Jenis Alap Alap Di Dunia Paling Lengkap Disertai Gambar Dan Penjelasanya

Jenis Alap Alap Di Dunia, majalahhewan.com | Alap alap atau burung alap alap adalah sekelompok burung predator atau pemangsa yang dalam klasifikasinya anggota dari keluarga Falconidae. Dalam bahasan kali ini majalah hewan tidak menyebutkan elang, elang-alap dan juga rajawali, karena ketiga jenis burung ini tidak termasuk dari anggota keluarga Falconidae, melainkan dari suku Accipitridae. Dan juga tidak menerangkan alap alap samber nyowo, karena Beliau adalah Pahlawan Nasional, bukan hewan. Burung alap alap ini bisa sahabat latih sejak kecil, tentunya cara melatih alap alap ini dibutuhkan kesabaran dan alap alap ini diperjual belikan sebagai burung peliharaan, yang tentunya harga burung alap alap ini tidaklah murah.

Ada banyak sekali jenis burung alap alap ini, seperti misalnya yang populer Alap-alap Capung (Microhierax fringillarius), Alap-alap Kawah (Falco peregrinus), Alap-alap macan (Falco severus), Alap-alap sapi (Falco moluccensis) dan yang lainya.

Jenis alap alap yang majalah hewan sebutkan terbagi menjadi dua, yang pertama jenis alap alap yang ada di Indonesia atau pernah tinggal di Indonesia dan yang kedua adalah jenis alap alap di dunia yang tidak ada di Indonesia.

Dalam penjelasanya, juga disebutkan tingkat keberadaanya di alam liar, apakah masih banyak atau hampir punah, agar kita semakin mencintai hewan hewan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini. Tidak lupa juga gambar, nama latin, nama dalam bahasa inggris dan yang lainya.

Jenis Alap Alap Di Dunia Yang Juga Tinggal Dan Ada Di Indonesia

  • 1. Alap-alap australia (Falco longipennis)

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap australia (Falco longipennis)
Gambar-nya flickr.com

Yang pertama dari jenis alap alap yang ada di Indonesia adalah burung alap alap Australia, Burung alap alap ini sebenarnya bukan endemik asli Indonesia, akan tetapi sering terlihat di Indonesia. Seperti namanya, alap alap ini memang dari Negara Australia yang mana akan bermigrasi ke Indonesia ketika pada musim dingin.

Nama latin alap alap Australia adalah (Falco longipennis), sedangkan dalam bahasa inggris disebut Australian Hobby. Alap alap Australia adalah jenis burung yang terdaftar di IUCN ( International Union for Conservation of Nature and Natural Resources ) yang statusnya adalah bimbang.

Alap alap Australia adalah burung pemangsa atau predator yang pada umumnya memangsa jenis burung lain yang ukuranya lebih kecil darinya, bahkan tak jarang alap alap Australia ini juga memangsa burung yang ukuranya hampir sama denganya.

Bukan hanya jenis burung yang menjadi mangsa alap alap Australia, bahkan ketika menjelang malam ia memangsa kelelawar dan juga serangga yang ukuranya besar.

Selain pemangsa, alap alap Australia ini juga termasuk burung yang malas untuk membuat sarang, ini terbukti ketika pada musim kawin mereka akan merebut sarang burung lain untuk dijadikan sarang mereka.

Akan tetapi, walaupun alap alap Australia ini pemangsa, bisa dikatakan bahwasanya mereka adalah burung pemangsa yang ukuranya paling kecil di Australia. Ini terbukti dengan panjang maksimalnya hanya mencapai 30 hingga 36 cm.

  • 2. Alap-alap capung ( Microhierax fringillarius )

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap capung ( Microhierax fringillarius )
Gambar-nya flickr.com

Yang kedua dari jenis alap alap adalah burung alap alap capung, tidak seperti pada alap alap Australia yang ada di Indonesia karena bermigrasi ( pindah dan kembali lagi ke asalnya ). Alap alap capung adalah asli burung yang mendiami dan ada di Indonesia.

Selain itu, ia juga burung yang tersebar di Negara Brunei Darussalam , Myanmar , Thailand , Malaysia , Singapura bahkan Sri Langka. Untuk di Indonesia sendiri pada umumnya ditemukan di hutan hutan, tepi hutan dan lahan lahan pembukaan hutan. Tak jarang alap alap juga bisa dilihat di sungai sungai, serta sawah.

Nama latin atau ilmiah alap alap capung ini adalah Microhierax fringillarius, sedangkan namanya dalam bahasa inggris disebut Black-thighed Falconet.

Jika sahabat tau burung gereja, maka hampir seperti itulah ukuran burung alap alap capung ini, yups…. kecil bukan untuk ukuran burung predator. Spesifiknya untuk panjang burung ini hanya berkisar 14 hingga 16 cm dengan lebar sayap hanya 27 hingga 32 cm dan beratnya sekitar 35 gram. Untuk itu alap alap capung adalah burung alap alap terkecil di dunia.

Dikatakan burung alap alap capung mungkin karena mangsanya adalah capung dan hewan hewan kecil lainya seperti misalnya kupu kupu, ngengat, rayap bahkan tonggeret dan kadal, tak jarang ia juga memamgsa burung yang ukuranya lebih kecil darinya.

Berbeda dengan alap alap australia yang merebut sarang burung lain, alap alap capung ini ketika musim kawin tiba, maka akan mendiami lubang lubang lama dari burung takur dan burung pelatuk. Untuk alap alap capung yang mendiami pulau jawa pada umumnya akan berkembang biak atau kawin pada bulan November hingga Desember.

Jenis burung alap alap capung ini yang dianggap langka adalah yang mendiami pulau jawa dan bali, sedangkan yang mendiami Sumatra dan Kalimantan masih umum terlihat dan juga yang ada di Thailand.  Untuk itu alap alap capung ini walaupun statusnya masih bimbang akan tetapi terdaftar di IUCN.

  • 3. Alap-alap coklat ( Falco berigora )

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap coklat ( Falco berigora )
Gambar-nya flickr.com

Jenis alap alap di dunia yang mendiami Indonesia yang ke 3 adalah Alap-alap coklat, tepatnya di Papua Nugini. Alap alap coklat tidak hanya di temukan di Indonesia akan tetapi juga di Negara lain, seperti Australia, dan Tasmania.

Alap alap coklat adalah burung alap alap yang pada umumnya semua bulunya berwana totol totol coklat pada bagian atasnya, sedangkan tungkainya berwarna kehijauan dan termasuk spesies burung dari keluarga Accipitridae.

Saat sudah dewasa maka alap alap coklap ini mencapai 40 hingga 50 panjang total tubuhnya. Predator ini pada umumnya memangsa hewan mamalia seperti misalnya tikus dan juga kelinci yang masih kecil. Terkadang juga memangsa invertebrata, tak jarang juga berburu burung yang ukuranya kecil, ular, kadal, ulat, jangkrik, belalang, hingga kumbang.

Ketika musim kawin, maka mereka akan menggunakan sarang burung alap alap lain yang sudah tidak terpakai untuk menetaskan telur telurnya.

Alap alap coklat nama latinya adalah (Falco berigora), sedangkan nama dalam bahasa inggrisnya adalah Brown Falcon. Falco bruno adalah bahasa italianya, sedangkan bahasa jermanya adalah Habichtfalke. Untuk negara prancis menyebut burung alap alap coklat ini dengan nama  Faucon bérigora.

Dan alap alap coklat ini juga terdaftar di IUCN yang statusnya masih bimbang.

  • 4. Alap-alap erasia (Falco tinnunculus)

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap erasia (Falco tinnunculus)
Gambar-nya avis.indianbiodiversity.org

Alap-alap erasia adalah jenis alap alap yang juga bermigrasi ketika musim dingin. Alap-alap erasia ini adalah burung pemangsa yang yang dalam klasifikasinya masuk  keluarga Falconidae, jenis burung ini tersebar luas di  Eropa , Asia , dan Afrika , serta kadang-kadang mencapai pantai timur Amerika Utara.

Nama lain dari Alap-alap erasia adalah European kestrel, Eurasian kestrel, or Old World kestrel. Akan tetapi lebih umum dengan nama common kestrel. Sedangkan nama latin dari Alap-alap erasia adalah Falco tinnunculus.

Common kestrel atau Alap-alap erasia ini termasuk jenis burung pemangsa yang ukuranya tidak terlalu besar, untuk alap alap jantan hanya  32-39 cm (13-15 in) yang di ukur dai kepala hingga ekornya. Sedangkan lebar bentangan sayapnya berkisar  65-82 cm (26-32 in). Untuk Alap-alap erasia betina ukuranya lebih besar dibanding Alap-alap erasia jantan beratnya mencapai 154-314 g, sedangkan untuk jantan hanya memiliki berat 136-252 g.

Mangsa dari alap-alap erasia ini di alam liar pada umumnya adalah tikus, dalam sehari alap-alap erasia membutuhkan tikus 4 hingga 8 ekor per hari. kadang kadang saat berburu alap-alap erasia ini tidak langsung dimakan, akan tetapi dikumpulkan terlebih dahulu.

Selain tikus Alap-alap erasia ini juga memangsa mamalia kecil, serangga seperti misalnya kumbang, cacing tanah, invertebrata seperti laba laba unta. Bahkan tak jarang burung ini memangsa kelelawar, burung kecil, katak dan yang lainya.

Musim kawin alap-alap erasia ini pada saat musim semi atau pada saat awal musim kemarau untuk di daerah tropis. Sedangkan yang berada di Afrika pada bulan Agustus hingga Desember.

Alap-alap erasia ini tidak terancam punah dalam daftar IUCN akan tetapi hanya berstatus bimbang.

  • 5. Alap-alap kawah ( Falco peregrinus )

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap kawah ( Falco peregrinus )
Gambar-nya ast.wikipedia.org

Yang ke lima dari jenis alap alap di dunia yang pernah terlihat dan juga mendiami atau hanya bermigrasi saat musim dingin adalah alap alap kawah. Pada umumnya terlihat di Kalimantan atau Borneo, Jawa, Sulawesi, Sumatra ( Kepulauan Sunda ).

Alap alap kawah adalah salah satu burung pemangsa dari family Falconidae. Mangsa utamanya adalah burung yang berukuran sedang seperti misalnya merpati, burung nuri, burung jalak dan juga ayam. Terkadang juga berburu hewan mamalia mamalia kecil. Kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan juga tak luput dari kecepatan alap alap kawah saat berburu.

Alap alap kawah termasuk jenis burung yang memiliki kemampuan terbang sangat cepat, ukuran kecepatan burung pemangsa yang pernah dilaporkan program National Geographic TV adalah 389 km / h (242 mph). Sedangkan alap alap kawah mampu terbang dengan kecepatan 320 km / h (200 mph). Dan mendapat predikat burung pemangsa tercepat di dunia.

Ciri ciri alap alap kawah ini memiliki paruh yang besar dan berwarna kuning serta ujungya berwarna hitam. Untuk warna pada bulu di tubuhnya adalah hitam, kelabu, dan biru.Sedangkan bulu pada bagian dada dan perutnya berwarna putih dengan garis garis hitam.

Alap alap kawah ini termasuk burung pemangsa yang berukuran besar, beratnya bisa mencapai 330 ke 1.000 g (0,73-2,20 lb) untuk yang jantan, sedangkan yang betina jauh lebih besar dengan berat hingga 700 sampai 1.500 g (1,5-3,3 lb). Alap alap kawah ini memiliki ukuran panjang 34-58 cm (13-23 in) tubuh yang diukur dari kepala hingga ekor. Sedangkan lebar rentangan sayapnya  74-120 cm (29-47 in).

Alap alap kawah dalam bahasa inggris disebut peregrine falcon atau lebih umum dengan panggilan peregrine. Sedangkan nama latin alap alap kawah adalah (Falco peregrinus). Dalam daftar IUCN alap alap kawah ini berstatus Least Concern atau bimbang.

  • 6. Alap-alap layang ( Falco cenchroides )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia- Alap-alap layang ( Falco cenchroides )
Gambar-nya flickr.com

Yang ke enam dari jenis alap alap di dunia yang juga bermigrasi di Indonesia adalah alap alap layang. Dalam bahasa inggris alap alap layang disebut Australian kestrel yang berarti adalah alap alap Autralia atau lebih dikenal dengan sebutan nankeen kestrel. Sedangkan nama latin alap alap layang adalah Falco cenchroides.

Alap alap layang adalah jenis burung pemangsa dari family Falconidae, panjang keseluruhanya sekitar sekitar 31-35 cm atau 12 sampai 14 inci, dan untuk itu alap alap layang adalah jenis burung dari falcon yang terkecil.

Ciri khas alap alap layang ini ketika berburu mangsanya dengan terbang mengitari padang rumput, akan tetapi juga terkadang bertengger di dahan kering dan mengawasi mangsa dengan ketat di wilayah sekitar.

  • 7. Alap-alap sapi ( Falco moluccensis )

Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap sapi ( Falco moluccensis )
Gambar-nya territorioselvagem.forumeiros.com

Yang ke tujuh dari jenis alap alap di dunia yang tersebar di Indonesia adalah alap alap sapi, bahkan bisa dibilang alap alap sapi adalah alap alap nya Indonesia, karena alap alap ini tidak di jumpai selain di Indonesia. Penyebaranya mulai dari Wallacea ( Sulawesi , pulau terbesar dalam kelompok, serta Lombok , Sumbawa , Flores , Sumba , Timor , Halmahera , Buru , Seram , dan banyak pulau-pulau kecil ) dan Jawa.

Alap alap sapi adalah jenis burung pemangsa yang klasifikasinya dari keluarga Falconidae, dari genus Falco. Alap alap sapi sering terlihat memangsa  mamalia seperti kelelawar, burung , sebagian besar unggas air dan merpati , kadal , dan juga serangga.

Pada umumnya alap alap sapi ini menempati tepi tebing, struktur bangunan yang dibuat oleh manusia, atap rumah tradisional yang runcing atau pada pucuk pohon palem.

Ciri ciri alap alap sapi yang jantan adalah pada bagian atas tubuhnya dan juga kepalanya memiliki warna kekuningan, bergaris, dan juga bintik hitam yang tebal. Sedangkan pada bagian bawah tubuhnya berwarna kuning suram dan ada coretan hitam yang tebal. Untuk ekor alap alap sapi ini berwarna abu bau kebiruan dengan ujung berwarna putih dan ada garis yang lebar berwarna hitam di sub terminal.

Sedangkan untuk alap alap sapi betina ciri cirinya adalah selain ukuranya yang lebih besar dari pada jantan, ada sebuah garis tebal pada ekornya.Selain itu, paruhnya berwarna abu abu kebiruan dengan ujung hitam dan kuning. pada tungkai dan kakinya juga berwarna kuning.

Nama alap alap sapi dalam bahasa inggris adalah Spotted Kestrel, sedangkan nama latin alap alap sapi adalah Falco moluccensis. Dan terdaftar di IUCN dengan status bimbang

  • 8. Alap-alap walet ( Falco subbuteo )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap walet ( Falco subbuteo )
Gambar-nya hbw.com

Jenis alap alap di dunia selanjutnya yang juga terlihat di Indonesia adalah alap alap walet. Alap alap walet dalam bahasa inggris disebut Eurasian hobby, Hobby, European Hobby.Dalam bahasa prancis disebut Faucon hobereau. Sedangkan nama latin alap alap walet adalah (Falco subbuteo).

Alap alap walet ini termasuk jenis burung pemangsa yang ukuranya kecil, panjang maksimalnya antara 29 hingga 36 cm atau (11–14 in), sedangkan rentangan lebar sayapnya 74-84 cm (29-33 in) dan berat dari alap alap walet ini hanya 175-285 g (6,2-10,1 oz).

Alap alap walet pada umumnya terlihat memangsa serangga seperti misalnya capung, kelelawar yang berukuran kecil, jenis jenis burung seperti misalnya burung layang-layang, burung swifts, dan burung pipit.

Terlihat di Indonesia ketika bermigrasi, karena sebenarnya burung ini penyebaranya di seluruh Afrika , Eropa dan Asia. Dan terdaftar di IUCN yang statusnya bimbang.

  • 9. Alap-alap macan ( Falco severus )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap-alap macan ( Falco severus )
Gambar-nya hbw.com

Yang ke sembilan dari jenis alap alap di dunia yang ada di Indonesia adalah alap alap macan. Burung alap alap macan ini terbilang burung pemangsa yang ukuranya relatif kecil, hanya 24 hingga 30 cm saja panjang tubuhnya, sedangkan beratnya hanya 168 hingga 249 g. Lebar sayapnya ketika direntangkan hanya 61 hingga 69 cm.

Alap alap macan ini dalam  bahasa inggris disebut dengan Oriental Hobby, sedangkan nama latin burung alap alap macan adalah Falco severus. Statusnya dalam daftar IUCN hanya bimbang ( Least Concern ).

Burung alap alap macan ini pada umumnya terlihat memangsa serangga, burung yang ukuranya lebih kecil dan juga kelelawar. Ketika memangsa ia terlihat bertengger di pohon yang tinggi, dan ketika melihat mangsanya alap alap macan akan terbang dengan cepat untuk menyambarnya.

Suara burung alap alap macan ini akan terdengar ketika berada di dekat sarangnya, dan cenderung diam ketika jauh dari sarang. Selain itu, alap alap macan ini ketika bersarang untuk menetaskan telur telurnya yang pada umumnya berjumlah 4 butir menggunakan sarang burung lain yang sudah tidak terpakai.

Untuk mengenali alap alap macan ini ciri cirinya ketika sudah dewasa adalah pada kapala dan bagian atas tubuhnya berwarna abu abu gelap dengan corak kebiru biruan. Sedangkan tubuh bagian bawahnya coklat.

Terlihat di Indonesia saat bermigrasi ketika musim dingin tiba di daerah asalanya. Pada umumnya alap alap macan ini mendiami kebun kebun campuran dan hutan dataran rendah.

Jenis Alap Alap Di Dunia Paling Lengkap Disertai Gambar Dan Penjelasanya

  • 10. Alap-alap Amerika ( Falco sparverius )

Gambar-nya commons.wikimedia.com

Setelah melihat semua jenis alap alap di dunia yang terlihat di Indonesia, sekarang mari kita buka wawasan kita untuk melihat jenis jenis alap alap di dunia, yang pastinya akan sangat menyenangkan melihat ciptaan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini.

Yang no 10 dari jenis alap alap di dunia adalah alap alap Amerika. Dalam bahasa inggris alap alap Amerika ini disebut American kestrel, sedangkan nama latinya adalah (Falco sparverius). Dan bisa dikatakan bahwa alap alap Amerika ini hanya bisa di jumpai di Amerika.

Alap alap Amerika sendiri memiliki banyak sub spesies, yang kurang lebih ada 17 sub spesies. Ukuranya terbilang kecil untuk jenis burung yang bersifat predator atau pemangsa. Pada umumnya jantan lebih kecil dibanding dengan betina.

Panjang tubuhnya berkisar antara 22 hingga 31 cm, sedangkan lebar sayapnya 51 hingga 61 cm. Sedangkan ukuran betina dari alap alap Amerika ini jauh lebih besar dengan selisih antara 10 hingga 15 %.

Cara memangsa hewan buruanya, yang pada umumnya adalah belalang, kadal, serangga, tikus, dan burung kecil, alap alap Amerika cenderung bertengger dan mengawasi gerakan gerakan dari mangsanya dan ketika sudah terlihat, maka ia akan melesat dengan cepat untuk menangkapnya. Selain itu, alap alap Amerika ini juga memangsa di udara. Bahkan dengan memiliki paruh, cakar dan otot yang kuat, alap alap Amerika ini mampu memangsa burung yang ukuranya sama bahkan lebih basar darinya.

Alap alap Amerika ini banyak digunanakan dalam falconry {  jenis olahraga yang memanfaatkan falcon (jenis elang atau alap-alap) atau hawk (rajawali) dalam suatu aktivitas berburu } terutama para pemula.

Alap alap Amerika ini masuk dalam daftar IUCN yang berstatus bimbang ( Least Concern )

  • 11. Alap Alap Northern Crested Caracara ( Caracara cheriway )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Alap Alap Northern Crested Caracara ( Caracara cheriway )
Gambar-nya inaturalist.org

Northern crested caracara adalah salah satu dari jenis burung pemangsa yang dalam klasifikasinya juga dari Falconidae / alap alap. Selain itu Northern crested caracara ini juga dikenal dengan nama northern caracara dan crested caracara. Nama Northern crested caracara sediri berarti caracara jambul utara. Sedangkan nama latin atau nama ilmiah dari burung alap alap Northern crested caracara ini adalah Caracara cheriway.

Kuba adalah penyebaran burung alap alap Northern crested caracara ini, selain itu juga tersebar di utara Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta Meksiko.

Mangsa dari burung alap alap ini adalah mamalia kecil, amfibi, reptil, ikan, kepiting, serangga dan juga cacing. Bahkan alap alap ini memakan bangkai, selain itu jenis alap alap ini juga merebut makanan burung lain.

Untuk tempat tinggal atau sarangnya, pada umumnya alap alap ini membangunya di pohon Prosopis, Arecaceae, dan juga kaktus. Alap alap Northern crested caracara adalah salah satu jenis alap alap di dunia yang juga terdaftar di IUCN yang berstatus Least Concern atau bimbang.

  • 12. Karakara selatan ( Caracara plancus )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Karakara selatan ( Caracara plancus )
Gambar-nya commons.wikimedia.org

Karakara selatan atau caracara jambul selatan adalah salah satu dari jenis caracara jambul, burung ini juga pemangsa yang dalam klasifikasinya termasuk keluarga dari alap alap / Falconidae . Saat ini penyebaranya dibatasi hanya di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Caracara jambul selatan termasuk salah satu jenis alap alap di dunia yang ukuranya cukup besar, panjangnya mencapai 50-65 cm (20-26 in) dan Berat burung caracara jambul selatan adalah 0,9-1,6 kg (2-3,5 lbs), sedangkan rentang lebar sayapnya 120-132 cm (47-52 in). Bahkan bisa di bilang caracara jambul selatan adalah jenis alap alap terbesar di dunia setelah gyrfalcon.

Selain dikenal dengan Karakara selatan juga dikenal dengan nama carancho, untuk nama latinya adalah (Caracara plancus).

Sama dengan Northern crested caracara yang juga memakan bangkai, mencuri atau merebut makanan dari jenis hewan pemangsa lainya.

  • 13. Chimango caracara ( Milvago chimango )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Chimango caracara ( Milvago chimango )
Gambar-nya flickr.com

Chimango caracara adalah jenis burung predator yang juga dari keliarga alap alap, Chimango caracara ini termasuk jenis alap alap di dunia yang paling cerdas dibanding dengan yang lainya. Dan memiliki kemampuan bisa memangsa ikan yang ada di permukaan air. Selain ikan, alap alap ini juga memangsa serangga, vertebrata kecil dan juga bangkai.

Chimango caracara adalah jenis burung dari caracara yang ukuranya paling kecil, panjang keselurunhan hanya 37 hingga 40 cm. Burung pemangsa ini tersebar di  di Argentina , Uruguay , Chile , Paraguay dan selatan Brasil.

Burung alap alap yang memiliki nama lati (Milvago Chimango) sering di jumpai di semak kering dan semak semak, selain itu juga banyak terlihat di ladang ladang dan tepi air.

  • 14. Yellow-headed caracara ( Milvago chimachima )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Yellow-headed caracara ( Milvago chimachima )
Ganbar-nya pinterest.com

Jenis alap alap di dunia selanjutnya adalah Yellow-headed caracara atau alap alap berkepala kuning. Seperti kebanyakan jenis alap alap lainya, alap alap kepala kuning juga merupakan burung predator, hanya saja burung yang satu ini tidak secepat jenis alap alap lain saat berburu, bahkan kebanyakan mencari mangsa dengan berjalan di tanah.

Mangsa yang diburunya pada umumnya adalah reptil, amfibi, hewan kecil dan juga bangkai. Bahkan burung alap alap kepala kuning ini memakan kutu kutu dari hewan ternak sapi.

Akan tetapi, terkadang alap alap kepala kuning ini juga gemar memakan buah, jadi selain memangsa juga memakan buah hingga akhirnya burung ini digolongkan menjadi hewan omnivora.

Pada umumnya burung alap alap kepala kuning ini panjangnya mencapai 41 hingga 46 cm sedangkan beratnya 325 g, dan seperti kebanyakan jenis alap alap di dunia lainya, alap alap kepala kuning ini juga ukuranya lebih besar betina dibanding dengan yang jantan.

Persebaran alap alap kepala kuning ini meliputi  di tropis dan subtropis Amerika Selatan dan bagian selatan Amerika Tengah.

Nama latin burung alap alap kepala kuning ini adalah M. chimachima, yang statusnya dalam daftar IUCN adalah bimbang ( Least Concern ). Akan tetapi, setelah banyaknya pembukaan hutan untuk beternak sapi, alap alap kepala kuning ini dari jarang menjadi banyak terlihat.

  • 15. Falkon tertawa atau laughing falcon ( Herpetotheres cachinnans )

Gambar Jenis Alap Alap Di Dunia-Falkon tertawa atau laughing falcon ( Herpetotheres cachinnans )
Gambar-nya argentavis.org

Yang ke 15 dari jenis alap alap di dunia adalah Falkon tertawa yang dalam bahasa inggrisnya adalah  laughing falcon. Hampir mirip dengan alap alap kepala kuning dari segi warna pada kepalanya, alap alap laughing falcon juga berwarna kuning pucat pada bagian kepalanya.

Terkadang juga disebut alap alap pemangsa ular, karena dalam berburu mangsanya pada umumnya adalah ular, tak jarang juga memangsa kadal, tikus kecil, kelabang atau lipan dan juga kelelawar.

Dalam berburu, laughing falcon ini lebih sering bertengger di dahan atau ranting pohon dengan mengamati pergerakan mangsa yang ada di tanah. Setelah mangsa tertangkap maka akan dibawa kedahan untuk dimakan.

Dalam memakan ular yang ukuranya kecil, maka akan lansung di telan mulai dari ekornya, sedangkan jika ukuran ularnya besar maka kepala si ular tersebut akan dipegang dengan cakarnya kemudian dibunuh lalu dimakan.

Dinamakan falcon tertawa atau laughing falcon karena karena suara burung ini sangat nyaring. Panjang dari burung alap alap laughing falcon ini 46 hingga 56 cm sedangkan lebar sayapnya 79-94 cm.

Statusnya dalam daftar IUCN adalah bimbang ( Least Concern )

  • 16. Pygmy falcon ( Polihierax semitorquatus )

Gambar Pygmy falcon ( Polihierax semitorquatus )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya flickr.com

Jenis alap alap yang ke 16 adalah Pygmy falcon, yang persebaranya di timur dan selatan Afrika. Pygmy falcon adalah jenis burung alap alap terkecil yang ada di benua  Afrika, ukuranya tak lebih dari 20 cm. Pada umumnya memangsa reptil kecil, mamalia kecil dan juga serangga.

Nama latin dari burung alap alap Pygmy falcon adalah Polihierax semitorquatus Dan dalam daftar IUCN berstatus bimbang ( Least Concern ).

  • 17. Striated caracara / Alap alap lurik ( Phalcoboenus australis )

Gambar Striated caracara / Alap alap lurik ( Phalcoboenus australis )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya hbw.com

Yang ke 17 dari jenis alap alap di dunia adalah alap alap lurik atau dalam bahasa inggris disebut dengan Striated caracara. Nama latin Striated caracara adalah (Phalcoboenus australis).

Burung alap alap lurik atau Striated caracara adalah jenis burung pemangsa dari keluarga  Falconidae yang tersebar di kepulauan Falkland Islands, dan di sana dikenal dengan nama burung alap alap Johnny banteng atau Johnny rook.

Alap alap lurik ini bukanlah tipe pemangsa atas, kebanyakan mencari makan di daratan. Makanan yang biasa dimakan adalah bangakai, terutama burung laut yang sudah mati dan domba mati.

Tak jarang burung alap alap lurik ini menyerang domba kecil atau domba yang baru lahir, hingga akhirnya burung alap alap lurik ini menjadi musuh petani domba. Selain itu, pada umunya juga memakan cacing dan juga serangga, yang mana ia mencarinya dengan menggunakan cakar – cakarnya.

Statusnya di dalam daftar IUCN, burung lurik ini hampir terancam punah ( Near Threatened  )

  • 18. Falconet berkerah atau Collared falconet ( Microhierax caerulescens )

Gambar Falconet berkerah atau Collared falconet ( Microhierax caerulescens )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya bird-stockphotos.photoshelter.com

Yang ke 18 dari jenis jenis alap alap di dunia adalah Falconet berkerah atau Collared falconet ( Microhierax caerulescens ).

Merupakan burung pemangsa dari jenis alap alap yang ukuranya kecil, panjangnya hanya 18 cm. Pesebaran burung alap alap jenis ini ada di benua India dan Asia tenggara.

Dalam daftar IUCN burung jenis alap alap ini tercatat dengan status bimbang ( Least Concern )

  • 19. Mountain caracara (Phalcoboenus megalopterus)

Gambar Mountain caracara (Phalcoboenus megalopterus)-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya flickr.com

Jenis alap alap di dunia selanjutnya adalah  mountain caracara, burung alap alap yang satu ini bersifat oportunis, bahkan sangat jarang berburu lewat angkasa atau udara.

Pada umumnya mencari makan pada tanah, seperti misalnya bangkai bahkan bisa dibilang  mountain caracara ini lebih suka memakan bangkai ketimbang berburu. Akan tetapi, terkadang juga mengais dengan cakarnya untuk mencarai arhropoda adau hewan kecil atau hewan pengerat.

Bisa dibilang  mountain caracara adalah burung alap alap paling cerdas, karena burung ini mampu membalikan batu batu untuk mencari makan. Selain berburu di tanah dan memakan bangkai juga memangsa burung burung kecil.

Mountain caracara atau dalam bahasa Indonesia disebut burung alap alap gunung, ciri cirinya adalah warna pada bagian atas hitam legam sedangkan bagian bawah putih bersih dan wajahnya merah atau oranye.

Nama latin burung alap alap mountain caracara adalah (Phalcoboenus megalopterus), dan persebaranya di Andes , Patagonia dan Kepulauan Falkland.

Untuk stausnya di dalam daftar IUCN adalah bimbang ( Least Concern )

  • 20. Pied falconet (Microhierax melanoleucos)

Gambar Pied falconet (Microhierax melanoleucos)-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya picssr.com

Jenis alap alap di dunia selanjutnya adalah Pied falconet, alap alap jenis ini banyak di temukan di Bangladesh , Bhutan , China , Hong Kong , India , Laos , dan Vietnam .

Nama latinya adalah (Microhierax melanoleucos) dan terdaftar di IUCN dengan status bimbang Least Concern. Sedangkan dalam bahasa Ppanyol adalah Falconete Pío.

  • 21. White-rumped falcon ( Polihierax insignis )

Gambar White-rumped falcon ( Polihierax insignis )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya birdseye.photo

Jenis alap alap di dunia yang nomer 21 adalah White-rumped falcon. Burung alap alap ini memiliki panjang total 23-28 cm (9-11 in), sedangkan beratnya  84-112 g (3,0-4,0 oz), dan lebar sayap 42-49 cm.

Burung alap alap ini hampir terancam ( Near Threatened ) dalam daftar IUCN.

Nama latin alap alap White-rumped falcon adalah  ( Polihierax insignis ) sedangkan dalam bahasa inggris juga di kenal dengan nama White-rumped Pygmy-falcon, Fielden’s Falconet. Untuk bahasa spanyol menyebutnya Halconcito Asiático, Halconcito Colilargo de Asia.

Alap alap ini persebaranya di Kamboja , Laos , Myanmar , Thailand , dan Vietnam. Dan pada umumnya memangsa kadal dan juga serangga.

  • 22. Carunculated caracara ( Phalcoboenus carunculatus )

Gambar Carunculated caracara ( Phalcoboenus carunculatus )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya hbw.com

Jenis alap alap di dunia selanjutnya adalah carunculated caracara, burung ini untuk sifatnya hampir mirip dengan alap alap Mountain caracara (Phalcoboenus megalopterus) yakni oportunis, yang memakan bangkai dan serangga, perawakanya juga hampir serupa hanya saja pada bagian dada bercoral hitam putih.

Nama latin carunculated caracara adalah (Phalcoboenus carunculatus), sedangkan dalam daftar IUCN alap alap carunculated caracara ini terdaftar dengan status bimbang.

Persebaran burung alap alap ini di Paramo di Andes dari Ekuador dan Kolombia.

  • 23. White-throated caracara (Phalcoboenus albogularis)

Gambar White-throated caracara (Phalcoboenus albogularis)-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya joyfolk.livejournal.com

Jenis alap alap di duni yang ke 23 adalah white-throated caracara, burung ini juga dari  Andes dari selatan Chile dan Argentina. Juga memakan bangkai dan serangga yang tertangkap layaknya alap alap Mountain caracara (Phalcoboenus megalopterus).

Nama latin alap alap white-throated caracara adalah (Phalcoboenus albogularis), dan dalam daftar IUCN berstatus bimbang.

  • 24. Philippine falconet ( Microhierax erythrogenys )

Gambar Philippine falconet ( Microhierax erythrogenys )-Jenis Alap Alap Di Dunia
Gambar-nya flickr.com

Philippine falconet adalah jenis alap alap di dunia selanjutnya, sesuai namanya jenis alap alap ini berasal dari Filipina, dan paling umum di jumpai di  Luzon, Mindanao, Mindoro dan Visayas.

Pada umumnya alap alap jenis ini terlihat tunggal atau juga berpasangan bertenger di cabang cabang pohon yang kering di hutan subtropis primer dan sekunder dataran rendah lembab atau tropis.

Nama latin alap alap Philippine falconet adalah Microhierax erythrogenys, dan bimbang ( Least Concern ) dan dalam statusnya di daftar IUCN.

Pada umumnya alap alap ini bersarang di sarang burung pelatuk yang sudah lama tidak di huni.

Nah itulah jenis alap alap di dunia, sebenarnya masih banyak alap alap baik dari spesies dan sub spesies lainya, semoga menambah wawasan sahabat majalah hewan semua.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

loading...
18 Comments

Add a Comment