Apa Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan? Berikut Penjelasanya

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan, majalahhewan.com | Binatang yang menghasilkan biji kopi terbaik ini memang banyak jenisnya, selain dipelihara untuk menghasilkan biji kopi yang mahal ini, musang juga populer menjadi peliharaan. Harga musang yang menjadi peliharaan juga bervariasi, tergantung dari jenis dan umurnya.

Merawat dan memelihara musang juga tak susah susah amat, yang terpenting adalah interaksi yang baik dengan si musang dan memberi perawatan serta makanan yang disukai si musang ( sesuai karakter ).

Musang pandan, mungkin merupakan jenis musang peliharaan yang paling umum dan populer. Selain musang pandan, ada satu lagi jenis musang yang juga banyak yang terpikat untuk memliharanya, yakni musang rase.

Bagi sahabat yang ingin memlihara baik musang pandan maupaun musang rase, akan tetapi masih bingung ciri fisik serta karakter kedua musang tersebut, berikut ini majalah hewan dot com paparkan perbedaan musang rase dan musang pandan.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dari Segi Fisik

Perbedaan musang rase dan musang pandan dilihat dari segi fisik ini akan kita lihat dari kepala, tubuh hingga ekornya

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dilihat Dari Kepala

Gambar kepala musang rase

Gambar Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan - Kepala Musang Rase
Source image imgrum.net

Untuk moncong musang rase ini panjang serta meruncing dengan warna hidung hitam atau gelap. Untuk leher musang rase ( umumnya ) ada 2 pola garis hitam.

Gambar Kepala  Musang Pandan

Gambar Kepala Musang Pandan - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image zizigaleri.com

Dahi musang pandan area samping wajah sampai pada bawah telinga memiliki warna putih atau keputih putihan dan adanya sebuah garis memanjang berwarna hitam samar dari hidung hingga atas kepala melewati tengah dahi.

Moncong musang pandan lebih pendek dengan warna hidung kurang begitu hitam atau gelap.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dilihat Dari Corak Warna

Gambar Warna Punggung Musang Rase

Gambar Punggung Musang Rase - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image flickr.com

Untuk warna bagian atas tubuh musang rase kelabu kecokelatan sampai cokelat pucat kekuningan. Pada umumnya, punggunya ini ada beberapa garis memanjang berwarna hitam dan di bawah beberapa garis hitam tersebut hingga sisi sisi tubuhnya disusul bintik bintik hitam juga memanjang.

Gambar Warna Punggung Musang Pandan

Gambar Punggung Musang Pandan - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image nswong.50webs.com

Warna tubuh musang pandan abu abu kecoklatan ditambah dengan variasi warna coklat merah tua hingga hijau.

Garis pada punggung musang pandan ini lebih gelap dan pada umumnya hanya tiga atau lima garis yang tidak begitu jelas dan terputus putus, atau garis ini berupa titik titik yang besar dan hitam.

Untuk bagian sisi samping tubuhnya serta bagian bawah perutnya lebih pucat dan juga ada bitik bintik samar di sebelah tubuhnya itu.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dilihat Dari Segi Ekornya

Gambar Ekor Musang Rase

Gambar Ekor Musang Rase - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image savageworld.ru

Ekor musang rase ini kurang lebih panjang ekornya 30 – 43 cm dengan warna belang hitam dan putih yang jumlah belangnya 6 hingga 9 dan pada akhir ( ujung belang ) berwarna putih.

Dan apabila diukur panjang tubuh musang rase ini mulai dari moncong hingga ujung ekor panjangnya: Panjang tubuh : 54 – 63 cm ditambah panjang ekor 30 – 43 cm.

Gambar Ekor Musang Pandan

Gambar Ekor Musang Pandan - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image uniprot.org

Ekor musang pandan kurang lebih panjangnya sekitar 40 cm dengan warna hitam-coklat mulus.

Ada juga musang pandan yang memiliki ujung ekor berwarna putih, hingga populer dengan nama musang pandan ekor putih.

Gambar Ekor Musang Pandan Ekor Putih

Gambar Musang Pandan Ekor Putih - Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image imgrum.net

Sedangkan bila diukur panjang tubuhnya mulai dari moncong hingga ekornya, panjangnya kurang lebih 90 cm. Dengan asumsi panjang tubuh kurang lebih 50 cm dan panjang ekornya 40 cm.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dari Segi Karakter

Gambar Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan
Source image wildlife.com.pk

Perbedaan musang rase dan musang pandan dari segi karakter ini dibagi dua, yakni bau dari kedua musang dan dari apa yang dimakan oleh mereka.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dilihat Dari Segi Baunya

Musang dan semua kerabatnya yang dari keluarga Viverridae memiliki kelenjar yang bisa mengeluarkan bau di dekat anus mereka ( pada umumnya musang jantan ). Fungsi dari kelenjar bau ini adalah untuk menandai batas teritorinya.

Baik musang rase dan musang pandan juga memilikinya, sedangkan dari kedua jenis musang ini bau yang dikeluarkan memiliki khas yang berbeda.

Bau yang dihasilan musang rase harum, untuk itu pada umumnya musang rase ini diburu untuk dimanfaatkan minyaknya dari kelenjar tersebut.

Sedangkan dari kelenjar musang pandan bau yang dihasilkan khas dengan bau pandan, terkadang bau pandanya pekat hingga mengakibatkan mual.

Untuk kalian yang mencoba memeliharanya, musti siap dengan apa pun yang dihasilkan dari kelenjar bau musang pandan ini.

Perbedaan Musang Rase Dan Musang Pandan Dilihat Dari Apa Yang Mereka Makan

Banyak yang mengatakan bahwasanya musang pandan adalah omnivora ( pemakan segala ), sedangkan untuk musang rase carnivora / karnivora ( pemakan daging ).

Musang pandan adalah penghasil biji kopi terbaik, maka bisa dibilang ia mau dan doyan banget makan buah kopi. Bahkan dalam merawat musang pandan ini, tak jarang yang memberinya makan buah, hingga madu.

Itu benar adanya, akan tetapi untuk saat ini saya masih berpedoman pada apa yang pernah saya jelaskan di tulisan …..YUK LIHAT JENIS JENIS MUSANG PELIHARAAN DAN JUGA JENIS MUSANG YANG DILINDUNGI….bahwasanya musang adalah hewan karnivora (pemakan daging), meskipun secara nyata saya belum bisa membuktikanya.

Akan tetapi dalam klasifikasi musang, baik musang pandan maupaun musang rase mereka dalam ordonya adalah biantang atau hewan CARNIVORA.

Dan kenapa musang pandan mau diberi makan buah adalah sebuah PR yang masih saya gali jawabanya….dan jika suatu saat nanti saya bisa membuktikanya, akan saya update lagi tulisan ini.

Kedua musang ini juga terdaftar di IUCN. Untuk musang rase di IUCN berstatus Least Concern ver 3.1 ( sedikit dikawatirkan ), sedangakn musang pandan di IUCN berstatus saya, yakni Least Concern ver 3.1 ( sedikit dikawatirkan )

Nah itulah sedikit gambaran akan perbedaan musang rase dan musang pandan, semoga menambah wawasan.

loading...

Add a Comment