Jenis Jenis Anjing Pemburu Tikus Yang Juga Sebagai Anjing Peliharaan Rumah

Jenis Anjing Pemburu Tikus, mahalahhewan.com | Masih membahas seputar hewan pengerat yang sulit untuk diusir, diperangkap, bahkan dibasmi….yakni tikus. Nah bagi sahabat yang kualahan mengatasi tikus yang ada di rumah bisa juga lihat dulu tulisan sebelumnya yang berjudul..Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh..Sahabat juga mesti tau ni, selain jangkrik dan kucing, anjing ternyata juga bisa diandalkan untuk berburu tikus, bahkan fakta menunjukan kalau anjing lebih jago ketimbang kucing dalam hal menangkap tikus. Akan tetapi tidak semua jenis anjing memiliki kemampuan untuk berburu tikus. Mau tau apa saja jenis anjing pemburu tikus yang paling handal? berikut ulasanya.

Jenis Jenis Anjing Pemburu Tikus Yang Juga Sebagai Anjing Peliharaan Rumah

Kebanyakan dari jenis anjing yang pandai dalam hal menangkap tikus atau hewan pengerat lainya adalah dari jenis anjing terriers. Jenis lainya juga bisa diandalkan tapi hanya beberapa saja.

1. Rat Terrier

Gambar Rat Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image pyxisratterriers.weebly.com

Namanya saja sudah menggambarkan kalau dialah jenis anjing yang paling pintar dalam berburu tikus, ya anjing ini memang jago banget untuk menangkap tikus, bahkan hingga ke lubang tikus.

Rat Terrier ini adalah anjing dari Amerika Serikat yang ukuranya kecil, tingginya saat sudah dewasa hanya berkisar antara 25 higga 46 cm. Beratnya hanya 4,5 hingga 11 kg saat sudah dewasa. Selain memiliki keuntungan bisa berburu tikus, anjing ini juga sangat bersahabat, pandai, lincah, penyayang. Bahkan Rat Terrier ini sangat baik pada anak anak, terlebih jika ia dipelihara ketika masih kecil.

Ada banyak keistimewaan dari anjing ini, dan akan kita lihat di tulisan yang lain. Untuk memlihara anjing ini, sahabat tinggal suka warna bulunya yang mana, pada umumnya anjing ini berwarana hitam, merah, putih dan ada juga yang coklat, serta kombinasi dari warna warna.

2. Cairn Terrier

Gambar Cairn Terrier Mouse Hunt- Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image terrierlogic.com

Nah yang satu ini adalah jenis anjing yang memiliki pengalaman berburu tikus hingga ratusan tahun, itu karena Cairn Terrier adalah anjing ras tertua dari jenis anjing terrier yang berasal dari Skotlandia. Selain pandai dalam berburu tikus, anjing yang satu ini memiliki sifat yang tak kenal rasa takut, tegas, pandai, kuat dan juga aktif.

Juga termasuk anjing mungil, ukuran tubuhnya hanya 25 hingga 33 cm untuk yang jantan dan untuk ajing yang betina 23 hingga 30 cm. Berat dari tubuh anjing ini untuk jantan 6 hingga 8 kg sedangkan untuk yang betina juga sama.

Pilahan warna bulunya juga banyak untuk jenis anjing ini, seperti misalnya abu abu, hitam, merah, krem, loreng dan yang lainya. Anjing ini juga senang sekali bermain dan jalan jalan, untuk itu sahabat juga sebaiknya menjadwalkan secara teratur.

3. Yorkshire Terrier

Gambar Yorkshire Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image ecstasycoffee.com

Ketimbang kedua jenis Terrier yang disebutkan tadi, Yorkshire Terrier ukuranya lebih kecil. Yakni hanya berkisar 17 cm saja. Akan tetapi inilah keuntungan memelihara Yorkshire Terrier untuk berburu tikus, karena dengan ukuranya yang mini, menjadikanya terampil dalam menangkap tikus.

Yorkshire Terrier adalah anjing yang berasal dari Inggris, ciri cirinya adalah memiliki bulu yang panjang dengan masa hidup sekitar 13 hingga 18 tahun.

Walupun ukuranya kecil dan termasuk jenis anjing mainan, anjing ini memiliki karakter pemberani, indepanden dan juga percaya diri. Selain itu, anjing ini juga cerdas dan energik.

Anijing ini lebih dikenal dengan naman Yorkie, ada banyak pilihan warna bulu yang bisa sahabat suka dari anjing ini, seperti misalnya coklat kemerahan, hitam dan emas, biru dan emas dan juga biru dan tan.

Karena bulunya panjang, maka dalam merawat anjing ini sahabat harus meluangkan waktu untuk menyisirnya agar tampilanya tetap cantik.

4. Norfolk Terrier

Gambar Norfolk Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image pinterest.com

Jenis anjing pemburu tikus selanjutnya adalah Norfolk Terrier, anjing ini juga berasal dari Inggris, Pulau Britania Raya. Pada umumnya anjing ini memiliki umur 12 hingga 15 tahun dengan berat tubuh antara 5 hingga 5,4 kg dan ukurannya hanya 12 hingga 15 cm saja.

Dari ukuranya yang kecil inilah keunggulan dari anjing ini dalam berburu tikus, ditambah dengan karakternya yang tak kenal rasa takut, salain itu anjing yang satu ini juga penyayang, ramah dan mudah untuk dilatih.

Bulunya lurus dengan ampilan warna yang menarik, seperti misalnya merah, hitam, coklat dan lainya. Selain bisa diandalakan untuk menjaga daerah sahabat dari hama tikus, anjing ini suka bermain lempar bola ataupun tongkat.

5. Jack Russell Terrier

Gambar Jack Russell Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image fieldandstream.com

Masih dari keturunan Terrier, yakni Jack Russell Terrier. ya ….jenis anjing ini juga memilki kemampuan yang handal dalam berburu tikus. Bahkan bisa dibilang Jack Russell Terrier adalah anjing penangkap tikus terbaik.

Jack Russell Terrier adalah anjing yang berasal dari Inggris, memiliki warna dasar putih dengan bulu pendek dan halus. Karakter anjing Jack Russell Terrier ini adalah energik, pemberani dan tak kenal rasa takut, pandai, keras kepala.

Usianya berkisar antara 13 hingga 16 tahun dengan tinggi hanya 25 hingga 38 cm saat sudah dewasa, sedangkan beratnya 6,4 hingga 8,2 kg.

6. West Highland White Terrier

Gambar West Highland White Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image lildogwhisperer.blogspot.co.id/

Nah yang satu ini memang dikembangbiakan untuk mengontrol populasi binatang atau hewan pengerat seperti tikus di peternakan. Makanya anjing yang satu ini sangat cepat dalam menangkap tikus.

Seperti namanya, warna bulu anjing ini adalah putih, bulu yang bagian dalam halus, sedangkan bulu yang bagian luar kaku. Bisa hidup dengan usia antara 12 hingga 16 tahun. Sama seperti anjing Terrier lainya, tingginya hanya berkisar antara 23 hingga 28 cm untuk betina sedangkan untuk jantan 25 hingga 30 cm, dengan berat 6 hingga 7 kg untuk betina dan untuk jantan 7 hingga 10 kg.

Selain pandai dan cekatan dalam menangkap tikus, karakter anjing West Highland White Terrier ini juga bersahabat, aktif, kuat, siaga.

Akan tetapi, sahabat harus bersabar mengatasi anjing yang satu ini, karena sifatnya yang keras kepala sangat menyulitkan untuk dilatih.

7. Lakeland Terrier

Gambar Lakeland Terrier Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image wyattgardens.blogspot.co.id

Jenis anjing pemburu tikus selanjutnya adalah Lakeland Terrier, ya…anjing yang satu ini pandai dalam beburu tikus, bahkan untuk tikus yang sulit dijangkau, itu karena karakternya yang energik dan juga postur tubuhnya.

Lakeland Terrier adalah jenis anjing yang berasal dari Lake District di Inggris. Jika sahabat memeliharanya, sahabat akan ditemaninya hingga 12 sampai 16 tahun, itu karena usianya sampai segitu. Hanya saja sahabat juga harus mengajarinya bersahabat dengan hewan kecil yang ada di rumah sahabat, seperti misalnya kucing atau yang lainya. Itu karena Lake District dari Inggris ini suka mengejar hewan hewan kecil disekitarnya.

Jenis Jenis Anjing Pemburu Tikus Yang Bukan Dari Jenis Anjing Terrier

8. Miniatur Schnauzer
Gambar Miniature Schnauzer Mouse Hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image pinterest.com

Yang ke delapan dari Jenis anjing pemburu tikus adalah bukan dari jenis Terrier, akan tetapi tidak diragukan lagi kemampuanya dalam menagkap tikus, kenapa? itu karena anjing yang berasal dari Jerman ini dibesarkan oleh para petani yang dijadikan  ratters ( pemburu tikus paling efisien )

Pada umumnya, bulu Miniatur Schnauzer yang ada di sekitar wajah di potong menyerupai alis, jenggot dan juga kumis.

Anjing ini sangat cerdas dan sangat menikmati ketika berada dengan anak anak, selain itu juga ceria. Selain menjadi hewan peliharaan dan juga bisa diandalkan untuk berburu tikus, anjing ini juga bisa dijadikan sebagai anjing penjaga.

9. Dachshund
Gambar Dachshund Mouse hunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image retrieverman.net

Siapa yang tak kenal dengan anjing yang satu ini, kaki kakinya yang pendek menjadikanya sangat mudah untuk dikenali. Ya….Dachshund juga salah satu dari jenis anjing yang jago berburu tikus, tak hanya tikus bahkan kelinci dan hewan pengerat lainya seperti misalnya prairie dogs ( Anjing padang rumput )juga akan ditangkap oleh anjing ini dengan mudah.

Karakter Dachshund sangatlah aktif, cerdas, tak kenal takut, ceria dan ingin tau.

10. German Pinscher
Gambar German Pinscher Mousehunt-Jenis Anjing Pemburu Tikus
source image animalscastle.com

Yang terakhir dari Jenis anjing pemburu tikus adalah German Pinscher, walaupun saat ini German Pinscher terliahat dijadikan hewan peliharaan rumah, akan tetapi anjing yang satu ini masih sering terlihat dan suka mengejar ngejar tikus.

Sebenarnya selain hewan peliharaan, hewan liar juga dalam rantai makananya juga banyak yang berburu tikus, seperti bisalnya burung alap alap, burung elang dan yang lainya.

Baca juga : Nama Nama Hewan Pemakan Tikus Got

Nah itulah beberapa jenis anjing pemburu tikus yang handal dan bisa dijadikan anjing rumahan untuk sahabat pelihara.

Semoga bermanfaat

Source : https://pethelpful.com

loading...
6 Comments

Add a Comment