dalam bahasa sehari hari kita.

Nama Nama Hewan Dari Huruf D Dalam Bahasa Yang Sering Kita Dengar

25, Domba
Nama Hewan Dari Huruf D-Domba
Sumber Gambar-radioaustralia.net.au

Domba atau juga dienal dengan biri biri, merupakan hewan ternak yang seringnya dimanfaatkan untuk diambil bulu bulunya, daging dan juga susunya.

Nama ilmiah dari Domba adalah Ovis aries, dan domba ini bisa hidup hingga 10 sampai 12 tahun.

26, Derik ( Ular )
Nama Hewan Dari Huruf D-Derik ( Ular )
Sumber Gambar-ngeHits.net

Derik adalah jenis ular yang memiliki suara berderik, itu sebabnya terkadang kita hanya menyebutnya derik saja tanpa menambahkan kata ular.

Suara yang dikeluarkan dari ular ini adalah dari ekornya yang terdiri dari segmen segmen ketika digerakan.

27, Deruk ( Burung )
Nama Hewan Dari Huruf D-Deruk ( Burung )
Sumber Gambar-burung-oceh-ocehan.blogspot.co.id
28, Dokun ( Ikan air Tawar)
Nama Hewan Dari Huruf D-Dokun ( Ikan Air Tawar )
Sumber Gambar-id.dbpedia.org

Dokun adalah salah satu jenis ikan air tawar yang habitatnya menyebar di paparan Sunda. Ikan ini dalam bahasa Inggris disebut dengan spanner barb atau t-barb, sedangkan kita lebih mengenalnya dengan nama ikan wader ikan sluang.

Selain sebagai ikan konsumsi, ikan dokun ini juga sebagai ikan hias akuarium. Nama latin ikan dokun ini adalah Barbodes lateristriga.

29, Dinosaurus

Nama Hewan Dari Huruf D-Dinosaurus ( Hewan Purba )
Sumber Gambar-portalislami.blogspot.co.id

Dinosaurus merupakan hewan purbakala yang memiliki nama ilmiah atau nama latin Dinosauria.

Sahabat semua bisa melihat sambungan Nama Hewan Dari Huruf D, pada ulasan berikutnya yakni Nama Hewan Dari Huruf E.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan jangan lupa sharenya ya….!

8 comments

Leave a Reply