Inilah 11 Jenis Jenis Sapi Di Indonesia Disertai Gambarnya

Posted on

Jenis Jenis Sapi di Indonesia, majalahhewan.com | Jenis-jenis sapi di Indonesia sangatlah beragam, dimana sebagian besar jenisnya merupakan ras unggulan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan manusia maupun sebagai alat transportasi. Selain itu, hewan yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini seringkali digunakan sebagai salah satu bagian ritual kebudayaan di Indonesia. Lalu, apa saja jenis-jenis sapi yang ada di Indonesia? Berikut uraian lengkapnya.

11 Jenis Jenis Sapi Di Indonesia

1. Jenis Jenis Sapi di Indonesia ( Sapi Hereford )

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Hereford
Sapi Hereford by flickr.com

Jenis sapi yang berasal dari wilayah Herefordshire, Inggris ini dikenal juga sebagai White Face Cattle. Sapi Hereford memiliki ciri khas warna merah kecokelatan di sebagian besar tubuhnya dengan corak putih pada bagian kepala dan badan bagian bawah. Sapi ini tergolong memiliki ukuran yang sedang dan memiliki bobot rata-rata mencapai 232 kg.

Sapi Hereford dikenal pula dengan daya adaptasinya yang sangat baik. Bahkan, jenis sapi ini pun memiliki tingkat pertumbuhan serta produktivitas yang sangat baik sehingga jenis sapi unggulan ini sering dikawin silangkan dengan jenis sapi lainnya, seperti Sapi Brahman, untuk menghasilkan sapi potong atau pedaging dengan kualitas terbaik.

2. Jenis Jenis Sapi di Indonesia ( Sapi Aberdeen Angus )

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Aberdeen Angus
Sapi Aberdeen Angus by flickr.com

Sapi Aberdeen Angus berasal dari wilayah Aberdeen, Skotlandia. Namun, jenis sapi ini pertama kali diimpor oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1974 melalui Selandia Baru. Dari ciri fisiknya, jenis sapi ini mudah dikenali dengan warna bulu hitam legam sesuai dengan namanya (Angus = gosong).

Ciri-ciri fisik lain yang dimiliki oleh jenis sapi unggulan ini adalah tidak memiliki punuk serta tanduk, memiliki wajah yang bulat dan pendek, memiliki telinga dan leher yang pendek, berpunggung lurus, memiliki tubuh dan kaki yang nampak kekar, serta sangat lincah dan aktif bergerak. Sapi Aberdeen Angus juga banyak dikembangbiakkan karena memiliki keunggulan tubuh yang besar hingga mencapai 1 ton. Bahkan untuk usia 18 bulannya saja, sapi ini bisa mencapai bobot rata-rata 650 kg.

3. Jenis Jenis Sapi di Indonesia ( Sapi Simmental/Metal )

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Simmental
Sapi Simmental by commons.wikimedia.org

Sapi Simmental berasal dari wilayah Simme, Swiss. Namun saat ini, jenis sapi ini banyak dikembangbiakkan di berbagai belahan dunia, seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Indonesia. Sapi ini temasuk dalam golongan sapi pedaging dan perah, serta dikenal memiliki sifat yang jinak sehingga mudah untuk diternakkan.

Jenis sapi unggulan ini memiliki karakteristik bobot tubuh yang sangat besar, dimana untuk sapi jantan dewasa dapat memiliki bobot 1,4 ton sedangkan untuk betina dewasa mencapai 800 kg. Selain itu, ciri fisik lain dari Sapi Simmental yang mudah dikenali adalah warna bulu kuning kecokelatan dengan bentuk tubuh yang panjang dan padat.

4. Jenis Jenis Sapi di Indonesia ( Sapi Holstein )

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Holstein
Sapi Holstein by commons.wikimedia.org

Sapi yang berasal dari wilayah Friesland, Belanda ini dikenal sebagai sapi perah yang paling banyak dikembangbiakkan saat ini. Setiap ekornya, jenis sapi ini dapat menghasilkan setidaknya 20 liter susu setiap harinya.

Sapi ini memiliki ciri khas fisik berupa warna totol hitam dan putih di sekujur tubuhnya. Selain itu, jenis sapi unggulan ini memiliki bobot tubuh yang besar, dimana sapi jantan dewasanya dapat mencapai bobot 1 ton, sedangkan untuk betina dewasanya bisa mencapai bobot 600 kg.

5. Jenis Jenis Sapi di Indonesia ( Sapi Brahman )

jenis jenis sapi di indonesia,Sapi Brahman
Sapi Brahman by commons.wikimedia.org

Sapi Brahman merupakan keturunan dari jenis Sapi Zebu yang berasal dari Negara India. Kemudian, jenis sapi ini kemudian dikembangbiakkan di Amerika Serikat sejak tahun 1949 serta ditingkatkan kualitas genetisnya.

Jenis sapi ini memiliki ciri fisik yang sangat khas berupa punuk pada bagian punggungnya. Selain itu, sapi ini memiliki kulit yang longgar sehingga terlihat bergelambir pada bagian bawah tubuhnya, seperti bagian leher hingga perut. Bagian telinganya pun sangat unik, dimana memiliki ukuran yang panjang menggantung serta memiliki ujung yang runcing.

6. Sapi Brangus

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Brangus
Sapi Brangus by commons.wikimedia.org

Jenis sapi ini merupakan hasil kawin silang antara sapi betina Brahman dengan sapi pejantan Aberdeen Angus. Bisa dibilang, jenis sapi unggulan ini memiliki komposisi genetik 3:5. Ciri fisik yang paling menonjol dari Sapi Brangus adalah warna hitam pada bulunya serta memliki tanduk berukuran kecil.

Selain itu, jenis sapi ini juga memiliki telinga dan leher yang pendek, punggung yang lurus dengan punuk kecil sebagai warisan genetik Sapi Brahman, serta tubuh yang besar. Meskipun memiliki warna gelap dan cenderung hitam, sapi ini memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu panas serta gigitan serangga.

7. Sapi Limosin

jenis jenis sapi di indonesia, Sapi Limosin
Sapi Limosin by commons.wikimedia.org

Sapi Limosin berasal dari Negara Perancis dan dikenal sebagai sapi potong/pedaging dengan nilai jual yang tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan, jenis sapi ini memiliki pertumbuhan yang sangat baik, dimana pada usia 6-12 bulan saja, Sapi Limosin telah memiliki bobot yang besar. Bahkan pada usia dewasanya, jenis sapi unggulan ini dapat mencapai bobot 1,1 ton untuk sapi jantan serta 500 kg untuk sapi betina.

Sesuai dengan namanya, sapi ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang. Ciri khas lainnya yang dapat dilihat diantaranya adalah warna bulu cokelat tua di sekujur tubuhnya dengan bagian sekitar mata dan kaki berwarna lebih muda. Tanduk pada sapi jantannya memiliki bentuk melengkung dan dapat mencapai ukuran 1,5 meter.

8. Sapi Bali

Sapi Bali
Sapi Bali by commons.wikimedia.org

Sapi Bali berasal dari varietas banteng yang telah melalui proses domestikasi. Berbeda dengan jenis sapi lainnya. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, jenis sapi ini memiliki tenaga yang cukup besar. Selain itu, ciri fisik yang sangat khas dari Sapi Bali adalah warna cokelat muda pada sekujur tubuhnya dengan corak putih pada bagian kaki bawah dan belakang.

9. Sapi Madura

Sapi Madura
Sapi Madura by commons.wikimedia.org

Sapi Madura merupakan hasil persilangan jenis Sapi Bali dengan Zebu yang berasal dari India. Maka tidak heran, sapi ini memiliki punuk berukuran kecil serta memiliki daya tahan yang sangat baik dalam iklim tropis. Rata-rata, jenis sapi ini memiliki ukuran sekitar 500 kg.

Sapi ini acap kali digunakan dalam berbagai perlombaan yang dikenal sebagai Karapan Sapi karena memiliki tenaga yang cukup besar.

10. Sapi Ongole/Sapi Sumbawa Ongole (SO) dan Sapi Peranakan Ongole (PO)/Sapi Jawa

Sapi Ongole
Sapi Ongole by commons.wikimedia.org

Sapi Sumbawa Ongole (SO) dan Peranakan Ongole (PO) merupakan hasil peranakan jenis Sapi Ongole dengan sapi lokal di Indonesia. Ciri khas yang paling mudah dilihat adalah tubuh yang berwarna putih dengan sedikit corak abu-abu atau kuning kecokelatan dan memiliki gelambir pada bagian leher dan perutnya.

11. Sapi Aceh

Sapi Aceh
Sapi Aceh by commons.wikimedia.org

Sapi Aceh merupakan hasil persilangan dari jenis Sapi Zebu dari India dengan varietas Bos sundaicus yang merupakan jenis sapi lokal. Karena itulah, jenis sapi ini memiliki ciri khas punuk kecil dan memiliki daya tahan yang sangat baik di iklim tropis. Jenis sapi ini juga tergolong mudah diternakkan, bahkan dengan kualitas pangan yang buruk sekalipun serta serangan parasit maupun kutu.

Sebagian besar jenis sapi yang terdapat di Indonesia merupakan varietas sapi impor serta hasil persilangan sapi varietas unggulan dengan sapi lokal. Selain itu, jenis-jenis sapi di Indonesia dikenal memiliki daya adaptasi yang cukup baik sehingga dapat hidup di iklim tropis dengan suhu yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah asalnya.