Elang Flores Dan Segala Sesuatu Tentang Burung Langka Endemik Indonesia Ini

Elang Flores, majalahhewan.com | Elang flores adalah jenis burung pemangsa dari keluarga Accipitridae yang terancam punah dan termasuk salah satu nama hewan langka yang ada di Indonesia. Sahabat semua, mari kita lihat lebih dalam akan jenis burung elang yang satu ini, mulai dari habitat elang flores, makanan, hingga penyebab kepunahanya, agar kita lebih menghargai kehidupan hewan di alam bebas.

Dalam bahasa inggris elang flores ini dikenal dengan nama Flores Hawk-eagle dan Sunda Hawk Eagle, sedangkan nama latin atau nama ilmiah elang flores adalah Nisaetus floris.

Habitat Elang Flores

Gambar Peta Habitat Elang Flores ( Flores Hawk-eagle )
source image – edgeofexistence.org

Hewan langka ini adalah asli dari Indonesia atau endemik Indonesia, yang tidak akan ditemukan di negara lain. Persebaran burung elang ini tepatnya di hutan Flores, Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara, dan dua pulau kecil yakni Pulau Satonda dan Pulau Rinca.

Pengamatan terbaru burung elang ini juga ditemukan di Pulau Alor dan laporan yang belum dikonfirmasi telah dibuat dari Pulau Palue dan Pulau Komodo di Flores NTT.

Pada umumnya burung elang ini terlihat di dataran rendah dan tergantung dengan hutan hujan dataran rendah, akan tetapi juga tercatat terlihat pada ketinggian setinggi 1.600 meter (5.200 kaki).

 

Gambar Habitat Elang Flores ( Flores Hawk-eagle )
source image – raptorcs.wordpress.com

Yang paling sering terlihat burung elang ini terbang di atas kanopi hutan di sepanjang lereng gunung yang curam.

Ciri Ciri Burung Elang Flores

Gambar Elang Flores ( Flores Hawk-eagle )
source image – birdquest-tours.com

Karena burung elang ini adalah pemangsa atau hewan karnivora, maka untuk ukuranya juga lumayan besar. Pada umumnya panjang tubuhnya berkisar antara 75 cm hingga 79 cm atau 30 hingga 31 in saat sudah dewasa.

Ada juga yang mencatat bahwasanya burung elang ini panjangnya 60 hingga 80 cm. Sedangkan wikipedia menulisnya hanya sekitar 55 cm saat sudah dewasa.

Untuk mengetahui seperti apa jenis burung elang Indonesia ini, ciri cirinya adalah untuk kepala elang flores ini berwarna putih dengan garis kecoklatan pada mahkotanya.

Sedangkan untuk tubuh burung langka ini berwarna coklat kehitam-hitaman, pada setiap bulu yang tumbuh di bagian dada, perut dan juga paha burung elang ini, berwarna putih dan ada corak samar atau tipis yang berwarna coklat kemerahan.

Untuk sayap burung elang penghuni hutan flores, Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara ini terlihat ada warna tambalan putih ( patch putih ) saat terbang.

Gambar Ciri Ciri Elang Flores ( Flores Hawk-eagle ) Ketika Terbang
source image – edgeofexistence.org

Untuk ciri ciri pada ekornya berwarna coklat dan adanya garis gelap yang jumlahnya ada enam garis. Dan untuk kaki kaki elang ini berwarna putih.

Makanan Burung Elang Flores

Sedikit sekali informasi mengenai makanan burung elang ini, akan tetapi seperti kebanyakan jenis jenis burung elang lainya, bisa diperkirakan elang endemik Indonesia iniĀ  memangsa hewan ular, jenis jenis burung, kadal hingga mamalia kecil.

Perkawinan Burung Elang Flores
Gambar Masa Perkawinan Elang Flores ( Flores Hawk-eagle )
source image – raptorcs.wordpress.com

Diperkirakan masa kawin elang flores ini di musim kemarau, juni hingga juli. Sedangkan telur telurnya belum ada catatan yang spesifik.

Penyebab Kepunahan Elang Flores

Salah satu penyebab terancamnya burung elang ini adalah dianggap hama oleh penduduk setempat atau petani lokal, karena kebiasaan dari burung elang ini memangsa atau berburu ayam.

Selain itu, burung ini terus menerus kehilangan habitatnya dan juga penangkapan untuk perdaganan burung. Bahkan para kolektor satwa langka akan membayar dengan mahal untuk burung elang yang masuk dalam daftar merah ini.

Spesies elang ini populasinya sangat kecil dan mengalami penurunan penerus yang sangat cepat sebagai akibat dari habitat clearance, untuk itu, burung elang flores ini terdaftar sebagai Critically Endangered oleh IUCN.

Di alam liar tercatat tidak lebih dari 250 ekor burung dewasa saja pada tahun 2005. Dan berikut adalah daftar sebelum penetapan penilaian daftar merah elang flores dari IUCN

2015 – Critically Endangered (CR)
2013 – Critically Endangered (CR)
2012 – Critically Endangered (CR)
2009 – Critically Endangered (CR)
2008 – Langka (EN)
2005 – Langka (EN)
2004 – Tidak Diakui (NR)
2000 – Tidak Diakui (NR)
1994 – Tidak Diakui (NR)
1988 – Tidak Diakui (NR)

langkah Penyelamatan Elang Flores

Langkah yang di ambil untuk melindungi burung elang ini adalah dengan memberi pengetahuan akan hewan langka, dan burung elang flores termasuk salah satu dari hewan langka tersebut. Dan ini dibuktikan dengan dibuatnya Taman Nasional Rinjani di Pulau Lombok sebagai wadah pembelajaran masyarakat.

Gambar Langkah Penyelamatan Elang Flores ( Flores Hawk-eagle )
source image – pengetahuandanteknologi.com

Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Alap Alap Di Dunia Paling Lengkap Disertai Gambar Dan Penjelasanya

Save

Save

loading...
2 Comments

Add a Comment